BELAJAR DARI URIA

 *BELAJAR DARI URIA*

*JKI HIGHER THAN EVER*

*MINGGU 06 SEPTEMBER 2020*

*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*



Shalom


Matius 1:3, 5-6 (TB)  Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 

Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 

Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 


Ada Tiga Wanita Yang Disebutkan dalam Silsilah Tuhan Yesus. Mereka adalah Wanita bukan dari orang-orang yang baik. Tiga Wanita ini adalah Tamar, Rahab dan Rut adalah wanita yang berdosa.


Ada Wanita Yang Disebutkan dalam Silsilah Tuhan Yesus, nama dia tidak disebutkan namun nama suaminya URIA yang disebutkan di dalam Matius 1:6


Matius 1:6 (TB)  Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 


*URIA ADALAH ORANG YANG SPESIAL*


2 Samuel 11:13 (TB)  Daud memanggil dia untuk makan dan minum dengan dia, dan Daud membuatnya mabuk. Pada waktu malam keluarlah Uria untuk berbaring tidur di tempat tidurnya, bersama-sama hamba-hamba tuannya. Ia tidak pergi ke rumahnya.


Siapakah URIA ? URIA adalah seorang yang spesial. Uria adalah orang Het


2 Samuel 23:39 (TB)  Uria, orang Het, semuanya tiga puluh tujuh orang. 


*Uria adalah salah satu Pahlawan Daud* *Uria adalah seorang Tentara Elit yang dipilih oleh Daud dan dia sangat dekat dengan Daud.*


*Nama Uria Mempunyai Arti Nama Uriah = "light of Jehovah" H3774*


Uriah or Urijah = "Jehovah (Yahweh) is my light (flame)"


Sebenarnya Orang Het adalah Suku yang tidak disukai oleh Tuhan. Orang Het adalah Musuh dari Orang Israel.


Jika kita mau mengejar Tuhan tidak ada kata takdir yang bisa menghentikan mu.


Uria adalah seorang yang Dihisapkan masuk kepada keselamatan. Uria masuk ke dalam Yudaisme. 


Demikian pula dengan Rut orang Moab adalah seorang yang Dihisapkan masuk ke dalam silsilah keluarga Tuhan Yesus Kristus.


*URIA ADALAH ORANG YANG MEMPUNYAI PENGALAMAN BERPERANG*


Abraham sewaktu akan menguburkan Sarah istrinya di Gua Makhpela, Ia membeli Tanah Efron orang Het.


Kejadian 49:29-31 (TB)  Kemudian berpesanlah Yakub kepada mereka: "Apabila aku nanti dikumpulkan kepada kaum leluhurku, kuburkanlah aku di sisi nenek moyangku dalam gua yang di ladang Efron, orang Het itu,

dalam gua yang di ladang Makhpela di sebelah timur Mamre di tanah Kanaan, ladang yang telah dibeli Abraham dari Efron, orang Het itu, untuk menjadi kuburan milik. 

Di situlah dikuburkan Abraham beserta Sara, isterinya; di situlah dikuburkan Ishak beserta Ribka, isterinya,  


*ABRAHAM MEMBELI GUA MAKHPELA*


Kejadian 23:4-20 (TB)  "Aku ini orang asing dan pendatang di antara kamu; berikanlah kiranya kuburan milik kepadaku di tanah kamu ini, supaya kiranya aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu." 

Bani Het menjawab Abraham: 

"Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorang pun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu." 

Kemudian bangunlah Abraham lalu sujud kepada bani Het, penduduk negeri itu, 

serta berkata kepada mereka: "Jika kamu setuju, bahwa aku mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu, maka dengarkanlah aku dan tolonglah mintakan dengan sangat kepada Efron bin Zohar,

supaya ia memberikan kepadaku gua Makhpela miliknya itu, yang terletak di ujung ladangnya; baiklah itu diberikannya kepadaku dengan harga penuh untuk menjadi kuburan milikku di tengah-tengah kamu."

Pada waktu itu Efron hadir di tengah-tengah bani Het. Maka jawab Efron, orang Het itu, kepada Abraham dengan didengar oleh bani Het, oleh semua orang yang datang di pintu gerbang kota:

"Tidak, tuanku, dengarkanlah aku; ladang itu kuberikan kepadamu dan gua yang di sana pun kuberikan kepadamu; di depan mata orang-orang sebangsaku kuberikan itu kepadamu; kuburkanlah isterimu yang mati itu."

Lalu sujudlah Abraham di depan penduduk negeri itu 

serta berkata kepada Efron dengan didengar oleh mereka: "Sesungguhnya, jika engkau suka, dengarkanlah aku: aku membayar harga ladang itu; terimalah itu dari padaku, supaya aku dapat menguburkan isteriku yang mati itu di sana." 

Jawab Efron kepada Abraham: 

"Tuanku, dengarkanlah aku: sebidang tanah dengan harga empat ratus syikal perak, apa artinya itu bagi kita? Kuburkan sajalah isterimu yang mati itu."

Lalu Abraham menerima usul Efron, maka ditimbangnyalah perak untuk Efron, sebanyak yang dimintanya dengan didengar oleh bani Het itu, empat ratus syikal perak, seperti yang berlaku di antara para saudagar.

Demikianlah ladang Efron, yang letaknya di Makhpela di sebelah timur Mamre, ladang dan gua yang di sana, serta segala pohon di ladang itu, bahkan di seluruh tanah itu sampai ke tepi-tepinya,

diserahkan kepada Abraham menjadi tanah belian, di depan mata bani Het itu, di depan semua orang yang datang di pintu gerbang kota.

Sesudah itu Abraham menguburkan Sara, isterinya, di dalam gua ladang Makhpela itu, di sebelah timur Mamre, yaitu Hebron di tanah Kanaan.

Demikianlah dari pihak bani Het ladang dengan gua yang ada di sana diserahkan kepada Abraham menjadi kuburan miliknya.


*URIA ADALAH PAHLAWAN YANG HEBAT*


2 Samuel 11:6-17 (TB)  Lalu Daud menyuruh orang kepada Yoab mengatakan: "Suruhlah Uria, orang Het itu, datang kepadaku." Maka Yoab menyuruh Uria menghadap Daud.

Ketika Uria masuk menghadap dia, bertanyalah Daud tentang keadaan Yoab dan tentara dan keadaan perang. 

Kemudian berkatalah Daud kepada Uria: "Pergilah ke rumahmu dan basuhlah kakimu." Ketika Uria keluar dari istana, maka orang menyusul dia dengan membawa hadiah raja.

Tetapi Uria membaringkan diri di depan pintu istana bersama-sama hamba tuannya dan tidak pergi ke rumahnya. 

Diberitahukan kepada Daud, demikian: "Uria tidak pergi ke rumahnya." Lalu berkatalah Daud kepada Uria: "Bukankah engkau baru pulang dari perjalanan? Mengapa engkau tidak pergi ke rumahmu?"

Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!" 

Kata Daud kepada Uria: "Tinggallah hari ini di sini. Besok aku akan melepas engkau pergi." Jadi Uria tinggal di Yerusalem pada hari itu. Keesokan harinya

Daud memanggil dia untuk makan dan minum dengan dia, dan Daud membuatnya mabuk. Pada waktu malam keluarlah Uria untuk berbaring tidur di tempat tidurnya, bersama-sama hamba-hamba tuannya. Ia tidak pergi ke rumahnya.

Paginya Daud menulis surat kepada Yoab dan mengirimkannya dengan perantaraan Uria. 

Ditulisnya dalam surat itu, demikian: "Tempatkanlah Uria di barisan depan dalam pertempuran yang paling hebat, kemudian kamu mengundurkan diri dari padanya, supaya ia terbunuh mati."

Pada waktu Yoab mengepung kota Raba, ia menyuruh Uria pergi ke tempat yang diketahuinya ada lawan yang gagah perkasa.

Ketika orang-orang kota itu keluar menyerang dan berperang melawan Yoab, maka gugurlah beberapa orang dari tentara, dari anak buah Daud; juga Uria, orang Het itu, mati.


*URIA ADALAH ORANG YANG MENGABDI PADA TUANNYA*


Uria adalah seorang yang mengabdi pada tuannya walaupun Uria dikhianati oleh Daud pemimpin nya.


Betsyeba adalah Cucu dari Pahlawan Daud. Betsyeba adalah Anak Eliam.


2 Samuel 11:3 (TB)  Lalu Daud menyuruh orang bertanya tentang perempuan itu dan orang berkata: "Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu."


Hari-hari ini dunia menawarkan sesuatu yang jahat dalam hidup kita. Betapa mengerikannya hidup kita.


*URIA ADALAH ORANG YANG MEMPUNYAI INTEGRITAS DAN BSIK HATI*


2 Samuel 11:11 (TB)  Tetapi Uria berkata kepada Daud: "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang; masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? Demi hidupmu dan demi nyawamu, aku takkan melakukan hal itu!" 


*Uria adalah seorang yang mempunyai Loyalitas dan mau berkorban*


Hari-hari ini sangat sulit mencari orang-orang yang mempunyai integritas, hati yang tulus, hati kita yang murni.


Walaupun Uria Mabuk ia mempunyai hati nurani yang baik. Ia tetap memilih untuk tetap tinggal di Istana daripada tidur di rumah nya. Ia tahu artinya Pengabdian dan Loyalitas.


Tuhan Yesus mengawasi setiap hidup kita, kita harus jadi Orang Yang Penuh dengan Integritas dan Takut akan Tuhan.


Tuhan Yesus tidak suka dengan Pengkhianat. Hari-hari ini setan sedang menebarkan keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup. Kita harus perangi semuanya itu 


Kita harus mencintai Tuhan dan semua yang palsu disingkirkan dari hidup kita.


Pada saat Rosh Hashanah 5781 kenapa Tuhan menyuruh saya untuk melakukan Peperangan Rohani dari Ujung ke Ujung Pulau Jawa ? Karena Tuhan mau saya menyingkirkan semua yang jahat dalam Pulau Jawa, semua yang bisa menjatuhkan Anak-anak Tuhan harus disingkirkan dari hidup kita.


*Tuhan Yesus berpihak pada orang-orang yang lemah* *Tuhan Yesus itu Tuhan yang Adil*


Kenapa Tuhan Marah kepada Daud ? Karena Uria mati di Medan Pertempuran. Tuhan Yesus membalas kejahatan yang sudah dilakukan oleh Daud terhadap Uria.


Jika kita dikhianati oleh Pemimpin kita, kita jangan berontak, kita harus berespon dengan benar dan kita mentaati semua perintah pemimpin kita.


Kita harus mau diajar dan dididik oleh Tuhan. Kita harus belajar menjadi anak buah yang taat walaupun kita merasa tidak cocok dengan pemimpin kita.


Hari-hari ini kita harus mempertahankan *Integritas dan Loyalitas* Kepada Tuhan. Kita harus belajar setia kepada Tuhan dan belajar Loyal Kepada Tuhan.


Kita harus belajar Setia Kepada Tuhan. Kita tidak menjual Loyalitas Kepada yang lainnya.


Kita harus buang semua pengkhianatan yang ada di dalam hidup kita.


Uria adalah seorang yang tidak pernah dilupakan oleh Tuhan. Uria adalah seorang yang mempunyai integritas dan ia disimpan di dalam hati Tuhan. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer