CHESED

 *CHESED*

*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*

*SABTU 05 SEPTEMBER 2020*

*EV INDRIATI TJIPTO PURNOMO WENAS*



Shalom


Tuhan bisa pakai siapapun diantara kita. Tuhan bisa pakai Gideon yang penakut, Tuhan bisa pakai Yefta Seorang perampok dan penyamun.


Tuhan katakan Aku bisa memakai kita semua asalkan kita mau meletakkan hidup kita diatas Mezbah Tuhan.


Kata *Chesed* mempunyai sangat banyak arti, ada sekitar 150 arti nama Chesed. Kata Chesed sama dengan Kata Mercy. 


Contohnya :


Merci-El artinya miliknya Elohim.

Micha-El


*#TUHAN MENGINGINI HESED*


Matius 9:13 (TB)  Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan (*hesed*) dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."


Hos 6:6 IBIS/VMD/FAYH


Aku lebih menginginkan kasih setiamu (hesedmu) daripada persembahan-persembahanmu. 


Aku lebih

menginginkan agar kamu mengenal Aku, daripada membakar korban kepada-Ku.


Aku lebih menginginkan kasih setiamu (hesedmu) daripada persembahan-persembahanmu. 


Aku lebih

menginginkan agar kamu mengenal Aku, daripada membakar korban kepada-Ku.


Sebab Aku menyukai kasih setia (hesed), & bukan korban sembelihan, & menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban

bakaran.


Sebab Aku menyukai kasih setia (hesed), & bukan korban sembelihan, & menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban

bakaran.


MSG Aku menginginkan agar kamu tetap setia dalam mengasihi Aku, (hesedmu) bukan lebih banyak agama.


Aku ingin agar kalian mengenal Allah, bukan sekedar lebih sering mengikuti ibadah doa.


I'm after love that lasts, not more religion. I want you to know GOD, not go to more prayer meetings.


*Kunci Untuk Mendapatkan Perjanjian Chesed adalah Mempunyai Belas Kasihan*


Contohnya : Saya mempunyai belas kasihan sehingga saya bisa menemani orang yang sedang depresi berat, saya duduk menemani orang tersebut duduk di Mall.


Ketika kita menggetarkan hati Tuhan maka tiba-tiba Tuhan menurunkan Perjanjian Chesed nya.


*# KATA HESED (H2617)*


Jauh lebih luas daripada 1 kata kasih setia,

meliputi konsep-konsep : 


Pengampunan, anugerah, kemurahan, kebaikan,

belas kasihan, cinta yg setia, cinta yg terkait dengan perjanjian.


Bahkan setiap kata tersebut tidak cukup untuk menerjemahkan hesed.


Dari akar kata mengangguk - perkenan


Sama dgn akar kata bangau, karena lehernya mengangguk


Dalam bahasa Ibrani, orang Kudus = hasid


Contoh-Contoh Hesed – Kasih ayah Terhadap anak, Tuhan terhadap bangsa Israel

Tuhan terpikat dengan Abraham & melanjutkan kasih & kebaikanNya

kepada keturunan Abraham


Yusuf menerima limpahan hesed, utk memberkati dunia.


Daud menunjukkan hesed kepada keturunan Saul : Mefiboset (2Sam9)


2 Samuel 9:1, 3 (TB)  Berkatalah Daud: "Masih adakah orang yang tinggal dari keluarga Saul? Maka aku akan menunjukkan kasihku kepadanya oleh karena Yonatan."

Kemudian berkatalah raja: "Tidak adakah lagi orang yang tinggal dari keluarga Saul? Aku hendak menunjukkan kepadanya kasih yang dari Allah." Lalu berkatalah Ziba kepada raja: "Masih ada seorang anak laki-laki Yonatan, yang cacat kakinya."  



Hosea menikahi & menebus Gomer, Tuhan menarik Israel dgn hesedNya.


*PERJANJIAN KASIH SETIA/HESED*


Ulangan 7:7-9 (TB)  Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa mana pun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu — bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? — 

tetapi karena TUHAN mengasihi kamu dan memegang sumpah-Nya yang telah diikrarkan-Nya kepada nenek moyangmu, maka TUHAN telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, raja Mesir.

Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan, 


Hari ini kita belajar *Dua Arti Chesed* :

*Belas Kasihan*

*Lakukan apapun dengan segenap hati*


*Tuhan memberikan kepada kita Budget No Limit*

*Tuhan memberikan Kekuatan Kepada Kita No Limit*

*Tuhan Yesus memberikan kepada kita Sumber Daya Manusia yang tidak terbatas*


Perjanjian Chesed itu *sangat pribadi* Ketika Tuhan Yesus terpikat Kepada kita dengan cara menyembah kita, cara berjalan kita, belas kasihan kita.


Ketika Tuhan terpikat dengan hidup kita maka Tuhan membuat Perjanjian Chesed di dalam hidup kita. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer