MEMASUKI DIMENSI YANG BARU

 Memasuki Dimensi Yang Baru



Petang hari tanggal 18 September 2020 menandai pergantian tahun Ibrani dari tahun 5780 yang disebut Tahun Pey, ke tahun baru 5781 yang disebut Tahun Pey Aleph. Tahun Ibrani 5781 (Pey Aleph) berlangsung dari September 2020 hingga September 2021.


Masing-masing huruf Ibrani mewakili suatu nilai numerik. Dan tahun Ibrani 5781 dituliskan dalam aksara Ibrani sebagai תשפ”א (Tav Shin Pey Aleph = 781) atau disingkat פא (Pey Aleph). Pey (פ) memiliki nilai numerik 80, sedangkan Aleph (א) memiliki nilai numerik 1, dan bila ditambahkan akan menghasilkan nilai numerik 81 (Pey Aleph).


Pey (פ) mewakili dasawarsa 80-an dalam kalender Ibrani, mulai tahun 5780 hingga 5789.


Setiap dekade memiliki tema khusus. Pey “80” mengandung makna profetik yang menata kehidupan kita untuk 10 tahun ke depan. Huruf פ (Pey) berbentuk seperti mulut. Kata Ibrani “Peh” (פה) artinya “mulut” dan dapat diperluas menjadi: “kata,” “ekspresi,” “vokalisasi,” “ucapan,” dan “nafas.”


Makna Profetik Tahun פא – Pey Aleph (81)


Tahun Pey Aleph (81) adalah Tahun Mulut Elohim Mengajar. Kata Aleph (אלף) dibentuk dari 3 huruf Ibrani, yakni א (Aleph), ל (Lamed), dan ף (Pey dalam bentuk sofit). Aleph (א) dan Lamed (ל) membentuk kata אל  El, artinya Tuhan, ditambah Pey (ף) dalam bentuk sofit (akhiran), yang memiliki arti mulut yang terbuka:


Aleph = אלף


(Pey) ף + (El) אל = mulut Elohim


Tahun Pey Aleph (פא) menyiratkan makna bahwa ini adalah tahun di mana firman yang keluar dari mulut Elohim akan digenapi: “Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku, ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, melainkan akan menggenapi apa yang Aku perkenan, dan akan berhasil dalam apa yang Aku perintahkan” (Yes. 55:11).


Namun, tahun Pey Aleph (פא) juga menyiratkan makna mengenai Tahun Pengajaran Elohim dan Tahun Penggembalaan Elohim. Lamed (ל) dalam kata Aleph (אלף) memiliki arti: tongkat atau galah penggiring (seperti kawanan ternak), mengajar, melatih. Ini adalah tahun di mana Elohim akan mengajar, melatih, mendisiplinkan umat-Nya untuk membawa mereka kepada tingkatan spiritual yang lebih tinggi, ke tempat di mana penyediaan dan persediaan telah dipersiapkan Elohim sebelumnya: “Beginilah YHVH, Penebusmu, Yang Mahakudus Israel berfirman, “Akulah YHVH, Elohimmu, yang mengajarmu (למד  lamed, mengajar) supaya beruntung, yang membuat engkau menapak di jalan yang akan engkau tempuh” (Yes. 48:17). “Dan seraya membuka mulut-Nya, Yesus mengajar mereka …” (Mat. 5:2).


Melewati kesesakan-kesesakan yang ada di depan, tongkat penggembalaan Elohim akan menuntun umat-Nya ke tempat persediaan telah disediakan: “Dia membaringkan aku di padang rumput hijau, Dia membimbing aku ke air yang tenang” (Mzm. 23:2), dan akan menjadi tongkat penghiburan bagi umat yang digembalakan-Nya: “Sekalipun aku berjalan dalam lembah bayang-bayang maut, aku tidak takut bahaya, karena Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, keduanya menghibur aku” (Mzm. 23:4).


Inilah waktunya bagi kita, umat gembalaan-Nya untuk sungguh-sungguh hidup oleh hembusan nafas mulut-Nya, oleh Roh-Nya, menyendengkan telinga rohani kita untuk dengan sungguh-sungguh mendengarkan baik-baik apa yang difirmankan Roh kepada jemaat-Nya, supaya kita tahu jalan kebenaran yang harus kita tempuh: “Buatlah aku berjejak dalam kebenaran-Mu, dan ajarlah aku (למד  lamed, mengajar), karena Engkau adalah Elohim keselamatanku (יִשְׁעִי  yish’i, Yeshua-ku = keselamatanku); aku menanti Engkau sepanjang hari” (Mzm. 25:5)


Tahun Pey Aleph (פא) akan menjadi Tahun Didikan Elohim bagi umat-Nya, untuk mendisiplinkan kita supaya sungguh-sungguh hidup dalam pertobatan: “Siapa saja yang Aku kasihi, Aku tegur dan Aku hajar, karena itu giatlah dan bertobatlah” (Why. 3:19). 


Mungkin sebuah kebetulan yang menarik bila kita melihat kamus Strong untuk kata Ibrani nomer H5781 (תשפ”א) adalah עוק  uq, yang artinya: tekanan, meremukkan, terhuyung-huyung, membuat gemetar. Ini berbicara tentang periode pemerasan buah zaitun, dimana buah-buah zaitun harus diperas, ditekan, diremukkan, supaya mengeluarkan minyaknya… sama seperti Yesus ketika berada di Taman Getsemani [Getsemani dari kata Ibrani גת  gat, artinya tempat pemerasan; שמנים  shemanim, artinya minyak, minyak zaitun, minyak urapan]. Untuk menghasilkan minyak urapan, buah-buah zaitun itu harus diperas dibawah tekanan.


Dalam semuanya ini, Elohim berjanji untuk menaruh Roh-Nya ke dalam umat-Nya, supaya mereka hidup menurut ketetapan-ketetapan dan perintah-perintah-Nya: “Aku akan menaruh Roh-Ku di dalam kamu, dan akan membuat kamu berjalan dalam ketetapan-ketetapan-Ku, dan kamu akan memelihara peraturan-peraturan-Ku, dan melakukannya” (Yeh. 36:27).


“Dan sesudah itu akan terjadi: Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan anak-anakmu perempuan akan bernubuat, dan orang-orang tuamu akan memimpikan mimpi-mimpi, orang-orang mudamu akan melihat penglihatan-penglihatan. Dan juga atas para budak dan atas para hamba perempuan, pada hari-hari itu Aku akan mencurahkan Roh-Ku” (Yl. 2:28-29). “Dan Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka,” YHVH berfirman, “Roh-Ku yang ada padamu, dan firman-Ku yang Kutaruh di mulutmu, tidak akan pergi dari mulutmu, dan dari mulut keturunanmu, dan dari mulut keturunan dari keturunanmu, dari sekarang dan selamanya,” YHVH berfirman (Yes. 59:21).


Tahun Pey Aleph (פא) nampak sangat menakjubkan secara profetik, dan kita belum tahu apa yang akan terjadi di dalamnya. Namun satu hal yang Elohim janjikan, bahwa Dia sekali-kali tidak akan meninggalkan dan Dia sekali-kali tidak akan membiarkan. Perintah terakhir yang Tuhan Yesus berikan sebelum Dia naik ke surga adalah tentang mengajar (למד  lamed), supaya hidup melakukan segala perintah-Nya: “Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu apa saja yang sudah Aku perintahkan kepadamu. Dan lihatlah, Aku ada bersamamu sepanjang masa, sampai kesudahan zaman” (Mat. 28:20).


Note:


Sebuah kebetulan yang menarik, tahun Ibrani 5781 bila dituliskan dalam bahasa Ibrani adalah תשפא (Tav Shin Pey Aleph), sebuah kata yang oleh Google Translate diterjemahkan: You will be amazed (Engkau akan takjub).


#kalender_alkitab_tahun_ibrani_5781_pey_aleph_Tahun_Mulut_Elohim_Mengajar


Sumber : Facebook Kitab Henokh

Komentar

  1. Sangat memberkati. Menolong sy lebih baik dlm pengenalan akan Allah dan menikmati semua berkatnya. Trims pak Josua. Tuhan memberkatimu dng tulisan2 ringkas yg sngt berguna.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer