YOM KIPPUR HTE 5781

 *YOM KIPPUR 5781 HTE*

*IBADAH RAYA ONLINE PAGI*

*JKI HIGHER THAN EVER*

*MINGGU 27 SEPTEMBER 2020*

*Pdt Victor Kristijanto Purnomo*



*_Doa Pembukaan_*


Saudara-saudara Mari Kita Merendahkan diri dihadapan Tuhan, mari kita minta ampun setiap dosa-dosa yang telah dilakukan oleh kita. Mari kita bertobat dari segala pelanggaran kita.


Tuhan Yesus kami datang menghadap Tahta Kasih Karunia Mu, bersihkan hati kami oleh DarahMu yang mahal itu.


Tuhan ampuni dan bersihkan hati kami yang sudah dingin Kepada Tuhan. Ampuni Hati Kami yang sudah tidak punya gelora Cinta kepada Tuhan. Tuhan Yesus hari ini kembalikan gelora Cinta kepada Tuhan dalam hidup kami.


Tuhan Yesus kembalikan semua yang telah hilang dari hidup kami.


Shalom


Selamat Pagi Saudara-saudara semua. Hari ini kita merayakan Hari Raya Yom Kippur. Hari Raya yang dirayakan sepuluh hari setelah Rosh Hashanah.


Hari Raya Yom Kippur ini adalah Hari dimana Imam Besar masuk ke dalam Ruang Maha Kudus. Imam Besar ini masuk ke dalam Ruang Maha Kudus dengan Gemetar ia masuk Ruang Maha Kudus sambil memercikkan Darah Sebanyak Tujuh Kali ke Dalam Tutup Pendamaian.


Imam Besar ini harus mempersiapkan diri untuk masuk ke dalam Ruang Maha Kudus.


Mari Kita Buka Firman Tuhan : 


Imamat 16:29-31 (TB)  Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu. 

Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN. 

Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.


Hari Raya Yom Kippur adalah Hari Kita Merendahkan diri, kita didamaikan dengan Tuhan.


Imam itu mengambil Hisop dan Ia memercikkan Darah Sebanyak Tujuh Kali ke Tabut Tuhan.


Ketika Imam Besar itu memercikkan Darah Sebanyak Tujuh Kali di alam Roh ada Pendamaian.


Pendamaian artinya Kedua belah pihak yang bermusuhan didamaikan. Demikian pula dengan kita didamaikan dengan Tuhan dari segala dosa kita.


Jika di dalam hidup kita ada pertentangan dengan Tuhan maka setan bisa intervensi.


Oleh karena Pendamaian dengan Tuhan maka setiap teror dari setan dihentikan dalam hidup kita.


Ada yang Ajaib hari ini kita berdamai dengan Tuhan. Semua teror dalam hidup kita dihentikan.


Pada Waktu Yom Kippur Ada Dua Domba atau Kambing Jantan yang digunakan.


Domba atau kambing yang pertama itu disembelih dan darahnya dibawa masuk ke dalam Ruang Maha Kudus dan Darah itu dipercikkan ke Tabut Tuhan.


Kambing Yang Kedua diletakkan di luar Kemah, Kambing ini diberikan tulisan dan ditumpangi tangan oleh Imam. Seorang Imam mengucapkan dosa-dosa, kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh Bangsa Israel. Setelah itu kambing dilepaskan oleh Imam di Padang Gurun. Kambing itu disebut Azazel.


Tuhan Yesus sudah Selesaikan semua itu di atas Kayu Salib.


Keluaran 32:30-33 (TB)  Keesokan harinya berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Kamu ini telah berbuat dosa besar, tetapi sekarang aku akan naik menghadap TUHAN, mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian karena dosamu itu." 

Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka. 

Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu — dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis." 

Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.


*Pada Hari Raya Yom Kippur ini Tuhan Sedang Menuliskan Kembali kita dalam Kitab Kehidupan*


Setiap Tahun Tuhan selalu Mereview Kembali kehidupan kita. Setiap Orang Yahudi pada hari Raya Yom Kippur ini kembali Mereview hidup mereka.


Selama Sepuluh Hari Setelah Rosh Hashanah orang-orang Yahudi merendahkan diri dan mereview kembali kehidupan mereka. Mereka berpuasa, minta ampun kepada Tuhan untuk setiap dosa-dosa mereka.


Contohnya : Musa pada saat Tuhan mau memusnahkan semua orang Israel karena mereka menyembah Anak Lembu Emas. Musa Mengajukan Penawaran atau Begging dengan Tuhan. Musa Mengajukan agar Tuhan tidak memusnahkan semua orang Israel.


Hari ini kita harus serius minta kepada Tuhan supaya kita ditulis dalam Kitab Kehidupan.


*PEMUTIHAN DOSA - MIKHA 7:18-19*


Hari ini adalah Hari Pemutihan Dari Setiap Dosa-dosa kita.


Pemutihan adalah jika ada pelanggaran, ada hutang apa yang tidak bisa kita bayar, semuanya itu diputihkan oleh Tuhan.


Pada Hari Raya Yom Kippur semua dosa dan pelanggaran kita diputihkan oleh Tuhan Yesus. Semua dosa-dosa kita dibuang ke dalam tubir laut, semua sudah selesai dan tidak diingat-ingat lagi.


*MEMPERBAHARUI PERJANJIAN - KEJADIAN 18:10-13*


Ketika Abraham Lupa Perjanjian Tuhan. Tuhan Memperbaharui Perjanjian dengan Abraham.


Pada Hari Raya Yom Kippur ini Ada *Renew Covenant* *Semua Yang sudah dilupakan hari ini Tuhan mengulang kembali Covenant Tuhan dalam hidup kita.


Tahun Pey Aleph ini Kita Menerima Covenant Tuhan dalam hidup kita. Jangan sampai Respon kita salah.


Pada Saat Yom Kippur Dia mengulangi kembali Perjanjian Tuhan dengan hidup kita.


*STATUS KITA DIPERBAHARUI*


Contohnya : Yusuf dari Seorang Narapidana Statusnya diperbaharui menjadi Penguasa Mesir.


Daud Dari Seorang Gembala statusnya diperbaharui menjadi Raja Israel.


Kasih Setia Tuhan mengubah Status Hidup Kita.


Pada Saat Yom Kippur ini Tuhan mencabut semua status atau cap negatif yang menempel di dalam hidup kita. Tuhan memberikan kepada kita Cap yang baru..


Mari kita hari ini minta Tuhan hapus setiap cap yang negatif dalam hidup kita dan digantikan dengan Cap yang baru.


*DIBENARKAN - LUKAS 18:14*


Ketika kita merendahkan diri dihadapan Tuhan maka kita dibenarkan oleh Darah Yesus.


Manusia memandang orang farisi adalah seorang yang hebat, Tetapi Tuhan memandang pemungut cukai itu orang yang hebat.


Kunci *Dibenarkan oleh Tuhan* adalah Merendahkan diri.


Kita harus mengakui setiap dosa dan Kelemahan kita dihadapan Tuhan.


*DITERIMA KEMBALI - HOSEA 2:19*


Tuhan Menerima Kembali kita sebagai Mempelai wanita, seperti Hosea mengambil Gomer seorang wanita pelacur untuk menjadi istrinya. Hosea adalah seorang yang hebat, ia Nabi yang tunduk kepada Tuhan. Ketika Hosea disuruh Tuhan untuk mengambil Gomer Menjadi seorang Istrinya. Setelah Gomer melahirkan anak ia kembali menjadi pelacur dan Tuhan menyuruh Hosea untuk mengambil Gomer Menjadi Istrinya kembali.


Hosea adalah seorang Nabi yang tunduk pada Tuhan. Seringkali Tuhan memberikan kepada kita perintah dan bagi kita itu adalah sebuah kegilaan.


Walaupun Tuhan Yesus sakit hati dengan Kita tetapi Ia tetap mau menjadikan kita Mempelai wanita Tuhan.


Hari ini Tuhan Yesus mau menerima kita kembali walaupun hati kita sudah dingin. Tuhan Yesus memercikkan Darah Yesus sebanyak Tujuh Kali Sebagai Tanda Completed, Sempurna. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer