AKU MENGIKATMU DENGAN CHESED

 *AKU MENGIKAT MU DENGAN CHESED*

*DOA PRIBADI DI TAMAN TUHAN*

*MINGGU 18 OKTOBER 2020*



Saat Saya Berdoa Di Taman Tuhan, Hari Minggu 18 OKTOBER 2020, hari ini Tepat 29 Tahun Saya dilahirkan kembali di dalam Tuhan Yesus.


Tuhan Yesus memberikan kepada saya banyak sekali Firman Tuhan salah satunya Tuhan Yesus berkata : *Aku Mengikatmu dengan Chesed atau Kasih Setia Tuhan*


Hesed atau Chesed Tuhan adalah pengunjukan-Nya  akan kelembutan, kebaikan dan  kemurahan yang persisten dan tak bersyarat, sebuah hubungan dimana Dia mencari manusia dengan kasih dan kemurahan ( Tuhan bersegera mencari manusia Kejadian 3:9, yang  bergegas bersembunyi Kejadian 3:8 berupaya untuk menutupi malu mereka Kejadian 3:7 –sangat berbeda tajam, kebaikan Tuhan  mewujud dengan menumpahkan darah untuk memberikan kulit hewan sebagai penutup malu mereka! Kejadian 3:21). Hesed mengekspresikan baik  loyalitas Tuhan terhadap Covenant-Nya dan kasih-Nya terhadap umat-Nya beserta dengan sebuah kesetiaan untuk  memelihara janji-janji-Nya.


Yesaya 54:8

In an outburst of anger I hid My face from you for a moment; but with everlasting lovingkindness (hesed) I will have compassion (racham) on you," Says the LORD your Redeemer.

Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia (hesed) abadi Aku telah mengasihani (racham)engkau, firman TUHAN, Penebusmu.



Yesaya 54:10

For the mountains may be removed and the hills may shake, But My lovingkindness (hesed) will not be removed from you, And My covenant of peace will not be shaken," Says the LORD who has compassion (racham) on you.

Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia (hesed)-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani (racham) engkau.


Ratapan 3:22

The LORD'S lovingkindnesses (hesed) indeed never cease, For His compassions (racham) never fail.

Tak berkesudahan kasih setia  (hesed) TUHAN, tak habis-habisnya rahmat (racham)-Nya


Yer 31:3 .....Aku melanjutkan "kasih setia-Ku" kepadamu.


Kasih setia merupakan padanan kata Ibrani חֶסֶד - KHESED. Paling banyak muncul dalam Mazmur.


Di tempat-tempat lain חֶסֶד - KHESED diterjemahkan 'belas kasihan', 'kemurahan hati', dan 'kebaikan'. Banyak terjemahan telah dikemukakan, antara lain 'kasih yang jujur', 'kesalehan' , 'solidaritas' dan 'kasih perjanjian' .


Kata חֶסֶד - KHESED, masculine noun, sering bergandengan dengan אֱמוּנָה - 'EMUNAH, feminine noun, 'kesetiaan' sering juga diterjemahkan dengan 'iman'. Suatu penyelidikan mengenai ayat-ayat di mana kata itu dijumpai (misalnya Mazmur 89), mengungkapkan bahwa kata itu sangat erat hubungannya dengan dua pengertian, yaitu 'perjanjian' dan' kesetiaan'.


Arti "kasih-setia" mungkin dapat dirangkum sebagai 'kasih yang mantap teguh atas dasar perjanjian yang telah dibuat'. Arti ini digunakan untuk menggambarkan baik sikap Allah terhadap umat-Nya maupun sikap umat Allah terhadap Dia; penggunaan yang kedua khususnya dalam Hosea :


Hosea 2:18  LAI TB, Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia (KHESED) dan kasih sayang.


Hosea 2:19 KJV, And I will betroth you to me for ever; yes, I will betroth you to me in righteousness, and in judgment, and in loving kindness, and in mercies.


Arti KASIH SETIA-Nya :


Mazmur 89:29 Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia untuk selama-lamanya, dan perjanjian-Ku teguh bagi dia.


Yer. 31:3 Dari "jauh" TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku(TUHAN) mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan "kasih setia-Ku" kepadamu.


KASIH SETIA TUHAN melekat pada perjanjian-Nya :

1Taw. 17:13 Aku(TUHAN) akan menjadi Bapanya, dan ia(Keturunan DAUD) akan menjadi anak-Ku. Tetapi "kasih setia-Ku" tidak akan Kuhilangkan dari padanya seperti yang Kuhilangkan dari pada orang yang mendahului engkau.


>>>>... "kasih setia-Ku" tidak akan Kuhilangkan dari padanya(KASIH SETIA Tuhan kepada keturunan Daud tidak akan pernah hilang) seperti yang Kuhilangkan dari pada orang yang mendahului engkau.


Seperti apakah hasrat-Nya dalam Kasih Setia-Nya?


2 Samuel 7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia(KETURUNAN DAUD) dengan "rotan" yang dipakai orang dan dengan "pukulan" yang diberikan anak-anak manusia.


2 Samuel 7:15 Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu.


Rotan dan Pukulan Tuhan seperti apa ? Hajaran dan Sesahan TUHAN .....

Ibrani 12:6 karena Tuhan "menghajar"(dg ROTAN) orang yang dikasihi-Nya, dan Ia(TUHAN) "menyesah"(dg PUKULAN) orang yang diakui-Nya sebagai anak."


*ALLAH BERLIMPAH CHESED/HESED*


Sebuah studi mengungkapkan hesed banyak tentang Tuhan kita. Berikut ini akan menghitung hanya beberapa dari sekitar 245 penggunaan hesed dalam Perjanjian Lama. Tujuan dari daftar ini tidak boleh berlebihan berulang-ulang, tetapi dengan jelas membuktikan bahwa Kitab-Kitab Ibrani memiliki jumlah luar biasa untuk mengatakan tentang hesed Tuhan. Pertimbangkan dengan kagum dan kerendahan hati ini Kitab Suci karena mereka memberikan kita wawasan lebih dalam Pencipta kita:


Hesed atau Chesed Allah adalah menyenangkan. "Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa warisan-Nya Dia tidak mempertahankan murka-Nya selamanya, karena Dia senang kemurahan (hesed).? Dia lagi akan memiliki belas kasihan pada kami dan akan menundukkan kami . kesalahanmu Anda akan membuang segala dosa kita ke kedalaman laut "(Mi. 7:18-19;. Yer 9:24). Hal ini tidak menjadi beban bagi Tuhan untuk menunjukkan hesed untuk mereka yang mencari Dia. Ini menyenangkan dan nikmat-Nya.


Allah hesed jauh jangkauannya. "Karena langit tinggi di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya (hesed) terhadap orang-orang yang takut akan Dia" (Mazmur 103:11). Hesed-Nya adalah tak terkira, dan lebih jauh dari mata bisa melihat.

Hesed Allah adalah mahkota. "Siapa mahkota Anda dengan kasih (hesed) dan belas kasihan yang lembut" (Mazmur 103:4). Allah mengangkat kita keluar dari lubang gelap dan menyedihkan dosa dan mahkota kepala kami tidak layak dengan hesed-Nya.

Hesed Allah adalah berlimpah. "Aku tahu, bahwa Engkau adalah Allah yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia (hesed), Orang yang mengalah dari melakukan bahaya yang pengasih dan penyayang" (Yunus 4:2; Mazmur 103:8;.. Kel 34:6-7). Yehuwa tidak memiliki kekurangan belas kasihan. Dia meluap dalam pasokan yang kaya Nya hesed.


Allah hesed adalah kekal. "Tapi kemurahan (hesed) dari Tuhan adalah dari kekal ke kekal pada mereka yang takut akan Dia" (Mazmur 103:17). Kesetiaan Allah adalah kekal dan tanpa akhir.


Hesed Allah sekitarnya. "Banyak kesedihan akan orang fasik; tetapi dia yang percaya dalam Tuhan, kemurahan (hesed) akan mengelilingi dia" (Mazmur 32:10).


Allah hesed adalah memuaskan. "Oh, memuaskan kita awal dengan kemurahan Anda (hesed), bahwa kita bisa bergembira dan bersukacita karena semua hari-hari kita!" (Mazmur 90:14).


Hesed Tuhan adalah abadi. "Oh bersyukur kepada Tuhan, karena Dia baik Untuk rahmat-Nya (hesed) bertahan selamanya" (Mazmur 136:1; 52:1). Pernyataan, "Untuk rahmat-Nya (hesed) bertahan selamanya" diulang dua puluh enam kali dalam Mazmur 136!


Hesed Allah adalah mengungkapkan. "Penyebab aku mendengar kasih Anda (hesed) di pagi hari, karena dalam Anda lakukan aku percaya" (Mazmur 143:8). Ketika kita mendengar firman Allah, kita mendengar hesed Tuhan.


Hesed Allah adalah menggambar. "Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sehingga dengan kasih setia (hesed) saya telah menarik Anda" (Yer. 31:3).


Hesed Tuhan adalah tabungan. "Tunjukkan kami rahmat (hesed), ya Tuhan, dan memberikan kami keselamatan Anda" (Mazmur 85:7).


Hesed Tuhan dipenuhi. "Bumi penuh kebaikan (hesed) Tuhan" (Mazmur 33:5).


Hesed Allah adalah menakjubkan. "Tampilkan kasih ajaib Anda (hesed) dengan tangan kanan-Mu" (Mazmur 17:7).


Allah hesed adalah berharga. "Bagaimana berharganya kasih setia Anda (hesed), ya Allah Oleh karena itu anak-anak manusia! Menaruh kepercayaan mereka di bawah bayang-bayang sayap Anda" (Mazmur 36:7).


Hari ini Tuhan Mengikatkan diri dengan saya dalam Perjanjian Chesed. Terima Kasih Tuhan Yesus. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat



Komentar

  1. saya kemaren baru baca sebagian, dan banyak mempergunakan bhs Inggris, sekarang sy baca kembali sdh di edit dan diringkas. Bolehkah saya minta kembali postingan awal? Krn kalo sy terjemahkan dlm bhs inggris bisa berbeda arti, karena sy mau share ke teman sy yg dikuar. Tks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer