EMPAT JUBAH YUSUF

*IBADAH SPECIAL DAY 3*

*22 TAHUN MAHANAIM*

*Senin 9 November 2020*

*PS DAVID LEO PAISA*



Hari ini saya akan menyampaikan tentang Kemuliaan. Kita tidak bisa handle Kemuliaan Tuhan.


Ada Seorang Yang Bisa Menggabungkan Kemuliaan Abraham, Ishak dan Yakub.


Kita Buka Kejadian 50


EMPAT JUBAH YUSUF


*COAT OF SONSHIP*



Kejadian 37:3 (TB)  Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.


*Jubah Yang Maha Indah* Yusuf Anak Ke 12


Jubah Kesukaan Pemberian Ayahnya : Jubah Perkenanan


Jubah Yang Membuat Yusuf  Diperlakukan Berbeda



Kejadian 39:5-6 Kejadian 39:11-16


Jubah Pembentukan Karakter. Proses Pembentukan Hidup, kita lihat Proses Pembentukan Mutiara.


Kita mau menghasilkan mutiara atau hanya jadi makanan. Mengeluarkan Mutiara ada proses dilukai dan menyakitkan.


Jubah Yang Yusuf Pakai meremukkan hidupnya. Jubah dari Tuhan memisahkan Engkau dari kehidupan normal.



Kejadian 39:5-6 (TB)  Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang. 

Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apa pun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya. 


Kejadian 39:11-18 (TB)  Pada suatu hari masuklah Yusuf ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya, sedang dari seisi rumah itu seorang pun tidak ada di rumah.

Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: "Marilah tidur dengan aku." Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar.

Ketika dilihat perempuan itu, bahwa Yusuf meninggalkan bajunya dalam tangannya dan telah lari ke luar, 

dipanggilnyalah seisi rumah itu, lalu katanya kepada mereka: "Lihat, dibawanya ke mari seorang Ibrani, supaya orang ini dapat mempermainkan kita. Orang ini mendekati aku untuk tidur dengan aku, tetapi aku berteriak-teriak dengan suara keras. 

Dan ketika didengarnya bahwa aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannyalah bajunya padaku, lalu ia lari ke luar."

Juga ditaruhnya baju Yusuf itu di sisinya, sampai tuan rumah pulang. 

Perkataan itu jugalah yang diceritakan perempuan itu kepada Potifar, katanya: "Hamba orang Ibrani yang kaubawa ke mari itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku.

Tetapi ketika aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannya bajunya padaku, lalu ia lari ke luar." 


*COAT OF SERVANTHOOD*



Jubah yang diberikan oleh Potifar. Jubah Yang Membuat tuannya Diberkati.


Jubah berasal dari kata Beged artinya Penipuan atau Pengkhianatan. Yusuf menanggalkan jubahnya.


Naik Tanpa Persetujuan Tuhan atau menanggalkan jubahnya.


Kejadian 39:21-23 (TB)  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.

Sebab itu kepala penjara mempercayakan semua tahanan dalam penjara itu kepada Yusuf, dan segala pekerjaan yang harus dilakukan di situ, dialah yang mengurusnya.

Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil. 


Kejadian 41:11-14 (TB)  Pada satu malam juga kami bermimpi, aku dan kepala juru roti itu; masing-masing mempunyai mimpi dengan artinya sendiri.

Bersama-sama dengan kami ada di sana seorang muda Ibrani, hamba kepala pengawal istana itu; kami menceritakan mimpi kami kepadanya, lalu diartikannya kepada kami mimpi kami masing-masing.

Dan seperti yang diartikannya itu kepada kami, demikianlah pula terjadi: aku dikembalikan ke dalam pangkatku, dan kepala juru roti itu digantung."

Kemudian Firaun menyuruh memanggil Yusuf. Segeralah ia dikeluarkan dari tutupan; ia bercukur dan berganti pakaian, lalu pergi menghadap Firaun.


*COAT OF PRISONER OF THE SPIRIT COAT*



Jubah Yang diberikan oleh Kepala Penjara

Jubah penundukan dan penyatuan dengan Roh Tuhan.

Membuat hidup seseorang menjadi Presentable before The King



Kejadian 41:41-43 (TB)  Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."

Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian dari pada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya.

Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: "Hormat!" Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.


*COAT OF THE KING*



Jubah yang diberikan oleh Raja


PENYATUAN KEMULIAAN



Kejadian 49:22-26 (TB)  Yusuf adalah seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok. 

Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, memanahnya dan menyerbunya, 

namun panahnya tetap kokoh dan lengan tangannya tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, oleh sebab gembalanya Gunung Batu Israel, 

oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan. 

Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya. 


The blessings of Your Father on you...


Genesis 49:26 AMPC 26 The blessings of your father [on you] are greater than the blessings of my forefathers [Abraham and Isaac on me] and are as lasting as the bounties of the eternal hills; they shall be on the head of Joseph, and on the crown of the head of him who was the consecrated one and the one separated from his brethren and [the one who] is prince among them.


Kemuliaan Tuhan adalah Saat Bersentuhan dengan Tuhan ditempat Kudus.


Yakub Mengalami Perjumpaan Ilahi dan dibuat cacat sehingga setiap kali ia jalan ia mengingat Perjumpaan Ilahi dan Mengalami Kemuliaan Tuhan.


Daud Mengalami Kemuliaan Tuhan saat ia merendahkan diri dihadapan Tuhan. 


Kemuliaan Maria adalah pada waktu ia berada dikumpulkan orang dan ia membawa minyak dan Mengurapi kaki Yesus. Dia merendahkan diri dan menanggalkan semua kekotoran hidupnya.


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer