HAL BARU AKAN KU BERITAHUKAN

 HAL BARU AKAN KUBERITAHUKAN!



TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN SEMAKIN NYATA

(SEMBILAN TANDA AKHIR ZAMAN)


Semakin dekat dengan akhir zaman, tanda-tanda zaman itu akan semakin nyata.


Dalam pembahasan minggu lalu disampaikan adanya  sepuluh tanda akhir zaman (Matius 24:3-14). Tanda ke 1- 9,  memberitahukan tentang hal buruk (ada penyesatan, banyak mesias palsu, ada kabar perang, bangsa melawan bangsa, ada kelaparan dan gempa bumi, ada penyiksaan dan penganiayaan, banyak orang murtad, muncul nabi palsu, kedurhakaan bertambah dan kasih menjadi dingin). Semua tanda-tanda itu makin hari semakin menguat.


Namun ada satu tanda lain yang sangat baik, yaitu Injil diberitakan ke seluruh dunia.


Jadi menjelang akhir zaman, dunia ini tidak semakin baik. Kehidupan juga tidak semakin mudah. Semakin dekat dengan akhir zaman, intensitas kejahatan itu semakin meningkat.


SIKAP KITA MENGHADAPI AKHIR ZAMAN


Bagaimana kita jalani kehidupan dan tantangan zaman yang ada saat ini?

Bagaimana kita menghadapi kesulitan dan jebakan antikris yan makin meningkat? Apa yang harus kita kerjakan?


1. Percaya Perlindungan Tuhan Itu Nyata


Hari-hari menjelang bangsa Israel keluar dari Mesir, tulah itu ada di mana mana. Tetapi perlindungan Tuhan makin kuat atas bangsa Israel.


Dalam hidup kita juga demikian. Ada perlindungan Tuhan dan jaminan Tuhan atas hidup kita semakin kuat. Tetapi disisi lain, dengan mata kita sendiri, kita akan lihat kekacauan yang ada.


2. Tahu Arahan Tuhan


Menghadapi tantangan menjelang akhir zaman, kita harus tahu arahan dari Tuhan. Kita harus tahu apa yang perlu kita cermati, perhatikan, dan lakukan. Sehingga kita tahu keputusan yang harus kita ambil.


TUHAN MEMBERITAHUKAN HAL BARU


Yesaya 42:8-9 (TB)

Aku ini TUHAN, ...

Nubuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu."


Semua yang terjadi di muka bumi, merupakan penggenapan nubuatan para nabi. Ketika bencana dan kesulitan meningkat, janganlah heran. Ini penggenapan dari nubuatan para nabi.

Masa depan pun juga ada pada nubuatan para nabi.


Kita tidak perlu heran atau terkejut jika semua itu terjadi, karena semua yang terjadi saat ini, semua sudah ada dalam nubuatan para nabi.


Semua yang terjadi di muka bumi ada dalam kendali Tuhan. Bahkan yang akan terjadi juga sudah dinubuatkan. Apakah kita bisa mengetahuinya? Ya.


Yesaya 42:9

"Hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu."


Tuhan sudah memberikan arahan atau sinyal-sinyal -nya. Ini seperti tanda -tanda jalan saat kita naik kendaraan. Kita tinggal ikuti tanda-tanda jalan yang ada.


Yesaya 46:9-10

Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang 

kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan, 


Tuhan tidak akan membiarkan kita kaget/terkejut dan panik.

Tuhan memberikan jaminan kepada kita.

Tuhan akan memberitahuan hal hal yang akan terjadi. Caranya bagaimana? Pastikan antene rohani kita, indra rohani kita dalam keadaan on. Sehinga kita tidak terkejut atau kaget.


CARA MENANGKAP ARAHAN DARI TUHAN


1. Mengkhususkan Diri Untuk Tuhan.


Keluaran 3:1-2

Ketika musa ada di gunung Allah ada sinyal. Semak duri menyala tetapi semak duri itu tidak terbakar.


Musa menyimpang untuk memeriksanya.  Dia tinggalkan kambing dombanya. Itulah perjumpaan awal Musa dengan Tuhan yang membawa dampak dalam hidupnya selama 40 tahun ke depan. 


Setiap hari, kita harus me yimpang (bukan dalam arti negatif) dan memeriksa, mengkhususkan waktu untuk Tuhan.

Tinggalkan dulu semua urusan dan khususkan diri untuk bertemu Tuhan. Setiap hari. Bagus jika pagi hari. Periksa apa yang Tuhan sediakan bagi kita.


Contoh, ketika kita menyadari ada bisnis menurun, kondisi keluarga goncang, sesuatu yang tidak beres, mulailah menyimpang dan memeriksa. Khususkan diri dan datang kepada Tuhan. Disitulah kita akan bertemu janji atau Firman Allah. 


Musa, sebelumnya hanya menjadi gembala biasa, selama 40 thn  menjadi gembala tanpa arah. Namun setelah menyimpang, dan bertemu Tuhan, 40 tahun berikutnya menjadi berbeda.


Habakuk 2:1 

"Aku mau berdiri di tempat pengintaianku dan berdiri tegak di menara, aku mau meninjau dan menantikan apa yang akan difirmankan-Nya kepadaku, dan apa yang akan dijawab-Nya atas pengaduanku."


Habakuk mengintai dan berdiri tegak di menara.


Baik Musa dan Habakuk mempunyai waktu dan tempat khusus untuk bertemu Tuhan.


Ketika kita menyediakan waktu yang khusus untuk Tuhan, Dia akan menjawab pengaduanmu.


2. Memperhatikan FirmanNya


2 Petrus 1:19 (TB)  

"Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.


Kita harus perhatikan firman lebih lagi. Baca firman lebih banyak. Semua yang lalu dan yang akan terjadi, dan semua yg sedang terjadi ada dalam Alkitab.


Mazmur 119:104-105


Kita akan tahu kemana kita melangkah. Firman itu akan memimpin dan menolong, memberi konfirmasi kita sehinga kita tahu kemana akan melangkah. 


3. Berdoa


1 Petrus 4:7

"Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa."


Jangan habiskan waktu dengan kepanikan dan ketakutan. Jadilah tenang supaya bisa berdoa 


Yesaya 43:19

Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang gurun."


Disarikan dari kotbah Ps. Lukas Yoesianto di Ibadah Raya Kemah Daud Ministries pada tanggal 15 November 2020.


D

Komentar

Postingan Populer