KASIH MELENYAPKAN KETAKUTAN

 JKI Hananeel Surya, 13 Desember 2020

Pembicara : Komjen Pol. Dharma Pongrekun, M.M., M.H.

Tema : Kasih yang Melenyapkan Ketakutan



1 Yoh 4:18

Di dalam kasih tidak ada ketakutan, karena kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.


Apakah kasih itu?

Kasih itu adalah Allah sendiri. Kasih itu ada saat kita tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan di dalam kita. Seringkali kita hidup dalam ketakutan karena kita keluar dari Allah, kita melakukan banyak dosa.


Ketakutan itu adalah roh, dan Allah tidak pernah memberikan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kasih dan ketertiban. 


Pertarungan yang selama ini terjadi adalah kita selalu digiring untuk masuk dalam sistem dan jebakan iblis. Membuat kita menjadi manusia yang takut, lemah yang mudah untuk dikontrol. Mengikuti sistem dunia, menjadi seragam dengan dunia. Dunia selalu mencoba menggiring kita keluar dari kemuliaan Tuhan, memuaskan hawa nafsu kita, mencintai uang (akar segala kejahatan). Dengan uang kita bisa menjadi sombong, tidak lagi mengandalkan Tuhan. 


Amsal 1:7 Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. Jangan takut pada dunia, takut hanya kepada Tuhan. Pegang Tuhan baik-baik, nempel bersama Tuhan.


Mengapa dikatakan Yesus seperti air kehidupan? Ia mau kita juga menjadi saluran air kehidupan, terus mengalir. Tidak ada yang disimpan untuk sendiri, tetapi yang juga tidak akan pernah haus, justru baru terus setiap pagi. Berbeda dengan sistem dunia yang mendidik kita untuk menyimpan.


Kalau kita takut Tuhan, kita akan percaya penuh padaNya bahwa Ia yang menjaga hidup kita.

Komentar

Postingan Populer