YEREMIA

 *YEREMIA*

*DESTINY &PERJALANAN PELAYANANNYA*

*Senin 05 April 2021*

*PS IIN TJIPTO PURNOMO*



Shalom


Ada banyak sekali orang yang sudah mendengar Firman Tuhan, namun mereka tidak mencerna kembali Firman Tuhan 


Mulai saat ini kita belajar untuk mencerna, merenungkan kembali Firman Tuhan yang telah kita dengar. Minta sama Tuhan untuk kita mengalami Firman Tuhan tersebut.


Hari ini kita akan belajar tentang Yeremia.


*DIKENAL SEBELUM DIBENTUK*


Yeremia 1:5 (TB)  "Sebelum Aku *membentuk* engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." 


Arti Yeremia = Tuhan akan mengangkat/ membangkitkan


– Membentuk = Ibrani Yatsar = menekan seperti

tukang penjunan, menetapkan

– Menguduskan = memisahkan

– Menetapkan = mengangkat

– Bangsa-bangsa = Ibrani Goy = bangsa-bangsa yang belum mengenal Tuhan


Ada Patok Cinta dan Perjanjian Tuhan yang ditanam dalam hidup kita. Kita harus melihat Patok-patok Cinta dan Design Tuhan dalam hidup kita.


Kita harus belajar mengenal Tubuh kita sendiri. Tiap hari kita menguduskan hidup kita, karakter dan motivasi kita.


Kapan Terakhir kita menangis dalam merasakan Hadirat Tuhan ? 


Kapan Terakhir Kita Sangat Antusias mendapatkan Rhema Firman Tuhan dalam hidup kita ?


*MENGAWASI & MEMERINTAH*


Yer 1:10 FAYH Pada hari ini juga dimulailah

pekerjaanmu, yaitu memperingatkan bangsa-bangsa

& kerajaan-kerajaan di dunia. Sesuai dgn kata-kataKu yang

diucapkan melalui mulutmu, Aku akan mencabut serta

meruntuhkan beberapa dari mereka, membinasakan & menghancurkannya, sedangkan beberapa yg lain akan Kutanam

serta Kupelihara & mereka akan Kujadikan kuat & besar."


*#PERINTAH TUHAN*


Yeremia 2:1 (TB)  Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: 


TLB: Perintah Tuhan

• Pada thn 2020 Nabi Charlie Shamp melihat

bahwa jubah Yeremia dilepaskan ke seluruh

bumi.


Kita dipanggil oleh Tuhan untuk melakukan tugas seperti Yeremia. Hari ini adalah Penetapan Tuhan kita berlaku sebagai seorang Nabi dan Utusan Tuhan.


*#BAJAKLAH HATIMU*


Yeremia 4:3 (TB)  Sebab beginilah firman TUHAN kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: "Bukalah bagimu tanah baru, dan janganlah menabur di tempat duri tumbuh. 


TLB/FAYH: "Bajaklah hatimu yg keras itu; kalau tdk, benih yg baik akan

terbuang di antara semak duri. Bersihkanlah pikiran & hatimu, bukan

hny sekadar tubuhmu; kalau tdk, murka-Ku akan menghanguskan kamu

karena dosa2mu. Dan tdk seorang pun akan dapat memadamkan api

itu."



Kita bajak hati kita. Ada banyak orang keluar dari Hadirat Tuhan karena kepahitan. Ada banyak orang yang tinggalkan Tuhan.


*#TUHAN MENARIK DIRI*


Yer 6:8-10 FAYH "Inilah peringatan yg terakhir

bagimu, hai Yerusalem. Jika engkau tdk mau

mendengarkan, maka engkau akan Kutinggalkan

& negerimu akan Kujadikan padang gurun yg tdk dapat didiami

orang. Aku akan mengosongkan negerimu. … Tetapi siapakah yg

mau mendengarkan peringatan TUHAN yg kusampaikan? Mereka

menutup telinga & tdk mau mendengar. Firman Allah merupakan

tegoran bagi mereka; mereka sama sekali tdk menyukainya.


Akhir Zaman ini ada banyak sekali orang yang tinggalkan Tuhan.


Kita harus belajar untuk melewati jalan peremukan seperti yang dialami oleh Daud, Yusuf.


*SUNGAI YANG CURANG*


Yeremia 15:17-19 (TB)  Tidak pernah aku duduk beria-ria dalam pertemuan orang-orang yang bersenda gurau; karena tekanan tangan-Mu aku duduk sendirian, sebab Engkau telah memenuhi aku dengan geram. 

Mengapakah penderitaanku tidak berkesudahan, dan lukaku sangat payah, sukar disembuhkan? Sungguh, Engkau seperti *sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai.*

Karena itu beginilah jawab TUHAN: "Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku. Biarpun mereka akan kembali kepadamu, namun engkau tidak perlu kembali kepada mereka. 


Fase ini Yeremia merasa seperti di Curangi. Yeremia dingin dan memilih untuk tidak menikmati.


*Jangan biarkan penolakan dan kepahitan merusak destiny kita.*


*KOTA BERKUBU*


Yeremia 1:17-18 (TB)  Tetapi engkau ini, baiklah engkau bersiap, bangkitlah dan sampaikanlah kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadamu. Janganlah gentar terhadap mereka, supaya jangan Aku menggentarkan engkau di depan mereka! 

Mengenai Aku, sesungguhnya pada hari ini Aku membuat engkau menjadi kota yang berkubu, menjadi tiang besi dan menjadi tembok tembaga melawan seluruh negeri ini, menentang raja-raja Yehuda dan pemuka-pemukanya, menentang para imamnya dan rakyat negeri ini. 


Yer 1:17-18 FAYH/TB 

Bangun & bersiaplah; pergilah & beritahukan kepada mereka

apa pun yg Kukatakan kepadamu. Janganlah takut kepada mereka. Kalau engkau takut, engkau akan Kupermalukan di depan mereka. 

Karena lihatlah, pada hari ini Aku telah membuat engkau tangguh

terhadap serangan mereka. Mereka tdk dapat mencelakakan

engkau. Engkau kuat seperti kota berkubu yg tdk dapat

dikalahkan, seperti tiang besi & tembok

tembaga. Semua raja Yehuda, para pejabat, para imam, & 

segenap rakyat tdk akan menang melawan engkau. 

Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku

menyertai engkau utk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN."



*API DALAM TULANG*


Yeremia 20:8-9 (TB)  Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru: "Kelaliman! Aniaya!" Sebab firman TUHAN telah menjadi cela dan cemooh bagiku, sepanjang hari. 

Tetapi apabila aku berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya", maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup. 


Yer 20:8-9 FAYH/VMD/BIS 

Engkau sama sekali tdk

pernah membiarkan hamba mengucapkan kata2 

yg manis kepada mereka; yg harus hamba sampaikan selalu

firman-Mu yg mengenai malapetaka & kengerian & kehancuran. Tdk heran

mereka mencemooh serta mengejek hamba, & menjadikan nama hamba 

bahan tertawaan di setiap rumah. Bilamana aku berkata dlm hatiku, “Aku

akan melupakan Tuhan. Aku tdk berbicara lagi atas nama-Nya.” Bila aku

mengatakan itu, firman Tuhan seperti api yg

menyala2, terkurung dalam tulang2ku. 

Aku telah capek menahan pesan-Nya di 

dlm diriku, & akhirnya aku tdk sanggup

menahannya.


*KASIH SETIA DAN WARISAN KU*


Lam 3:19-24 TB/FAYH 


"Ingatlah akan sengsaraku & pengembaraanku, akan

ipuh & racun itu." Jiwaku selalu teringat akan hal itu & tertekan dlm

diriku. Tetapi hal2 inilah yg kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan

berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis2nya 

rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! "TUHAN adalah

warisanku, pusakaku" kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap

kepada-Nya.


– Tuhan adalah hartaku satu2nya, bagianku

– MSG Aku melekat dgn Tuhan (kukatakan demikian berulang2). 


Ialah segalanya yg tersisa yg masih kumiliki.

I'm sticking with GOD (I say it over & over). He's all I've got left.


Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat








Komentar

Postingan Populer