PERANG DENGAN ROH IZEBEL

*PERANG DENGAN ROH IZEBEL*

*MINGGU 01 AGUSTUS 2021*

*PS STEPHANUS BROJIL*



Hari-hari ini kita sedang Perang Melawan Roh Izebel.


1 Raja-raja 18:36-40 (TB)  Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.

Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 

Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!" 

Kata Elia kepada mereka: "Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput." Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana.


1 Raja-raja 19:1-4 (TB)  Ketika Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia dan perihal Elia membunuh semua nabi itu dengan pedang,

maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia: "Beginilah kiranya para allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika besok kira-kira pada waktu ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu." 

Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.

Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku." 


1 Raja-raja 19:10 (TB)  Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku."  


Dalam 1 Raja:18 

Elia baru mengalahkan 850 nabi palsu, 

namun ia menyingkir ke gua 

dimana ia mulai berperang 

dengan roh Izebel


Izebel adalah roh, 

yang dipersonifikasikan 

oleh seorang wanita 

dalam Alkitab, 

bukan manusianya


Waspada 4 tanda peperangan dengan roh Izebel


*KETAKUTAN YANG IRASIONAL DAN RASA TIDAK AMAN*


▪ Elia yang baru mengalahkan 850 nabi palsu, 

membalikkan bangsa Israel kepada Tuhan, 

namun saat mendengar ancaman Izebel,

langsung melarikan diri. 


▪ Ancaman ini sebenarnya dapat dengan 

mudah dikalahkan Elia, seperti halnya saat 

menghadapi nabi palsu


▪ Ketakutan yang irasional → ketakutan yang 

tidak masuk akal mengingat kenyataan hidup 

dalam pemeliharaan Tuhan selama ini.


▪ Rasa tidak aman yang berlebihan →

melakukan proteksi yang berlebihan sehingga tidak percaya Tuhan dan pemimpin.


Yesaya 41:10 (TB)  janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 


*ROH BUNUH DIRI THE SPIRIT OF SUICIDE*


Elia ingin mati ketika dia berada dalam 

pengaruh roh Izebel (1 Raja 19:4)


▪ Yesus pernah dicobai untuk menjatuhkan 

dirinya dari bubungan Bait Allah 

(Matius 4:5

-7)

-

▪ Manusia pada umumnya berusaha untuk 

melindungi/menjaga dirinya sendiri, namun 

bila ada keinginan untuk bunuh diri itu suatu roh yang tidak manusiawi


▪ Keinginan alami manusia adalah untuk hidup, 

namun iblis menginginkan kematian kita


Yohanes 10:10 (TB)

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan 

membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.


*KEBINGUNGAN CONFUSION*


Elia tidak ingin terus hidup dan berakhir di dalam gua, terisolasi dan sendirian.


▪ Roh ini membuat seseorang 

kebingungan dan melupakan semua 

hal baik (prestasi, kebaikan Tuhan) 

yang pernah terjadi dalam hidupnya


▪ Roh ini membuat kita tidak dapat melihat segala sesuatu dengan jelas, merasa ada kabut dalam roh, dan bingung kemana Tuhan membawa kita


Mazmur 103:3 (TB)

Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah 

lupakan segala kebaikan-Nya!


*TERISOLASI (MERASA SENDIRIAN TERPISAHKAN) ISOLATION*


Mazmur 23:4 (TB)  Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 


Saat Elia merasa hanya sendirian, Tuhan meng-counter dengan 

mengatakan masih ada 7000 orang di Israel yang tidak sujud 

menyembah Baal (1 Raja 19:18)


▪ Roh ini membuat kita merasa sendirian dan beranggapan dirinya satu-satunya yang mengalami hal 

ini, serasa dunia mau berakhir


▪ Engkau tidak sendirian, Tuhan terus besertamu dan berkarya di dalammu.


Peperangan Tidak Cukup Hanya Menguatkan IMAN, Tetapi juga Mendemonstrasikan TERANG kepada dunia.


Terang itu yang mengalahkan 

kegelapan dunia

Kebaikan Tuhan mengatasi 

kejahatan


Kebenaran mengatasi kebohongan


Kekuatan Roh Tuhan menggeser kekuatan kegelapan


Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat






 

Komentar

Postingan Populer