TIGA PEMBUNUH POTENSI

TIGA PEMBUNUH POTENSI
Pdt Petrus Agung Purnomo

Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo ( Mp3 Vol 82 )




Hakim-hakim 8:18-21 (TB) Kemudian bertanyalah ia kepada Zebah dan Salmuna: "Di manakah orang-orang yang telah kamu bunuh di Tabor itu?" Jawab mereka: "Mereka itu serupa dengan engkau, sikap mereka masing-masing seperti anak raja."
Lalu kata Gideon: "Saudara-saudarakulah itu, anak-anak ibuku! Demi TUHAN yang hidup, seandainya kamu membiarkan mereka hidup, aku tidak akan membunuh kamu." 
Katanya kepada Yeter, anak sulungnya: "Bangunlah, bunuhlah mereka." Tetapi orang muda itu tidak menghunus pedangnya, karena ia takut, sebab ia masih muda.
Lalu kata Zebah dan Salmuna: "Bangunlah engkau sendiri dan paranglah kami, sebab seperti orangnya, demikian pula kekuatannya." Maka bangunlah Gideon, dibunuhnya Zebah dan Salmuna, kemudian diambilnya bulan-bulanan yang ada pada leher unta mereka. 

Malam hari ini Tuhan taruh di hati saya ayat – ayat ini karena Tuhan berkata bahwa “ Hal yang paling menyedihkan adalah kalau hidup kita ini, kalau saya pinjam istilah lagu layu sebelum berkembang “.

Saya mau bertanya siapa yang mau menikmati PERTUMBUHAN SEMPURNA dari Tuhan kita? , saya berdoa tidak ada orang yang berkata saya ingin rontok sebelum waktunya.

Ada 3 hal yang menjadi PEMBUNUH POTENSI kita, PEMBUNUH RENCANA TUHAN atas kehidupan kita.

Cerita tadi menggambarkan akan orang orang yang adalah saudara saudara kandung Gideon, orang orang muda yang mati di gunung Tabor dibunuh oleh Zebah dan Salmuna. mereka memang seperti anak raja, sikap mereka sebetulnya cukup correct, mereka menunjukan dalam darah mereka ada darah raja yang bisa memerintah, tapi orang orang itu tidak bisa tumbuh dan menjadi berhasil seperti Gideon, ketika dia masih muda dia dibantai dan mereka mati.

Saya mau tunjukan 3 musuh yang harus anda perhatikan baik-baik dan dari zaman ke zaman ini terus ada menghantui begitu banyak potensi yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita.

HATI YANG TIDAK MAU BERKORBAN

Musuh pertama adalah Zebah, nama Sebah artinya SACRIFICE atau KORBAN, ini musuh pertama yang mengerikan. Orang yang tidak bisa mengatasi apa yang namanya SACRIFICE, Orang yang tidak bisa menang atas SACRIFICE, orang itu tidak akan pernah bisa melewati masa mudanya dan tumbuh dengan potensi yang maksimal.

Hari ini saya perhatikan itu yang langka, sebab orang untuk SACRIFICE dia tidak pernah rela, KITA ADA DIALAM DIMANA SEMUA ORANG INGIN MENGAMBIL SESUATU DAN TIDAK INGIN KORBAN. Sebisa bisanya orang mencoba untuk mengeruk keuntungan dengan apa pun yang dia pegang, dan bangsa kita ini sudah begitu parah dan bahkan tidak kenal yang namanya KORBAN sama sekali.

HATI HAMBA sudah makin langka, orang pandai memanfaatkan semua keadaan hanya untuk kepentingannya sendiri.

Semalam saya ketemu satu orang, dan orang ini adalah bupati pertama yang keturunan tionghoa, dia pernah di anugerahi oleh pemerintah sebagai pemimpin dengan pemerintahan bersih dan oleh majalah Tempo mendapatkan predikat sebagai 10 tokoh muda yang dapat mengubah Indonesia, ini orang bersih sekali.

Saya ngobrol sampai jam 1 pagi dengan dia dan dengan beberapa orang yang lain, dia cerita pengalamannya, dia butuh dana sekian milyar untuk kampanye jadi bupati pada waktu itu. Ketika dia kumpulkan uang dan dia tidak punya cukup uang, beberapa orang pengusaha besar tolong dia, ketika didengar oleh pengusaha pengusaha yang lain, dia diajak dalam sebuah pertemuan untuk makan malam dengan beberapa konglomerat dan mereka berkata begini “ kamu sedang membuat sejarah kita akan kumpulkan uang lebih besar lagi buat kamu “. 

Tiba – tiba dia berdiri dan dia berkata begini “ maaf sudah cukup uang yang saya punya untuk kampanye, tidak ada 1 rupiah pun akan saya berikan untuk menyuap siapa pun, saya juga tidak buat kaos, dana ini saya pakai untuk ini, untuk ini dan sudah cukup “. Dia bilang “ kalau saya terima uang anda dan akan limpah sekian milyar lagi, bagaimana saya bisa mengembalikan, kepada siapa saya harus mengembalikan, membaginya bagaimana, dan kelak toh anda akan memberikan kepada saya dan saya tidak merasa berhak terima itu “.

Semua orang terdiam, tiba tiba satu orang berdiri dia bukan orang Kristen, dia maju kedepan dia menangis keras, dan dia berkata “ masa depan anak cucu kita ditangan orang seperti ini seharusnya “.

HATI HAMBA YANG MAU KORBAN SUDAH MAKIN LAMA MAKIN LANGKA

Sejujur nya hari hari ini saya lagi prihatin sekali, sebab kita, saya pribadi dengar langsung, minggu lalu saya cerita ada orang orang yang Tuhan sendiri suruh dan dalam waktu yang sangat singkat saya yakin akan menggelontorkan dana besar sekali untuk pelayanan ini.

Tiba tiba hati saya takut, saya takut karena kita akan kehilangan waktu dimana kita harus KORBAN untuk segala sesuatunya. Saya takut ketika uang begitu banyak HATI INI BERUBAH kita ada seperti apa adanya sekarang, karena kami pernah belajar korban habis habisan, tapi saya takut sekarang pun sudah makin langka kesempatan untuk itu. Kalau tidak hati kita sungguh sungguh mau taruhkan semuanya buat Tuhan, kelak kalau semuanya tiba tiba LIMPAH, saya takut tidak ada lagi HATI KORBAN ditengah tengah kita. Karena begitu uang itu banyak dan limpah, “kucing pun mau masuk kerajaan surga “.

Sebab begitu keuangan LIMPAH orang akan mencoba untuk MENGAMBIL, MENGAMBIL dan MENGAMBIL.

Saya ingat peristiwa sekian belas tahun yang lalu, kami baru mulai keuangan serba berat, semuanya mepet, tiba tiba ada persembahan 25 juta rupiah dari teman saya, itupun sudah membuat kami berantem rebutan, departemen departeman minta jatah, saya engga habis pikir apakah kita ini sungguh sungguh siap, hari ini anda hidup di abad 21 sebagian dari saudara hidup nebeng kemakmuran dan berkat orang tuamu yang dulu hidup mungkin dengan PENGORBANAN dan SACRIFICE tapi sekarang mereka diberkati dan masa SACRIFICE itu hilang dari hidup kita. Kita hanya bisa MINTA MINTA MINTA ke orang tua tidak ada HATI KORBAN lagi dan itu merusak dan membunuh POTENSI TUHAN yang didalam kita.

Saya hanya berdoa kepada Tuhan kiranya Tuhan segera datang yang kedua kali sehingga tidak usah berlama – lama kita menikmati KELIMPAHAN TERLALU BANYAK, kita mau selesaikan pekerjaan Tuhan dengan cepat dan Tuhan segera datang.

 Sebab jika terlalu lama saya beritahu saudara ada berapa banyak gereja pecah, rebutan harta, dari eropa dari luar negeri yang masuk, berantem dalamnya gereja pecah, SACRIFICE sudah tidak ada. Orang begitu melihat hal besar kehormatan yang dipikir, tidak ada lagi orang yang mau jadi KESET orang mau jadi PERMADANI, tidak ada lagi orang mau jadi SANDAL orang mau jadi SEPATU KACA, tidak ada lagi orang mau jadi JUBAH GEMBEL orang pengen jadi JAS BERMERK, tidak ada lagi orang ingin jadi GELANG KARET orang ingin jadi GELANG BERLIAN.
SUDAH HILANG HATI HAMBA

Terlalu gampang mempertanyakan kenapa bukan aku, bukankah seharusnya aku yang di hormati, selalu ribut siapa yang terbesar diantara kita dan saya mau berkata itu menyedihkan sekali. Dan kalau itu di biarkan berlaku dalam hidup anda, sebagian anda mungkin belum mengerti apa yang saya katakan tetapi kalau itu di biarkan , anda sedang membiarkan secara perlahan SEMUA POTENSI TUHAN DALAM HIDUPMU AKAN MATI.

Saya hanya berdoa Tuhan tidak membiarkan itu terjadi, ada HATI YANG SELALU KORBAN dan datang ke Tuhan, sebab Abraham tiap kali dia datang ke setiap tempat yang dia bangun adalah MEZBAH dan dia bakar KORBAN buat Tuhan. Kadang – kadang saya merindukan hari hari dimana kita HARUS BERIKAN SEMUA YANG KITA PUNYA, tapi saya tahu itu segera akan berakhir. Karena Tuhan harus masuk pada SEASON YANG BARU, pada AWAL YANG BARU.

Saya hanya bisa berdoa Tuhan beri HATI ini TIDAK PERNAH LAGI MENOLAK untuk BERKORBAN, BERKORBAN dan BERKORBAN.

TIDAK ADA PENUNDUKAN DIRI

Musuh yang kedua adalah SALMUNAH, kata SALMUNAH artinya adalah ORANG YANG MENGOYAK TUDUNG YANG DIATASNYA. Dan ini pun makin lama makin langka, setiap orang merasa berhak memerintah dirinya, setiap orang merasa berhak berbuat apa pun yang dia suka, setiap orang merasa berhak bisa berurusan dengan Tuhan sendiri dan tidak peduli akan TUDUNG diatasnya. Tapi dengan gampang kita mengoyakkan itu, sebagian orang berkata saya tidak mengoyakkan TUDUNG tapi juga saya tidak memakainya seperti orang sedang kehujanan anda lipat dengan baik payungmu, engkau berkata saya tidak membuangnya, saya tidak menentang payung saya ini dan saya juga tidak mengembangkannya diatas saya. Menurut saya lebih baik anda buang payungmu dan berkata aku tidak punya payung karena itu aku basah kuyup, dari pada anda punya payung anda lipat payungmu dan anda berkata saya tidak menentang payung ini dan juga saya tidak mengembangkan diatas saya, orang akan berkata bapak kapan keluar dari rumah sakit jiwa karena perbuatan seperti itu.

Tuhan berkata “ orang yang SUAM SUAM AKAN DIMUNTAHKAN “.

Saya menghargai orang yang berani berkata TIDAK atau orang yang berkata YA daripada orang berkata ABSTAIN. Tapi bentuk itu adalah bentuk PENGOYAKKAN lain yang lebih santun, tapi itu dalam dunia kita sudah seperti itu.

Orang yang tidak bisa PENUNDUKAN DIRI kepada orang itu tidak pernah bisa diberi PENUNDUKAN DIRI, orang yang tidak bisa MENGHORMATI kepadanya juga HORMAT tidak pernah bisa diberikan, orang yang tidak tahu bagaimana MENJALANKAN PERINTAH orang itu tidak pernah bisa memberikan PERINTAH.

Zebah dan Salmuna membunuh saudara-saudara Gideon yang masih muda, POTENSI yang begitu besar di matikan sebelum bisa berkembang. Saya berdoa Tuhan akan membuat kita BERKEMBANG dan TUMBUH DALAM ANUGERAH NYA.

*TIDAK ADA PENGENDALIAN DIRI*

Yang ketiga dan yang terakhir adalah orang yang bernama Yeter, nama Yeter artinya adalah SUPERIORITY, orang yang punya keunggulan, orang yang punya kelebihan, hari itu Yeter ingin di promosi bapaknya dengan promosi yang sangat cepat sebab jika hari itu dia bunuh Zebah dan Salmuna, tradisi disitu akan berkata pembunuh Zebah dan Salmuna bukan Gideon tapi Yeter, dia diberi kehormatan.

Hari ini saya nikmati hal yang sama, pak Mul dengan teman-teman kerja menyiapkan trading days kita selama beberapa hari. Saya di beri kehormatan untuk membuka, menggunting pita, semua orang berkata saya yang meresmikan, sebuah kehormatan tanpa kerja diberikan kepada saya, padahal seharusnya mereka yang berhak mengguntung pita karena yang menyiapkan semuanya. Waktu kita resmikan LBH saya dan pak Hotma yang tanda tangan padahal ada banyak orang yang kerja, secara fisik tidak kerja apa-apa, saya hanya meresmikan, Yeter diberikan itu. Nanti sampai kapan pun LBH Mawar Saron siapa yang meresmikan? Orang akan sebut nama saya. Yeter sedang diberikan kehormatan itu.

Bapaknya berkata “ bunuh mereka “, tapi rupanya POPULARITAS dan KEHORMATAN yang dengan cepat mau diberi hilang begitu saja, bahkan ia mau menghunus pedangnya pun tidak berani, alkitab berkata “ sebab ia takut “ , kenapa dia takut? Alkitab mengatakan sebab ia masih MUDA. Kata MUDA disini menarik sekali, kata ini artinya ORANG YANG MEMEGANG SURAI KUDA atau SURAI SINGA, dalam upaya mencoba menaklukannya.

Tahukah anda bahwa itu artinya Tuhan mau berkata didalam diri anda sebagai orang muda, DIDALAMMU ADA KEGARANGAN, KEGANASAN singa dan KELIARAN kuda.

Kalau engkau tidak bisa menaklukkan semua KELIARAN dan KEGARANGAN yang ada didalammu, engkau tidak pernah bisa dapat PROMOSI dari Tuhan.

Anda boleh TUA belum tentu anda DEWASA, karena banyak orang tua yang tidak pernah DEWASA, kekanak-kanakkan. Ada banyak orang tua yang tidak bisa diberi TANGGUNG JAWAB yang besar, setiap di beri TANGGUNG JAWAB besar ia menelantarkannya karena ia sibuk dengan urusan lain yang bukan tanggung jawabnya, dia lebih suka bermain-main dengan kehidupannya. Dia TUA tapi dia tidak DEWASA.

Orang yang DEWASA adalah orang yang bisa MENGENDALIKAN KUDA dan SINGA didalam dirinya.

Kalau semua KELIARAN dan KEGARANGAN didalammu dalam bentuk apa pun tidak bisa DIKENDALIKAN, anda tidak bisa menempatkan diri anda, saudara akan dalam MASALAH BESAR. Yang namanya KUDA milik raja zaman dulu, saudara tahu bagaimana latihannya, itu bom, mercon gede diledakan disebelahnya dan ia harus tetap tenang dan tidak goyah. Sebab kalau ia gampang panik maka raja akan jatuh dan itu menimbulkan celaka. Itu Cara orang mengendalikan kuda itu,keliarannya dengan segala macam cara. Dan kita tidak boleh jadi orang yang EMOSIONAL, GANAS, GARANG dan LIAR dan TIDAK BISA MENGENDALIKAN DIRIMU.

BUKTI SEBUAH KEDEWASAAN, ANDA BISA KONTROL DIRI SAUDARA DALAM PERTOLONGAN TUHAN DALAM HAL APA PUN.

Kalau itu tidak pernah ada anda tidak akan pernah DEWASA, engkau pasti akan makin lama makin TUA tapi engkau tidak pernah DEWASA. Tuhan cari, hari hari ini orang-orang yang DIA bisa PROMOSIKAN dengan sangat cepat. Saudara tahu orang yang akan memberi kita dan dia janji didepan beberapa saksi, saya ketemu dia dalam minggu ini 2 x , disuruh Tuhan buat pabrik, dia hanya ambil 10%, 90% akan dia berikan untuk pelayanan, sebagian akan buat kita. Itu dana akan masuk besar sekali, itu ternyata pasangan masih muda banget dibawah 40 tahun umurnya.

Amin

Disalin Oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer