KEIMAMAN DAN KEPEMIMPINAN

 KEIMAMAN DAN KEPEMIMPINAN

ARK OF CHRIST BANDUNG

SENIN 18 JULI 2022

EV IIN TJIPTO PURNOMO



Shalom

Beberapa Waktu Lalu Rombongan Mahanaim Pergi Ke Israel kemanapun Rombongan Mahanaim Pergi kami menyanyi kami menari ada Rombongan Lain dari bangsa-bangsa yang ikut bergabung menyanyi dan merasakan Hadirat Tuhan dan mereka ada yang minta ikut bergabung dengan kami, ada yang minta di baptis.


Waktu itu ada beberapa orang yang bertemu dengan Daud, Daud berkata tidak mudah untuk menyanyikan sebuah lagu, dalam lagu Ada Bobot & Kemuliaan Dalam Sebuah Lagu ada URAPAN yang mengikuti kita. URAPAN berhubungan dengan tempat, Panggilan, Destiny Orang-orang yang berdoa. Bobot dan Kabod ditentukan Oleh Perjalanan Iman masing-masing.


Seringkali yang tidak kita sadari adalah Bobot Penyembahan


Bobot Penyembahan adalah pada saat Abraham meletakkan Korban Ishak, Ketika Sadrakh Mesakh dan Abednego tidak mau menyembah Patung sehingga mereka dimasukkan ke dalam Dapur Api Ketika Panas Dapur Api dinaikkan, Sadrakh Mesakh dan Abednego tetap menaikkan Penyembahan kepada Tuhan. Daniel dimasukkan ke dalam Gua Singa ketika Raja mengeluarkan aturan tidak boleh berdoa, Daniel tetap berdoa sehari tiga kali sehingga ia dimasukkan ke dalam Gua Singa.


Bobot Penyembahan tertinggi Ketika Yesus ada Di Taman Getsemani, keringat Yesus berubah menjadi butiran-butiran darah.


Ada Bobot Sangat Kuat di dalam Lagu yang diciptakan Contoh : Mengikut Yesus Keputusan ku. Lagu Mengikut Yesus Keputusan ku diterjemahkan lebih dari 200 bahasa, Kenapa Lagu ini memiliki Bobot, pencipta lagu ini melihat anak istrinya dibunuh karena dia tidak mau meninggalkan Yesus. Ketika Api Mulai Menyala, Bapak ini menyanyikan Lagu Mengikut Yesus Keputusanku, Ada Lagu Lain Yang Memiliki Bobot Lagu It Is Well it My Soul. Seorang Bapak Yang ditinggalkan oleh anak istrinya karena Badai. Ia menyanyikan lagu It Is Well It My Soul Apapun Yang Terjadi Semuanya Baik 


Malam ini bisakah kita orang-orang yang sudah menerima Sangat banyak. Saudara Menerima Janji, Menerima Berkat, Menerima Nubuatan. Apakah Kita Mempunyai Bobot dalam KEIMAMAN kita.


Kita di panggil sebagai Imamat Yang Rajani. Biar Kita punya bobot bukan hanya URAPAN.


Kita Punya Berkat Kita pasti punya Kabod karena Kabod itu adalah Bobot Beberapa orang mungkin dengan mudah menyanyikan Tuhan kami mau Kabod . Tapi Kabod itu turun kalau saudara punya Bobot.


Kita orang-orang yang sudah menerima Janji Tuhan Memiliki Bobot dan Kemuliaan KEIMAMAN


KABOD turun kalau kita memiliki Bobot. Mari Kita Belajar Tentang KeImaman.


Bahasa Ibrani dari Imam adalah Kohen. Kohen artinya Hikmat Dari Tuhan. Saudara berapa banyak saudara yang hidup benar-benar karena Hikmat Tuhan 


SIAPA SEORANG IMAM ITU ?



Keluaran 19:22 (TB) Juga para imam yang datang mendekat kepada TUHAN haruslah menguduskan dirinya, supaya TUHAN jangan melanda mereka." 


Imam dalam Inggris: 'priest'; Ibrani כֹּהֵן - KOHEN; Yunani ιερευς - hiereus


Kohen artinya Hikmat Dari Tuhan

Imam dari Bahasa Yunani Yunani ιερευς - hiereus artinya Yang Dinspirasi oleh Tuhan


Seringkali kita sudah terbiasa dengan cara kita, kita berhenti dengan cara kita, kalau tarian berhenti dengan koreografi kita, cara bernyanyi kita, kalau kita melakukan Peperangan Rohani, berhenti dengan cara kebiasaan kita.


Mari kita berkata Tuhan saya tidak mau memakai cara kita sendiri, Aku Mau Jalan Bersama Engkau. Berjalan BersamaMu dan Menggunakan CaraMu


Saudara Mungkin Mengalami Masalah Keluarga, Masalah Keuangan dan lain-lain ? Berhenti dengan caramu sendiri, berhenti dengan hikmat mu sendiri. Kita Berkata Tuhan Saya Mau Berjalan Bersama Mu.


Belajar Berjalan Pakai Hikmat Tuhan ! Berjalan Bersama Tuhan kita melihat Bagaimana Keajaiban Tuhan Terjadi dalam hidup kita.


Imam adalah Orang Yang Melayani Tuhan dan MelayaniNya dari Dekat


Jika engkau Para Imam mengalami masalah ekonomi, berhenti dengan caramu, bilang Tuhan kami ini para ImamMu, berhenti dengan apa kata orang, berhenti pakai caramu sendiri, mulai nangis lagi sama Tuhan : Tuhan aku ini ImamMu, buat Aku mengalami MujizatMu, Buat Aku Mengalami Yang Supranatural, Buat aku mengalami lagi keajaiban demi keajaiban Tuhan.


Ayo Para Imam Tuhan Jalan kembali Dengan Hikmat Tuhan, Jalan dengan Cara Tuhan.


Imam Hidupnya Di Inspirasi Oleh Tuhan Setiap Hari Hidup Melayani Tuhan dan Diinspirasi oleh Tuhan.


Maleakhi 2:7 (TB) Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam. 


Imam berasal dari Bahasa Ibrani kôhên


Panggilan KEIMAMAN adalah Bergerak Dengan Utusan Otoritas Tuhan.


Hidup Diinspirasi Oleh Tuhan dan Hidup Sangat Dekat. 


Kesaksian : Ada seorang ibu yang di vonis oleh dokter tinggal satu hari lagi, keluarga dari ibu ini mendatangi Pak Yusak, lalu Pak Yusak dan Pak Daniel Mengunjungi Ibu ini di sebuah Rumah Sakit Swasta di Bandung. Ibu ini sering menggelepar dan tidak mau diam, Pak Yusak Tjipto tanya Daniel, lalu Daniel berkata ia melihat ibu ini dililit ular sangat besar dan menggelepar. Pak Yusak Tjipto cuma dapat satu Kata BEBASKAN. Pak Yusak taat dan mendoakan ibu itu.


Didoakan makin menggelepar, pak Yusak pulang, ibu itu berhenti menggelepar, keesokan harinya ibu ini sehat dan keluar Dari Rumah Sakit, hari berikutnya ibu ini ke Rumah Pak Yusak Tjipto dalam kondisi sehat


Panggilan KEIMAMAN BERGERAK dengan WIBAWA dan OTORITAS TUHAN.



IMAM HARUS BERDIRI DIANTARA HIDUP DAN MATI



Bilangan 16:42-48 (TB) Ketika umat itu berkumpul melawan Musa dan Harun, dan mereka memalingkan mukanya ke arah Kemah Pertemuan, maka kelihatanlah awan itu menutupinya dan tampaklah kemuliaan TUHAN. 

Lalu pergilah Musa dan Harun ke depan Kemah Pertemuan. 

Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 

"Pergilah dari tengah-tengah umat ini, supaya Kuhancurkan mereka dalam sekejap mata." Lalu sujudlah mereka. 

Berkatalah Musa kepada Harun: "Ambillah perbaraan, bubuhlah api ke dalamnya dari atas mezbah, dan taruhlah ukupan, dan pergilah dengan segera kepada umat itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, sebab murka TUHAN telah berkobar, dan tulah sedang mulai." 

Maka Harun mengambil perbaraan, seperti yang dikatakan Musa, dan berlarilah ia ke tengah-tengah jemaah itu, dan tampaklah tulah telah mulai di antara bangsa itu; lalu dibubuhnyalah ukupan dan diadakannyalah pendamaian bagi bangsa itu. 

Ketika ia berdiri di antara orang-orang mati dan orang-orang hidup, berhentilah tulah itu. 


Musa Kelihatan nya sedang melawan Tuhan. Musa melakukan Pendamaian


Kenapa Musa Bisa Mengerti ? Karena Musa Sangat Dekat Dengan Tuhan, Kenal HatiNya Musa berani meresikokan diri nya untuk Tuhan.


Tuhan butuh seseorang yang meresikokan dirinya, tapi Dia tidak mendapatkan, Tuhan tidak mau memaksakan diri kalau tidak ada orang yang mau meresikokan diri


Hari ini sekali lagi Saudara Mau meresikokan diri untuk pergi ke daerah-daerah untuk berdiri antara hidup dan mati. Maukah saudara meresikokan diri untuk mengabarkan Injil.


Heidi Baker menjadikan Mozambik 80 persen mengikuti Yesus. Mozambique pada waktu Heidi Baker masuk 40 tahun yang lalu, hari itu rata-rata Penduduk Mozambique ada garis keras tidak ada hukum. Heidi Baker dipenjara, namun tidak ada daftar namanya.


Heidi Baker mengatakan Bahwa Akhirnya Kita masuk Penjara bagi Kristus. Heidi Baker diberikan kesempatan untuk berdiri di udara bebas, dia memakai kesempatan untuk menyanyi dengan sekeras-kerasnya, bikin drama tanpa alat. 


Tiap hari ada orang yang datang mendekat bertobat dan minta dibaptis. Hampir 25 hari 1000 orang dalam Penjara bertobat sampai kepala penjara juga bertobat. 


Heidi Baker tinggal bersama orang-orang miskin, mau meresikokan diri.


Tuhan Menunggu Orang yang mau meresikokan diri dan berdiri antara hidup dan mati


Tuhan Bilang : Bobot, Bobot, Apakah Ada Bobot Yang Engkau Naikkan ?


Orang-orang yang mau meresikokan diri membuat Mozambique 85 persen penduduknya di menangkan bagi Kristus


IMAM HARUS MENGAJAR DAN MENDIDIK BANGSA


1 Samuel 7:3-4 (TB) Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin." 

Kemudian orang-orang Israel menjauhkan para Baal dan para Asytoret dan beribadah hanya kepada TUHAN. 


Seorang Imam Harus Mengajar dan Mendidik Anak-anak dan Bangsa Indonesia untuk mengenal Tuhan.


Saya Bersyukur Ayah Saya Mendidik Saya, Didikan Ayah Saya Terukir sangat dalam. Definisi Terukir adalah ada Luka Permanen.


Setiap Kali Saya Minta Sesuatu sama Ayah Saya selalu bilang Tanya Tuhan, minta sama Tuhan.


Ini Titik Balik Saya, Waktu itu usia saya 8-9 Tahun, waktu itu Ada KKR di Bandung, Ibadah dibagi menjadi dua kelompok dewasa da sekolah Minggu.


Yang Dewasa dipimpin oleh Pak Yusak Tjipto, tidak ada satupun yang kenal saya itu anak Pak Yusak Tjipto, pada saat saya masuk ke kelas sekolah Minggu, guru yang mengajar sekolah Minggu, yang tergila-gila dengan Pak Yusak Tjipto seluruh ceritanya tentang Pak Yusak Tjipto, dia pertama kali mengajarkan tentang mendengar Suara Tuhan seperti yang ia dengar dari Kotbah Pak Yusak Tjipto. Dia cerita tentang Pak Yusak sambil menangis.


Saya berkata untuk pertama kalinya saya adalah seorang yang paling dekat dengan Pak Yusak Tjipto namun di dalam hidup saya yang ada cuma Kemarahan, kenapa papaku aneh, Tapi dalam hidup sayw tidak ada penghargaan, tidak ada kerinduan untuk mewarisi, sedangkan yang bicara ini seandainya saya bisa ngobrol dengan Pak Yusak sekali saja itu adalah sebuah kebahagiaan tiba-tiba hari itu saya mengambil sebuah keputusan Tuhan biarkan saya mewarisi, setidaknya saya mewarisi paling banyak dari mereka yang ingin mendapatkan warisan dari Pak Yusak Tjipto


Itu adalah awal saya tidak lagi marah, tidak lagi bersungut-sungut kalau papa saya aneh.


Hari itu saya berkata biarlah Firman Tuhan itu mengajar saya untuk mengajar orang lain 


Waktu itu saya sekolah di Paulus, pada waktu itu Natal disuruh mengenakan Gaun Cinderella. Kita semua mau nyanyi, saya bilang sama ayah saya dan ibu saya. Saya menonjol di kelas, Ayah dan ibu saya berkata minta sama Tuhan untuk Gaun Cinderella.


Hari itu Tiba-tiba saya Berkata Saya mau tunggu Tuhan sampai detik terakhir, saya mau tunjukkan bahwa Gaun itu akan datang..


Pada waktu GR baju itu belum datang dan tinggal besok dan tidak ada tanda-tanda. Malam itu ada seorang datang, mencet bel pintu rumah. Dia bercerita saya dari Singapura, dia keluarkan oleh-oleh terakhir dia berikan oleh-oleh Kepada saya Baju Cinderella yang indah 


Pengajaran itu Dia Tidak Pernah Terlambat. Ada banyak orang yang tidak berani mengajar kepada Anak-anak Untuk Belajar Tentang Iman, Tanya Tuhan Berjalan Bersama Tuhan, Mengandalkan Tuhan.


Kalau kita tidak punya uang kita ngutang, Kasihan anak kita Tapi Akibatnya Anak kita tidak Jalan dengan Tuhan, Anak kita tidak pernah melihat Tuhan berbuat keajaiban dalam hidup anak kita.


Hari ini saya mau berkata Kalau Kita Tidak Mengalami Tuhan, Bagaimana kita bisa meneruskan pengajaran, bagaimana kalau value semua pendahulu kita, pengajaran mereka.


Pengajaran Pak Daniel Krestianto tentang Hineni, Soal Mezbah, Berdiri Buat Bangsa itu terukir.


Kata terukir itu ada yang coel, di tubuh kita, ada luka permanen itulah terukir, itu tidak bisa lepas.


Kadang-kadang kita dibiarkan hancur, gagal, remuk, supaya ada Ukiran Cinta dalam hidup kita.

 


IMAM HARUS SENANTIASA BERDOA UNTUK BANGSA


1 Samuel 7:3-5 (TB) Lalu berkatalah Samuel kepada seluruh kaum Israel demikian: "Jika kamu berbalik kepada TUHAN dengan segenap hati, maka jauhkanlah para allah asing dan para Asytoret dari tengah-tengahmu dan tujukan hatimu kepada TUHAN dan beribadahlah hanya kepada-Nya; maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan orang Filistin." 

Kemudian orang-orang Israel menjauhkan para Baal dan para Asytoret dan beribadah hanya kepada TUHAN. 

Lalu berkatalah Samuel: "Kumpulkanlah segenap orang Israel ke Mizpa; maka aku akan berdoa untuk kamu kepada TUHAN." 


SEKALI LAGI PERGI DAN TUAI BANGSA-BANGSA. KALAU TIDAK PERGI SEBENTAR LAGI IBLIS MENGAMBIL JUTAAN ORANG INDIA DITUAI OLEH IBLIS


Saya Tahu saudara setiap pagi Jam Lima Saudara Berdoa Buat Bangsa. Tapi seberapa itu tidak menjadi sebuah rutinitas, saudara hari-hari ini Tuhan tiba-tiba menjumpai saya lagi. Dia menjumpai saya tidak ngomong tentang pribadi, tidak ngomong tentang Bahtera, Mahanaim. Tuhan nangis dan bilang sama saya Nak Sekali Lagi Tuai Bangsa-Bangsa sekali lagi Pergi dan Tuai Bangsa-Bangsa.


Tuhan lihatkan tentang India, kalau kamu tidak pergi sebentar lagi dan berapa banyak waktu yang kita punya Tapi Tuhan berkata Sebentar lagi iblis akan mengambil jutaan nyawa mereka.


Pada Waktu Pandemic India sehari yang meninggal sangat banyak, dituai iblis.


Tuhan Katakan Kapan Kamu Ke India untuk Menuai Jiwa-jiwa.


Saya Melihat Thailand, iblis menciptakan anak-anak menjadi Transgender, iblis ciptakan mereka jadi pemarah dan pemberontak, Tuhan katakan Kamu Tuai. Menurut Data pertahun orang-orang menjadi transgender.


Hari ini apakah ada teriakan dan air mata lagi Tuhan ampuni kalau tidak ada hati lagi untuk bangsa-bangsa, tidak ada tangisan lagi untuk jiwa-jiwa di Bangsa-bangsa. Tuhan ampuni kalau aku tidak pergi untuk menuai 


Dalam Dua Tahun Paulus Pergi Sapu Bersih Asia.


Kapan Terakhir Engkau Menangisi Bangsa-bangsa ? Apakah Kita Mau diam Melihat Srilanka, Filipina jatuh ?


Apakah kita mau diam ? Laos mengumumkan persediaan tinggal satu Minggu ?


Kita harus bergerak mengerang untuk bangsa-bangsa.



IMAM HARUS MEMIMPIN PEPERANGAN


1 Samuel 7:10-13 (TB) Sedang Samuel mempersembahkan korban bakaran itu, majulah orang Filistin berperang melawan orang Israel. Tetapi pada hari itu TUHAN mengguntur dengan bunyi yang hebat ke atas orang Filistin dan mengacaukan mereka, sehingga mereka terpukul kalah oleh orang Israel.

Keluarlah orang-orang Israel dari Mizpa, mengejar orang Filistin itu dan memukul mereka kalah sampai hilir Bet-Kar.

Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita." 

Demikianlah orang Filistin itu ditundukkan dan tidak lagi memasuki daerah Israel. Tangan TUHAN melawan orang Filistin seumur hidup Samuel, 


Seberapa Saudara Mempunyai Kemarahan Kepada Iblis. Beberapa orang belum benar-benar marah sama iblis dan belum berperang.


Samuel gabungan Imam, Tentara, dan sebagainya, Samuel Berperang, Mengaum dan Deklarasi. Samuel seumur hidupnya memimpin perang di depan 


Samuel membunuh Agag yang tidak dibunuh oleh Saul.


1 Samuel 15:33 (TB) Tetapi kata Samuel: "Seperti pedangmu membuat perempuan-perempuan kehilangan anak, demikianlah ibumu akan kehilangan anak di antara perempuan-perempuan." Sesudah itu Samuel mencincang Agag di hadapan TUHAN di Gilgal. 


Seberapa Saudara Bisa Bangkit dan Marah kepada iblis Bilang Berhenti mengganggu hidupku.


Beberapa orang sampai saat ini belum bisa marah dan mengaum sama iblis.


Seorang bapak yang mengalami kesulitan ekonomi, tiga tahun nganggur, dia bangkit dan mengaum, seluruh keluarga sepakat Berteriak El Shadai ketika kesulitan menekan, ia dan seluruh keluarga.


IMAM HARUS TAHU PERJANJIAN PUNYA PERJANJIAN


Keluaran 29:1, 19-20 (TB) "Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,

Kemudian haruslah kauambil domba jantan yang lain, lalu haruslah Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala domba jantan itu.

Haruslah kausembelih domba jantan itu, kauambillah sedikit dari darahnya dan kaububuh pada cuping telinga kanan Harun dan pada cuping telinga kanan anak-anaknya, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, dan darah selebihnya kausiramkanlah pada mezbah sekelilingnya. 


Imam punya Perjanjian dan Pegang Perjanjian.


Salah Satunya adalah Perjanjian Darah. Darah itu dioleskan di telinga kanan Saya Saved By Perjanjian


Ada Empat Tingkat Perjanjian :

DEAL : PROMISE

PERJANJIAN : COVENANT

SUMPAH

KETETAPAN


Saya mulai dengan Deal dari umur delapan tahun lalu masuk ke dalam Perjanjian, Sumpah.


Mari Kita bilang Tuhan Rekayasa saya, Tarik saya, Ciptakan Lagi saya saya MENGGENAPKAN Rencana Tuhan dalam hidup ku


Ada bagian kita ada bagian Tuhan. Kita harus mengerjakan bagian kita.




Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat




Komentar

Postingan Populer