JAMINAN PASUKAN TERDAHSYAT SHRK

JAMINAN PASUKAN TERDAHSYAT
SHRK DAY 2
RABU SEPTEMBER 2022
EV IIN TJIPTO PURNOMO



Sumber YouTube : https://youtu.be/6sLUgD20AR4

Hari ini saya akan melanjutkan yang kemarin. Kita Terima Jaminan Tuhan dalam hidup kita.

ADA KUTUK, ADA JANJI BERKAT

Keluaran 34:6-7 (TB)  Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, 
yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

‘Berjalan lewat’ (to pass through), membuat perjanjian seperti di Kejadian 15:17 Maka kelihatanlah perapian yang berasap
beserta suluh yang berapi lewat diantara potongan-potongan
daging itu. Pada hari itulah Tuhan mengadakan perjanjian
dengan Abram…

Ada Dua Zona di dalam kehidupan:
Zona Berkat - Beribu-ribu Keturunan
Zona Kutuk - Empat Keturunan

Hari ini kita berada dimana ? Kita berada di Zona Berkat atau Zona Kutuk.

Kesaksian :
Sewaktu SMA, teman-teman saya mengundang seorang tukang kwam Mia atau peramal nasib, mereka ingin mengetahui masa depan mereka, kemudian mereka memaksa saya untuk diramal, saya tidak mau lalu teman teman saya memaksa saya dan mereka narik tangan saya dan menyodorkan ke tukang ramal itu, disitu iblis mulai mengutuk saya, sesudah itu saya tidak kebas-kebas saya biarkan saja.

Lalu di Belanda hidup saya berubah, saya susah belajar suka tertidur di kelas, saya menjadi bodoh lalu ada Hamba Tuhan yang datang ke Belanda. Dia melihat ada selubung diatas kepala saya, lalu ia berdoa dan mengoyakkan selubung-selubung yang ada diatas kepala saya.

Setelah itu hidup saya berubah, dari zona Kutuk pindah ke Zona Berkat.

Seorang pemuda tadinya hidup dia Diberkati, setiap usahanya berhasil lalu dia menikah dengan seorang wanita yang bukan Anak Tuhan, sejak menikah hidup nya berubah, setiap usahanya gagal, hutang dimana mana.

Tadinya ia hidup di Zona Berkat kemudian pindah ke Zona Kutuk.

Hidup di Zona Berkat Uang tidak menjadi masalah tetapi kalau kita ada di zona Kutuk maka uang akan kurang terus.

BAGAIMANA LEPAS DARI KUTUK?

PERTOBATAN, MENYELIDIKI HATI & REMORSE

2 Raja-raja 22:18-19 (TB)  Tetapi kepada raja Yehuda, yang telah menyuruh kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, harus kamu katakan demikian: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kaudengar itu,
oleh karena engkau sudah menyesal (sampai remorse) dan engkau merendahkan diri di hadapan TUHAN pada waktu engkau mendengar hukuman yang Kufirmankan terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, bahwa mereka akan mendahsyatkan dan menjadi kutuk, dan oleh karena engkau mengoyakkan pakaianmu dan menangis di hadapan-Ku, Aku pun telah mendengarnya, demikianlah firman TUHAN,

• Ada yang menangis karena keadaannya.
• Ada yang menangis karena menyesal (remorse).
• Ada hati yang remuk/koyak tapi tidak bertobat.
• Ada hati yang remuk/koyak dan bertobat.

NAIKKAN KORBAN YANG MENYENANGKAN

Kejadian 8:21
Bau harum korban persembahan itu
menyenangkan hati Tuhan, dan Ia berkata di dalam hatiNya, “Aku tak akan lagi mengutuk dunia ini karena perbuatan manusia..”

• Persembahkan korban yang menyenangkan

Hari ini kita harus cek hati kita dan membatalkan setiap kutuk. Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa dia sudah menyakiti hati Tuhan.

Di Belanda saya menderita selama empat tahun, menyakiti hati Tuhan.

Seringkali kita menyakiti hati Tuhan. Kita harus menaikkan Korban yang menyenangkan Hati Tuhan.

KARENA PERJANJIAN

Zakaria 9:11
Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjianKu dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair.

TINGKATAN PERJANJIAN

Mazmur 105:8-10
Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjianNya, firman yang diperintahkanNya kepada seribu angkatan, yang diikatNya dengan Abraham, dan akan sumpahNya kepada Ishak; diadakanNya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel…

1# Tuhan mengikat perjanjian.
2# Tuhan bersumpah.
3# Tuhan menetapkan.
4# Tuhan mengadakan perjanjian kekal.

TUHAN MENGIKAT DENGAN PERJANJIAN

Kejadian 15:5-6, 17-18
Lalu percayalah Abram kepada Tuhan, maka Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran... Ketika matahari telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat diantara potongan-potongan daging itu. Pada hari itulah
Tuhan mengadakan perjanjian dengan Abram…

Covenant berasal dari Bahasa Ibrani berı̂yth - בּרית artinya :

• bond (ikatan).
• alliance (persekutuan).
• made by passing between pieces of flesh (dilakukan dengan berjalan diantara potongan daging).

TUHAN BERSUMPAH

Kejadian 22:16-18 (TB)  kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri — demikianlah firman TUHAN —: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.
Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." 

Sumpah = oath = שֶׁבַע šeḇa‘(bahasa Ibrani) artinya: to repeat a declaration seven times (mengulang atau mendeklarasikan tujuh kali –
sempurna).

Ibrani 6:16-17 Sebab manusia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan sumpah itu menjadi suatu pengokohan baginya, yang mengakhiri segala bantahan.

Kata ‘mengakhiri segala bantahan’ dalam terjemahan lain:
• an oath is final for confirmation = sumpah adalah final untuk
meneguhkan.
• an oath settles all arguments = sumpah membungkam semua perbantahan (iblis selalu mendebat, mendakwa).
• an oath guarantees = sumpah menjamin.
• an oath settles every matter = sumpah membereskan semua hal

TUHAN MENETAPKAN

Ulangan 28:9 (TB)  TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.

Menetapkan Bahasa Ibrani adalah qûm - קוּם artinya :
to decree = mengeluarkan dekrit/keputusan.
• to ratify = mengesahkan.
• to be confirmed = memastikan, menegaskan, mengakui.
• to be fixed = membuat keputusan yg tidak akan diubah.
• to be valid = membuat berlaku.
• to be proven = terbukti.

TUHAN MENGADAKAN PERJANJIAN KEKAL

2 Tawarikh 13:5 (TB)  Tidakkah kamu tahu, bahwa TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak-anaknya untuk selama-lamanya dengan suatu perjanjian garam?

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer