ENLARGE CAPACITY NEW SEASON 1

ENLARGE CAPACITY NEW SEASON 1
IBADAH RAYA 1
JKI HANANEEL CINTA
MINGGU 22 JANUARI 2023
EV IRENE TEDJO



Sumber YouTube : https://youtu.be/gM-e0Ht2a9k

Pada waktu saya mempersiapkan Firman Tuhan untuk Hari Ini Tuhan memberikan Kepada Saya Tema ENLARGE CAPACITY

Di Musim Yang Baru ini kita harus memperbesar Kapasitas dan Wadah Kita.

Mari Kita Cek Wadah Hidup Kita

Bagaimana wadah / kapasitas
saudara saat ini ?
 cukup saja ?
 Stuck ?
 Siap diperbesar ?
 Sangat siap ?

Wadah / kapasitas apa yang diperbesar?

• Kapasitas :
• Pengaruh
• tanggung jawab
• kepercayaan
• Wilayah :
• Pelayanan
• Bisnis
• exposure
• Talenta :
• Bernyanyi dll
• Marketing
• Lobbying
• Doa
• menjarah
• Hubungan / networking
Untuk berhasil : perlu tahu tujuan
yang jelas (Mandat Tuhan, Destiny)

PERBESAR WADAH ATAU KAPASITAS

Yesaya 54:2-3 (TB)  Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!
Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.

Versi AYT “Perluas lah tempat tendamu, bentangkanlah tenda kediamanmu, jangan menyisakannya. Panjangkanlah tali talinya, perkuat lah pasak kemahmu. Sebab, kamu akan menyebar ke kanan dan ke kiri.Keturunanmu akan menguasai bangsa bangsa dan menempati kota kota sunyi”

• Versi the voice
“Enlarge your house. You are going to need a bigger place. Don’tunderestimate the amount of room that you’ll need. So build, build, build. You will increase in every direction to fill the world. Your offspring will take over the nations; your people will revitalize long abandoned towns.”

Semakin wadah/kapasitas kita
diperbesar, maka Tuhan akan
memenuhi kita dengan semua karya
beyond limits nya atas kita

1 Korintus 10:13 - Tuhan tidak akan membiarkan
kita dicobai melampaui kekuatan atau kapasitas.

CARA MEMPERBESAR KAPASITAS:

MAU BELAJAR

Ulangan 8:5 (TB)  Maka haruslah engkau insaf, bahwa TUHAN, Allahmu, mengajari engkau seperti seseorang mengajari anaknya.

• Tidak puas dengan kemampuan yang ada sekarang
• Tidak hanya puas dengan satu cara atau cara lama
• Mau dididik
• Mau dibenarkan Tuhan semua kekacauan / keerroran kita
• Belajar menghitung
• Belajar percaya yang mustahil & supranatural

MAU DILATIH

1 Korintus 9:25-27 (TB)  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

 Latih kekuatan kita masing masing
 Latih talenta talenta kita, baik yang sudah maupun belum terlatih
 Dilatih dengan kemampuan kemampuan baru yang diperlukan
 Latih mengendalikan jiwa kita terutama pikiran alam bawah sadar

MAU BERUBAH

Ibrani 5:13-14 (TB)  Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.
Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

 Mau ikuti yang Tuhan mau dalam proses percepatan
 Mau & berani keluar dari comfort zone
 Mau sepakat dengan Tuhan & pemimpin untuk hal hal yang diluar
batas kemampuan kita
 Melihat perubahan sebagai peluang bukan ancaman

BERANI AMBIL TANGGUNG JAWAB DAN EKSEKUSI

Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

 Tanggung jawab = ukuran kedewasaan pasukan
 Setia dalam perkara kecil, Tuhan percayakan perkara
besar. Orang dewasa bisa terima tanggung jawab Tuhan
untuk melakukan mukjizat bersamaNya.
 Belajar menjadi eksekutor Tuhan seimbang keberanian
& pertimbangan (courage & consideration)

PERBESAR KAPASITAS HATI

(Lukas 9:23 BIS Kemudian Yesus berkata kepada semua orang yang ada di situ, "Orang yang mau mengikuti Aku, harus melupakan
kepentingannya sendiri, memikul salibnya tiap-tiap hari, dan terus mengikuti Aku.)

 Memiliki kemampuan ditolak
 Mau sangkal diri, sangkal emosi
 Mau meresponse dengan benar walaupun harus remuk
 Mau jujur dengan keinginan hati, yang terucap maupun tersembunyi

BELAJAR DARI YABES

1 Tawarikh 4:9-10 (TB)  Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."
Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

• Yabes keturunan Yehuda
• Yabes dilahirkan dalam kesakitan, arti nama Yabes
kesedihan.
• Ibu Yabes selalu memanggil Yabes dengan ingatan
akan peristiwa yang menyedihkan akan kelahirannya
• Mungkin ada dari kita yang seperti Yabes yang sangat
ditolak oleh orang orang sekitarnya
• Tapi Yabes lebih dimuliakan lebih dari saudara
saudaranya.
• Yabes tidak mencari bantuan manusia atau pakai
kekuatan sendiri  Yabes datang ke Tuhan.

INTI DARI DOA YABES

Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah limpah

• Yabes tahu, hidup tidak ditentukan oleh kesulitan kesulitan yang ada,
seperti arti namanya, tapi berkat Tuhan lah yang akan menentukan
masa depannya

• Yeh 34::26 BIS Aku akan memberkati mereka dan mengizinkan mereka
tinggal di sekitar bukit-Ku yang suci. Mereka akan Kuberi hujan bila
mereka memerlukannya.

• Yabes mengerti perlu berkat yang besaarr sekali… untuk bisa
membalikkan masa depannya
• Yabes dengan iman berani meminta kepada Tuhan
• Yabes meminta berkat melimpah dalam segala hal yang dia lakukan

• Ibrani 4:16 TB Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian
menghampiri takhta kasih karunia , supaya kita menerima rahmat dan
menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada
waktunya.

Kiranya Engkau memperluas daerahku

• Buka kesempatan
• Buka pintu pintu baru
• Perluas wilayah koneksi / otoritas
• Perluas hubungan / networking yang lebih luas
• Perluas pengaruh
• Perluas wadah hikmat, pewahyuan,
pengetahuan, keintiman, kedalaman.

Kiranya tanganMu menyertai aku

• Yabes tahu kalau setelah diberkati & diperluas
wilayahnya, penyertaan Tuhan sangat dibutuhkan
• Penyertaan Tuhan yang membuat kita tetap dalam
track Nya

• Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai
engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong
engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan
kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Kiranya tanganMu melindungi aku dari pada
malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa aku

• Roma 8 : 31 b Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

• Yabes sadar bahwa dirinya akan berhadapan dengan tantangan
besar, oleh karenanya Yabes meminta pertolongan dan penyertaan Tuhan
• Yabes juga tahu bahwa ada banyak musuh, kejahatan &
pencobaan di sekitarnya, dan dia tahu dia tidak bisa mengatasi
semua sendirian.
• Doa Yabes meminta agar kesakitan tidak menimpanya, padahal
arti namanya kesakitan.

Dan Allah mengabulkan permintaannya itu

 Tuhan mendengar doa Yabes dan melihat iman percayanya, Tuhan
menjawab permintaannya
 Yang harusnya seperti namanya kesakitan, malah Yabes melebihi
saudara saudaranya

• 1 Tawarikh 4 : 9 – 10 Yabes lebih dimuliakan dari pada
saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya
sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."
4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya
Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas
daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka , sehingga kesakitan
tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya
itu.

Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer