TUJUH PILAR MEMPELAI KRISTUS

TUJUH PILAR MEMPELAI KRISTUS



Shalom
Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Semalam Ada WA dari seorang pembaca yang minta Artikel Menjadi Mempelai Wanita Yang Murni dan Berkenan

John the Baptist calls himself a friend of Jesus, who is the bridegroom, saying: “The one who has the bride is the bridegroom. The friend of the bridegroom, who stands and hears him, rejoices greatly at the bridegroom's voice. Therefore this joy of mine is now complete” (John 3:29).

Pagi Ini Saya Akan Mencoba Menulis Tentang TUJUH PILAR MEMPELAI KRISTUS :

Mempelai Wanita (Kebijaksanaan), kita baca di sana, membangun rumahnya di TUJUH PILAR. Ketujuh pilar ini tercantum bagi kita dalam Yakobus 3:17, dan gereja yang benar dibangun di atas pilar-pilar ini. Dengan ciri-ciri ini, kita dapat mengidentifikasi Mempelai Kristus di mana saja:

KEMURNIAN  

Pilar pertama dan terpenting dalam gereja sejati adalah kemurnian. Ini bukanlah pilar kosong dari kemurnian lahiriah belaka. Tidak. Ini solid terus menerus. Itu adalah kesucian hati, dan itu tumbuh dari benih rasa takut akan Tuhan jauh di lubuk hati. Bukan dengan otak yang cerdas tetapi dengan hati yang murni gereja Kristus yang sejati dibangun. Kita tidak dapat membangun gereja jika kita tidak memiliki wahyu rohani tentang Tuhan dan jalan-jalan-Nya - dan hanya orang yang suci hatinya yang akan diizinkan untuk melihat Tuhan di dalam hati mereka (Matius 5:8).

KEMAMPUAN MEMBAWA DAMAI SEJAHTERA   

Kebajikan dan kedamaian selalu berjalan seiring. Mereka kembar. Kerajaan Allah adalah kebenaran dan damai sejahtera (Roma 14:17). Kebijaksanaan sejati tidak pernah argumentatif atau suka bertengkar. Itu tidak berusaha. Itu memelihara hubungan yang harmonis dengan semua orang, sejauh mungkin. Tidak mungkin bertengkar dengan orang yang dipenuhi dengan hikmat Ilahi, karena orang seperti itu adalah orang yang suka damai. Dia mungkin tegas dan dia mungkin dibenci oleh orang yang berkompromi. Tapi dia selalu damai. Yesus memberi tahu para murid-Nya bahwa ketika mereka melakukan perjalanan untuk memberitakan Injil, mereka hanya boleh tinggal di rumah "pendamai" (Lukas 10:5-7). Kita harus menjadi orang yang cinta damai, jika kita ingin membangun rumah Tuhan.

PERTIMBANGAN

Mempelai Kristus selalu adil kepada orang lain, lemah lembut, sabar, sabar dan sopan. Dia tidak pernah kasar atau kasar tetapi selalu memperhatikan perasaan orang lain. Ketika gereja ditopang oleh pilar ini, menjadi mudah untuk menanggung satu sama lain - bahkan jika ada yang lamban dalam pengertian atau kasar dalam perilaku mereka. Masalahnya, kita mulai menyadari, bukanlah kekasaran saudara atau saudari kita, tetapi ketidaksabaran yang ada di dalam diri kita. Jadi kita melawan musuh yang tepat - kehidupan Diri kita - dan bukan saudara dan saudari kita.

Mempelai Kristus Harus Punya Karunia Membedakan Roh.

KESEDIAAN UNTUK MENGHASILKAN

Orang yang tidak dapat menerima teguran dan nasihat, atau yang merasa bahwa ia telah melampaui tahap itu, sungguh bodoh, meskipun ia sudah tua atau lanjut usia (Pengkhotbah 4:13). Khususnya di India, banyak orang memiliki gagasan kafir bahwa "orang tua lebih bijaksana". Ini mungkin benar dalam hal-hal duniawi tetapi tentu saja tidak dalam hal-hal rohani. Yesus tidak memilih salah satu tua-tua di rumah ibadat untuk menjadi rasulnya. dia memilih pria muda. Orang yang lebih tua di gereja sering merasa sulit menerima nasihat dari seorang adik yang mungkin penatua di gereja dan juga jauh lebih saleh. Tapi itu karena kesombongan mereka. Mereka yang bersedia menerima koreksi menjadi bijak (Amsal 13:10). Maka di mana saudara-saudari di sebuah gereja sangat ingin menerima nasihat dan koreksi, sebuah gereja yang benar-benar mulia akan dibangun. Orang bijak menyukai mereka yang menasihatinya dengan setia dan dengan penuh semangat akan mencari teman mereka. 'Saling tunduk' (Efesus 5:21) adalah kata-kata yang tertulis di tiang ini.

KEPENUHAN KASIHAN DAN BUAHNYA YANG BAIK:  

Mempelai Kristus penuh dengan belas kasihan - bukan hanya sesekali berbelas kasih. Dia tidak masalah memaafkan siapa pun, dengan bebas dan riang dari hati. Dia tidak menghakimi atau mengutuk orang lain, melainkan menunjukkan kasih sayang kepada mereka seperti Mempelai Laki-Lakinya. Belas kasihan ini bukan hanya sikap mental tetapi terungkap dalam buah-buah baik yang dihasilkan dalam tindakannya. Dia berbuat baik dengan segala cara yang dia bisa untuk semua orang yang dia bisa setiap saat dia bisa.

KETABAHAN

Seorang saudara yang memiliki kebijaksanaan Ilahi akan terbebas dari segala kebengkokan. Dia akan sepenuh hati dan lugas, dengan satu mata, bebas dari keraguan dan keraguan. Dia tidak akan mendua hati, tetapi kuat dalam iman kepada Tuhan, dan dia tidak akan melihat kelemahannya sendiri, tetapi pada janji Tuhan. Saudara seperti itu tahu bahwa kemenangan atas semua dosa sadar dimungkinkan di sini dan saat ini. Dia adalah orang yang dapat diandalkan - yang dapat dipercaya setiap saat untuk menepati janjinya. Dia teguh dan tak tergoyahkan. Anda tidak dapat membuatnya membengkokkan keyakinannya atau berkompromi dalam hal apa pun. Dia lurus dan tegak seperti tongkat.

BEBAS DARI KEMUNAFIKAN

Mempelai Wanita memiliki lebih banyak konten spiritual di dalam daripada yang dapat dilihat orang lain di dalam dirinya secara eksternal. Kehidupannya yang tersembunyi lebih baik daripada pendapat orang lain tentang kehidupan luarnya. Ini adalah kebalikan dari 'pezinah spiritual' atau 'Pelacur,' yang disebut spiritualitas hanya dimaksudkan untuk menerima kehormatan laki-laki. Apa yang dia miliki sebenarnya adalah 'religiusitas' dan bukan spiritualitas sejati. Pengantin wanita memperhatikan pikiran, motif, dan sikap batinnya jauh lebih banyak daripada kata-kata dan tindakan eksternalnya. Dia merindukan persetujuan Tuhan atas kehidupan batinnya dan sama sekali tidak peduli pada persetujuan manusia atas kehidupan luarnya. Dengan ujian ini, kita masing-masing dapat mengetahui apakah kita adalah bagian dari Mempelai Wanita atau Pelacur.

Mempelai Kristus memiliki benih hikmat yang ditanamkan di dalam hatinya sehingga dia akan memiliki ketujuh karakteristik ini yang tumbuh di dalam dirinya dari tahun ke tahun. Meskipun dia masih jauh dari sempurna, dia terus maju dan berkembang menuju kesempurnaan.

Berbagai simbol alkitabiah mewakili Gereja. Diantaranya adalah panggilan Gereja sebagai Mempelai Kristus yang suci, bercahaya, tak bercacat.

Ada 2 hal penting yang harus kita perhatikan dalam persiapan kita menjadi Mempelai Kristus, yaitu :

1.  Telah siap sedia untuk menjadi Pengantin (ayat 7)

Adapun ciri-ciri Pengantin yang telah siap yaitu:

a.   Dewasa Rohani

(Efesus 4:13, “Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus”). Salah satu syarat dalam pernikahan adalah orang yang dewasa, bukan anak-anak. Bagaimana mungkin seorang anak kecil dapat melakukan pernikahan? Karena itu sebagai umat Tuhan yang siap menjadi Mempelai-Nya, kita harus semakin dewasa rohani. Bukan berdasarkan berapa lamanya kita menjadi orang Kristen, tetapi seberapa tingkat iman percaya kita kepada Tuhan.

b.  Mengasihi Yesus Lebih Dari Segalanya

(Matius 10:37, “Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku”). Hanya pasangan yang saling mengasihi yang menjadi pasangan yang siap menikah. Jika seseorang tidak mengasihi pasangannya, bagaimana ia bisa menikah. Atau jika seseorang lebih mengasihi orang lain, bagaimana ia dapat menikah dengan pasangannya, karena tidak ada orang yang mau diselingkuhi. Dan tanda-tanda seorang yang siap menikah adalah bertambah mengasihi, setiap hari semakin dekat hatinya dengan pasangannya. Apakah kita semakin bertambah mengasihi Yesus? Apakah kita menanti-nantikan kedatangan-Nya?

2.  Berpakaian Lenan Halus (ayat 8)

Lenan halus berbicara tentang kekudusan. Bagaimana cara supaya dapat mengenakan kekudusan sebagai pakaian kita:

a.  Mengejar Kekudusan

(Ibrani 12:14, “Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.”). Bertekad untuk hidup kudus dengan kemauan untuk selalu hidup kudus. Kita harus mengejar kekudusan itu. Apakah kita tetap hidup dalam kekudusan pada saat tidak ada seorang pun melihat perbuatan kita? Apakah kita tetap hidup dalam kekudusan di saat dunia menawarkan perbuatan yang tidak kudus? Apakah kekudusan itu sudah menjadi gaya hidup kita?

b.  Hidup Dalam Kekudusan

(1 Petrus 1:14-16, “Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus”). Tidak cukup dalam tekad tapi kekudusan harus dilakukan senantiasa dalam hidup kita. Kita harus menjauhi dosa. Kekudusan mengandung pengertian terpisah dari cara-cara fasik dunia dan dipisahkan untuk mengasihi, melayani dan menyembah Allah. Biarlah kekudusan bukan hanya menjadi kerinduan kita saja, tetapi juga menjadi gaya hidup kita.

c.  Kasih Karunia Allah Menguduskan Kita

(Titus 2:11-14, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya hidup kita bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini. Dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan pernyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri yang rajin berbuat baik.”)

Kita harus tahu bahwa hanya karena pertolongan Tuhan-lah kita bisa hidup kudus. Karena Dia yang menguduskan kita. Dengan pertolongan Roh Kudus maka kita bisa hidup dalam kekudusan, karena Ialah yang memberikan anugrah dan kekuatan di dalam kita. Semuanya bukan karena kuat dan gagah kita melainkan karena Roh Kudus. Oleh karena itu mohon pertolongan Roh Kudus untuk kita dapat hidup dalam kekudusan. Amin!

Jatiwangi 1 February 2023
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer