PENTAHIRAN DARI KUSTA ROHANI

PENTAHIRAN DARI KUSTA ROHANI
EV IRENE TEDJO



Akar kata Ibrani untuk “mentahirkan,” thr, berarti menjadi bersih, menjadi murni, dan digunakan dalam banyak konteks di Perjanjian Lama, termasuk pengertian tahir secara moral dan bersih di hadapan Allah.

APA ITU KUSTA ROHANI ? Kusta Rohani ada di dalam atau di luar ?

2 Raja-raja 5:1-14 (TB)  Naaman, panglima raja Aram, adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta.
Orang Aram pernah keluar bergerombolan dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman.
Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: "Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya."
Lalu pergilah Naaman memberitahukan kepada tuannya, katanya: "Begini-beginilah dikatakan oleh gadis yang dari negeri Israel itu."
Maka jawab raja Aram: "Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja Israel." Lalu pergilah Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian.
Ia menyampaikan surat itu kepada raja Israel, yang berbunyi: "Sesampainya surat ini kepadamu, maklumlah kiranya, bahwa aku menyuruh kepadamu Naaman, pegawaiku, supaya engkau menyembuhkan dia dari penyakit kustanya."
Segera sesudah raja Israel membaca surat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya serta berkata: "Allahkah aku ini yang dapat mematikan dan menghidupkan, sehingga orang ini mengirim pesan kepadaku, supaya kusembuhkan seorang dari penyakit kustanya? Tetapi sesungguhnya, perhatikanlah dan lihatlah, ia mencari gara-gara terhadap aku."
Segera sesudah didengar Elisa, abdi Allah itu, bahwa raja Israel mengoyakkan pakaiannya, dikirimnyalah pesan kepada raja, bunyinya: "Mengapa engkau mengoyakkan pakaianmu? Biarlah ia datang kepadaku, supaya ia tahu bahwa ada seorang nabi di Israel."
Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa.
Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."
Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!
Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?" Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas hati.
Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir."
Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

KUSTA ROHANI

Apa itu Kusta Rohani ?

KUSTA ROHANI RAJA UZIA
Contoh Raja Uzia

2 Tawarikh 26:16-23 (TB)  Setelah ia menjadi kuat, ia menjadi tinggi hati sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia berubah setia kepada TUHAN, Allahnya, dan memasuki bait TUHAN untuk membakar ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan.
Tetapi imam Azarya mengikutinya dari belakang bersama-sama delapan puluh imam TUHAN, orang-orang yang tegas;
mereka berdiri di depan raja Uzia dan berkata kepadanya: "Hai, Uzia, engkau tidak berhak membakar ukupan kepada TUHAN, hanyalah imam-imam keturunan Harun yang telah dikuduskan yang berhak membakar ukupan! Keluarlah dari tempat kudus ini, karena engkau telah berubah setia! Engkau tidak akan memperoleh kehormatan dari TUHAN Allah karena hal ini." 
Tetapi Uzia, dengan bokor ukupan di tangannya untuk dibakar menjadi marah. Sementara amarahnya meluap terhadap para imam, timbullah penyakit kusta pada dahinya di hadapan para imam di rumah TUHAN, dekat mezbah pembakaran ukupan.
Imam kepala Azarya dan semua imam lainnya memandang kepadanya, dan sesungguhnya, ia sakit kusta pada dahinya. Cepat-cepat mereka mengusirnya dari sana, dan ia sendiri tergesa-gesa keluar, karena TUHAN telah menimpakan tulah kepadanya.
Raja Uzia sakit kusta sampai kepada hari matinya, dan sebagai orang yang sakit kusta ia tinggal dalam sebuah rumah pengasingan, karena ia dikucilkan dari rumah TUHAN. Dan Yotam, anaknya, mengepalai istana raja dan menjalankan pemerintahan atas rakyat negeri itu.
Selebihnya dari riwayat Uzia, dari awal sampai akhir, ditulis oleh nabi Yesaya bin Amos.
Kemudian Uzia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di ladang dekat pekuburan raja-raja, karena ia berpenyakit kusta, kata orang. Maka Yotam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. 

KUSTA ROHANI MIRYAM

Bilangan 12:1-10 (TB)  Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.
Kata mereka: "Sungguhkah TUHAN berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?" Dan kedengaranlah hal itu kepada TUHAN.
Adapun Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.
Lalu berfirmanlah TUHAN dengan tiba-tiba kepada Musa, Harun dan Miryam: "Keluarlah kamu bertiga ke Kemah Pertemuan." Maka keluarlah mereka bertiga.
Lalu turunlah TUHAN dalam tiang awan, dan berdiri di pintu kemah itu, lalu memanggil Harun dan Miryam; maka tampillah mereka keduanya.
Lalu berfirmanlah Ia: "Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.
Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku. 
Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"
Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia.
Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah Miryam kena kusta, putih seperti salju; ketika Harun berpaling kepada Miryam, maka dilihatnya, bahwa dia kena kusta!

Kita tidak tahu tindakan salah yg kita pernah buat ataupun orang tua atau
nenek moyang kita buat, yang mendatangkan kusta rohani dlm hidup kita.

• Dengan iman, kita mau membahas tentang Pentahiran

DALAM PERJANJIAN BARU - PAULUS

Kisah Para Rasul 21:24-26 (TB)  Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat.
Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan." 
Pada hari berikutnya Paulus membawa orang-orang itu serta dengan dia, dan ia mentahirkan diri bersama-sama dengan mereka, lalu masuk ke Bait Allah untuk memberitahukan, bilamana pentahiran akan selesai dan persembahan akan dipersembahkan untuk mereka masing-masing.

KUSTA ROHANI DILIHAT DARI TIGA ASPEK

IKATAN

Kisah Rasul 8:22-23 Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini; sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan.

2 Timotius 2:26 BIS Dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, dan terlepas dari perangkap/jebakan/jerat/ikatan Iblis yang telah menawan mereka dan memaksa mereka mengikuti kemauannya.

JENIS-JENIS IKATAN

- ikatan dosa.
• ikatan masturbasi / onani.
• ikatan pornografi.
• ikatan makan.
• ikatan dengan keluarga.
• ikatan percabulan.
• ikatan batin/jiwa dg
seseorang.
• ikatan judi.
• ikatan alkohol.
• ikatan narkoba.
• ikatan hobby
(nonton drakor, main games, gadget).
• ikatan paranormal.
- ikatan okultisme.
• ikatan kuamia.
• ikatan kuepang.
• ikatan kelenteng.
• ikatan minum air hu.
• ikatan kedar.
• ikatan mind control spirit.
• ikatan tradisi.
• ikatan doktrin.
• ikatan dengan benda-benda

KUTUK

Ada hal-hal yang menyebabkan kutuk menimpa seseorang.

Kutuk tersebut antara lain:

Kutuk keturunan (kutuk yang diwarisi dari generasi di atasnya).

Kutuk karena perbuatan dosa atau praktik okultisme yang dilakukan oleh generasi di atasnya.

Kutuk yang dilepaskan oleh orang lain.

Kejadian 9:24-26 (TB)  Setelah Nuh sadar dari mabuknya dan mendengar apa yang dilakukan anak bungsunya kepadanya, berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya."
Lagi katanya: "Terpujilah TUHAN, Allah Sem, tetapi hendaklah Kanaan menjadi hamba baginya.

MACAM-MACAM KUTUK

• kutuk kematian.
• kutuk kegagalan.
• kutuk perceraian.
• kutuk kemiskinan.
• kutuk hutang.
• kutuk tidak menikah.
• kutuk tidak punya keturunan.
• kutuk poligami.
• kutuk penyembahan berhala.
• kutuk mati muda.
• kutuk cacat.
• kutuk gila.
• kutuk keluarga tidak rukun.
• kutuk kebodohan.
• kutuk kebebalan.
• kutuk pemberontakan.
• kutuk bunuh diri.
• kutuk mati suri.
• kutuk perzinahan.

ROH

Ulangan 8:10-11 (TB)  Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu.
Hati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah, peraturan dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini;

Hosea 5:4 (TB)  Perbuatan-perbuatan mereka tidak mengizinkan mereka berbalik kepada Allah mereka, sebab roh perzinahan ada di antara mereka, dan mereka tidak mengenal TUHAN.

• Roh-roh menghambat pertobatan, pertumbuhan, pengertian, iman dsb.

JENIS-JENIS

• roh perzinahan
• roh mengembara
• roh nenek moyang
• roh agamawi
• roh taurat
• roh onan
• roh kekacauan
• roh kebingungan
• roh penyesat
• roh sihir/tenung/peramal
• roh kebatinan
• roh bunuh diri
• roh mamon: cinta akan uang
• roh ateis: tidak percaya Tuhan walaupun Kristen
• roh apatis
• roh hedonisme: cinta akan kenikmatan / kemewahan dunia
• roh babel: ingin
berkuasa seperti Allah
• roh esau/edom: nafsu, marah, serakah, meremehkan
• roh isebel: tidak bisa tunduk
• roh herodes: takut kehilangan kedudukan, kekejaman
• roh yudas: berkhianat
• roh firaun: mengeraskan hati, melawan Allah
• roh mariam: berani terhadap pemimpin/orang yang diurapi Tuhan
• roh yunus: lari dari
panggilan/destiny/tugas
• roh antikris: melawan Kristus, kegerakan & lawatan
• roh farisi
• roh bileam
• roh amalek

Roh Farisi

roh farisi : mat 16:6 “berjaga jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang farisi dan saduki” ➔ Orang Farisi adalah orang-orang yang mencari kebenaran dengan perbuatan, dengan menunjukkan moralitas yang baik, melakukan seluruh syariat-syariat agama yang dituntut oleh Perjanjian Lama dan mempertontonkan kepada orang lain bahwa mereka adalah orang-orang yang suci. Itu adalah mencari kebenaran dengan perbuatan baik. Sebagai orang Kristen, bukankah kita telah dibenarkan bukan dengan perbuatan diri sendiri tetapi karena kebenaran Kristus telah menjadi milik kita. Itu sebab kita katakan kebenaran kita berbeda dengan kebenaran orang Farisi.

Roh Bileam

roh bileam : 2 Petrus 2:15
“Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka
tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.

Di Bilangan 22:24
24, Bileam adalah seorang nabi Allah, seorang juru bicara Allah. Ia berjalan di jalan yang benar, NAMUN, ia tidak melakukannya sampai akhir hidupnya. Ia pada akhirnya mengabaikan Firman Allah dan menyimpang karena ia “suka menerima upah untuk perbuatan- perbuatan yang jahat.”

Yosua 13:22) Bileam tidak lagi disebut “nabi” tetapi “juru tenung.” Ia memulai sebagai nabi, seorang juru bicara Allah,
tetapi berakhir sebagai juru tenung, seorang musuh Allah.

Roh Amalek

roh Amalek : Spirit Amalek adalah spirit cinta akan uang, keserakahan, egoisme, spirit familiarity (minta dimaklumi oleh Tuhan untuk suatu perbuatan yang dipandang baik). Spirit Amalek membuat orang percaya menjadi batu sandungan, mencari kesempatan dari
kelemahan orang, bahkan menahan kegerakan Tuhan.

KELEMAHAN

Hakim 14:2-3 Simson pulang & memberitahukan kepada ayahnya & ibunya: “Di Timna aku melihat seorang gadis Filistin. Tolong, ambillah dia menjadi isteriku… Ambillah dia bagiku, sebab dia kusukai.”

Hakim 16:1 Pada suatu kali, ketika Simson pergi ke Gaza, dilihatnya di sana seorang perempuan sundal, lalu menghampiri dia.

Hakim 16:4 Sesudah itu Simson jatuh cinta kepada seorang perempuan dari lembah Sorek yang namanya Delila.

• Samson punya kelemahan terhadap perempuan.

MACAM-MACAM KELEMAHAN

• serakah
• pelit
• kemarahan
• malas
• lelet
• pelupa / daya ingat lemah
• penakut
• emosi labil
• mudah tertekan
• jiwa picik
• mengasihani diri
• minder
• sulit menangkap
• cerewet
• suka kritik
• menuntut
• panik
• bossy
• tidak sabar
• egois
• sumbu pendek
• sensitive
• suka bohong
• nyuri
• tidak percaya orang/Tuhan
• mulut dolak dalik
• cuek
• tidak gigih
• cepat nyerah
• tidak sabar
• tidak jujur
• tidak bertanggung jawab
• clumsy / kikuk/kagok
• tidak mau berubah
• munafik
• berkepribadian banyak
• jiwa rusak
• trauma
• self-image/citra diri rusak
• kepahitan
• kekecewaan
• kurang ajar
• tidak tahu diri
• sombong
• merasa berjasa
• cepat lupa diri
• gosip
• hyperbola
• ragu-ragu
• telmi (telat mikir)
• kompromi
• plin plan
• licik
• curigaan
• childish/kekanak kanakan
• mutung / suka ngambek
• bulet
• dendam
• tidak bisa mengampuni/
melupakan
• sakit menstruasi (utk wanita)
• hormon

SAKIT PENYAKIT

1 Petrus 2:24 (TB)  Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

MACAM-MACAM PENYAKIT

• diabetis
• stroke
• hormonal
• darah tinggi / rendah
• maag
• kolesterol
• asam urat
• autism
• alzaimer
• constipasi
• usus buntu
• ginjal
• mium
• darah kental
• ambeian
• amnesia
• epilepsi
• vertigo
• kanker
• tumor
• prostat
• turun beroh
• infeksi kandung kemih
• hepatitis a / b
• paru2
• tbc
• diare
• tipes
• malaria
• demam berdarah
• tiroid
• Kelebihan/kekurangan kelenjar
• kudis
• kusta
• kebebalan tubuh hilang
• kelamin
• hiv
• darah kotor
• addiction / kecanduan
• cacar
• mata
• glukoma
• mata minus / silindris
• mata plus
• katarak
• meningitis
• pendarahan
• cuci darah
• semua yg berhubungan dg
kelemahan darah
• leukemia
• gila
• senewen
• geger otak
• sinusitis
• sariawan
• tenggorokan
• tuli
• buta
• jantung berdebar
• sendi bengkak
• sendi infeksi
• eczeme
• saraf
• sumbing
.
PENTAHIRAN

PENTAHIRAN :
• KITA AKAN MINTA DITAHIRKAN DARI 5 ASPEK YANG SUDAH DIJELASKAN
• UNTUK YANG BELUM PERNAH DIREKOMEN 50X ANGKA YOBEL BESAR
• CONTOH PENTAHIRAN DI SUNGAI YORDAN ISRAEL

PERSIAPAN PENTAHIRAN

1. BAWA BAJU GANTI LUAR DALAM
2. BAWA HANDUK
3. MAKAN DULU SEBELUM PENTAHIRAN UNTUK YANG TIDAK BIASA BERENANG
4. UNTUK PENTAHIRAN DI KOLAM ➔ PAKAI BAJU KAOS & CELANA PENDEK BAHAN (CATATAN : BAJU KAOS WARNA & TDK TIPIS, CELANA JANGAN TERLALU PENDEK)
5. YANG PALING PENTING : SBLM PENTAHIRAN, DOA & COBA INGAT INGAT & RENUNGKAN APA SAJA YANG HARUS DITAHIRKAN DARI HIDUP SAYA ?

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer