REVIVALIST

 REVIVALIST

PS STEVEN AGUSTINUS



Suatu malam, baru saja saya berbaring tidur, saya merasa Roh Kudus mendorong saya untuk berdoa. Setelah beberapa saat berdoa, saya mendengar Roh Kudus berkata:

"Pahami arti dari Revival, yang berasal dari akar kata Revive yang diartikan: Membangkitkan kembali, menghidupkan kembali, penyadaran kembali, membuat segar, menjadikan giat kembali. Jadi secara sederhana, 'Revival' memiliki arti: Terjadinya pekerjaan Roh Kudus yang membuat kehidupan orang-orang percaya kembali dibangkitkan, dihidupkan, disegarkan, mengalami penyadaran atau pewahyuan yang membuat kehidupan rohani mereka kembali menjadi giat, menjadi berkobar-kobar dalam mengejar realita Tuhan dan menjalani kehidupan kekristenan mereka - menjadi cinta Tuhan secara mati-matian, gila-gilaan, dan habis-habisan bagi Tuhan (MGH), memunculkan buah 30 kali lipat (Matius 13)".

(Klik link untuk mendapatkan renungan harian kristen Ps. Steven Agustinus: https://wa.link/gfwniy ) 

Secara langsung ataupun tidak, sadar penuh ataupun tidak, selama ini kita di Breakthrough City Church (BCC) sudah dilahirkan dan dibesarkan di dalam atmosfir revival! Melalui berbagai perenungan firman, ibadah Virtual Sunday Service maupun doa dalam Prayer Group, kita didorong dan dikondisikan untuk terus memiliki kehidupan rohani yang berkobar-kobar.

Yang mana hal itu adalah suatu tipikal kehidupan seorang revivalist atau seseorang yang sudah mengalami pekerjaan Roh Kudus secara sedemikian rupa sehingga kehidupan sehari-harinya selalu diselimuti oleh kobaran api Roh Kudus bahkan mulai dipakai oleh Roh untuk menularkan kobaran api yang sama seperti yang ia miliki kepada orang-orang lain yang berinteraksi dengan dirinya. 

Milikilah 'awareness' ini: Engkau ada, bertumbuh dan dibesarkan di dalam rahim revival, maka sudah sewajarnya engkau terlahir menjadi para revivalist!
'Di luar sana' ada begitu banyak orang percaya bahkan para pelayan Tuhan yang menjalani kehidupan kekristenan dan kehidupan pelayanan mereka dalam kesuaman, kekeringan, tanpa gairah rohani, bahkan tawar hati dan tidak lagi memiliki gairah cinta akan Tuhan, akan umat-Nya maupun tubuh-Nya atau gereja-Nya. Semua seperti dijalani secara begitu saja, hanya dalam rutinitas dan 'kesetiaan yang mati'.

Itu sebabnya mereka sangat membutuhkan revival. Pada dasarnya mereka itu sangat membutuhkan kita! Karena selama ini kita terus dibangun, dan ditumbuhkan dalam atmosfir revival yang berkelanjutan! Setiap pagi menjadi hari yang menggairahkan karena adanya limpahan anugerah dan pekerjaan firman serta Roh Kudus yang terus membakar batin kita!!

Memang tidak bisa disangkali bakal tetap ada orang-orang tertentu yang justru akan mengecam apa yang kita alami dan hidupi di dalam Tuhan. Tidak mengapa, hal itu hanya didasarkan karena mata hati mereka masih belum terbuka untuk melihat cahaya kemuliaan surgawi yang Dia nyatakan di dalam dan melalui kehidupan kita.

Terus saja doakan orang-orang seperti itu, tidak perlu dijadikan polemik. Masih ada banyak orang percaya dan para hamba Tuhan lain yang sedang terus mencari terobosan untuk kehidupan mereka yang sudah kehilangan realita Tuhan.

Kita doa dan deklarasikan agar Roh Kudus menuntun kita untuk bertemu dengan mereka, atau sebaliknya, kita mintakan anugerah Tuhan untuk mereka bisa dipertemukan dengan kita sebagai para pembawa realita Tuhan, para revivalist akhir zaman. Dengan demikian, mereka kembali menikmati terjadinya revival dalam hidup mereka. 

Saya yakin, yang harus kita lakukan hanyalah terus bertekun dengan apa yang sudah Tuhan percayakan kepada kita. Cepat atau lambat percikan-percikan revival yang terus ada dalam batin kita ini akan mengundang banyak orang untuk mengalami hal yang sama. Dari yang awalnya sekadar 'percikan api', segera bermutasi menjadi suatu kobaran. Hingga pada akhirnya menjadi suatu api unggun besar yang bakal menular atau menyebar kemana-mana tanpa bisa dihentikan lagi.

Saya percaya, kita akan segera menemukan momentum kita sehingga revival pribadi ini akan menjalar ke kehidupan banyak orang percaya atau para hamba Tuhan. Dengan kita terus menjagai momentum yang mulai Tuhan hadirkan, kita akan melihat kehidupan rohani yang penuh gairah ilahi - yang mencintai Tuhan secara MGH. 

Ini akan menjadi suatu kegerakan (movement) yang menghadirkan kebangkitan besar di antara orang-orang percaya sehingga layak disebut sebagai 'a Great Awakening'. Inilah cikal bakal bagi terjadinya transformasi di Indonesia. Selamat menyambut datangnya para revivalist dan reformer di negeri ini.

Ps. Steven Agustinus

_____________________

Dapatkan renungan harian Ps. Steven Agustinus melalui Whatsapp, dengan mengetik:
Nama, Kota, No Whatsapp
Kirim ke nomor 0888-6132-106 (WA)
Atau klik link: https://wa.link/gfwniy

Komentar

Postingan Populer