TIME TO INCREASE

SIARAN TUNDA BMN NATIONS
SABTU 1 APRIL 2023
TIME TO INCREASE
EV IIN TJIPTO PURNOMO



Shalom

JANJI LAUTAN MANUSIA

Yeh 36:37-38 Terj dari MSG, TB …
Aku menginginkan, supaya kaum Israel
meminta dari pada-Ku apa yg hendak Kulakukan bagi mereka, yaitu
membuat mereka banyak (increase) seperti
lautan manusia. Seperti domba-domba persembahan kudus, & seumpama domba-domba Yerusalem pd waktu-waktu perayaannya, begitulah kota-kota
yang sudah runtuh penuh dgn lautan manusia. Dengan begitu mereka
akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.“

MSG I'll increase their population as with a flock of sheep.…

Kolenda buat pemuridan/bootcamp untuk lipatgandakan penjangkauan,
(tambahan dari KKR bulanan CfAN). Sudah luluskan ratusan penginjil, yang sudah dapat buat
5 team yang buat 5 KKR serentak di 5 kota, salama 5 malam. Perlu 5 set property/sound, lighting, genset, team penyembahan, donatur dan lain-lain.

Targetkan menjadi 10, dan seterusnya untuk melipatgandakan tuaian jiwa-jiwa.

TANGGUNG JAWAB DAN BEBAN

Ulangan 1:9-12 NASB, NET, TB
Musa berkata… Seorang diri aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu. TUHAN, Allahmu, telah membuat kamu banyak (increase NET) dan sesungguhnya, sekarang kamu sudah seperti bintang-bintang di langit banyaknya. TUHAN, Allah nenek moyangmu, kiranya menambahi (increase NASB) kamu 1000x dari jumlahmu sekarang dan memberkati kamu seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu. Tetapi bagaimana seorang diri aku dapat memikul tanggung jawab atas kesusahanmu, atas bebanmu dan perkaramu?

Kata Ibrani rabba = menjadi berlipat ganda, sangat banyak yang tidak terhitung, atau hitungan 10 ribu, laksa

Kata Ibrani elef = 1000, angka supranatural yang mirip dengan alef = 1

TIDAK KUAT KETIKA DIANGKAT : YEROBEAM

1Raja 11:28-31 VMD/TB…
ketika Salomo melihat, bahwa (Yerobeam) itu
seorang yang rajin bekerja, maka Salomo mengangkatnya menjadi pimpinan
atas semua pekerja yang berasal dari keturunan Yusuf.

(30-31) … (Nabi) Ahia … mengoyakkan kain baru menjadi 12 koyakan;
dan ia berkata kepada Yerobeam: "Ambillah bagimu 10 koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan
kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu 10 suku.

1Raj 12:28-31 …
Lalu Yerobeam menaruh anak lembu jantan yang satu di Betel dan yang lain ditempatkannya di Dan. Maka hal itu menyebabkan orang berdosa, sebab rakyat pergi ke
Betel menyembah patung yg satu dan ke Dan menyembah patung yg lain. Ia membuat
juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang
bukan dari bani Lewi.

Pkh 3. Berkat atas Salomo bertambah, jugq ditambahkan istri dan istri muda, yang malah
memalingkan hati Salomo dari Tuhan.

DAUD: KUAT KETIKA DITAMBAH-TAMBAHKAN

1 Raja-raja 2:11 (TB)  Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun.

Daud mulai dari :

– Menggembalakan kambing domba, diabaikan orang tuanya.

1 Samuel 17:28 (TB)  Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah Eliab kepada Daud sambil berkata: "Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu: engkau datang ke mari dengan maksud melihat pertempuran."

Daud memulai dari menggembalakan kambing domba sedikit, tidak diperhatikan oleh orang tua nya

– Kalahkan Goliat, menjadi pembawa senjata Saul

1 Samuel 17:38-41, 45-51 (TB)  Lalu Saul mengenakan baju perangnya kepada Daud, ditaruhnya ketopong tembaga di kepalanya dan dikenakannya baju zirah kepadanya.
Lalu Daud mengikatkan pedangnya di luar baju perangnya, kemudian ia berikhtiar berjalan, sebab belum pernah dicobanya. Maka berkatalah Daud kepada Saul: "Aku tidak dapat berjalan dengan memakai ini, sebab belum pernah aku mencobanya." Kemudian ia menanggalkannya.
Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu.
Orang Filistin itu kian dekat menghampiri Daud dan di depannya orang yang membawa perisainya.
Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.
Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,
dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami."
Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;
lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.
Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan.
Daud berlari mendapatkan orang Filistin itu, lalu berdiri di sebelahnya; diambilnyalah pedangnya, dihunusnya dari sarungnya, lalu menghabisi dia. Dipancungnyalah kepalanya dengan pedang itu. Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka telah mati, maka larilah mereka.

– Layani 400 orang-orang di Gua Adulam
.1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

– Menjadi raja atas Yehuda
– Menjadi raja atas 12 suku Israel

Yusuf, Daniel contoh lain yang kuat ketika diangkat dengan
tanggung jawab yang semakin besar.

APA SAJA YANG HARUS BERTAMBAH
KEKUATAN ROH

Yesaya 40:28-31 (TB)  Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Efesue 1:19 MSG Endless energy and boundless strength
Tenaga yang tidak ada habisnya dan kekuatan yang tidak terbatas

Efesus 6:10 MSG God is strong, and he wants you strong.
TUHAN itu kuat, dan Ia ingin agar kita juga kuat.

Perlu punya atau menggali sumur kekuatan Ilahi

KEEFEKTIFAN

Kejadian 39:2 (TB)  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Mazmur 1:1-3 (TB)  Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Yosua 1:8 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

HIKMAT DAN PERKENANAN ATAU FAVOR

Lukas 2:52 (TB)  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Pengkhotbah 2:26 (TB)  Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Ini pun kesia-siaan dan usaha menjaring angin. 

Yakobus 1:5 (TB)  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

AKURASI DAN KETEPATAN

Keluaran 39:32 (TB)  Demikianlah diselesaikan segala pekerjaan melengkapi Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan itu. Orang Israel telah melakukannya tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah mereka melakukannya.

Hakim-hakim 20:16 (TB)  Dari segala laskar ini ada tujuh ratus orang pilihan yang kidal, dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambut pun.

MENANGGUNG BEBAN - YUSUF

Kejadian 30:24 (TB)  Maka ia menamai anak itu Yusuf, sambil berkata: "Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku."

Kejadian 50:20-21 (TB)  Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.
Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak-anakmu juga." Demikianlah ia menghiburkan mereka dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya.

Tanggung jawab Yusuf terus bertambah :
– Dulunya mengawasi saudara-saudaranya
– Dari rumah Potifar, ke penjara, seluruh Mesir, sampai beri makan seluruh dunia.
– Menanggung makan abang-abang dan anak-anak abangnya juga.

Amin

Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer