BERKAT BENYAMIN

BERKAT BENYAMIN



Shalom

Pasukan Terdahsyat Tuhan Yesus Kristus Kemarin Roh Kudus menggerakkan saya untuk belajar tentang Berkat Benyamin.

Benyamin adalah satu-satunya anak Yakub yang dicatat lahir di tanah Kanaan, yaitu di Betlehem (yang kelak merupakan tempat kelahiran Yesus Kristus). Ia berusia paling sedikit 7 tahun lebih muda daripada Yusuf. Ketika ia lahir, ibunya meninggal dunia karena proses kelahirannya yang amat sulit.

Benyamin, Putra bungsu dari Yakub Ia disebut: בִּנְיָמִין - BIN'YAMIN (artinya: "putra tangan kanan" atau "putra kekuatan"

KEAHLIAN BERPERANG

"Benyamin adalah seperti serigala yg menerkam" -- demikian bunyi berkat Yakub (Kejadian 49:27). Suku ini sangat terkenal oleh keberanian dan ketrampilannya dalam perang, dan istimewa terkenal dalam hal keterampilan membandul dengan tangan kiri (Hak 3:15 dab; 20:16; bnd 1 Taw 8:40).Ehud, yg melepaskan Israel dari bangsa Moab, adalah keturunan Benyamin; demikian juga Saul, raja Israel pertama (1 Sam 9:1), ratu Ester (Est 2:5) dan rasul Paulus (Rm 11:1). Letak wilayah Benyamin tepat pada jalur perluasan orang Filistin, justru peran utama kepemimpinan suku ini dalam sejarah Israel adalah di bawah kepemimpinan Saul.

BENYAMIN ADALAH KASIH KARUNIA

KEJADIAN 43 : 29 – 30
43:29 Ketika Yusuf memandang kepada mereka, dilihatnyalah Benyamin, adiknya, yang seibu dengan dia, lalu katanya: “Inikah adikmu yang bungsu itu, yang telah kamu sebut-sebut kepadaku?” Lagi katanya: “Allah kiranya memberikan kasih karunia kepadamu, anakku!”
43:30 Lalu segeralah Yusuf pergi dari situ, sebab hatinya sangat terharu merindukan adiknya itu, dan dicarinyalah tempat untuk menangis; ia masuk ke dalam kamar, lalu menangis di situ.

Kejadian 43:29: 29Ketika Yusuf memandang kepada mereka, dilihatnyalah Benyamin, adiknya, yang seibu dengan dia, lalu katanya: "Inikah adikmu yang bungsu itu, yang telah kamu sebut-sebut kepadaku?" Lagi katanya: "Allah kiranya memberikan kasih karunia kepadamu, anakku!" Kalimat pertama yang Yusuf katakan ketika Yusuf melihat Benyamin, “Allah kiranya memberikan kasih karunia kepadamu, anakku” Wow! Benyamin menggambarkan siapa? Kita. Artinya kasih karunia Allah ditujukan kepada kita.

Kejadian 49:27 (TB)  Benyamin adalah seperti serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya." 

Yakub memberkati Benyamin (Kej. 49:27). Keturunan Benyamin adalah ras yang suka berperang. Dua orang suku Benyamin yang penting adalah Saul, raja Israel pertama (1 Sam. 9:1–2), dan Paulus, Rasul Perjanjian Baru (Rm. 11:1).

ULANGAN 33 : 1, 12
33:1 Inilah berkat yang diberikan Musa, abdi Allah itu, kepada orang Israel sebelum ia mati.
33:12 Tentang Benyamin ia berkata: “Kekasih TUHAN yang diam pada-Nya dengan tenteram! TUHAN melindungi dia setiap waktu dan diam di antara lereng-lereng gunungnya.

Pada saat Benyamin lahir nama yang diberikan oleh ibunya, Rahel, adalah Ben-Oni yang mempunyai ari “The son of sorrow (anak kemalangan)” karena Rahel mengalami masa persalinan yang sukar dan akhirnya meninggal dunia (Kej 35:16-18). Namun nama Ben-Oni diganti oleh Yakub menjadi Benyamin yand mempunyai arti “The son of my right hand (anak yang menjadi tangan kananku)”

Ben-Oni menggambarkan kehidupan kita di masa akhir jaman sebelum mengenal dan menerima Tuhan Yesus. Pada saat kita diselamatkan oleh iman percaya kita maka kita menjadi Benyamin di mata Tuhan.

BERKAT LIMA KALI LIPAT

KEJADIAN 43 : 34
Lalu disajikan kepada mereka hidangan dari meja Yusuf, tetapi yang diterima Benyamin adalah lima kali lebih banyak dari pada setiap orang yang lain. Lalu minumlah mereka dan bersukaria bersama-sama dengan dia.

Semua saudara Yusuf dijamu hidangan dari meja Yusuf, artinya semua orang Kristen mendapat pemeliharaan TUHAN. Tetapi yang diterima Benyamin lima kali lipat dibandingkan yang diterima saudara-saudaranya yang lain. Angka lima memiliki makna anugerah. Angka lima menunjuk lima lubang luka TUHAN YESUS (lubang bekas paku di kedua tangan dan kaki-NYA dan lubang bekas tombak di lambung-NYA).

Makanan yang dihidangkan ini menggambarkan berkat jasmani yang kita terima di dunia ini. Berkat jasmani ini kita peroleh karena anugerah TUHAN.

Benyamin menerima 5 kali ganda dibandingkan dengan saudaranya yang lain (Kej 43:34 dan Keh 45:22). Hal ini dikarenakan Benyamin merupakan adik kandung dari pada Yusuf.

Benyamin masih kecil, tetapi ia menerima lima kali lebih banyak dari orang dewasa. Di akhir zaman ini, Tuhan akan memberikan kepada kita lima kali lebih banyak daripada orang-orang dunia.

Bukan hanya itu, bukan hanya makanan berlimpah lima kali lebih banyak, tetapi lihat Kejadian 45:22: 22 Kepada mereka masing-masing diberikannya sepotong pesalin dan kepada Benyamin diberikannya tiga ratus uang perak dan lima potong pesalin. Kepada saudara-saudaranya diberikan masing-masing satu potong pesalin, tetapi kepada Benyamin diberikannya tiga ratus dinar dan lima potong pesalin. Jadi Benyamin bukan hanya berlimpah makanan, tetapi Benyamin juga berlimpah pakaian. Jadi inilah yang terjadi kepada kita, dunia boleh resesi, dunia boleh jungkir balik, tetapi kita yang hidup di bawah kasih karunia, kita akan berlimpah makanan, berlimpah pakaian, lima kali lebih banyak dari orang-orang dunia.

BERKAT PERLINDUNGAN TUHAN

Berkat lainnya yang dikatakan Musa tentang Benyamin adalah TUHAN melindungi setiap waktu. Di dalam Alkitab versi NIV “for HE shields him all day long.” Perlindungan dari TUHAN ini tidak ada tandingannya

Tentu kita penasaran, seperti apakah perlindungan yang dijanjikan TUHAN ini ?

MAZMUR 91 : 3 – 6 

91:3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.

91:4 Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

91:5 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,

91:6 terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang
Jerat penangkap burung merupakan jerat yang dipasang oleh orang yang tidak menyenangi kita. Misalnya ada orang yang ingin menjegal kita di dalam bisnis, sehingga kita yang tidak salah bisa dinyatakan bersalah. TUHAN merupakan “penasehat hukum” yang terbaik, yang bukan saja membela kita, tetapi juga menghindarkan kita dari jerat tersebut.

Perlindungan lainnya yang diberikan TUHAN adalah agar kita terlepas dari penyakit sampar. Dua kali penyakit sampar disebut dalam ayat-ayat di atas, tetapi ada perbedaan di antara keduanya. Penyakit sampar yang busuk MAZMUR 91 : 3, adalah penyakit biasa yang menyerang kesehatan kita. Sedangkan penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap adalah “penyakit” yang disebabkan oleh kuasa gelap. Penyakit sampar yang disebutkan terakhir ini yang lebih menakutkan bagi sebagian orang.

BERISTIRAHAT DALAM DEKAPAN TUHAN

Ulangan 33 : 12 adalah “diam di antara lereng-lereng gunungnya.” 

Di dalam Alkitab NIV “rests between HIS shoulders” atau bersandar di antara kedua bahu TUHAN, yakni di dada TUHAN. Bahu adalah lambang kekuasaan atau kekuatan. Kekuatan TUHAN sangat berbeda dengan kekuatan manusia yang sangat terbatas. Di dalam dekapan TUHAN, perlindungan sempurna kita rasakan. Berkat ini hanya diterima oleh Benyamin, yang dipeluk oleh Yusuf. Saudara-saudara yang lain tidak menerima pelukan Yusuf ini.

KEJADIAN 45 : 14Lalu dipeluknyalah leher Benyamin, adiknya itu, dan menangislah ia, dan menangis pulalah Benyamin pada bahu Yusuf.

Yusuf merangkul Benyamin dengan penuh kerinduan. 

Tuhan Yesus memberkati.

Jatiwangi 01 Mei 2023
Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer