BELAJAR SUKU ZEBULON

BELAJAR SUKU ZEBULON



Shalom Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Mari Kita belajar tentang Suku Zebulon

20 Then Leah said, “God has endowed me with a good endowment; now my husband will honor me, because I have borne him six sons.” So she called his name Zebulun. Genesis 30:20 ESV

ARTI ZEBULON

Leah berkata, “Tuhan telah memberi saya hadiah pilihan (zevadani zeved tov); kali ini suamiku akan meninggikan aku (yizbleni)”… jadi dia menamainya Zebulon.

Jadi Leah mendapatkan namanya dari zeved yang berarti hadiah, dan zabal yang berarti memuliakan.

BERKAT ZEBULON

Zebulun means Glorious Dwelling Place, and so her words at his birth and Jacob’s words now are both making a play on his name. Using the thought of “dwelling,” Jacob says, “Zebulun shall dwell by the haven of the sea.”

Zebulon artinya Tempat Kediaman Agung.

“Dari Zebulon, yang maju berperang, ahli perang, dengan semua alat perang, lima puluh ribu orang yang dapat mempertahankan barisan; mereka tidak mendua hati” (1 Taw. 12:33)

Berkat Suku Zebulon adalah Ahli perang, tidak mendua hati.

Suku Zebulon memang menjadi suku pedagang. Orang-orang Zebulon adalah pedagang–orang-orang yang makmur juga. Itu sebabnya mereka disuruh bersukacita ketika mereka pergi; usaha mereka berhasil, dan mereka membawa pulang keuntungan!

Suku  Zebulon di Putaran Terakhir ini adalah orang-orang yang mempunyai Panggilan Raja-Raja dan dengan Kekayaan mereka bergerak untuk membiayai Kegerakan Tuhan memberitakan Injil dan Amanat Agung diberitakan

Zebulon dan Isakhar memiliki kemitraan yang benar-benar unik. Tercatat bahwa hasil perdagangan Zebulon mendukung dari Suku Isakhar. Orang-orang Zebulunit tidak hanya menerima bagian dari Berkat Rohani yang diperoleh orang-orang Isakhar, tetapi mereka juga diberi Berkat atas kemurahan hati mereka dengan berkat “kelimpahan lautan, dan harta karun pasir yang terpendam”

Keturunan Zebulon ditakdirkan untuk menjadi pengusaha besar Israel. Dari tanah yang mereka tinggali di tepi Laut Tengah, orang Zebulon menciptakan armada dagang yang terkenal. Di akhir hidupnya, ketika Musa memberkati suku-suku itu, dia berbicara tentang Isakhar dan Zebulon bersama-sama, mengatakan:

18 And of Zebulun he said,

“Rejoice, Zebulun, in your going out,
    and Issachar, in your tents.
19 They shall call peoples to their mountain;
    there they offer right sacrifices;
for they draw from the abundance of the seas
    and the hidden treasures of the sand.” Deuteronomy 33:18-19 ESV

Yesaya menubuatkan bahwa suku Zebulon akan menjadi yang pertama mendengar khotbah Yesus Kristus.

9 [a] But there will be no gloom for her who was in anguish. In the former time he brought into contempt the land of Zebulun and the land of Naphtali, but in the latter time he has made glorious the way of the sea, the land beyond the Jordan, Galilee of the nations.[b]

2 [c] The people who walked in darkness
    have seen a great light;
those who dwelt in a land of deep darkness,
    on them has light shone. Isaiah 9:1-2 ESV

Pelajaran yang Dapat Kita Pelajari dari Suku Zebulon :

Tuhan selalu ada saat kita berpaling kepada-Nya

Meski tidak langsung terlihat, sejarah suku Zebulon mengingatkan kita bahwa Tuhan selalu ada saat kita berpaling atau kembali kepada-Nya. Tidak peduli seberapa rusak atau lemahnya kita atau betapa malunya perasaan kita tentang dosa masa lalu, Tuhan tetap dapat menggunakan kita.

Ketika kita kembali kepada-Nya, kita ingin menaati-Nya

Setelah beberapa waktu, Zebulon kembali kepada Tuhan dan mengikuti perintah-Nya. Sukunya bergabung dengan yang lain dalam pertempuran yang dipimpin oleh Deborah dan Barak, dan mereka bertempur dengan gagah berani.

Selalu Ikuti Kehendak Allah

Saat memasuki Tanah Perjanjian, Zebulon gagal mengusir orang Kanaan yang tinggal di Kitron dan Nahalol, meskipun Zebulon memaksa mereka untuk kerja paksa (Hakim 1:30). Ini adalah ketaatan yang tidak lengkap terhadap perintah Allah yang jelas untuk mengusir semua penduduk negeri itu (Bilangan 33:52). Tidak menanggapi Firman Tuhan sepenuhnya, seperti yang ditunjukkan oleh Zebulon, adalah sifat yang dapat kita semua hubungkan. Seberapa sering kita memilih untuk mengikuti jalan kita sendiri karena berbagai alasan, banyak di antaranya mungkin tidak sesuai dengan keinginan Tuhan?

He provides your needs because He loves you. BUT, He gives you the supernatural anointing for wealth when you become a Kingdom financier.

We read this in Deuteronomy 8:18:

“And you shall remember the Lord your God, for it is He who gives you power to get wealth, that He may establish His covenant which He swore to your fathers, as it is this day.”

God gives you POWER to get wealth.

Amin

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat


Komentar

Postingan Populer