KUNCI MENDENGAR SUARA TUHAN

KUNCI MENDENGAR SUARA TUHAN



Shalom


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat dan Pasukan Terdahsyat Tuhan Yesus Kristus, dalam masa perpanjangan 15 Tahun ini kita perlu meningkatkan diri dalam hal mendengar suara Tuhan


Jadi bagaimana Tuhan berbicara? Bayangkan Dia ingin memberi tahu Anda bahwa Dia menyertai Anda. Ia dapat mengungkapkan pemikiran itu kepada Anda melalui berbagai media komunikasi. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Tuhan dapat mengkomunikasikan pesan yang sama dengan cara yang berbeda:


Melalui lagu pujian (Mendengar) 

Saat membaca Alkitab (Melihat) 

Melalui hembusan angin (Perasaan) 

Anda mendapatkan firasat (Mengetahui) Melalui pengiriman wewangian yang akrab (Berbau) 

Pelukan dari seorang teman (Sentuh)


Dan… ini hanya beberapa dari sekian banyak cara Tuhan berbicara! Semakin kita mengenal Dia, semakin kita mulai mengenali suara-Nya. Ingatlah ketika Elia sedang mencari Tuhan dalam gempa bumi dan angin dan api, tetapi Dia berada dalam suara yang lembut. (1 Raja 19:11-12)


Kunci Praktis #1 Untuk Mendengar Tuhan – Dapatkan Firman RHEMA


Dalam Yohanes 1:1 dikatakan, “Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itu adalah Allah.” Kemudian di ayat 14 dikatakan, “Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita.” Yesus adalah Firman. Firman Allah adalah Yesus. Oleh karena itu, ketika Anda menghabiskan waktu membaca Alkitab, Anda tidak sedang membaca buku. Anda menghabiskan waktu dengan seseorang… bukan sembarang orang! Anda benar-benar menghabiskan waktu bersama Yesus ketika Anda membaca Firman Tuhan.


Menjadi sangat mudah dari sana karena semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan seseorang, semakin baik Anda mengenal mereka. Pikirkan tentang sahabatmu. Jika sahabat Anda meneriakkan nama Anda di tengah kerumunan 200 orang, Anda akan dengan mudah mengenali suaranya. Itu sama dengan Yesus. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengenal Dia, dengan membaca Firman, semakin mudah bagi Anda untuk mengenali suara-Nya ketika Dia berbicara kepada Anda di lain waktu!


Kunci Praktis #2 Untuk Mendengar Tuhan – Ajukan Pertanyaan


Kita diberi banyak janji di seluruh Alkitab untuk diminta. Matius 7:7 berjanji, “Mintalah, maka kamu akan menerima.” Yeremia 33:3 berjanji, “Panggil Aku, dan Aku akan menjawabmu.” Matius 21:22 berjanji, “Jika kamu percaya, kamu akan menerima apa pun yang kamu minta dalam doa.” Efesus 3:20 menjanjikan bahwa Dia akan melakukan “jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan.”


Saatnya untuk mulai menerima janji-janji ini dari-Nya. Mulailah mengajukan pertanyaan kepada-Nya. Luangkan waktu untuk mendengar Dia menjawab Anda. Silakan dan mulai bertanya dan membayangkan hal-hal dengan-Nya. Dia ingin berbicara dengan Anda. Perlakukan hubungan Anda dengan-Nya sebagai hubungan yang sebenarnya. Bicaralah padanya! Tanyakan kepada-Nya apa yang ada di hati-Nya dan luangkan waktu untuk mendengarkan!


Kunci Praktis #3 Untuk Mendengar Tuhan – Hancurkan Kotak Pembatas


Sudahkah Anda memasukkan Tuhan ke dalam kotak? Saya tahu saya benar-benar melakukannya. Ketika saya pertama kali diselamatkan, saya bertemu dengan seorang wanita tua yang menjalankan karunia Roh Kudus. Saya bertanya kepadanya seperti apa rasanya Roh Kudus baginya (Ingat, besi menajamkan besi?!). Dia menggambarkan bagaimana dia mengalami Roh Kudus menggunakan ayat dalam Yohanes 7:38, “Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan Kitab Suci, sungai-sungai air hidup akan mengalir dari dalamnya.”


Kedengarannya luar biasa, tapi seperti apa praktisnya? Dalam upaya untuk terhubung dengan pengalamannya yang saya tahu juga mungkin bagi saya, saya menghubungkan deskripsi itu dengan pengalaman saya melakukan arung jeram. Saya bertekad dalam hati bahwa saya akan tahu bahwa saya sedang mengalami hadirat Tuhan ketika saya merasakan jeram kelas 4 mengalir dari perut saya. Masuk akal, bukan?


Saatnya Mendengar Suara Tuhan


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat di Putaran Terakhir ini saatnya kita belajar mendengar suara Tuhan


Kunci: Suara Tuhan di dalam hati Anda seringkali terdengar seperti aliran pikiran spontan.


Habakuk mengenal suara Allah yang berbicara kepadanya (Hab. 2:2). Elia menggambarkannya sebagai suara yang tenang dan kecil (1 Raja-raja 19:12). Saya selalu mendengarkan suara hati yang dapat didengar, dan Tuhan kadang-kadang berbicara seperti itu. Namun, saya menemukan bahwa biasanya suara Tuhan muncul sebagai pikiran spontan, atau pikiran yang mengalir.


Misalnya, pernahkah Anda sedang mengemudi di jalan dan terpikir oleh Anda untuk mendoakan seseorang? Tidakkah Anda percaya bahwa Tuhan menyuruh Anda berdoa? Seperti apa suara Tuhan itu? Apakah itu suara yang dapat didengar, atau apakah itu pemikiran spontan yang muncul di benak Anda?


Pengalaman menunjukkan bahwa kita menganggap komunikasi tingkat roh sebagai pemikiran, kesan, dan penglihatan spontan, dan Kitab Suci menegaskan hal ini dalam banyak hal. Misalnya, salah satu definisi paga, kata Ibrani untuk syafaat, adalah “perjumpaan kebetulan atau persimpangan yang tidak disengaja.” Ketika Tuhan menempatkan orang di hati kita, Dia melakukannya melalui paga, sebuah pemikiran pertemuan kebetulan yang “secara tidak sengaja” melintasi pikiran kita. Kami menganggapnya pertemuan kebetulan karena kami tidak memikirkannya, tetapi itu disengaja, karena Tuhan mengirimkannya kepada kami.


Oleh karena itu, ketika Anda ingin mendengar suara Tuhan, Anda mendengarkan pertemuan-pertemuan, pemikiran-pemikiran yang spontan atau mengalir. Bahkan pikiran setan datang kepada kita sebagai pikiran spontan, itulah sebabnya kita diperintahkan untuk “menangkap setiap pikiran” (2 Kor. 10:5). Saya yakin kita semua pernah mengalami pikiran jahat yang datang secara spontan, bahkan menyerang tepat di tengah waktu doa dan ibadah kita. Jadi saya menyimpulkan bahwa pikiran analitis adalah milik saya, pikiran baik spontan berasal dari Roh Kudus, dan pikiran jahat spontan berasal dari roh jahat.


Pikiran Tuhan sejalan dengan Kitab Suci dan dengan berbagai nama-Nya: Penghibur, Penasihat, Guru, Pemberi Kehidupan, Penyembuh dan Pembebas. Pemikirannya meneguhkan, menasihati, dan menghibur. Mereka murni, damai, lembut, masuk akal, penuh belas kasihan dan buah yang baik, tak tergoyahkan (Yakobus 3:17). 


Pikiran setan sejalan dengan berbagai namanya: penuduh, musuh, pencuri yang datang untuk membunuh, mencuri dan membinasakan. Pikirannya mengutuk dan membawa keputusasaan, penolakan, ketakutan, keraguan, ketidakpercayaan dan secara umum, kesengsaraan. Pikiran setan membawa kecemburuan dan ambisi egois (Yakobus 3:14,15).


Kunci: Jadilah hening atau tenang sehingga Anda dapat merasakan aliran pikiran Tuhan.


Habakuk berkata, “Aku akan berdiri di pos jagaku…” (Hab. 2:1). Habakuk tahu bahwa untuk mendengar pikiran Tuhan yang tenang, batin, dan spontan, pertama-tama dia harus pergi ke tempat yang sunyi dan menenangkan pikiran dan emosinya sendiri. Mazmur 62:5 mendorong kita untuk membungkam jiwa kita di hadapan Tuhan. Ada pengetahuan batin yang dalam (aliran spontan) dalam roh kita yang dapat kita alami masing-masing ketika kita menenangkan daging dan pikiran kita. Jika kita tidak diam, kita hanya akan merasakan pikiran kita sendiri


Mengasihi Tuhan melalui lagu penyembahan yang tenang adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjadi hening. (Catatan 2 Raja-raja 3:15.) Setelah saya menyembah dan menjadi hening di dalam, saya membuka diri untuk aliran spontan itu. Jika muncul pikiran tentang hal-hal yang lupa saya lakukan, saya menuliskannya agar dapat saya lakukan nanti. Jika muncul pikiran bersalah atau tidak layak, saya bertobat sepenuhnya, menerima pembasuhan darah Anak Domba, mengenakan jubah kebenaran-Nya, melihat diri saya tidak bernoda di hadapan Allah (Yes. 61:10; Kol. 1:22).


Fokus yang jernih memberikan aliran yang paling murni: Untuk menerima firman Tuhan yang murni, sangat penting agar hati saya terfokus dengan benar saat saya diam karena aliran intuitif keluar dari penglihatan yang dipegang di depan mata seseorang. Jika saya memusatkan pandangan saya pada Yesus, aliran intuitif itu murni dan berasal dari Yesus. Tetapi jika saya memusatkan pandangan saya pada keinginan hati saya, aliran intuitif dipengaruhi oleh keinginan itu. Untuk mendapatkan aliran yang murni saya harus diam dan dengan hati-hati memusatkan pandangan saya pada Yesus (Ibr. 12:2).


Sekali lagi, memuja Raja secara diam-diam, dan menerima dari keheningan yang mengikutinya dengan cukup mudah mencapai hal ini. Memulai waktu doa saya seperti yang Yesus ajarkan kepada kita untuk berdoa adalah bijaksana: “Bapa kami yang di surga, dikuduskanlah nama-Mu…” Yesus mengajar kita untuk memulai doa dengan mengangkat mata kita kepada Bapa kita dan melihat Dia. Kita tidak memulai doa dengan masalah kita. Kita memulai doa kita dengan memandang kepada-Nya!


Kunci: Arahkan pandangan Anda kepada Yesus dan mintalah untuk menerima penglihatan.


Habakuk berkata, “Aku akan berdiri di pos jagaku…” (Hab. 2:1). Habakuk tahu bahwa untuk mendengar pikiran Tuhan yang tenang, batin, dan spontan, pertama-tama dia harus pergi ke tempat yang sunyi dan menenangkan pikiran dan emosinya sendiri. Mazmur 62:5 mendorong kita untuk membungkam jiwa kita di hadapan Tuhan. Ada pengetahuan batin yang dalam (aliran spontan) dalam roh kita yang dapat kita alami masing-masing ketika kita menenangkan daging dan pikiran kita. Jika kita tidak diam, kita hanya akan merasakan pikiran kita sendiri.


Mengasihi Tuhan melalui lagu penyembahan yang tenang adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjadi hening. (Catatan 2 Raja-raja 3:15.) Setelah saya menyembah dan menjadi hening di dalam, saya membuka diri untuk aliran spontan itu. Jika muncul pikiran tentang hal-hal yang lupa saya lakukan, saya menuliskannya agar dapat saya lakukan nanti. Jika muncul pikiran bersalah atau tidak layak, saya bertobat sepenuhnya, menerima pembasuhan darah Anak Domba, mengenakan jubah kebenaran-Nya, melihat diri saya tidak bernoda di hadapan Allah (Yes. 61:10; Kol. 1:22).


Fokus yang jernih memberikan aliran yang paling murni: Untuk menerima firman Tuhan yang murni, sangat penting agar hati saya terfokus dengan benar saat saya diam karena aliran intuitif keluar dari penglihatan yang dipegang di depan mata seseorang. Jika saya memusatkan pandangan saya pada Yesus, aliran intuitif itu murni dan berasal dari Yesus. Tetapi jika saya memusatkan pandangan saya pada keinginan hati saya, aliran intuitif dipengaruhi oleh keinginan itu. Untuk mendapatkan aliran yang murni saya harus diam dan dengan hati-hati memusatkan pandangan saya pada Yesus (Ibr. 12:2).


Sekali lagi, memuja Raja secara diam-diam, dan menerima dari keheningan yang mengikutinya dengan cukup mudah mencapai hal ini. Memulai waktu doa saya seperti yang Yesus ajarkan kepada kita untuk berdoa adalah bijaksana: “Bapa kami yang di surga, dikuduskanlah nama-Mu…” Yesus mengajar kita untuk memulai doa dengan mengangkat mata kita kepada Bapa kita dan melihat Dia. Kita tidak memulai doa dengan masalah kita. Kita memulai doa kita dengan memandang kepada-Nya!


Kunci: Arahkan pandangan Anda kepada Yesus dan mintalah untuk menerima penglihatan.


Habakuk berkata, “Aku akan berjaga-jaga untuk melihat,” (Hab. 2:1,2). Habakuk sebenarnya sedang mencari penglihatan saat dia berdoa. Karena saya percaya bahwa Alkitab dimaksudkan untuk dihayati, saya memutuskan bahwa saya juga akan mulai melihat dengan mata hati saya ke dalam dunia Roh untuk melihat apa yang dapat saya lihat. Lakukan apa yang Raja Daud lakukan! Cara yang baik untuk mulai menggunakan mata hati Anda adalah dengan melakukan apa yang Raja Daud lakukan: “Sebab Daud berkata tentang Dia, 'AKU MELIHAT TUHAN SELALU DI HADIRATKU; KARENA DIA BERADA DI TANGAN KANAN SAYA, SUPAYA AKU TIDAK TERGOYANG” (Kisah Para Rasul 2:25 NASB). Mazmur asli memperjelas bahwa ini adalah keputusan Daud, bukan kunjungan supranatural yang terus-menerus: “Aku telah menempatkan (secara harfiah, aku telah menempatkan) Tuhan terus-menerus di hadapanku; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah” (Mzm. 16:8).


Karena Daud tahu bahwa Tuhan selalu bersamanya, dia memutuskan dalam rohnya untuk melihat kebenaran itu dengan mata hatinya saat dia menjalani hidup, mengetahui bahwa ini akan menjaga imannya tetap kuat.


Kami berkata, "Sebuah gambar bernilai 1000 kata." Saya percaya itu karena gambar adalah bahasa hati. Kita perhatikan bahwa Yesus menggunakan gambar terus-menerus saat Dia mengajar (Mat. 13:34). Ketika saya menggunakan gambar-gambar dalam waktu doa saya, memusatkan pandangan saya pada Yesus, saya berbicara dengan bahasa hati saya dan itu menggerakkan saya dengan cepat ke dalam realitas hati/roh yang membuat saya melampaui pikiran saya.


Gunakan imajinasi yang dari Tuhan: Jadi saya memilih untuk melakukan apa yang Raja Daud lakukan dan saya mengembangkan "imajinasi yang dari Tuhan," yang saya definisikan sebagai "menggambarkan hal-hal yang Tuhan katakan demikian." Jelas jika saya membayangkan bahwa Yesus TIDAK bersama saya, itu akan menjadi kebohongan, yang tidak bijaksana. Saya tidak dapat membayangkan alasan apa pun mengapa saya ingin membayangkan hal-hal yang tidak alkitabiah. Jadi saya melihat Yesus di sebelah kanan saya, selalu. Saya menambahkan doa Paulus ini agar Tuhan menerangi mata hati saya (Ef. 1:17,18). Kemudian saya menyetel aliran Roh Kudus, dan Dia menghidupkan adegan itu. Saya menemukan saya dapat melangkah dari imajinasi yang saleh ini, ke dalam visi ilahi.


Kita harus melihat jika kita ingin melihat! Daniel melihat suatu penglihatan dalam pikirannya dan berkata, “Aku melihat… aku terus melihat… aku terus melihat” (Dan. 7:2,9,13). Jadi saya perlu bertobat karena tidak melihat, dan mulai mempersembahkan mata hati saya kepada Tuhan, dan melihat. Saat saya berdoa, saya mencari Yesus, dan saya memperhatikan dan mendengarkan saat Dia berbicara kepada saya, melakukan dan mengatakan hal-hal yang ada di hati-Nya. Banyak orang Kristen akan menemukan bahwa jika mereka hanya melihat, mereka akan melihat gambar yang mengalir, dengan cara yang sama mereka menerima pikiran yang mengalir.


Yesus adalah Imanuel, Allah beserta kita (Mat. 1:23). Sesederhana itu. Anda dapat melihat Kristus hadir bersama Anda karena Kristus hadir bersama Anda. Nyatanya, penglihatan itu bisa datang begitu mudah sehingga Anda akan tergoda untuk menolaknya, berpikir bahwa itu hanya Anda. Tetapi jika Anda tetap merekam gambar-gambar yang mengalir ini, keraguan Anda akan segera diatasi dengan iman karena Anda menyadari bahwa isinya hanya dapat dilahirkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Kunci: Membuat jurnal, menuliskan doa-doa Anda dan jawaban Tuhan, membawa kebebasan besar dalam mendengar suara Tuhan.


Tuhan menyuruh Habakuk untuk mencatat penglihatan itu (Hab. 2:2). Ini bukan perintah yang terisolasi. Kitab Suci mencatat banyak contoh doa individu dan jawaban Tuhan (misalnya Mazmur, banyak nabi, Wahyu).


Saya menyebut proses ini "penjurnalan dua arah," dan saya telah menemukannya sebagai katalis yang luar biasa untuk membedakan dengan jelas aliran batin dan spontan Tuhan, karena ketika saya membuat jurnal, saya dapat menulis dalam iman untuk jangka waktu yang lama, hanya memercayainya. adalah Tuhan. Saya tahu bahwa apa yang saya yakini telah saya terima dari Tuhan harus diuji. Namun, pengujian melibatkan keraguan dan keraguan menghalangi komunikasi ilahi, jadi saya tidak ingin menguji ketika saya mencoba untuk menerima (Ibr. 11:6). Dengan penjurnalan, saya dapat menerima dengan iman, mengetahui bahwa ketika aliran telah berakhir saya dapat menguji dan memeriksanya dengan cermat, memastikan bahwa itu sejalan dengan Kitab Suci (1 Tes. 5:21).



Disusun oleh Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer