PROSES MENGENAL TUHAN

PROSES MENGENAL TUHAN




Shalom


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat siang hari ini Roh Kudus mengingatkan kita untuk sungguh-sungguh mengenal Tuhan


Yohanes 17:3 (TB)  Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.


TIGA CIRI MENGENAL TUHAN


Orang yang mengenal Tuhan akan menuruti perintah-perintahNya

“Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.” (1 Yohanes 2:3-4)


Orang yang mengenal Tuhan tidak akan hidup di dalam dosa

“Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.” (1 Yohanes 3:6)


Orang yang mengenal Tuhan akan hidup dengan memancarkan kasih

“Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.” (1 Yohanes 4:7-8)


Mari kita mengenal Allah secara pribadi, bukan dari kata orang:


Ayub 42:5

LAI TB, Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

KJV, have heard of thee by the hearing of the ear: but now mine eye seeth thee.

Hebrew,

לְשֵֽׁמַע־אֹזֶן שְׁמַעְתִּיךָ וְעַתָּה עֵינִי רָאָֽתְךָ׃

Translit interlinear, LESHEMA- {oleh pendengaran dari} 'OZEN {telinga} SHEMA'ETIKHA {aku mendengar Engkau} VE'ATAH {namun kini} 'EINI {mataku} RA'AT'KHA {telah memandang kepada-Mu}


MENGENAL ALLAH DI DALAM YESUS KRISTUS UNTUK MENCAPAI KEHIDUPAN KEKAL PADA OLAM HABA


Yohanes 17:3

LAI TB, Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

KJV, And this is life eternal, that they might know thee the only true God, and Jesus Christ, whom thou hast sent.

TR, αυτη δε εστιν η αιωνιος ζωη ινα γινωσκωσιν σε τον μονον αληθινον θεον και ον απεστειλας ιησουν χριστον

Translit Interlinear , hautê {ini} de {dan} estin {ia adalah} hê {yang} aiônios {kekal} zôê {hidup} hina {supaya} ginôskôsin {mereka mengetahui} se {Engkau} ton {yang} monon {satu-satunya} alêthinon {yang benar} theon {Allah} kai {dan} hon {yang} apesteilas {Engkau utus} iêsoun {Yesus} khriston {Kristus}

HA-BERIT,

וְאֵלֶּה הֵם חַיֵּי הָעוֹלָם לָדַעַת אֹתְךָ כִּי אַתָּה הָאֱלֹהִים לְבַדֶּךְ וְאֶת־יֵשׁוּעַ הַמָּשִׁיחַ אֲשֶׁר שָׁלָחְתָּ׃

Translit interlinear, VE'ELEH {dan inilah} HEM {mereka} KHAYEY HA'OLAM {kehidupan yang kekal} LADA'AT {untuk mengetahui} 'OTEKHA {terhadap Engkau} KI {bahwa} 'ATAH {Engkaulah} HA'ELOHIM {Allah itu} LEVADEKH {pada Dia saja (yang satu-satunya)} VE'ET {dan kepada} -YESHU'A HAMASHIAKH {Yesus Kristus} 'ASHER {yang} SHALAKH'TA {Engkau telah mengutus}

The Orthodox Jewish Bible, Third Edition, © 2003 Artists for Israel International, And this is Chayyei zthat they may have da'as of the only Elohei HaEmes and Yehoshua, Rebbe, Melech HaMosiach whom You sent.


"Mengenal", Yunani : γινωσκωσιν - 'ginôskôsin', dari kata γινωσκω - 'ginôskô' secara konseptual berarti mempelajari untuk mengetahui, memperoleh pengetahuan dari pengamatan, mengerti, memahami, memahami dalam arti kenal.


Ada empat kata Yunani yang memiliki makna yang hampir sama.


1. γινωσκω - 'ginôskô' . Memperoleh pengetahuan dari pengamatan atau pengalaman pribadi;


2. ειδω - 'eidô'. Melihat dengan mata batin, mengetahui dari sisi persepsi mental, sering diterjemahkan dengan melihat tetapi dalam pengertian mengetahui;


3. επισταμαι - 'epistamai'. Memahami dalam arti umum, mengerti karena sesuatu itu sudah dimengerti secara umum; dan


4. συνιημι - 'suniêmi'. Memahami berdasarkan pandangan alami, yaitu pengetahuan yang diperoleh berdasarkan panca-indra manusia.


MUSA

 Keluaran 3:1-12, Musa mengalami pengalaman bersama Tuhan. Dia sudah melihat bagaimana Tuhan datang dalam hidupnya. Pertama kali Musa mengenal Tuhan yaitu pada waktu Tuhan membukakan bahwa Dia adalah Allah yang kudus (ayat 1-5), mengenal Tuhan yang mendengar doa (ayat 6-9), dan Allah yang memanggil (Kejadian ayat 10-12).


Dalam perjalanan hidupnya, Musa melihat mujizat-mujizat yang luar biasa. Kemudian sampailah Musa pada suatu pengalaman dimana Musa membutuhkan untuk mengenal Tuhan lebih dalam lagi karena ia mengalami krisis. Krisis yang Musa alami adalah pada waktu ia memimpin bangsa Israel di tempat di mana mereka akan menerima hukum Taurat yaitu gunung Sinai. Ketika bangsa Israel sudah sampai di gunung Sinai, mereka memberontak kepada Tuhan, mereka membangun lembu emas yang membuat Tuhan marah (Keluaran 32:7-10). Musa memohon kepada Tuhan untuk tidak melakukan hukuman atas umat Israel. Musa bertanya kepada Tuhan; Mengapakah Engkau melepaskan kami dari orang Mesir jika kami harus binasa (Keluaran 32:11-14).


Musa kemudian meminta kepada Tuhan untuk menunjukkan jalan-jalan-Nya. Mazmur 103:7 Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel


Pada waktu kita mengenal Tuhan, maka Tuhan akan menunjukan dan membukakan jalan-jalan-Nya kepada kita. Jalan-jalan Tuhan di atas jalan-jalannya kita (Yesaya 55:8-9). Tuhan rindu supaya kita mengenal pribadi-Nya Tuhan.


Semua yang Tuhan sudah janjikan/bukakan kepada kita, itu adalah berkat untuk kita, anak cucu kita dan keturuanan yang selanjutnya (Ulangan 29:29). Yang kita butuhkan adalah mengenal Tuhan dan memiliki iman kepada pribadi yang kita kenal yaitu Tuhan Yesus.


Bagaimana Tuhan membawa Musa mengenal Tuhan lebih dalam? Keluaran 33:13 Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.


Jika kita ingin mengenal Tuhan, maka kita harus minta kepada Tuhan untuk lebih lagi mengenal-Nya. Pada waktu rasul Paulus ingin mengenal Tuhan, dia berkata yang kukehendaki adalah mengenal Dia (Filipi 3:10)


Kita harus meminta kepada Tuhan bagaimana untuk mengenal Tuhan lebih dalam lagi


Hadirat Tuhan

Keluaran 33:14 Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”


Pada saat seperti sekarang ini di mana keadaan dunia sedang tergoncang, kita membutuhkan Tuhan sendiri yang membimbing kita.


Bagi Daud, Tuhan adalah gembalanya sehingga ia tidak akan kekurangan. Tuhan akan membimbing, menuntunnya, dan membawanya ke tempat yang bermata air dan berumput hijau. Tuhan akan menyertainya pada waktu melewati lembah kekelaman (Mazmur 23)


Ada banyak hal yang bisa hilang dalam hidup kita, tetapi ada satu hal yang Tuhan ingin kita miliki terus menerus yaitu hadirat Tuhan. Hal terbesar yang terutama yang pertama dan paling mahal yang bisa kita miliki adalah Tuhan hadir dalam hidup kita.


Daud meminta kepada Tuhan untuk jangan mengambil Roh-Mu daripaku dan jangan ambil hadirat-Mu dari hadapanku (Mazmur 51:13).


Tuhan Yesus ingin agar kita semua yang percaya kepada-Nya pada akhirnya bersama-sama dengan Dia di tempat di mana Dia berada (Yohanes 14:3).


Para murid mengalami hadirat Tuhan lebih dalam di tengah badai. Para murid melihat Tuhan Yesus tertidur di tengah badai (Lukas 8:23-24).


Hal terbesar dan yang terutama dan pertama adalah kita mengalami Tuhan hadir di tengah kita. Jika Allah dipihak kita, siapa yang dapat melawan kita (Roma 8:31)


Rasul Paulus pun harus mengenal Tuhan lebih dalam lagi. Dia yang sudah taat kepada Tuhan harus mengalami sebuah masalah pada waktu kapalnya diterjang badai selama dua puluh satu hari dan membuat ia terombang ambing di tengah badai dan tidak makan (Kisah Para Rasul 27)


Keberhasilan menurut ukuran Tuhan adalah mengenal pribadi Tuhan, kehendak Tuhan dan jalan-jalan Tuhan untuk mencapai hasil akhirnya baik itu: berkat-berkat Tuhan, kesembuhan, mujizat Tuhan, terobosan, dan segala sesuatu yang Tuhan janjikan.


Jika kita tidak melewati prosesnya Tuhan, maka kita tidak akan menjadi matang dengan kata lain kita tidak berbuah. Kita yang sudah mengenal Tuhan pasti bermegah karena Tuhan dan membanggakan Tuhan bukan membanggakan dirinya sendiri.


Jika kita di tengan orang yang mengenal Tuhan, maka kita akan merasakan orang tersebut rendah hati dan tidak sombong


2. Kasih karunia Tuhan


Keluaran 33:15-17 Berkatalah Musa kepada-Nya: “Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?” Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau.”


Tuhan rindu sampai di suatu titik dalam hidup kita, tidak ada satupun yang kita andalkan kecuali Tuhan sendiri.


1 Korintus 15:10 (baca) Kasih karunia ada dua sisi. Pertama kasih karunia dianugerahkan, dan yang kedua kasih karunia itu juga adalah kuasa yang bekerja di dalam diri kita yang membuat kita dapat berhasil, maju, dan mencapai kepada apa yang sudah Tuhan janjikan.


Pada waktu kita berjalan bersama Tuhan, maka kita akan merasakan ada kuasa lain yang bekerja dalam hidup kita, ada anugerah yang besar yang bekerja dalam hidup kita, ada kasih karunia yang bekerja dalam hidup kita. Kasih karunia adalah kekuatan Allah yang bekerja di dalam hidup kita


Kasih karunia itu adalah kuasa (baca 2 Korintus 12:9). Sekalipun ada tantangan yang harus kita hadapi, Tuhan ingin bekerja melalui hidup kita. Apa yang kita butuhkan untuk mengatasi tantangan tersebut? Yang kita butuhkan adalah kasih karunia Tuhan, bukan kekuatan diri kita sendiri (baca Ibrani 4:14-16)


Mari Kita kenali Tuhan dan Mengenal Tuhan Yesus lebih dalam lagi


Jatiwangi 9 Juli 2023

Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat





Komentar

Postingan Populer