AGONY KESAKITAN

AGONY KESAKITAN 

SIARAN TUNDA BMN NATIONS

SENIN 23 OKTOBER 2023

PDM DAVID LEO PAISA





Shalom
Berikut rangkuman khotbah ibadah siaran tunda Mahanaim
Senin, 23 Oktober 2023

EV. LEO PAISA
KESAKITAN (AGONY)


KESAKITAN (AGONY)
Kesakitan akan menjadi hal yang mengerikan dan menyedihkan dan tanpa disadari akan mempengaruhi pilihan, sikap dan hidup sehingga itu muncul seperti racun dan pintu menuju ke neraka yang merusakkan banyak hal.

Kesakitan (agony) - klimaks dari konflik jiwa yang misterius. Saking sakitnya dan tidak disadari sehingga itu mengubah dan memutar balikkan semuanya.

Kesakitan (agony) - unspeakable suffer, extreme mental suffering

DAUD
Mazmur 38 : 18
"ya, aku mengaku kesalahanku, aku cemas karena dosaku."

Perjalanan hidupnya dengan semua permasalahannya adalah bukan hal yang mudah utuk membuat dia pura2 tidak gila. Ia melewati ini semua sampai diakhir hidupnya karena respon hatinya yang benar, membuat Daud dikenan oleh Tuhan. Dia orang yang tidak mati dengan kesakitan.

AYUB
Ayub 7 : 11
"Oleh sebab itu aku pun tidak akan menahan mulutku, aku akan berbicara dalam kesesakan jiwaku, mengeluh dalam kepedihan hatiku."

Ayub dari orang yang paling saleh semuka bumi, ada agony yang iblis coba masukkan sehingga ada malapetaka yang datang di hidupnya dan ia menjadi orang yang kesakitan. Tetapi ujungnya hidupnya dipulihkan oleh Tuhan.

YESUS
Lukas 22 : 44
"Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah."

Ia berdoa dengan agony, kesakitan yang mengganggu sampai membuat Tuhan meneteskan darah. Kesakitan bukanlah perkara yang receh, karena itu bahkan bisa memutar balikkan semuanya dan menyabotase hidup kita, dan membuat Tuhan meneteskan darah pertama kali untuk berhadapan dengan kesakitan. Tetapi proses yang Tuhan kerjakan membuat Ia menang dari segala kesakitan.

YAKUB
Yakub melewati banyak permasalahan bahkan ia harus mengalami orang yang dicintai meninggalkan dia karena perkataannya dan itu membekas seumur hidupnya. Ada pressure dan suffering yang dialami Yakub.

Hari ini biarlah kita bisa menang dari semua kesakitan kita.

■ Kejadian 35
Yakub kembali lagi ke tempat dia bertemu Tuhan pertama kalinya dan ia membangun mezbah, dan Allah memunculkan dirinya.

Tuhan pernah menjumpai Abram sebagai Elohim dan El Shaddai dan saat Tuhan memberikan rohnya, itu tidak bisa nyampe karena dia masih menjadi Abram dan bukan Abraham.
Untuk kita bisa terima semua firman dan perjanjian, kita tidak bisa menjadi Abram.

Mungkin ada proses yang panjang untuk kita lewati, tapi jangan sampai kesakitan menghentikan kita. Ada Tuhan Elohim yang hari itu berkata kepada Abram untuk menjadi Abraham dan kepada Yakub untuk menjadi Israel. Hari ini apapun yang kita alami, kita harus menang dengan agony.

Komentar

Postingan Populer