BELAJAR TENTANG CHESED COVENANT

BELAJAR TENTANG CHESED COVENANT






Shalom


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Setelah Mendengar Siaran Langsung Ibu Iin Tjipto Tentang Perjanjian CHESED


CHESED dalam Alkitab mempunyai  definisi “persaudaraan persaudaraan dan kesetiaan yang harus diberikan oleh satu pihak pada perjanjian kepada pihak lain.”Oleh karena itu, hal ini ditandai dengan kebersamaan, persahabatan, persaudaraan, kesetiaan, dan cinta.


Perjanjian Chesed Tuhan dengan Israel


Deuteronomy 7:9


Know, therefore, that only YHWH your God is God, the steadfast God who keeps his covenant (brit) and chesed faithfully to the thousandth generation of those who love Him and keep His commandments.


Ulangan 7:9


Oleh karena itu ketahuilah bahwa hanya YHWH, Tuhanmu, Tuhanmu, Tuhan yang teguh, yang menepati perjanjian-Nya (brit) dan setia memberikan kepada generasi keseribu orang-orang yang mengasihi Dia dan menaati perintah-perintah-Nya.


Dalam ayat ini, berit (perjanjian) dan chesed (rahmat, kemurahan, kebaikan) berfungsi sebagai hendiadys, yaitu sepasang kata yang mengungkapkan satu gagasan secara bersamaan. (Faktanya, NJPS menerjemahkan frasa tersebut hanya dengan satu kata, “perjanjian.”) YHWH di sini berjanji untuk menepati perjanjian chesed dengan Israel sebagai imbalan atas kasih atau ketaatan mereka.


Isaiah 54:10


For the mountains may move And the hills be shaken, but my chesed shall never move from you, nor My covenant of friendship be shaken — said YHWH, who takes you back in love.


Yesaya 54:10 (TB)  Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku (CHESED) tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau. 


Psalm 25:10


All YHWH’s paths are chesed and truth for those who keep the decrees of His covenant.


Mazmur 25:10 (TB)  Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya (CHESED) dan peringatan-peringatan-Nya. 

Perjanjian Chesed Tuhan dengan Daud


Isa 55:3 Incline your ear and come to Me; hearken, and you shall be revived. And I will make with you an everlasting covenant, the enduring chesed promised to David.


Yesaya 55:3 (TB)  Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi (CHESED COVENANT) dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud. 


Psalm 89:2 I will sing of YHWH’s chesed forever; to all generations I will proclaim Your faithfulness with my mouth. 3 I declare, “Your chesed is confirmed forever; there in the heavens You establish Your faithfulness.” 4 “I have made a covenant with My chosen one; I have sworn to My servant David…



Psalm 89:29 I will maintain My chesed for him always; my covenant with him shall endure.


Perjanjian Chesed antara Daud dan Yonatan


1 Sam 20:8 Act with chesed to your servant, since you have taken your servant into a covenant (berit) of YHWH with you.


Yonatan kemudian menanggapi permintaan David untuk melakukan chesed dengan permintaannya sendiri ketika David akhirnya berkuasa (1 Sam 20:14-15):


1 Sam 20:14 Nor shall you fail to show me YHWH’s chesed, while I am alive; nor, when I am dead, 20:15 shall you ever discontinue your chesed to my house — not even after YHWH has wiped out every one of David’s enemies from the face of the earth.


CHESED ADALAH ANUGERAH TUHAN


“O give thanks unto the LORD; for he is good: for his mercy [chesed] endureth for ever.” –Psalm 136:1 (KJV)


Kata belas kasihan dalam ayat tersebut sebenarnya adalah kata Ibrani chesed (diucapkan kheh’-sed). Kata ini diterjemahkan dalam Perjanjian Lama sebagai “belas kasihan, kemurahan hati, kemurahan hati yang lembut, kasih setia dan kesetiaan.” Padanannya dalam bahasa Yunani adalah agape. Meskipun agape ada dalam bahasa Yunani pada zaman Yesus, sampai Dia menggunakannya, kebanyakan orang tidak mengerti apa maksudnya. Suara itu tidak terdengar di jalanan.


Chesed Is God’s Faithfulness

“O give thanks to the Lord for He is good, for His mercy and lovingkindness endure forever.” –Psalm 136:1 (AMPC)


Chesed Is God’s Love for You

“For God so loved the world….” –John 3:16 (KJV)


More than just a quality He possesses, chesed is God’s very nature. 


The New Testament puts it this way: “God is agape” (1 John 4:16).


Chesed adalah kekuatan yang muncul dalam diri seseorang, menyebabkan mereka membela kepentingan orang lain. Cara lain untuk mengatakan itu adalah gambaran memiliki saudara sedarah. Dari sudut pandang Tuhan, hal ini paling baik dijelaskan dalam Yohanes 3:16 (KJV): “Sebab begitulah Allah 'mengasihi' dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal….”


Chesed berkaitan dengan perjanjian (definisi) dalam Alkitab dan juga dengan gagasan kasih karunia di mana chesed diberikan oleh Tuhan padahal tidak layak (sebenarnya chesed tidak pernah layak!) Chesed Tuhan adalah kelembutan-Nya yang gigih dan tanpa syarat. , kebaikan, dan belas kasihan, suatu hubungan di mana Tuhan mencari manusia dengan cinta dan belas kasihan


In Exodus 20:6, God says that He lavishes His hesed “for a thousand generations” on those who love Him and obey His commands. This trustworthy, ever-enduring, loyal aspect of God’s covenantal love resonates throughout the Old Testament (Nehemiah 1:5; Daniel 9:4; Jeremiah 32:18)


Kata חֶסֶד - KHESED, masculine noun, sering bergandengan dengan אֱמוּנָה - 'EMUNAH, feminine noun, 'kesetiaan' sering juga diterjemahkan dengan 'iman'. Suatu penyelidikan mengenai ayat-ayat di mana kata itu dijumpai (misalnya Mazmur 89), mengungkapkan bahwa kata itu sangat erat hubungannya dengan dua pengertian, yaitu 'perjanjian' dan' kesetiaan'.


Arti "kasih-setia" mungkin dapat dirangkum sebagai 'kasih yang mantap teguh atas dasar perjanjian yang telah dibuat'. Arti ini digunakan untuk menggambarkan baik sikap Allah terhadap umat-Nya maupun sikap umat Allah terhadap Dia; penggunaan yang kedua khususnya dalam Hosea :



Hosea 2:18  LAI TB, Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia (KHESED) dan kasih sayang.



Hosea 2:19 KJV, And I will betroth you to me for ever; yes, I will betroth you to me in righteousness, and in judgment, and in loving kindness, and in mercies.



Arti CHESED KASIH SETIA-Nya :


Mazmur 89:29 Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia untuk selama-lamanya, dan perjanjian-Ku teguh bagi dia.


Yer. 31:3 Dari "jauh" TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku(TUHAN) mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan "kasih setia-Ku" kepadamu.


KASIH SETIA TUHAN melekat pada perjanjian-Nya :


1Taw. 17:13 Aku(TUHAN) akan menjadi Bapanya, dan ia(Keturunan DAUD) akan menjadi anak-Ku. Tetapi "kasih setia-Ku" tidak akan Kuhilangkan dari padanya seperti yang Kuhilangkan dari pada orang yang mendahului engkau.


Perjanjian Chesed Tuhan berikan ada Tingkatan-tingkatannya oleh sebab itu Mari Kita Buat Perjanjian Chesed secara pribadi dengan Tuhan


Tuhan Yesus Kristus Memberkati


Amin


Cirebon 12 Oktober 2023

Only By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer