HATI-HATI DENGAN ROH SERIGALA

HATI-HATI DENGAN SERIGALA (roh Serigala)





Shalom


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Berdasarkan Pesan Tuhan yang disampaikan oleh HambaNya Ibu Nany Susanty pada saat Malam Pergantian Tahun 31 Desember 2023


Hari ini Roh Kudus mendorong saya untuk belajar tentang Serigala


Suku Benyamin dalam Alkitab dilambangkan sebagai Serigala Mari Kita buka Firman Tuhan: Kejadian 49:27 (TB)  Benyamin adalah seperti serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya." 


Serigala, Ibrani: זְאֵב - ZE'EV, Yunani: λύκος- LUKOS. Serigala adalah musuh kejam yang galak. Serigala yang warnanya tidak tua dan menyerupai anjing besar terdapat di Palestina. Binatang itu biasanya berjalan sendiri atau dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau empat ekor. Serigala (Canis lupus) ini termasuk jenis serigala Eropa dan masih terdapat di Palestina. Secara khusus serigala merupakan ancaman untuk domba.


Serigala adalah binatang karnivora ini mirip anjing gembala Jerman yang besar (anjing husky), tetapi tungkainya lebih panjang, kaki lebih besar, kepala lebih lebar, dan rahang lebih kuat. Menurut laporan, di Palestina dan Siria serigala biasanya berburu sendirian, berdua, atau bertiga, tetapi tidak berkelompok. Mereka memburu mangsa dalam kegelapan malam, dan bersembunyi selama siang hari (Habakuk 1:8; Zefanya 3:3)


Habakuk 1:8

LAI TB, Kudanya lebih cepat dari pada macan tutul, dan lebih ganas dari pada serigala (ZE'EV) pada waktu malam; pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa.

KJV, Their horses also are swifter than the leopards, and are more fierce than the evening wolves (ZE'EV): and their horsemen shall spread themselves, and their horsemen shall come from far; they shall fly as the eagle that hasteth to eat.


Serigala penyendiri, teroris serigala penyendiri atau aktor penyendiri adalah seseorang yang menyiapkan dan melakukan tindak kekerasan sendirian, di luar struktur komando apapun dan tanpa bantuan materil dari kelompok manapun.



SIFAT-SIFAT SERIGALA


Sifatnya loba. Kej 49:27

Terutama buas waktu malam ketika mencari mangsa. Yer 5:6; Hab 1:8

Membinasakan kawanan domba. Yoh 10:12


Serigala adalah binatang yang garang, rakus, berani, dan tamak, sering membunuh lebih banyak domba daripada yang dapat mereka makan atau bawa. Karena itu, pada zaman dahulu para gembala harus berani dan cerdik untuk melindungi kawanan terhadap serigala (Yohanes 10:12, 13).


LAMBANG SERIGALA


(1) METAFORA dan SIMILE untuk orang (dan juga binatang, dl kasus Yes 11:6) yang sangat rakus dan buas. Kej 49:27; Yes 11:6; 65:25; Yeh 22:27; Hab 1:8.

(2) LAMBANG guru agama palsu yang sangat mementingkan dirinya sendiri dan berniat jahat. Mat 7:15; 10:16; Luk 10:3; Yoh 10:12; Kis 20:29.

(3) METAFORA orang jahat, licik dan penuh tipu muslihat. Luk 13:32.


Yesus menggunakan serigala untuk memperingatkan terhadap pengkhianatan, "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang akan datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas" (Matius 7:15).


Matius 7:15

LAI TB, "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala (LUKOS) yang buas.

KJV, Beware of false prophets, which come to you in sheep's clothing, but inwardly they are ravening wolves (LUKOS).



Serigala adalah Binatang buas dan ganas yang suka mengembara sendiri daripada dalam gerombolan, di Palestina (Yoh. 10:12) di waktu malam (Hab. 1:8). Keganasannya sangat ditakuti (Yeh. 22:27; Zef. 3:3; Kis. 20:29) sehingga kekuatan merusaknya menjadi pepatah (Yer. 5:6).


Penggambaran tentang "srigala" yang lain: Para pembesar Yehuda yang tidak bermoral (Yehezkiel 22:27), nabi-nabi palsu (Mat 7:15), orang-orang yang dengan keji menentang pelayanan Kristen (Matius 10:16; Lukas 10:3), maupun guru-guru palsu yang akan membahayakan sidang Kristen dari dalam (Kisah 20:29, 30), disamakan dengan serigala. Serigala terkenal suka menjarah (Yeremia 5:6).


Serigala - Jakal - Jackal


Dalam mitologi Mesir, jakal/ serigala Afrikaini adalah model bagi salah satu Dewa Mesir. Wujudnya berkepala serigala Afrika dan tubuhnya adalah tubuh manusia, yang dikenal dengan nama: Anubis, Dewa Kematian. Kepalanya hitam, telinga dan moncongnya panjang, layaknya hewan pada umumnya.


Jakal juga (Ibrani: תַּנִּין - TANIN) tidak disebut secara khusus di Alkitab. Tetapi, boleh jadi jakal itulah yang dimaksudkan dalam beberapa terjemahan ayat Alkitab yang menyebutkan naga, contoh ayat:


Yesaya 35:7


Kata Ibrani: TANIN diterjemahkan Jakal/ Serigala.


LAI TB, tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala (TANIN) berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.

MILT (2008), Dan tanah kering akan menjadi kolam, dan tanah gersang akan menjadi mata air; di tempat kediaman serigala (TANIN), pembaringannya rumput hijau, buluh dan pandan.

New International Version, The burning sand will become a pool, the thirsty ground bubbling springs. In the haunts where jackals (TANIN) once lay, grass and reeds and papyrus will grow


Kata Ibrani: TANIN diterjemahkan naga/ dragon.


King James Bible, And the parched ground shall become a pool, and the thirsty land springs of water: in the habitation of dragons (TANIN), where each lay, shall be grass with reeds and rushes.

Douay-Rheims Bible, And that which was dry land, shall become a pool, and the thirsty land springs of water. In the dens where dragons (TANIN) dwell before, shall rise up the verdure of the reed and the bulrush.


Bahasa Ibrani menggunakan kata "TANIM" dan TANIM ini merujuk kepada makhluk yang kurang diketahui yang menghuni padang pasir dan reruntuhan bangunan. LAI menerjemahkannya menjadi serigala, NIV menerjemahkannya dengan jackal sedangkan Alkitab terjemahan bahasa Inggris seperti King James Version menggunakan kata dragon.


* Ayub 30:29LAI TB, Aku telah menjadi saudara bagi serigala (TANIN), dan kawan bagi burung unta.New International Version, I have become a brother of jackals (TANIN), a companion of owls.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Mari Kita Waspada dan Berjaga-jaga Terhadap Roh Serigala.


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 2 Januari 2024

Only By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat 



Komentar

Postingan Populer