ARTI TALLIT

ARTI TALLIT

CURT LANDRY  DAN BENNY HINN 








Tallit

Source: Rabbi Curt Landry & Benny Hinn

https://youtu.be/PInuGbJetSw

(1)

Tallit itu adalah banner, simbol kedaulatan Tuhan. 
Tallit = tenda/ kemah (Hebrew).

Bagian terpenting dari tallit adalah tzit2 = jumbai. 

Menurut perhitungan Ibrani, tzit2 = 600. 

Ada 8 helai; 8 = new beginning (permulaan baru)
Ada 5 knots (ikatan); 5 = grace (anugerah)
Jadi di tzit2 itu sendiri ada perwakilan (angka) 613, di mana ada 613 peraturan dan perintah Tuhan di Alkitab, jadi tzit2 itu artinya semua 613 peraturan & perintah Tuhan sudah *dipenuhi*. 

Knp wanita yg 12 tahun sakit pendarahan itu menyentuh jumbai Tuhan?

Latar belakang:
Di Israel, org yg sakit pendarahan dilarang keluar rumah krn dianggap najis, mereka harus diisolasi.
Wanita itu sudah sakit pendarahan 12 tahun & habis hartanya. 
Angka 12 itu sendiri artinya adalah government (pemerintahan), yang juga sama dengan ‘authority’ (wewenang). 

Wanita itu mempertaruhkan nyawanya untuk keluar rumah utk ketemu Yesus, tidak peduli berapapun harga yg harus dia bayar, karena dia *tahu & mengerti* bahwa *total authority (Yesus)* sedang datang mengunjungi (lewat) tempat itu. 

Waktu itu Tuhan Yesus sedang dalam perjalanan menuju ke rumah Yairus utk mengunjungi anak Yairus yang juga akan genap berumur 12 tahun.

Angka 12 adalah angka yang sangat penting, dan itu adalah hari itu Yesus sedang *membangun otoritas pemerintahannya* (menyatakan otoritas-Nya) atas penyakit.

Jadi wanita yg sakit pendarahan 12 itu tahu bahwa dengan menyentuh jumbai jubah Yesus, wanita itu sedang *masuk ‘kantor pemerintahan/office’ Tuhan*.

Tuhan Yesus bilang, siapa yang menyentuh Aku? Karena Tuhan merasakan ada kuasa yang *ditarik* keluar dari Tuhan Yesus. 
Jadi *iman* wanita itu menyentuh otoritas Tuhan dan kuasa Tuhan *ditarik* keluar.
Waktu wanita itu menyentuh jumbai jubah Yesus, *seketika itu juga* pendarahannya berhenti, karena *darah Yesus yang ambil alih!!!* sejak saat itu.

Ketika kita berdoa dalam nama Tuhan Yesus, sama dengan kita 
’menginjakkan kaki’ kita ke ‘kantor/office’ Tuhan Yesus dan krn itu *kuasa Tuhan dilepaskan*, *termasuk semua nama2 Tuhan & semua kedaulatan Tuhan*.

(2)

Pada tzit2, sebenarnya bukan 8 tali tetapi hanya ada 4 tali yang melewati bukaan (apperture) yang artinya suatu tempat di mana ada *terang*, seperti ada perkataan: sempitlah jalan & banyaklah tekanan, dan hanya sedikit yang bisa menemuinya. 
Jadi 4 tali tersebut menembus sisi itu, ada 4 dan 4 (sisi),
penjelasannya sbb: 
angka 4 = creation (ciptaan)
Jadi, masing2 kita adalah 4, yaitu: ada Allah Bapa, Allah Putera, Roh Kudus dan kita!
Kita *dimasukkan/dirangkaikan* ke dalam 3 ikatan tersebut, seperti doa Tuhan Yesus di Yoh 17:22, .. supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu. 

Ada yang disembuhkan dengan memakai tallit.

Kesaksian:
Salah satu kenalan Rabbi Curt Landry yaitu Kevin, produser videonya, ibunya yang sudah tua divonis sakit kanker stadium 4 dan sudah disuruh pulang untuk menunggu ajalnya krn sudah tidak ada harapan lagi. 
Ibunya sendiri dari gereja Baptis tradisional & sudah kenal Tuhan Yesus & dia tidak takut mati.
Kevin minta Rabbi Curt berdoa untuk ibunya.
Rabbi Curt beritahu Kevin yg juga dari aliran baptist tradisional untuk melakukan tindakan seperti yg dilakukan oleh wanita yg sakit pendarahan 12 tahun itu dengan: *keluar dari rumahmu & memegang/ambil otoritas*. 

Rabbi Curt mengirim tallit buatan Israel ke Kevin & minta Kevin utk melakukan tindakan profetik ini: mengunjungi ibunya yg masih dirawat di rumah sakit dan membungkus ibunya dengan tallit itu seperti memakai piyama, dan mengikatkan tzit2 mengelilingi jari2 tangan ibunya & berbicara ke ibunya: *Tuhan Yesus ambil alih mulai dari sekarang ini* krn *Tuhan tidak akan melepaskan/meninggalkan ibunya* = kuasa Tuhan akan melingkupi ibunya krn ibunya berharap kepada Tuhan selama ini.
Rabbi Curt minta Kevin utk mengoleskan minyak ke atas kepala ibunya dan dengan iman percaya bahwa ibunya sudah disembuhkan. Kevin melakukan seperti yang diperintahkan Rabbi Curt, tetapi kondisi ibunya malah tambah parah. Selang beberapa hari, ibunya keluar dari rumah sakit dan totally ‘bebas kanker’!!! Halleluya!
Ibunya sudah sekitar 2 tahun bebas kanker dari sejak saat itu sampai sekarang.

Tallit tidak hanya diperlukan dipakai pada waktu sakit karena tallit itu adalah ‘tenda’.

Yes 40:31
“tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Rajawali, struktur tulangnya berbeda dgn burung2 lainnya, ketika rajawali mengepakkan sayapnya, dia ‘mengunci pada tempatnya’, dan tidak perlu terbang dgn kekuatan tulang2 sayapnya, tetapi rajawali memang diciptakan utk terbang dgn mengandalkan kekuatan dari angin (roh).

(3)

Sama dgn penggambaran di atas, *tallit adalah sayap2-nya Tuhan*.

Bil 24:3 
“Alangkah indahnya kemah-kemahmu, hai Yakub, dan tempat-tempat kediamanmu, hai Israel!”
‭‭
Kemah2 (tenda2) di Bil 24:3 itu adalah tallit, jadi jika orang2 Israel berdoa dengan memakai tallit sebagai penutup kepala, mereka ‘seperti’ sedang berada di dalam kemah2 mereka (= di bawah tallit), menantikan Tuhan, berdoa, atau deklarasi. 

Yes 40:31, di bawah kekuatan sayap Tuhan, di mana sayap Tuhan itu sendiri adalah kemah Tuhan, yg merupakan simbol dari Tabernakel (Kemah Pertemuan/Kemah Suci).

Tanpa Kemah Pertemuan (Tabernakel) tidak akan ada korban. 
Tanpa korban tidak akan ada penebusan dosa. 
Tanpa penebusan dosa tidak akan ada perlindungan, karena upah dosa adalah maut.

Mengenakan tallit sbg penutup kepala = berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah (Yes 40:31)

Apa yang dilakukan di bawah kerudung doa (Prayer shawl)? Berdoa, juga buat keputusan2 (decrees/deklarasi), proklamasi, mengingatkan Tuhan akan janji2/firman Nya, menaikkan permohonan2, dll.

“Berbahagialah orang yang merasa tidak berdaya dan hanya bergantung pada Tuhan saja; mereka adalah anggota umat Allah!”
‭‭Matius‬ ‭5:3‬ ‭BIMK‬‬

Pada saat kita memakai tallit sebagai penutup kepala (= diam dalam kemah Tuhan), Mazmur 103:20-23 terjadi:
“Pujilah Tuhan, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya. Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya, hai pejabat-pejabat-Nya yang melakukan kehendak-Nya. Pujilah Tuhan, hai segala buatan-Nya, di segala *tempat kekuasaan-Nya (dominion/ kantor pemerintahan-Nya)*! Pujilah Tuhan, hai jiwaku!”
‭‭
4+4=8; di mana 8 = new beginning (permulaan yang baru); 
3 ikatan adalah Allah Bapa, Allah Putera dan Roh Kudus; 
4 - 8 - 12, di mana 12 artinya 

Pada saat berdoa dgn berkerudung tallit, orang tersebut ada tepat di bawah kekuasaan yang luar biasa, suatu Pemerintahan yang sempurna (perfect government), yaitu Allah Semesta Alam itu sendiri, di mana langit adalah tumpuan kakiNya. 

Bila orang tersebut deklarasi apa yang diperlukan, ini yang terjadi di luar tenda: malaikat2 Tuhan (diutus) keluar melaksanakan blueprint Firman Tuhan itu yang berasal dari Roh di dalam sungai kehidupan, sehingga orang tersebut dimampukan untuk berbicara kepada ‘gunung2’.
‭‭
Kekuatan tallit bukan terletak di kainnya, tetapi pada *simbol2* yang ada padanya.

Tradisi Yahudi, bila seorang remaja merayakan bar mitzvah (laki2) atau bat mitzvah (wanita), mereka diberikan tallit pertama mereka.

Pada waktu Tuhan Yesus memanggil wanita yang 12 tahun sakit pendarahan, Tuhan memakai kata ‘bat zion’ atau anak perempuan Sion; karena wanita itu mewarisi perjanjian Abraham, sudah pasti wanita itu akan sembuh karena iman wanita tersebut.

Sedangkan ketika Tuhan Yesus memanggil anak Yairus yang sakit, Tuhan tidak memakai kata bat zion, tetapi ‘talitakum’, yaitu anak kecil, karena anak Yairus belum merayakan bat mitzvah.

Wanita yang 12 sakit pendarahan tersebut, karena sudah lewat masa bat mitzvah nya, dia bertanggungjawab untuk dirinya sendiri, jadi dia yang *harus pergi* menghadap pemegang kekuasaan, berbeda kasus dengan anak Yairus, karena anak Yairus belum cukup umur (belum merayakan bat mitzvah nya, pemegang otoritas itu yang harus mengunjungi anak Yairus.

Kesaksian Rabbi Curt Landry ketika dia bertemu Virginia, seorang wanita yang menderita gagal ginjal di sebuah konferensi. Rabbi Curt bilang ke Virginia bahwa dia perlu ginjal baru & Rabbi minta ijin ke Virgina untuk mendoakan dia dengan caranya Rabbi, yaitu memakaikan tallit Rabbi ke Virginia sebagai simbol ‘rumah ini sudah terjual’ dan tidak lagi dimiliki oleh penguasa sebelumnya, dan sekarang Tuhan akan mengirim ‘polisi’ untuk membersihkan rumah itu.
Rabbi kemudian mengusir sakit gagal ginjal keluar dari Virginia dalam nama Tuhan Yesus.
Polisi tersebut akan mengusir para pelanggar hukum. Rabbi berkata, apa yang kamu ikat di bumi akan terikat di surga. Karena ginjal baru yang diperlukan Virginia ada di surga, Rabbi mengikat ginjal baru di surga untuk dikirim ke tubuh Virginia di bumi. Seketika itu juga raut muka Virginia yang semula berwarna kuning menjadi ke-merah2-an dan Virginia dapat mengikuti konferensi itu dengan sehat. Beberapa hari kemudian Virginia bersaksi ke Rabbi bahwa dia sudah sembuh!

Musuh kita adalah pencuri dan salah satu yang berusaha dicurinya adalah lewat agama, pencuri itu berusaha mencuri kunci2 & kuasa. 

Keluaran 30:31-33
“Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun. Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu. Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya.”
‭‭
Wahyu 1:6
“dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.”

Ketika Tuhan Yesus dibaptis di sungai Yordan (Gilgal) di mana terletak 12 batu, Yohanes Pembaptis harus membaptis Yesus di mana dahi Yesus harus dibenamkan dalam air sungai yg artinya : Terima kasih untuk 12 suku. Ketika Tuhan Yesus diangkat dari sungai, DIA bangkit untuk melaksanakan peraturan Melkisedek.

Grace Y

Komentar

Postingan Populer