KETOPONG KESELAMATAN DAN PEDANG ROH

KETOPONG KESELAMATAN DAN PEDANG ROH

Joshua Ivan Sudrajat 




Efesus 6:17-18a, “dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan.”


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat 


Siang ini Roh Kudus memberikan Petunjuk untuk saya mempelajari kembali tentang KETOPONG KESELAMATAN DAN PEDANG ROH 


KETOPONG KESELAMATAN 



Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Sesuai namanya, ketopong adalah pelindung kepala saat prajurit berperang. Kenapa diberi nama ketopong keselamatan? Karena pikiran kita kalau tidak dilindungi oleh pemahaman keselamatan yang benar akan gampang ditipu oleh iblis. Pada saat kita lahir baru, kita dibenarkan oleh Allah atas dasar pencurahan darah Yesus di atas kayu salib, oleh iman percaya kita dan semata-mata karena kasih karunia Allah. Kata keselamatan atau soteria di Alkitab mengandung banyak arti sebenarnya, dan tidak hanya mengacu kepada keselamatan neraka dan surga. Bisa merujuk kepada keselamatan di masa lalu saat pertama kali kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Rom. 8:24; Ef. 2:8), bisa mengacu pada keselamatan yang kita alami sekarang ini / sanctification (1 Kor. 1:18), dan bisa mengacu kepada keselamatan di masa depan atau pemuliaan (1 Kor. 3:15; 1 Pet. 1:5).


Ketopong keselamatan adalah untuk menudungi pikiran kita dari pikiran-pikiran negatif yang ditembakkan ke dalam oleh si jahat. Iblis menyuntikkan kekhawatiran-kekhawatiran, ancaman-ancaman, kecemasan-kecemasan, dan pikiran-pikiran lain yang melemahkan ke dalam pikiran kita. Keselamatan Allah adalah penudung yang kita ambil untuk melawan semua hal ini,  dan keselamatan itu adalah Kristus sendiri, karena Kristuslah keselamatan kita.


Seperti yang dibahas juga di 2 Korintus 10:3-5, bahwa senjata Iblis melingkupi “siasat orang, benteng-benteng, kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah… segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.” Itulah peperangan orang percaya. Terkadang pikiran kita sendiri bisa membawa kita jauh dari Tuhan. Ketopong keselamatan juga berbicara mengenai jaminan iman yang kita miliki di dalam Kristus. Iblis tidak bisa membuat kita ragu-ragu akan keselamatan yang Tuhan telah berikan. Apabila Tuhan meminta kita untuk menyerahkan hidup kita kepada Tuhan sebagai martir atau misionaris, kita tetap kuat kenapa? Karena tahu bahwa hidup ini dan setelahnya telah dijamin oleh Roh Kudus yang memeteraikan keselamatan kekal itu.


Di antara seluruh perlengkapan senjata Allah, satu-satunya senjata yang kita gunakan untuk menyerang musuh adalah pedang Roh, yaitu firman Allah. Pernyataan pedang Roh, yaitu firman Allah, menunjukkan bahwa Roh itu adalah firman, dan baik Roh mau pun firman adalah Kristus sendiri (2 Kor. 3:17; Why 19:13). Kristus sebagai Roh itu dan firman memperlengkapi kita dengan pedang sebagai senjata penyerang untuk mengalahkan dan membunuh si musuh.


Firman Allah di sini berasal dari kata Yunani “rhema” yang memiliki arti: perkataan instan yang diucapkan pada saat itu oleh Roh dalam situasi apa pun. Pedang, Roh itu, dan firman adalah satu. Ketika perkataan konstan di dalam Alkitab (logos) menjadi perkataan instan (rhema), maka perkataan itu adalah Roh sebagai pedang yang membunuh musuh.


Baik ketopong keselamatan maupun pedang Roh diterima dalam segala doa dan permohonan. Doa bersifat umum, permohonan bersifat khusus, keduanya diperlukan untuk menerima ketopong keselamatan dan pedang Roh guna mengalahkan musuh.


FUNGSI KETOPONG (HELM)

Arena peperangan rohani kita terletak di pikiran. Sebab itu kita perlu melindungi pikiran kita dengan ketopong (helm) keselamatan. Fungsi :


Secara Jasmani

Pemerintah mewajibkan pengguna sepeda motor, untuk pakai helm supaya terhindar dari cidera bahkan kematian karena benturan di kepala. (Banyak yang tewas di jalan raya, karena tidak memakai helm). Jadi helm sangat berfungsi besar bagi keselamatan.


Secara Rohani

Pemerintah Kerajaan Sorga mewajibkan kita memakai helm rohani (ketopong keselamatan) Sebab Iblis berusaha menyerang kita di manapun kita berada. Saat mendengar firman, Iblis berusaha mengalihkan pikiran yang fokus dengar firman ke arah yang lain. Sehingga banyak firman yang tidak terserap dengan baik. Bakan Iblis menyerang saat pikiran kacau karena berbagai masalah.


Ketopong (Lat: ‘galea’) adalah perlengkapan yang harus kita kenakan untuk melindungi kepala. Jadi ketopong keselamatan dalam hal ini melindungi pikiran kita.


Ibrani 6:9 (TB)  Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan.


Keselamatan adalah suatu jaminan pengharapan yang pasti.


Keselamatan masa lalu

Yaitu roh kita diperbaharui ketika kita datang kepada Kristus.

Keselamatan masa kini

Yaitu jiwa kita dipulihkan melalui Firman Tuhan.

Keselamatan masa depan

Yaitu tubuh kita akan disempurnakan jika Dia datang kembali.


PEDANG ROH



Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Pedang (Lat: Cladius) ini adalah satu-satunya senjata penyerang yang diberikan Tuhan kepada kita.


Pedang Roh, yang adalah Firman Tuhan (rhema), dipergunakan untuk memukul mundur kuasa kegelapan.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Apa sih pedang roh? Alkitab menjelaskan secara gamblang bahwa itu adalah firman Allah. Bahasa asli digunakan ῥῆμα θεοῦ atau rhema theos. Kata firman di dalam Alkitab ada 2 yaitu logos dan rhema. Apa bedanya? Logos adalah firman Allah yang tertulis. Alkitab adalah logosnya Tuhan. Rhema adalah firman yang diberikan oleh Roh kepada kita pada saat tertentu. Untuk melihat hubungan antara logos dan rhema mari kita lihat kejadian saat Yesus dicobai di Matius 4.


Ketika Yesus dicobai oleh Iblis, Dia mengutip firman, “Ada tertulis” (ay. 4,7, 10). Firman yang tertulis itu adalah logos, tetapi begitu firman yang spesifik itu dikutip Yesus menjadi rhema untuk dia melawan Iblis. Sebanyak tiga kali Iblis berusaha untuk mencobai Yesus, dan sebanyak tiga kali pula Yesus menahan godaan Iblis dengan firman. Ini adalah prinsip yang sama yang Yakobus tulis,

 “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka Ia akan lari dari padamu!” (Yak. 4:7). 


Ini adalah contoh bagi setiap orang percaya untuk mengutip firman dan memperkatakannya kepada Iblis. Yesus mengambil “pedang roh”nya dari Perjanjian Lama dan mengeluarkannya untuk melawan Iblis. Apakah kita hapal firman Tuhan? Sehingga sewaktu-waktu Iblis menyerang, kita bisa mengambil firman dan mengucapkannya dengan lantang. Ibrani 4:12 juga berkata, “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh.” Inilah kuasa firman rhema yang dapat membantu kita melawan godaan Iblis.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Bentuk pedang Romawi seperti lidah

Kita melawan dan menolak serangan musuh rohani dengan memperkatakan rhema Firman Tuhan.


Pedang itu sangat efektif untuk menikam musuh


Pedang Roh berbicara tentang Firman Tuhan yang sedang diucapkan atau “rhema”.


Inilah perkataan yang diperlukan pada saat menghadapi situasi tertentu.

Iblis pasti kalah terhadap otoritas Firman Tuhan.


Yeremia 23:29 (TB)  Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu? 


Yesaya 55:11 (TB)  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 


RESUME SENJATA ROHANI


Jadi seluruh perlengkapan senjata Allah terdiri atas enam butir, yaitu:


Ikat pinggang realitas untuk penguatan seluruh diri, yang adalah Kristus sendiri, karena Kristuslah realitas Allah dalam hidup kita;

Baju zirah kebenaran untuk menjagai hati nurani, yang adalah Kristus sendiri, karena Kristuslah kebenaran kita;

Kasut keteguhan damai sejahtera Injil untuk menguatkan kita tetap berdiri, yang adalah Kristus sendiri, karena Kristuslah damai sejahtera kita dalam Injil;

Perisai iman untuk memadamkan setiap panah api dari si jahat, yang adalah Kristus sendiri, karena Kristuslah iman kita;

Ketopong keselamatan untuk melindungi pikiran kita, yang adalah Kristus, karena Kristuslah keselamatan kita.

Pedang Roh, yaitu firman Allah untuk menyerang musuh, yang adalah Kristus sendiri, karena Roh itu dan firman Allah adalah Kristus.


Tuhan Yesus memberkati 


Jatiwangi 27 Juni 2014

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer