KUATKAN YANG TERSISA

REMNANT

SIARAN TUNDA BMN NATIONS 

SABTU 15 JUNI 2024

EV HADASSAH GLORIA PURNOMO 





3 “To the angel[a] of the church in Sardis write:


These are the words of him who holds the seven spirits[b] of God and the seven stars. I know your deeds; you have a reputation of being alive, but you are dead. 2 Wake up! Strengthen what remains and is about to die, for I have found your deeds unfinished in the sight of my God. 3 Remember, therefore, what you have received and heard; hold it fast, and repent. But if you do not wake up, I will come like a thief, and you will not know at what time I will come to you. 


4 Yet you have a few people in Sardis who have not soiled their clothes. They will walk with me, dressed in white, for they are worthy. 5 The one who is victorious will, like them, be dressed in white. I will never blot out the name of that person from the book of life, but will acknowledge that name before my Father and his angels. 6 Whoever has ears, let them hear what the Spirit says to the churches.

Why 3:1-6 NIV


DEFINISI REMNANT 


Sisa (Remnant) adalah sisa dari suatu porsi atau bagian yang lebih besar, baik itu makanan, bahan pembuatan pakaian, atau bahkan sekelompok orang. Meskipun sisa-sisa dapat dipandang sebagai sisa-sisa yang tidak berharga, dan sering kali memang demikian, Allah memberikan nilai yang tinggi kepada umat-Nya yang telah Dia sisihkan untuk tujuan-tujuan suci, mereka yang Dia beri label sebagai “sisa-sisa” di beberapa bagian dalam Alkitab.


Acts 11:4-5 NIV 


4 Starting from the beginning, Peter told them the whole story: 5 “I was in the city of Joppa praying, and in a trance I saw a vision. I saw something like a large sheet being let down from heaven by its four corners, and it came down to where I was. 


Roma 11:4-5 (TB)  Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? "Aku masih meninggalkan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal." 

Demikian juga pada waktu ini ada tinggal suatu sisa, menurut pilihan kasih karunia. 


Yohanes 6:66 (TB)  Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. 


Yesaya 10:20-21 (TB)  Tetapi pada waktu itu sisa orang Israel dan orang yang terluput di antara kaum keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi kepada yang mengalahkannya, tetapi akan bersandar kepada TUHAN, Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tetap setia. 

Suatu sisa akan kembali, sisa Yakub akan bertobat di hadapan Allah yang perkasa. 


Dia selanjutnya meyakinkan orang-orang Israel yang tersisa bahwa mereka tidak perlu takut terhadap bangsa Asyur, karena Dia akan segera menghancurkan mereka.


Menurut Kitab Yesaya , "sisa" ( Ibrani : שְׁאָר , diromanisasi :  sh'ár )


Shalom Aku Tuhan Yang Tetap Memegang Perjanjian atas Bahtera dan Para Pendahulu kita 


Tetap Mendoakan yang terhilang tapi jangan salah fokus


Tuhan katakan Kuatkan Yang Tersisa.


Hakim-hakim 20:14-17 (TB)  Sebaliknya, bani Benyamin dari kota-kota lain berkumpul di Gibea untuk maju berperang melawan orang Israel. 

Pada hari itu dihitunglah jumlah bani Benyamin dari kota-kota lain itu: dua puluh enam ribu orang yang bersenjatakan pedang, belum termasuk penduduk Gibea, yang terhitung tujuh ratus orang pilihan banyaknya.

Dari segala laskar ini ada tujuh ratus orang pilihan yang kidal, dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambut pun.

Juga orang-orang Israel dihitung jumlahnya; dengan tidak termasuk suku Benyamin ada empat ratus ribu orang yang bersenjatakan pedang; semuanya itu prajurit.


Yang Tersisa akan dikuatkan untuk menjadi lebih kuat dan engkau yang tersisa menjadi Para Pahlawan 


Nehemia 4:16-23 (TB)  Sejak hari itu sebagian dari pada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yang lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda

yang membangun di tembok. Orang-orang yang memikul dan mengangkut melakukan pekerjaannya dengan satu tangan dan dengan tangan yang lain mereka memegang senjata.

Setiap orang yang membangun bekerja dengan berikatkan pedang pada pinggangnya, dan di sampingku berdiri peniup sangkakala.

Berkatalah aku kepada para pemuka dan para penguasa dan kepada orang-orang yang lain: "Pekerjaan ini besar dan luas, dan kita terpencar pada tembok, yang satu jauh dari pada yang lain.

Dan kalau kamu mendengar bunyi sangkakala di suatu tempat, berkumpullah ke sana mendapatkan kami. Allah kita akan berperang bagi kita!"

Demikianlah kami melakukan pekerjaan itu, sedang sebagian dari pada orang-orang memegang tombak dari merekahnya fajar sampai terbitnya bintang-bintang.

Pada waktu itu juga aku berikan perintah kepada rakyat: "Setiap orang dengan anak buahnya harus bermalam di Yerusalem, supaya mereka mengadakan penjagaan bagi kami pada malam hari, dan melakukan pekerjaannya pada siang hari." 

Demikianlah aku sendiri, saudara-saudaraku, anak buahku dan para penjaga yang mengikut aku, kami semua tidak sempat menanggalkan pakaian kami. Setiap orang memegang senjata dengan tangan kanan.


Nehemia membangun dari batu-batu yang tersisa 


Matius 14:17, 20-21 (TB)  Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." 

Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak. 


Ketika Tuhan Yesus memberikan Makan 5 Ribu Orang dari Lima Roti dan Dua Ikan - ikan yang kecil-kecil dan lima ketul Roti menjadi Surplus More Than Enough (Surplus)


Ayat-ayat Perjanjian Baru yang mengacu pada "sisa-sisa" yang setia ( Yunani : λεῖμμα , diromanisasi:  leîmma ) termasuk Roma 11:5 dan Wahyu 12:17.


Hidupmu akan mengalami Surplus 


There Is A Miracle In House


Mahanaim siapkan dirimu Kau akan pergi ke bangsa-bangsa & tugasmu akan menguatkan yang lemah Hari ini Kuatkan dirimu dan apa yang ada padamu. Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 


Komentar

Postingan Populer