TOV SUNGGUH AMAT BAIK

PELAJARAN TENTANG TOV

SUNGGUH AMAT BAIK






PERFECT SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat atas Permintaan Pembaca Blog dari Kota Sidoarjo tentang Pelajaran Tov dan Unity To The Top 





DASAR FIRMAN TUHAN TOV


Kata TOV diambil dari Bahasa Ibrani yang dalam bahasa Indonesia diartikan Sungguh Amat sangat Baik 


Tov adalah sebuah kata Ibrani yang sangat kecil namun memiliki arti yang sangat luas. Penutur asli bahasa Inggris saat ini mungkin samar-samar familiar dengan tov hanya karena mendengar bahasa Yahudi/Yiddi mengucapkan “Mazel Tov” (“Semoga Sukses” dalam bahasa Inggris), tapi bisa dibilang itu adalah salah satu kata yang paling kaya di luar sana. Daya ledak tov sudah bisa dirasakan sejak awal.


APA ITU TOV ?


Menurut Merriam Webster, “ Tov berasal dari kata Ibrani yang berarti "baik", tetapi dengan maksud yang lebih lengkap yang menyiratkan sesuatu yang memenuhi tujuan penciptaannya. Pertama kali digunakan ketika Tuhan menyatakan apa yang Dia ciptakan adalah 'baik'; juga, dalam menggambarkan pohon pengetahuan tentang 'kebaikan' ( tov ) dan kejahatan ( ra ).”


Unsur yg lazim dalam pengertian kata baik pada setiap bahasa ialah ‘berkenan’, baik mengenai ‘nilai yg dikandung oleh sesuatu’, atau ‘dampaknya’ atau kedua-duanya. Tidak ada pengertian khusus dalam hal-hal non-moral apabila Alkitab menggunakan ‘baik’ bertalian dengan benda-benda (mis ‘berguna’, seperti garam, Mat 5:13; Luk 14:34; ‘bermutu tinggi’, seperti emas, Kej 2:12; ternak, Kej 41:26; ‘produktif’, seperti pohon, Mat 7:17; tanah, Luk 8:8; dsb). Tapi pengertian Alkitab tentang kebaikan moral dan spiritual adalah benar-benar teologis, dan sangat bertentangan dengan pandangan yg berpusat pada manusia (antroposentris) tentang kebaikan yg dikembangkan oleh orang Yunani dan para ahli pikir tradisi mereka yg kemudian. Pengertian Alkitab dapat diuraikan sebagai berikut


TOV artinya   ‘Bermanfaat’, ‘berguna’, ‘menguntungkan’, adalah beberapa di antara pengertian sekuler tentang ‘baik’ sebagai kata sifat, sedangkan ‘kemakmuran’, ‘kesejahteraan’ adalah kata bendanya. Alkitab menggabungkan keduanya dalam teologianya dengan mengajarkan, bahwa bukan saja segala pemberian Allah adalah baik dalam tujuan maupun dampak-dampaknya, tapi juga bahwa segala yg baik pada hakikatnya adalah pemberian Allah (Yak 1:17; bnd Mazm 4:5). Sudah menjadi ciri khas Allah berbuat baik bagi masyarakat miskin, demikian juga Yesus, yg Ia urapi (Mr 3:4; Kis 10:38). Allah berbuat baik bagi semua orang yg berada dalam pemeliharaan-Nya, mencurahkan kepada mereka berkat berkat alami (Mazm 145:9; Luk 6:35; Kis 14:17); dan sebagai Bapak yg sempurna, Ia tahu bagaimana memberikan pemberian-pemberian yg baik kepada mereka yg adalah anak anak-Nya melalui Kristus (Mat 7:11)


Kata Ibrani טוֹב - "TOV" ('menyenangkan', 'menggembirakan', 'ramah'), dalam bahasa Indonesia disinonimkan dengan kata serapan Arab: "Baik/ Bajik" terutama menandakan sesuatu yang memberi kebahagiaan atau kepuasan yang mendampakkan kepuasan estetika atau moral:


* Kejadian 1:31

LAI TB, Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik (TOV). Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

KJV, And God saw every thing that he had made, and, behold, it was very good (TOV). And the evening and the morning were the sixth day.


Menurut Bahasa Yunani menerjemahkan טוֹב – "TOV" dengan "ÎħγÎħÎ¸ÎżÏ‚ - agathos", kata Yunani biasa untuk menerangkan gagasan yang baik sebagai kualitas jasmani atau moral, dan kadang-kadang menerjemahkannya dengan "ÎşÎħÎğÎżÏ‚ - kalos" (harfiah 'cantik'; jadi, baik dalam bahasa Yunani klasik maupun dalam Alkitab: mulia, yang terhormat, mengagumkan, patut).


Dalam Mazmur 23:6 dan 119:65 ini, kata Ibrani: טוֹב - "TOV" diterjemahkan dengan "kebajikan" oleh LAI TB:


* Mazmur 23:6

LAI TB, Kebajikan (TOV) dan kemurahan (KHESED) belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

BIS , Aku tahu Engkau baik (TOV) kepadaku, dan selalu mengasihi (KHESED) aku. Maka aku boleh diam di Rumah-Mu, selama hidupku.


English Standard Version, Surely goodness (TOV) and mercy (KHESED) shall follow me all the days of my life, and I shall dwell in the house of the LORD forever.

KJV, Surely goodness (TOV) and mercy (KHESED) shall follow me all the days of my life: and I will dwell in the house of the LORD for ever.


PELAJARAN TENTANG UNITY


UNITY AND HARMONY

EV IIN TJIPTO PURNOMO WENAS 


https://joshuaivanministries.blogspot.com/2024/02/unity-and-harmony.html


MELODY OF UNITY FOR REVIVAL


https://joshuaivanministries.blogspot.com/2024/02/melody-of-unity-for-revival.html


UNITY TO THE TOP 


https://joshuaivanministries.blogspot.com/2019/05/unity-to-top.html


Tuhan Yesus memberkati 


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat 

Jatiwangi 2 JUNI 2024



Komentar

Postingan Populer