SUMPAH ABRAHAM SUMPAH CHESED

SUMPAH TUHAN KEPADA ABRAHAM SUMPAH CHESED





PERFECT  SHALOM 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat siang hari ini saya diberikan Mandat Untuk Mempelajari SUMPAH ABRAHAM 


Ibrani 6:13-14 (TB)  Sebab ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-Nya,

kata-Nya: "Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak."  


Kejadian 22:17 (TB)  maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Penulis Ibrani menunjukkan bahwa Allah bersumpah ketika Dia membuat janji-Nya kepada Abraham bahwa melalui keturunannya semua bangsa akan diberkati (Kejadian 22:15-18).


Ini menunjukkan tujuan Allah yang tidak berubah, dan kita dapat menantikan penggenapannya dengan dorongan yang kuat, karena tidak mungkin bagi Allah untuk berdusta pada dua hal yang tidak berubah, yaitu janji-Nya dan sumpah-Nya. "Pengharapan ini menjadi sauh bagi jiwa kita".


SUMPAH ABRAHAM ini adalah EVERLASTING COVENANT (CHESED)


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Sumpah" adalah terjemahan dalam AV dari dua kata Ibrani, alah', אָלָה, dan shebuah' שׁבוּעָה, yang masing-masing digunakan dalam tiga makna: 1. Sumpah sebagai permohonan kepada Allah untuk mengesahkan kebenaran suatu pernyataan ( Neh 10:30 ; Kel 22:10 ); 2. Perjanjian yang disumpah ( Kej 26:28 ; 2Sam 21:7 ) 


Kata sumpah , 'she•vu•ah,' terkait erat dengan angka tujuh, 'she•va.' Banyak yang telah ditulis tentang kekuatan tersembunyi yang berkaitan dengan angka ini. Tentu saja, pertama kali disebutkan adalah tepat pada bab pertama Kitab Kejadian. Sejak saat ini, itu menjadi kunci untuk tonggak utama siklus kehidupan Yahudi. Kata-kata seperti Sabat ('Sha•bat'); seminggu ('sha•vu•ah'); dan Pentakosta ('sha•vu•ot') semuanya terkait dengan angka tujuh, bersama dengan banyak lagi. 'Sha•vu•ot' adalah hari raya yang dirayakan sehari setelah menghitung tujuh minggu dari Paskah. Anda tidak dapat melewatkan tujuh ganda di sini! 'Pente' dalam Pentakosta berhubungan dengan hari ke-50 (7×7+1) setelah Paskah ketika Pentakosta dirayakan.


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Kata sumpah secara historis terhubung dengan angka suci tujuh. Sumpah juga dianggap suci dan sangat mengikat. Sumpah yang terkenal diucapkan oleh Abraham dan Abimelekh, di mana Abraham memperkuat dan membuktikan sumpah tersebut dengan memberikan tujuh ekor domba. Sumpah tersebut dimaksudkan untuk membuktikan kepemilikan Abraham atas sebuah sumur air. Abraham menamai tempat sumpah tersebut 'Bersyeba', yang saat ini merupakan kota besar di Israel. Nama ini berarti: 'sumur tujuh ekor' (Kejadian 21:22-32).


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Abraham mendapatkan Sumpah Chesed dari Yeshua Hamashiach 


ARTI CHESED 


Sahabat Joshua Ivan Sudrajat Dalam terjemahan Ibrani diatas kata "Kasih dan Setia" atau bisa kita bahasakan menjadi Kasih Karunia tertulis dengan kata "Chesed".


Ada lebih dari 5 kata Ibrani yang digunakan untuk kalimat Kasih Karunia dalam bahasa kita ini, dan seluruhnya berbeda tergantung dari tujuan, kehendak yang TUHAN mau sampaikan.


Untuk kata "Chesed", Chesed digunakan untuk tujuan peneguhan/pernyataan Perjanjian. Makna dari Chesed sendiri adalah Anugerah pemberian kuasa yang melimpah dalam kehidupan melalui perjanjian kita dengan TUHAN.


Kata Ibrani Chesed ini juga menggambarkan tentang memberikan perkenanan dalam bentuk kasih yang kuat, kasih yang dijanjikan. Chesed berbicara tentang kasih yang tak berkesudahan yang diwujudkan dengan Perjanjian/Kontrak/Hukum/Sumpah 


Kata Chesed dalam huruf Ibrani tertulis חסד dimana nilai gematria keseluruhan kata Chesed berjumlah 72.


Kata Ibrani Lev (Hati), Zabach (Pengorbanan), Ohel (Tabernakel), Kabod (Kemuliaan) juga sama-sama memiliki nilai gematria yang berjumlah 72.


Kata chesed berarti kebaikan atau kebajikan. Kata ini menunjukkan kasih sayang yang tak terbatas yang dengannya Tuhan menciptakan dunia dan yang dengannya semua ciptaan diresapi, sebagaimana dinyatakan dalam ayat, "Dunia dibangun dengan chesed " ( Mazmur 89:3) .


Perjanjian Tuhan Chesed dengan Israel


Dalam Ulangan 7:9, Musa meyakinkan orang Israel bahwa YHWH akan menepati perjanjian-Nya dengan mereka selama mereka mengasihi-Nya dan menaati perintah-perintah-Nya:

Layanan Pelanggan yang Tidak Dapat Dihindari Apa yang Harus Dilakukan Saat Ini ? (מצותו) [מִצְו‍ֹתָיו] לְאֶלֶף דּוֹר. 


Ulangan 7:9 Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa hanya YHWH, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang berpegang pada perjanjian-Nya ( brit ) dan yang setia kepada beribu-ribu keturunan dari orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-perintah-Nya.


Dalam ayat ini, berit (perjanjian) dan chesed (rahmat, belas kasihan, kebaikan) berfungsi sebagai hendiadys, yaitu sepasang kata yang mengekspresikan satu ide bersama-sama. (Sebenarnya, NJPS menerjemahkan frasa tersebut hanya dengan satu kata, “perjanjian.”) 


Di sini YHWH berjanji untuk menepati perjanjian chesed dengan Israel sebagai imbalan atas kasih atau ketaatan mereka. 


Mari Sahabat Joshua Ivan Sudrajat hari-hari ini setelah kita menerima Sumpah Chesed kita melakukan dengan Kesetiaan setiap Mandat yang Tuhan berikan kepada kita.


Jatiwangi 19 Juli 2024 

Only By HIS GRACE 


Joshua Ivan Sudrajat 

Komentar

Postingan Populer