WHEN BATTLE FIELD TURNS TO HOLY GROUND

SIARAN TUNDA BMN NATIONS 

SENIN 1 JULI 2024

EV NANCY TEDJO FIRMAN





SENIN, 1 JULI 2024

EV. NANCY TEJO
WHEN BATTLE FIELD TURNS TO HOLY GROUND

» GIBEON
Suku yang berbuag karena responnya terhadap Tuhan yang besar.

Karena respon yang benar, maka itu merubah nasibnya.

Gibeon - Bukit tinggi

Yosua 9 : 3, 6, 23, 27
(3) "Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. Aku membuat banyak keturunannya dan memberikan Ishak kepadanya."
(6) "Setelah Aku membawa nenek moyangmu keluar dari Mesir dan kamu sampai ke laut, lalu orang Mesir mengejar nenek moyangmu dengan kereta dan orang berkuda ke Laut Teberau."
(23) "Ia berkata: "Maka sekarang, jauhkanlah allah asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkanlah hatimu kepada TUHAN, Allah Israel." 
(27) "Kata Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Sesungguhnya batu inilah akan menjadi saksi terhadap kita, sebab telah didengarnya segala firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada kita. Sebab itu batu ini akan menjadi saksi terhadap kamu, supaya kamu jangan menyangkal Allahmu."

Gibeon menginginkan sebuah perjanjian dengan cara menipu.
Gibeon berpura2 menjadi sangat miskin karena mereka mau untuk mendapatkan perjanjain dari Israel. 

Tuhan melihat apa yang kita angkat dihadapanNya walaupun seringkali kita menggunakan cara yang menurut dunia tidak benar tetapi kita tetap ngotot untuk meminta perjanjian itu turun.

» BUKAN HANYA PERJANJIAN YANG MEREKA DAPAT
1. Tempat permintaan apapun dikabulkan
Hari2 ini Tuhan sangat ingin menemukan ada orang2 yang ngotot untuk meminta sumpah itu karena hatinya ingin memberikan apapun buat bangsa kita.
2. Dibela Tuhan dengan cara apapun
Tuhan membantu perang dengan hujan batu dan bahkan Israel kena kutuk karena melanggar perjanjian gibeon. 

Saat kita menerima sumpah, Tuhan akan membela kita dengan cara apapun juga walaupun kesalahan kita sangat banyak.

» ADA APA DENGAN GIBEON
• 3 Momen dimana permintaan dikabuli :

1. Raja yang hatinya disukakan dan semuanya akan diberikan
2. Tinggal dalam pokok anggur, dan mintalah apa saja
3. Mereka ngotot membuat ikatan perjanjian/sumpah dengan yabg Di pilih dan dibela Tuhan dan hari itu Gibeon menjadi tempat dimana semua permintaan itu dikabulakn dengan Tuhan.

• Kesalahan yang berubah jadi kendaraan kemenangan
Yosua 10 : 6, 10, 12
(6) "Setelah Aku membawa nenek moyangmu keluar dari Mesir dan kamu sampai ke laut, lalu orang Mesir mengejar nenek moyangmu dengan kereta dan orang berkuda ke Laut Teberau."
(10) "Tetapi Aku tidak mau mendengarkan Bileam, sehingga ia pun memberkati kamu. Demikianlah Aku melepaskan kamu dari tangannya."
(12) "Kemudian Aku melepaskan tabuhan mendahului kamu dan binatang-binatang ini menghalau mereka dari depanmu, seperti kedua raja orang Amori itu. Sesungguhnya, bukan oleh pedangmu dan bukan pula oleh panahmu."

Saat mereka ngotot membuat perjanjian, maka Tuhan mengubahkan kesalahan pemimpin Israel berubah menjadi kendaraan kemenangan dan membela Gibeon menjadi cara yang Tuhan pakai untuk bangsa israel memenangkan bangsa2 di tanah kanaan.

Kesalahan yang bangsa kita buat sangat banyak, tetapi kesalahan bisa Tuhan rubah menjadi kendaraan kemenangan kalau kita ngotot meminta sumpah. 

Tetapi semuanya tergantung respon kita masing2.

» KESALAHAN BERUBAH MENJADI HOLY GROUND
1. Tempat orchestra Salomo
2. Tempat permintaan dikabulkan 
3. Tempat hikmat yang mendunia diturunkan

Raja2 3 : 4 
"Pada suatu hari raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan korban, sebab di situlah bukit pengorbanan yang paling besar; seribu korban bakaran dipersembahkan Salomo di atas mezbah itu."

Dalam hidup kita, kesalahan apapun Tuhan bisa rubah menjadi holy ground. Tetapi seberapa ngotot kita dihadapan Tuhan?

Mungkin kita tidak mengerti bagaimana menyukakan hati Tuhan dan ada banyak hal yang berantakan dalam hidup kita. Tetapi kita bisa ngotot dan lakukan apapun gimana caranya untuk sumpah itu turun. Perjanjian sumpah itu yang akan membuat Tuhan mau tidak mau harus mengabulkan apapun dan membela dalam kondisi apapun.

Komentar

Postingan Populer