PILIHAN DAN RESPON YANG MENENTUKAN

PILIHAN DAN RESPON YANG MENENTUKAN 

EV JOSHUA LUCKY ANTONIO 

SABTU 27 JULI 2024




Shalom
Berikut rangkuman khotbah ibadah siaran tunda Mahanaim
Sabtu, 27 Juli 2024

JLA
PILIHAN DAN RESPON MENENTUKAN


Seirngkali pikiran dan perasaan kita yang menghalangi apa yang Tuhan mau.

Jika kita tidak belajar firman, maka value apa yang kita miliki.

» PILIH YANG MANA?
Pegunungan vs Pohon kurma dan oasis kecil
Seringkali untuk memasuki percepatan, ada harga yang perlu kita bayar.

1. DALAM TUDUNG PERJANJIAN
Kejadian 12 : 4
Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan Tuhan kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.”

Seharusnya Lot adalah orang yang paling diberkati dan orang yang paling bisa menikmati privillage.

Jadilah orang tang masuk dan terkoneksi dengan perjanjian.
Mungkin kondisi kita tidak ideal, tetapi Tuhan memberikan kesempatan untuk setiap orang.

Lot - cover
Covering, tudung
Luz : dibungkus, diselubungi dengan rapat.

Kesalahan pertama dari Lot adalah responnya, Lot tidak bisa mengerti esensinya.

2. LOT IKUT DIBERKATI DAN BERPISAH DENGAN ABRAM
Karena Lot ikut Abram, dia kecipratan berkatnya.
Lot mengikut Abraham, tetapi dia tidak mengerti esensinya bahwa dia harus terkoneksi dengan Abram.

Jangan sampai kita menjadi pelayan Tuhan, tetapi kita tidak bisa terkoneksi dengan Tuhan.

3. PILIHAN MATA VS PILIHAN IMAN
Kejadian 13 : 10-12
Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman Tuhan, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. – Hal itu terjadi sebelum Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora. – Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah. Abram menetap di tanah Kanaan, tetapi Lot menetap di kota-kota Lembah Yordan dan berkemah di dekat Sodom.”

Karena iman Abraham taat, Ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tuju.

# Hal yang harus diubah
• Cara melihat
• Cara menilai
• Cara merespon

Seringkali dia taat dan mengikuti inannya tanpa mengerti tujuan akhirnya. Jangan sampai kita kehilangan cara pandabg Tuhan.


KEJAHATAN SODOM GOMORA DAN ZOAR
Zoar - minder
Sodom = pembakaran (burning)
Gomora = tumpukan reruntuhan

Jiwa yang tersiksa
2 petrus 2 : 7-8
tetapi Ia menyelamatkan Lot, orang yang benar, yang terus-menerus menderita oleh cara hidup orang-orang yang tak mengenal hukum dan yang hanya mengikuti hawa nafsu mereka saja, – sebab orang benar ini tinggal di tengah-tengah mereka dan setiap hari melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat itu, sehingga jiwanya yang benar itu tersiksa –”

4. MENJADI TAWANAN
Kejadian 14 : 11-12
Segala harta benda Sodom dan Gomora beserta segala bahan makanan dirampas musuh, lalu mereka pergi. Juga Lot, anak saudara Abram, beserta harta bendanya, dibawa musuh, lalu mereka pergi – sebab Lot itu diam di Sodom.”

Kenyamanan membunuhmu. Lot tidak memiliki gratitude. Dia tidak pernah datang ke Abram dan berterima kasih.

Kita banyak menerima kemurahan, pertolongan Tuhan. Tetapi seringkali kemyamana, kesakitan, dan kehancuran membuat kita tidak memiliki gratitude.


Kita tidak punya alasan untuk tidak memiliki gratitude. Apapun kondisi kita, kita mengerti bahwa diri kita adalah orang yang diberi kasih karunia.

5. ABRAM BERSYAFAAT - MELUPUTKAN LOT
Kejadian 18 : 20-23
Sesudah itu berfirmanlah Tuhan: ”Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya.” Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan Tuhan. Abraham datang mendekat dan berkata: ”Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?”

Ada pribadi yang dicintain Abram yaitu Lot. Orang yang sudah dibebaskan dari tawanan tetapi kembali ke sodom dan sodom akan dihancurkan.

6.NYAMAN DAN BERLAMBAT-LAMBAT

Kejadian 19 : 1

“malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka, bangunlah ia menyongsong mereka, lalu sujud dengan mukanya sampai ke tanah,”


Kejadian 19 : 13

“sebab kami akan memusnahkan tempat ini, karena banyak keluh kesah orang tentang kota ini di hadapan Tuhan; sebab itulah Tuhan mengutus kami untuk memusnahkannya.””


Kejadian 19 : 15-16

“Ketika fajar telah menyingsing, kedua malaikat itu mendesak Lot, supaya bersegera, katanya: ”Bangunlah, bawalah isterimu dan kedua anakmu yang ada di sini, supaya engkau jangan mati lenyap karena kedurjanaan kota ini.” Ketika ia berlambat-lambat, maka tangannya, tangan isteri dan tangan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab Tuhan hendak mengasihani dia; lalu kedua orang itu menuntunnya ke luar kota dan melepaskannya di sana.”


Kita tidak bisa berlambat2. 


• LARILAH KE PEGUNUNGAN

Kejadian 19 : 17-19

“Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: ”Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di mana pun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap.” Kata Lot kepada mereka: ”Janganlah kiranya demikian, tuanku. Sungguhlah hambamu ini telah dikaruniai belas kasihan di hadapanmu, dan tuanku telah berbuat kemurahan besar kepadaku dengan memelihara hidupku, tetapi jika aku harus lari ke pegunungan, pastilah aku akan tersusul oleh bencana itu, sehingga matilah aku.”


Pegunungan - promosi

Tuhan ingin memberikan promosi kepada Lot. Tetapi untuk dia diselamatkan saja perlu didesak dan dia berlambat2. 


Jika kita pasukan terdahsyat, kita tidak perlu berlambat lambat dan didesak.


Keluar dari kenyamanan , masuklah ke perjanjian.


7. MEMILIH ZOAR DAN BUKAN PEGUNUNGAN

kejadian 19 : 20-23

“Sungguhlah kota yang di sana itu cukup dekat kiranya untuk lari ke sana; kota itu kecil; izinkanlah kiranya aku lari ke sana. Bukankah kota itu kecil? Jika demikian, nyawaku akan terpelihara.” Sahut malaikat itu kepadanya: ”Baiklah, dalam hal ini pun permintaanmu akan kuterima dengan baik; yakni kota yang telah kau sebut itu tidak akan kutunggangbalikkan. Cepatlah, larilah ke sana, sebab aku tidak dapat berbuat apa-apa, sebelum engkau sampai ke sana.” Itulah sebabnya nama kota itu disebut Zoar. Matahari telah terbit menyinari bumi, ketika Lot tiba di Zoar.”


• AKHIR YANG MENYEDIHKAN

Jangan sampai kita terjebak dan memilih hal tang kecil dan mudah. Jangan sakpai kita memilih zoar.


Kejadian 19 : 29-30

“Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu. Pergilah Lot dari Zoar dan ia menetap bersama-sama dengan kedua anaknya perempuan di pegunungan, sebab ia tidak berani tinggal di Zoar, maka diamlah ia dalam suatu gua beserta kedua anaknya.”


Pilihan dan respon kita akan menentukan


Komentar

Postingan Populer