SUMPAH ABRAHAM DAN SUMPAH ISHAK

SUMPAH ABRAHAM DAN ISHAK

SERIAL TUJUH SUMPAH 

EV IIN TJIPTO PURNOMO WENAS 




Sumber YouTube : https://youtu.be/fXlJAPaKX2U?si=ig6MknqR-oidhz1o



Salam Kemenangan 


Ulangan 34:4

Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: ”Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana.”


Bapak Ibu sekalian yang saya hormati dan saya kasihi saya berdoa supaya kita hari-hari ini berteriak berdoa dan menyenangkan hati Tuhan dan kata bersumpahlah Tuhan kenapa kita butuh sumpah kita tahu dunia sedang menuju kepada kehancurannya ada begitu banyak bencana dan begitu banyak kegoncangan dan yang paling menyedihkan saya saya melihat generasi yang sedang begitu banyak kehilangan Iman tahukah saudara bahwa Korea yang dulu 80% adalah penyembah pendoa Bahkan mereka puasa 40 hari sekarang mereka hanya tinggal en % yang percaya kepada Tuhan tahukah Saudara apa yang terjadi di NTT Saudara yang dulunya 90% mengenal Tuhan dan sekarang tinggal 30% tahukah saudara apa yang terjadi di Papua yang dulunya 95% adalah penyembah-penyembah penari-penari terbaik dan sekarang tinggal 40% mereka berkata ateis mereka pindah agama mereka berkata mereka tidak kenal Tuhan dalam keadaan goncangan yang begitu rupa saya berdoa Mari kita minta Tuhan bersumpah Supaya apa supaya anak cucu kita tetap ada di hadirat Tuhan supaya kita tertancap begitu rupa dan supaya Tuhanlah yang merekayasa Tuhan yang berjanji karena sumpah artinya di saat engkau tidak mampu aku yang memampukan di saat semua bergoncang aku yang menjaga aku yang meneguhkan Bahkan di saat kita tidak setia Tuhan akan tetap setia karena sumpah-sumpahnya 


Mazmur 105:8-10 (TB)  Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya, firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan, 

yang diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak; 

diadakan-Nya hal itu menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian kekal bagi Israel, 


Saudara ada ayat yang luar biasa tentang sumpah di dalam Mazmur 105 ayat 8 sampai yang ke-10 ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjiannya firman diperintahkannya kepada 1000 angkatan diikatnya dengan Abraham dan sumpahnya diturunkan kepada Isak diadakannya hal itu sebagai ketetapan bagi Yakub dan perj bagi Israel saudara apa ini artinya hari itu Tuhan membuat perjanjian dengan Abraham, perjanjian bisa satu kali satu periode hanya sebuah Saudara ya karena apa Tuhan Jatuh Cinta dengan Abraham ketika Dia melihat ketaatan Abraham, Tuhan suruh dia pergi ke tempat yang akan Dia tunjukkan ini, seperti Tuhan berkata keluar dari Jakarta dan Pergilah ke pedalaman Papua seperti itulah keadaan Abraham 


Tetapi dia taat dia tidak khawatir dia tidak menawar dia bahkan saudara tidak mengeluh, dia melakukan karena dia percaya kepada Tuhan ketika itu Tuhan ingin mengujinya sekali lagi ketika dia cuma punya satu anak yang dikasihi yaitu Ishak 


Kejadian 22:2-3 (TB)  Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. 


Dia berkata Persembahan anak itu tanpa menunda Bahkan dia tidak tanya kepada Sarai karena dia tahu kalau dia tanya kepada Sarah atau Sarah istrinya Sarah pasti berkata gila tidak tidak dan tidak dia membawa Isak bahkan Isak tidak tahu dia membawa saudara budak bahkan budaknya tidak tahu dan ketika dia mengikat saudara Ishak yang ajaib ada reaksi Isak hari itu Ishak berusia sekitar 33 tahun tetapi Ishak tidak komplain Ishak menyerahkan dirinya diikat bahkan Ishak dengan pengertian naik ke atas Mezbah karena dia tahu Abraham tidak akan kuat menggendong dia dia meletakkan dirinya di mesbah dan tangan Abraham mengangkat pisau di saat itulah sekali lagi Tuhan Jatuh Cinta dengan Abraham tapi ditambah Ishak kali ini seseorang yang begitu taat begitu Setia begitu percaya bahwa bapaknya dan Tuhan melakukan yang terbaik buat dia dan hari itulah keluar sebuah sumpah 


Kejadian 22:16-18 (TB)  kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri — demikianlah firman TUHAN —: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, 

maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."  


Karena Ketaatan dan Kesetiaan Ishak itu sangat menggetarkan hatiNya sampai Dia berkata selama-lamanya sampai selama-lamanya keturunanmu akan ada di hadapanku keturunanmu akan menjadi besar keturunanmu akan menduduki kota-kota dan keturunanmu akan menjadi yang terutama.


Saudara dunia hari ini mengakui semua produk Israel produk orang Yahudi ketika mereka berkata kita mau ya menolak memboikot produk Israel maka sebenarnya itu tidak mungkin kalau kita lakukan kita mundur berarti saudara ke dalam 50 tahun yang lalu karena semua obat, Google semuanya saudara adalah produk penemuan dari orang-orang Israel bagaimana mereka bisa menjadi begitu pandai saudara dunia mengakui mereka orang nomor satu terpandai di dunia mereka menemukan begitu banyak benda-benda baru mereka menemukan saudara begitu banyak cara-cara praktis mereka peraih Nobel mereka juga terbanyak secara prosentase untuk S1 dan S2, Profesor dan sebagainya karena Sumpah bahkan ketika Israel hari ini menolak Yesus bahkan ketika Israel hari ini mungkin berperang dengan cara yang banyak orang tidak setuju bahkan ketika mereka menghujat membunuh 


Tuhan tidak akan pernah bisa melanggar SumpahNya Dia tetap memberkati Israel karena itu Seandainya kita juga bisa seperti Abraham seandainya kita juga bisa seperti is Percayalah bahwa dia memberi yang terbaik dalam hidupmu Mari taat tanpa memberontak bagaimana caranya tapi Dia Tuhan yang setia maka dia akan menurunkan SumpahNya dan hidupmu akan berubah hidupmu akan menjadi orang yang beruntung, orang yang diberkati adalah orang yang terus ada dalam Hadirat Tuhan 


Tuhan merekayasa begitu rupa engkau akan menikmati sesuatu yang sangat berbeda 


Ketika Sumpah itu turun dalam hidup saudara 


Saudara saya adalah orang yang berbahagia karena ayah saya dalam kesetiaannya, saya melihat reaksi Ibu saya ketika ayah saya jatuh dalam perzinahan, dia mengampuni dia mendoakan karena reaksi ayah dan ibu saya mendatangkan Sumpah Dan itu saya nikmati, saya melihat PenyertaanNya saya melihat Berkat 


Saya melihat rekayasaNya berkali-kali terjadi di dalam hidup saya 


Kami ingin keluar dari hadirat Tuhan berkali-kali, Saya gagal berkali-kali saya melakukan hal yang salah tapi Tuhan membela Tuhan meluputkan Tuhan membuat semua yang terbaik Bahkan dia mereka-reka yang buruk menjadi kebaikan 


Saya berdoa saudara berdoa dan berkata Tuhan tolongi saya Jadikan saya seperti Abraham yang percaya Jadikan saya seperti Abraham yang taat Jadikan saya seperti Ishak yang Bahkan berani naik ke Mezbah setiap kita punya Mezbah yang mungkin terjadi dalam hidup kita dan kita pasti berkata Oh tapi apakah kita mau naik seperti Ishak ketika kita dilukai oleh pemimpin, ketika kita dirugikan oleh teman kita ketika kita mungkin difitnah Bisakah kita naik ke Mezbah dan berkata BAPA aku percaya aku percaya 


Saudara hari itu Mahanaim mau diserbu karena banyak orang  katanya eh pengabaran Injil dan mereka tidak terima dan sebagainya padahal itu hanya karena kesalahan paham bukan seperti yang mereka maksudkan hari itu kami berbagi saudara kotak hadiah dan kami tidak tahu di dalamnya ada anak yang ingin memberi hadiah dengan gambar Tuhan Yesus dan ketika yang menerima bukan orang Nasrani maka itu terjadi polemik dan kami mau diserbu dan sepertinya hari itu sangat mengerikan lebih daripada 1000 orang Mau demo mau meruntuhkan Mahanaim tapi saya berkata kalau itu Mezbah kalau itu tempat di mana saya harus hadapi 


Saya belajar berkata Tuhan Jadilah kehendakMu kami memilih bersyukur kami memilih menyembah kami tidak memilih melawan, kami bahkan berkata kepada polisi dan semua jangan melawan kita diam saja saudara dan hari itu Mereka melempar bom molotov mereka melempar segala sesuatu dan ada media saudara dan ajaib sekali setiap kali bom itu dilempar berputar saudara kena mereka setiap kali mereka lempar saudara batu itu kena orang dari mereka sampai akhirnya mereka berkata Mari kita pulang kita butuh ke rumah sakit karena ada yang kena bakar ada yang luka berdarah ada yang bahkan sampai patah tulang kami tidak melakukan apa pun bahkan kami tidak keluar satu jengkal pun dari tanah kami saudara dan ketika mereka pergi itu dishoot ada gambar sedikit terbakar padahal cuma temboknya saudara ada  gambar saudara dicoret-coret ada gambar saudara ya pecahan botol-botol padahal itu pecahan mereka bukan pecahan kaca kami masuk televisi dan tiba-tiba kami mendapat Berkat dari seluruh dunia saudara Tuhan merubah setiap kutuk menjadi berkat sekali lagi Kalau engkau punya Sumpah Kalau engkau berani bersikap seperti Abraham dan Ishak maka berkat Tuhan tidak akan berhenti dalam hidup kita 


Amin


Ditulis oleh Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer