Akar Segala Kejahatan

Akar Segala Kejahatan
Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo
Mari kita buka firman Tuhan dari :
Mar 10:17  Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: “Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”  Mar 10:18  Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja. Mar10:19  Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah,jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilahayahmu dan ibumu!”  Mar 10:20  Lalu kata orang itu kepada-Nya: “Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku.” 
Mar 10:21  Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: “Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”
Mar 10:22  Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya. Mar 10:23  Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya di sekeliling-Nya dan berkata kepada mereka: “Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah.”
Saya terus terang beberapa waktu yang lalu ‘mengeluh’ atau agak complain dengan Tuhan, saya berkata
“ Tuhan sebetulnya orang muda ini tidak terlalu jelek , lumayan dibandingkan dengan murid-muridmu yang lain, dibandingkan dengan Yudas Iskariot Cuma menggerogoti uang cash pelayanan yang ia korupsi, kalau ini kau angkat jadi muridmu Yudas engkau pecat, lumayan, siapa tahu nyumbang pelayananMu atau kalau butuh makan untuk 5000 orang mungkin ia mau bayarin, dari pada Petrus ngomong tok, daripada Yohanes yang jahat sekali kalau kita lihat latar belakangnya, pernah Tuhan dengan rombongan para murid melintasi sebuah desa samaria, desa itu menolak Yesus, Yohanes berkata “ Guru apa Engkau mau kami berdoa supaya api dari langit turun membakar mereka “, doa seperti itu tidak akan terjadi apa-apa, sombong sekali dan jahat, sampai Tuhan  menegur Yohanes “ kamu tidak tahu Roh macam apa yang ada didalam kamu “.
Orang muda ini lebih baik daripada murid-murid Yesus yang lain menurut pandangan saya, coba kita lihat apa yang ia katakan,  
“Jangan membunuh”, ia berkata aku tidak pernah membunuh dan Tuhan tidak menentang  perkataannya berarti Ia mengiyakan memang orang muda itu tidak pernah membunuh, lalu kita berkata “ Pak , kalau cuman begitu saya juga tidak pernah membunuh orang, kalau binatang saya sering, ayam saya makan, sapi, babi saya sikat tetapi alkitab berkata “kalau engkau membenci saudaramu sama dengan membunuh “, “wah kalau itu saya sering pak kebencian saya banyak”,berarti anda lebih jelek dari dia.
Jangan berzinah, “wah saya tidak pernah pak, kawin aja belum “, tetapi Yesus berkata “Setiap orangyang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah  berzinah dengan dia di dalamhatinya”. “ Wah kalau gitu tiap hari saya pak “, berarti anda tidak lebih baik dari orang muda ini.
Jangan mencuri, “ saya tidak pernah mencuri pak, buktinya surat kelakuan baik dari polisi sayadapatkan tapi jam kerja saya kurangi sih” , itu sama dengan mencuri waktu, beberapa waktu yang lalu saya baca dikoran beberapa pegawai negeri tertangkap di pasar johar pada saat jam kerja, anda dibayar sekian jam kenyataannya sebelum jam pulang meninggalkan kantor. Itu mencuri waktu & uang negara, lalu beberapa orang berkata “saya tidak pernah pak tapi saya kadang-kadang tidak mengembalikan perpuluhan”, wah itu lebih gawat mencuri milik Nya Tuhan. Orang Kristen pinter cari alasan dan cari istilah yang aneh-aneh, minggu lalu pelayanan di radio saya konseling seseorang, ada orang sms “ pak perpuluhan saya, saya kembalikan kepada adik saya, Loh itu miliknya siapa?, itu miliknya Tuhan, kamu berarti memberkati adikmu tanpa mengembalikan perpuluhan.” Sebetulnya ada banyak hal yang tanpa kita sadari kita curi dalam kehidupan kita.
Jangan mengucapkan saksi dusta, “ wah ini memang susah pak, tiap hari saya melakukannya, misalnya anda kulakan Rp 10,000,- anda jual Rp 15,000,- ditawar orang Rp 11,000,-,wah tidak bisa pak modalnya saja segitu”, dalam hati bisa kok cuma aku mau untungnya lebih besar, itu dusta melanggar firman.
Jangan mengurangi hak orang, “wah yang ini saya sering pak , gajian pegawai saya discount”,berikan haknya kalau orang pantas menerima haknya.
Hormatilah ayah dan ibumu, “ wah banyak orang kepahitan kepada orang tua nya, apalagi setelah menonton film ratapan si anak tiri .“
Dan banyak orang berkata ternyata aku lebih jelek dari pada orang muda itu, saya berkata “ Tuhan kalau orang muda ini lebih baik daripada murid-muridmu yang lain dan ia mau mengikut Engkau dan Engkau berkata ”Cuma satu kekuranganmu”, kenapa Engkau tidak tahan dan membiarkan dia pergi?, bukankah Engkau menaruh belas kasihan kepadanya?.
Tapi anda tahu kalau kita mau hidup bersekutu dengan Tuhan dan bergaul dengan Dia, kalau anda ada pergumulan dan hal yang tidak jelas ingin engkau tanyakan, saudara akan diberi banyak penjelasan, lama-lama engkau akan tertawa sendiri dan mengerti bahwa TUHAN TIDAK PERNAH KELIRU, kalau Tuhan sampai keliru hancurlah alam semesta ini.
Tuhan berbicara kepada saya seperti ini, digambarkan dalam ilustrasi yang bagus dan kita yang sekolah di Indonesia akan bisa menangkapnya dengan benar. Misalnya ketika anda SMA, anda punya teman atau anda sendiri ketika terima raport kenaikan kelas, dilihat nilainya matematika 10 artinya tidak pernah dapat 9, saya pernah lihat nilai teman saya seperti itu sampai guru kami minder dengan dia. Nilai Kimia 10 pinternya luar biasa, Fisika 9,5, IPA 9,8, Agama 4, apakah murid seperti ini naik kelas?, tidak naik Cuma satu dikarenakan nilai jelek dalam mata pelajaran agama.
Waktu saya SMP kami mengikuti ulangan umum untuk kenaikan kelas, ada teman saya yang sangat pintar,hari terakhir adalah ulangan agama mungkin karena tidak belajar, ia panik dan mencontek, kami diawasi oleh seorang guru paling dingin, tidak pernah senyum, orangnya kecil naiknya sepeda yang besar jadinya lucu, tapi kalau sudah nempeleng sakit sekali, saat ulangan akan selesai tiba-tiba ia berjalan menghampiri kearah saya tapi ternyata hanya melewati saya dan menuju kearah meja teman saya yang pintar, kemudian ia merogoh laci meja ternyata ada buku pelajaran agama yang terbuka, ia mengambilnya dan menaruhnya dimeja disebelah kertas ulangannya, dibalpointnya kertas ulangan dicoret silang, ditulis mencontek, angka 0 dan diparaf, kemudian ditaruh didalam buku pelajaran agamanya dan ia berkata “keluar “.
Teman saya pucat sekali, sepanjang minggu nilainya luar biasa tapi saat terakhir ulangan agama dia mencontek, apa ia akan naik kelas? tidak naik, yang lebih bodoh dari dia naik kelas, ironis sekali.
Saya berkata “ Tuhan Cuma kurang satu , kenapa Engkau tidak tahan?”, lalu Tuhan menjawab “ kamu mengerti pemerintahmu berpikir seperti apa, pemerintah tidak ingin di Indonesia ini ada orang yang genius sekali tapi hatinya jahat dan tidak takut akan Tuhan.”
Kenapa agama bisa mematikan nilai raport kita karena pemerintah mau berkata “ aku tidak mau punya rakyat yang otaknya genius tapi hatinya tidak takut akan Tuhan.”
KECERDASAN SEPERTI APAPUN TANPA TAKUT AKAN TUHAN AKAN MERUSAK ORANG LAIN
Teroris muncul dimana-mana dikarenakan prisnsip yang salah seperti ini.
Tuhan berkata “ engkau mengerti!. alkitab berkata AKAR SEGALA KEJAHATAN IALAH CINTA AKAN UANG, kalau AKAR nya disitu dan tidak mau DICUNGKIL keluar, semua kebaikan yang DILUAR dalam waktu singkat akan hilang musnah dan hancur seluruhnya.
Anda boleh dijuluki Ms Universe atau ratu kecantikan sejagat tapi ada KANKER dalam perutmu yang ganas, sampai AKAR nya dicabut keluar, kecantikan yang diluar dari ratu sejagat ini hanya menunggu waktu, karena KANKER yang didalam akan menggerogoti badannya, dalam waktu sekian lama anda akan menjumpai suatu pribadi yang sama dengan wujud yang sudah hancur, kenapa? Karena ada KANKER didalamnya, seperti AKAR yang jahat. Hal itu sama DENGAN CINTA AKAN UANG.
Hari ini anda boleh kelihatannya baik sekali, kelihatan saleh, dermawan, tapi jika DIDALAMMU ADA CINTA AKAN UANG nanti ketika itu muncul dalam kehidupan kita, anda perhatikan!, tiba –tiba SEMUA YANG JAHAT muncul ke permukaan. Dan orang kaget kok ia bisa sejahat ini.
Para istri yang CINTA AKAN UANG ketika melihat suaminya tidak bisa memberikan sejumlah UANG yang ia impikan selama ini, berubah menjadi JAHAT luar biasa, ia berharap suaminya segera mati agar ia bisa menikah dengan laki-laki lain yang lebih kaya. Dulu ketika pacaran tidak kelihatan, seperti Romeo & Yuliet, sehidup semati, lu yang mati gua yang hidup. Ketika akhirnya ia menikah dengan harapan yang muluk-muluk berharap suaminya jadi orang kaya dan ternyata belum sampai seperti yang dia inginkan karena ada CINTA AKAN UANG, perempuan yang tadinya begitu baik, begitu lugu, berubah sampai setan pun kalah JAHATnya.
CINTA AKAN UANG, Ini loh masalah dalam kehidupan kita!,
orang berkata ” pak teman saya bisa BERUBAH kaya begini, pak suami saya BERUBAH kaya begini, pak teman MK/KOMSELku bisa BERUBAH kaya begini, pengusaha yang begitu baik bisa BERUBAH menjadi sangat jahat.
Kenapa bisa begitu?, KARENA AKAR CINTA AKAN UANG ADA DIDALAMNYA, yang merupakan AKAR SEGALA KEJAHATAN, orang muda itu tidak pernah bersedia akarnya DICUNGKIL KELUAR dari dalam hidupnya dan Tuhan berkata “ semua kebaikan yang dia sudah punya tidak akan bertahan lama nak, kalau cinta akan uang yang merupakan akar segala kejahatan tidak dibasmi dari hidupnya “, mengapa aku suruh dia habiskan uangnya? Karena aku sebetulnya mau dia hidup lebih kaya tetapi TANPA CINTA AKAN UANG didalam hatinya.”
Baca terus ayat ini anda akan melihat kebenaran, karena Tuhan berkata :
Mar 10:29  Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya SETIAP ORANG YANG KARENA AKU DAN KARENA INJIL  meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, Mar 10:30  orang itu sekarang pada masa ini juga akan MENERIMA KEMBALI 100 x LIPAT : rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.
Bukankah itu artinya Tuhan mau agar kita menjadi kaya tetapi TANPA CINTA AKAN UANG didalam hatimu.
Ini hal yang sering tidak diperhatikan oleh orang percaya, anda lihat di alkitab dan dalam kenyataan sehari-hari , orang-orang yang NEKAD, yang dengan Tuhan memberinya berani, sebagian besar orang yang berkata “ aku tidak punya banyak bahkan aku tidak punya apa-apa “, di alkitab ada cerita mengenai janda sarfat yang punya segenggam tepung dan sedikit minyak dalam buli-buli (1 Raj 17:12), anak kecil yang punya 2 roti dan 5 ikan(Yoh 6:9), seorang janda yang hanya mempunyai 2 peser (Mark 12:42), selalu cerita seperti itu berulang-ulang muncul di alkitab, itu muncul dari orang-orang yang NEKAD dengan Tuhan karena dia TIDAK PUNYA APA-APA, tapi sering kali ketika seorang merasa AKU PUNYA SESUATU maka AKAR SEGALA KEJAHATAN itu akan menghabisi semua kebaikan yang muncul sebelumnya.
Ada sebuah cerita yang saya mau bagikan kepada saudara, saya tidak tahu apa ini cerita sesungguhnya atau hanya sebuah dongeng tapi ada KEBENARAN dalam cerita ini. Di ceritakan ada seorang tentara dalam suatu kerajaan dan tentara ini mengeluh karena ada penyakit didalam tubuhnya, ketika ia berobat kepada tabib terhebat dinegara itu, akhirnya tabibnya berkata “ maaf pak setelah aku lihat semua keadaanmu kamu ini mengidap penyakit yang negara ini tidak bisa mengobatinya, kita ini belum pernah mendengar ada obat untuk penyakit seperti ini, kamu cepat atau lambat akan mati dan menjelang kematianmu kamu akan merasakan kesakitan yang luar biasa.
Anda bisa bayangkan seorang yang masih gagah divonis punya penyakit seperti itu, apa yang terjadi saudara, ia frustasi dia berkata “ hidupku ini tidak ada artinya tapi aku bisa buat menjadi berarti , mati pelan-pelan menyiksaku, mati cepat dan mulia lebih baik “. Pada saat itu negara sedang berperang dengan negara lain. Dia berkata lebih baik mati dimedan perang dan menjadi pahlawan, dia maju ke medan perang seperti orang gila, setiap senjata lawan dihadang, tidak ada lawan yang ditakuti, keberaniannya luar biasa, setelah mengalah begitu banyak musuh, negara memberikan penghargaan kepada tentara itu dengan mengangkatnya menjadi jenderal, menjadi panglima angkatan bersenjata.
Hari itu dia dilantik selain pangkat raja memberi harta kekayaan tetapi  sang jenderal tetap tidak berbahagia, hal itu aneh dipandangan mata raja maka raja berkata “ jenderal aku mau berbicara empat mata denganmu pribadi, apakah semua yang kuberikan kepadamu masih kurang?”,  Jenderal berkata “ Tidak Paduka”, lalu jenderal menceritakan mengenai penyakit yang dialaminya. Setelah mendengar masalah sang jenderal lalu raja mengirim semua utusannya untuk mencari tabib dan obat yang bisa menyembuhkannya, akhirnya berhasil ditemukan obat yang bisa menyembuhkan sang jenderal, singkat cerita sang jendral sembuh dari penyakitnya.
Setelah sang jenderal sehat, negara mengalami peperangan kembali , raja bekata kepada jendralnya “ jendral pimpin pasukan maju ke medan perang “, tapi apa yang terjadi setelah sehat, duitnya banyak dan pangkatnya tinggi, sang jendral malah tidak berani berperang menjadi penakut, Cuma memerintah pasukannya maju dia sendiri tidak pernah berperang,  kenapa??? SUDAH PUNYA BANYAK.
Saya tahu ada beberapa orang ketika hutangnya banyak kalau perpuluhan tidak hitungan, pokoknya masuk berapa potong perpuluhan dulu, nekad, Tuhan menghargai keberaniannya, Tuhan menghargai imannya, ia diberkati Tuhan berkelimpahan, setelah duitnya banyak dan hutangnya lunas. Ngomong nya jadi lain “ O sekarang kita harus punya hikmat dulu saya memang emosi, jangan nekad begitu, Tuhan tidak butuh uang kita, Dia maha kaya, alkitab berkata orang baik meninggalkan warisan untuk anak cucunya, saya mau mengikuti firman, jadi ini untuk warisan anak cucu saya 13 keturunan, sekarang saya lebih bijaksana. Bukan itu kikir, anda mengerti ASLI nya orang.
Hanya satu kekurangan orang muda yang kaya tapi satu hal itu membuatnya fatal, bagaimana dengan saudara?.
Kisah berikutnya : 2 raja raja 5 : 1 – 27, judulnya Naaman disembuhkan, dirumah tolong baca dari ayat yang pertama sampai habis, ini merupakan cerita yang luar biasa, mari kita lihat sisi kebenaran dari cerita ini.
Anda tahu ceritannya Naaman panglima tentara aram sakit kusta dan oleh karena diberitahu bujangnya,dia datang ke Israel, Samaria untuk menjumpai nabi Elisa dan berkata tolong sembuhkan aku, Elisa tidak menyambut akan jenderal ini dan hanya menyuruh bujangnya keluar dan berkata “nabi berkata mandi disungai Yordan 7 x maka engkau akan sembuh ”.
Naaman marah sekali dan berkata “Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!
Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?” Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas hati.
Untung para pegawai Naaman bisa meyakinkan tuannya “Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir.”
Akhirnya Naaman mau melakukan apa yang diperintahkan oleh nabi Elisa, Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.
Kemudian Naaman datang kembali ke Elisa untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan hadiah.Tetapi Elisa menjawab: “Demi TUHAN yang hidup, yang di hadapan-Nya aku menjadi pelayan, sesungguhnya aku tidak akan menerima apa-apa.” Dan walaupun Naaman mendesaknya supaya menerima sesuatu, ia tetap menolak.
Tetapi bujangnya yang bernama Gehazi punya persepsi yang keliru, ia berpikir “Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman, orang Aram ini, dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN yang hidup, sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya.” Rupanya bujang ini MATA DUITAN, orang kalau mata duitan bisa pakai NAMA TUHAN hanya untuk memuaskan hawa nafsunya.
Lalu Gehazi mengejar Naaman dari belakang. Ketika Naaman melihat ada orang berlari-lari mengejarnya, turunlah ia dengan segera dari atas kereta untuk mendapatkan dia dan berkata: “Selamat!”, Bayangkan saudara Naaman naik kereta kuda namun mampu dikejar oleh Gehazi, saya heran orang kalau MOTIVASINYA UANG larinya cepat sekali, waktu saya kecil ada film Six million dolar man, jagoannya larinya sangat cepat, anda lihat hari ini banyak orang bekerja SEPERTI KUDA sampai kudapun kalah, kalau mobil pakai istilah 200 horse power tapi manusia 1.000 000 horse power bensinnya CINTA AKAN UANG.
Orang kalau MATA DUITAN dapat berkata SYALOM dengan manis sekali tetapi ujungnya cari DUIT. Inilah dustanya Gehazi “ Tuanku Elisa menyuruh aku mengatakan: Baru saja datang kepadaku dua orang muda dari pegunungan Efraim dari antara rombongan nabi. Baiklah berikan kepada mereka setalenta perak dan dua potong pakaian.” Naaman berkata: “Silakan, ambillah dua talenta.” Naaman mendesak dia. Gehazi pura-pura tidak mau, sungkan, orang mata duitan itu pinter main sinetron. Cinta akan uang membuat orang kreatif mencari uang dengan cara yang tidak benar.
dan membungkus dua talenta perak dalam dua pundi-pundi dan dua potong pakaian, lalu memberikannya kepada dua bujangnya; mereka ini mengangkut semuanya di depan Gehazi. Bayangkan berapa beratnya hadiah dari Naaman sampai harus dua orang mengangkut barang-barang tersebut.  Setelah mereka sampai ke bukit, disambutnyalah dari tangan mereka, disimpannya di rumah, dan disuruhnya kedua orang itu pergi, maka pergilah mereka. Kenapa kedua orang itu disuruh pergi oleh Gehazi?, supaya tidak ada saksi yang melihat perbuatan mereka.
Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya, berkatalah Elisa kepadanya: “Dari mana, Gehazi?” Jawabnya: “Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana!”  Tetapi kata Elisa kepadanya: “Bukankah hatiku ikut pergi, didalam terjemahan lain dikatakan “ bukankah rohku iku pergi “, ketika orang itu turun dari atas keretanya mendapatkan engkau? Maka sekarang, engkau telah menerima perak dan dengan itu dapat memperoleh kebun-kebun, kebun zaitun, kebun anggur, kambing domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan,  perhatikan apa yang dikatakan oleh nabi Elisa, tetapi penyakit kusta Naaman akan melekat kepadamu dan kepada anak cucumu untuk selama-lamanya.” Maka keluarlah Gehazi dari depannya dengan kena kusta, putih seperti salju.
Perhatikan hukumannya berkata “ kamu dan keturunanmu akan kena kusta selama -lamanya “, artinya sampai matimu kamu akan kena kusta, itu dipasal 5, tapi ada yang aneh di pasal 8 : 4, kejadiannya sekian waktu setelah pasal 5,  Raja sedang berbicara kepada Gehazi, bujang abdi Allah itu, katanya: “Cobalah ceritakan kepadaku tentang segala perbuatan besar yang dilakukan Elisa.” Peristiwa ini aneh karena pada zaman itu jika seorang kena kusta, ia tidak boleh bergaul dengan orang kebanyakan, dia harus punya tempat tinggal sendiri di isolasi dari yang lain, tidak boleh keluar, kalau ia mau keluar melewati pemukiman orang, ia harus berseru ”najis najis “, supaya orang tahu bahwa orang ini kena kusta lalu mereka menyingkir , tidak boleh bergaul dengan orang lain , tidak boleh menyentuh barang yang dipakai oleh orang yang sehat takut orang lain ketularan, itulah cara memperlakukan orang yang terkena kusta pada zaman itu.
Jadi kalau alkitab berkata Gehazi berbicara dengan raja berarti dia sudah sembuh, dengan kata lain sebelum dia bertemu dengan raja, ada peristiwa yang membuat Gehazi ini mengalami kesembuhan.
2Ki 7:1  Lalu berkatalah Elisa: “Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria.” 2Ki 7:2  Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: “Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?” Jawab abdi Allah: “Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya.”
2Ki 7:3  Empat orang yang sakit kusta ada di depan pintu gerbang. Berkatalah yang seorang kepada yang lain: “Mengapakah kita duduk-duduk di sini sampai mati? 2Ki 7:4  Jika kita berkata: Baiklah kita masuk ke kota, padahal dalam kota ada kelaparan, kita akan mati di sana. Dan jika kita tinggal di sini, kita akan mati juga. Jadi sekarang, marilah kita menyeberang ke perkemahan tentara Aram. Jika mereka membiarkan kita hidup, kita akan hidup, dan jika mereka mematikan kita, kita akan mati.” 2Ki 7:5  Lalu pada waktu senja bangkitlah mereka masuk ke tempat perkemahan orang Aram. Tetapi ketika mereka sampai ke pinggir tempat perkemahan orang Aram itu, tampaklah tidak ada orang di sana. 2Ki 7:6  Sebab TUHAN telah membuat tentara Aram itu mendengar bunyi kereta, bunyi kuda, bunyi tentara yang besar, sehingga berkatalah yang seorang kepada yang lain: “Sesungguhnya raja Israel telah mengupah raja-raja orang Het dan raja-raja orang Misraim melawan kita, supaya mereka menyerang kita.” 2Ki 7:7  Karena itu bangkitlah mereka melarikan diri pada waktu senja dengan meninggalkan kemah dan kuda dan keledai mereka serta tempat perkemahan itu dengan begitu saja; mereka melarikan diri menyelamatkan nyawanya. 2Ki 7:8  Ketika orang-orang yang sakit kusta itu sampai ke pinggir tempat perkemahan, masuklah mereka ke dalam sebuah kemah, lalu makan dan minum. Sesudah itu mereka mengangkut dari sana emas dan perak dan pakaian, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya. Lalu datanglah mereka kembali, masuk ke dalam kemah yang lain dan mengangkut juga barang-barang dari sana, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya.
Heran ya orang sudah sekarat mau mati lihat barang berkilau masih silau matanya, orang kusta zaman itu tidak ada obatnya menunggu mati pelan-pelan, bukannya mengharapkan dirinya kesurga malah mencari barang duniawi, makanya benar cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan.
2Ki 7:9  Lalu berkatalah yang seorang kepada yang lain: “Tidak patut yang kita lakukan ini.
Lumayan mereka sudah mulai bertobat.
Hari ini ialah hari kabar baik, tetapi kita ini tinggal diam saja. Apabila kita menanti sampai terang pagi, maka hukuman akan menimpa kita. Jadi sekarang, marilah kita pergi menghadap untuk memberitahukan hal itu ke istana raja.” 2Ki 7:10  Mereka pergi, lalu berseru kepada penunggu pintu gerbang kota dan menceritakan kepada orang-orang itu, katanya: “Kami sudah masuk ke tempat perkemahan orang Aram, dan ternyata tidak ada orang di sana, dan tidak ada suara manusia kedengaran, hanya ada kuda dan keledai tertambat dan kemah-kemah ditinggalkan dengan begitu saja.”
Nah perhatikan saya kita akan selesai dengan ini, Samaria dikepung oleh tentara Aram dan ketika dikepung begitu rupa tidak ada makanan apa pun disana, bahkan orang makan kotoran merpati dan bayinya sendiri karena kelaparan, sampai nabi Elisa bernubuat besok akan murah harga makanan, ajudan raja seorang perwira TIDAK PERCAYA , ia berkata “hal itu tidak mungkin terjadi”, kalau anda membaca alkitab dikatakan ajudan raja tersebut mati diinjak-injak oleh rakyat kelaparan di pintu gerbang, dia melihat akan kelimpahan tetapi ia tidak dapat menikmatinya.
ORANG YANG TIDAK PERCAYA TIDAK AKAN PERNAH MENIKMATI APAPUN DARI TUHAN
Ada 4 orang kusta siapa orang ini?, alkitab tidak mengatakan siapa tapi saya belajar sesuatu, para sejarahwan dan rabi yahudi percaya dari hasil riset dan penelitian, mereka percaya 4 orang ini adalah Gehazi, anak dan cucunya. Indikasinya banyak mereka punya dasar atas riset mereka,tapi kalau anda lihat MATA DUITAN nya, itu memang mereka. Karena kusta mereka dikucilkan, tinggal diluar tembok tidak boleh masuk kedalam kota, orang ini tidak punya apa-apa, mereka berkata “ kedalam kota mati makan kotoran merpati dan bayi direbus, disini mati juga sudah kusta mati kelaparan, disana bisa mati cepat bisa umur lebih panjang kalau dimatikan kita mati kalau diberi makan kita makan.”NOTHING TO LOSE.

ORANG YANG MERASA TIDAK PUNYA APA-APA NEKADNYA LUAR BIASA, maju, tapi kalau SUDAH PUNYA maka BIJAKSANA kelihatannya padahal KIKIR.
Sampai disana tidak ada orang, karena kelaparan makan dulu, anda pernah baca dikoran maling yang masuk rumah orang kemudian makan dulu sebelum dia jarah isinya, persis seperti Gehazi mengangkut mas, perak dan pakaian jadi rohnya masih sama MATA DUITAN, orang sudah mau mati kena kusta tapi lihat barang berkilau, masih silau matanya diangkuti barangnya sampai 2 x .
Tapi rupanya mereka mulai sadar, saya yakin Gehazi mulai sadar, “ ini tidak pantas semua yang kita lakukan ini, dulu kita kena kusta karena perbuatan seperti ini masa mau kita ulang lagi, dulu kita kejar kereta yang keliru, masa sekarang kita kejar kereta yang sama, mari kita pikirkan orang lain dan berkata hari ini adalah hari kabar baik”.
Anda tahu alkitab berkataYesus memberitakan kabar baik kepada orang orang yang miskin, dan mereka berkata “Hari ini ialah hari kabar baik jangan diam beritahu mereka supaya mereka juga menikmati bukan hanya kita”.
Lihat CINTA AKAN UANGNYA mulai hilang dan mereka percaya ketika diteliti, mereka sampai pada kesimpulan, ini yang diyakini pada saat mereka BERTOBAT, mereka berkata “jarahan disana “ , semua orang menikmatinya mendadak kusta mereka hilang.
Karena PERTOBATAN menghasilkan PEMULIHAN dalam kehidupan kita.
Saudara belajar dari 2 kisah ini, biarkan Tuhan MENCUNGKIL AKAR DARI SEGALA KEJAHATAN YAITU CINTA AKAN UANG dalam kehidupan kita dan diganti dengan TAKUT AKAN TUHAN dan HIDUP MENGASIHI TUHAN.
Saya rindukan semua kita diberi Tuhan KEPERCAYAAN lebih besar tapi anda tidak TAMAK dan tidak CINTA AKAN UANG.

Akar Segala Kejahatan
Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Komentar

Postingan Populer