Pahlawan

Pahlawan
By : Joshua Ivan

10 November kita sering memperingati hari pahlawan, banyak diantara kita sudah lupa dan tidak memperingati hari Pahlawan tersebut. Ketika saya membaca surat kabar hari ini banyak pahlawan nasional baru yang dinobatkan oleh pemerintah bangsa ini, diantaranya Syafruddin Prawiranegara, Ki Mangun Sarkoro dan masih banyak lagi yang dinobatkan oleh pemerintah.

Disekitar kita banyak juga orang - orang yang berjasa bagi lingkungan sekitarnya baik itu dibidang pertanian, kesehatan, sosial, budaya, hukum. Bahkan ada banyak pahlawan yang berjasa bagi kita baik itu dari kalangan kecil maupun kalangan yang besar. Hendaknya tanggal 10 Nopember ini kita peringati sebagai hari yang bersejarah karena banyak dari masyarakat bangsa ini yang mati dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pahlawan, mempunyai arti penting dalam kehidupan kita, kita bisa melihat pada jaman Raja Daud, dia mempunyai banyak pahlawan yang berjasa dalam kerajaannya. Daud mempunyai banyak pahlawan, namun ada 3 orang yang menonjol dalam pemerintahan Daud. Ketiga orang ini disebut dengan Triwira. Kepala dari Triwira ini adalah Isybaal orang Hakhmoni, Isybaal merupakan kepala dari triwiranya Daud, dalam sekali pertempuran ia bisa menewaskan 800 orang.

Orang yang kedua adalah Eleazar anak Dono seorang anak Ahohi, orang yang ketiga ialah Sama anak Age orang Harari. Daud bertemu mereka ketika dia berada dalam pelarian, Daud dikejar - kejar oleh Saul. Daud bersama - sama para pahlawannya hidup bersama di Gua Adulam, sebelum menjadi pahlawan, mereka adalah orang - orang yang jahat, pemberontak, pembunuh bahkan orang yang mempunyai sakit hati. Namun di dalam gua Adulam mereka mengalami namanya proses sehingga mereka menjadi pahlawan. 

Bahkan ketika Daud haus dan ingin meminum air dari perigi Betlehem, ketiga orang ini berani mati dan masuk ke daerah dimana musuh banyak berkeliaran, mereka tidak menyayangi nyawa mereka, mereka menerobos daerah musuh untuk mengambil air dari perigi Betlehem, untuk raja mereka. Ketika mereka berhasil mendapatkan air tersebut, mereka menyerahkan kepada Daud, Daud bahkan tidak meminumnya bahkan air yang diambil dari perigi Betlehem ini di pakai Daud sebagai korban curahan untuk Tuhan.

Mereka adalah orang - orang yang berani mempertaruhkan nyawa mereka untuk raja mereka dan mereka adalah orang - orang yang mempunyai kehidupan yang meneladani kehidupan raja mereka.

Sahabat joshua dimanapun berada, seringkali didalam hidup kita, kita masih mengalami namanya kekecewaan, pemberontakan dan banyak hal yang tidak bisa membuat kita menjadi pahlawan. Kadangkala keeogisan kita menjadikan kita hidup hanya untuk diri sendiri.

Didalam kita memperingati hari pahlawan ini, mari kita bersama - sama merenungkan arti kepahlawanan dan hargailah orang - orang yang sudah berjasa dalam kehidupan kita bahkan kita belajar menjadi pahlawan. Seperti dalam kitab Yoel, walaupun kita lemah, mari kita sama - sama katakan aku ini pahlawan.

Sahabat Joshua, semoga tulisan saya menjadi berkat buat kita semua. Tuhan Yesus memberkati kita semua.


Jatiwangi, 9 Nopember 2011

By His Grace


Joshua

Komentar

Postingan Populer