Kunci Untuk Bangkit dari Kegagalan

Ringkasan Ibadah Minggu, 8 Januari 2012

JKI Injil Kerajaan, Holy Stadium, Semarang


By: Pdm Victor Purnomo

KUNCI UNTUK BANGKIT DARI KEGAGALAN

(Belajar dari kebangkitan bani korah)

Oleh2 cerita dari Jepang:


Bangsa Jepang adalah org2 yg diberkati secara finansial dan kepandaian yang luar biasa.
Mereka juga masih ada garis keturunan dari suku Yehuda dan suku yusuf dari efraim sehingga mereka terima berkat abraham juga secara jasmani, tetapi sayangnya bangsa ini sulit menerima Tuhan Yesus dan sedikit orang yg percaya, hati mereka dingin.

Bunuh diri rata2 90 org per hari, di stasiun kereta banyak yg lompat bunuh diri, anak2 tidak menghormati dan merawat orang tua. Org jepang males punya anak, lebih baik memelihara anjing. Orang2 bunuh diri hanya karena gagal dalam kerjaan / sekolah dll. Ada yg kosong dalam hati mereka. Mereka merasakan Desperate.

Saat ini banyak orang yang usia lanjut ditelantarkan oleh anak - anaknya. Orang tua banyak tidak dipedulikan oleh anak - anaknya. Banyak diantara orang - orang muda yang menikah tidak mau memiliki keturunan dan mereka lebih suka memelihara anak anjing. Anjing - anjing mereka dimasukkan dalam keranjang bayi atau kereta dorong bayi. Anjing - anjing peliharaan mereka diberi pakaian yang mahal sekali.

Bahan renungan : Mazmur 84:1-12

Bani Korah kelompok org yg tertolak sebab mereka pernah memberontak pada Musa dan Harun, mereka org yg pernah gagal, tapi mereka tdk menyerah, tapi mrk bangkit kembali,

Tahun 2011 jika kita telah buat kesalahan dan gagal, tapi tahun 2012 menjadi tahun penebusan dan ambil kembali apa yg sdh ditahan oleh setan. Dan kenakan cara Tuhan, bkn cara kita.

1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur bani Korah. 
(Mazmur 84 : 2 ) Betapa disenangi tempat kediaman- Mu, ya TUHAN semesta alam! 
2 (Mazmur 84 : 3 ) Jiwaku hancur karena merindukan pelataran- pelataran TUHAN; hatiku dan dagingku bersorak- sorai kepada Allah yang hidup. 
3 ( 84- 4 ) Bahkan burung pipit telah mendapat sebuah rumah, dan burung layang- layang sebuah sarang, tempat menaruh anak- anaknya, pada mezbah- mezbah- Mu, ya TUHAN semesta alam, ya Rajaku dan Allahku! 
4 ( 84- 5 ) Berbahagialah orang- orang yang diam di rumah- Mu, yang terus- menerus memuji- muji Engkau. Sela

Ayat 1-4: Bani Korah adalah orang-orang yang desperate akan Tuhan, tapi hanya diam  PELATARAN-PELATARAN saja. Kenapa tdk minta ke Ruang Maha Kudus? Sebab mereka merasa adl org2 yg gagal, mrk merasa tdk layak, tdk punya hak dan kedudukan msk Ruang Maha Kudus. Latar belakang kehidupan mereka adalah orang - orang yang tersisa dari bani Korah karena pada masa lalu, Bani Korah mengadakan pemberontakan, seluruh orang yang memberontak dibinasakan oleh Tuhan. Hanya beberapa orang yang tersisa, mereka adalah anak - anak yang di pelihara oleh Musa dan Harun. Akibatnya mereka merasa tidak layak dan merasa gagal. 

Dan mereka tahu diri, btw mereka rindu dengan kuat mereka Desperate akan Tuhan. Jadi walaupun Ruang Maha Kudus tidak dapta, pelataran juga tidak masalah. Oleh sebab kerinduan mereka sangat dalam, maka Dia Tuhan yg keluar dari Ruang Maha Kudus utk menemui mereka di pelataran itu. Kerinduan kita yg dlm menarik hal yg tdk mungkin buat kita, akan dibuat oleh Tuhan mjd mungkin.

Thomas alfa edison berkata, banyak org gagal karena mereka tidak sadar betapa sebenarnya sudah dekatnya mereka dengan keberhasilan

Ayat 5: Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! - Mazmur 84:5
Kalau engkau gagal jgn pakai kekuatan kita untuk bangkit tapi pakai kekuatan Tuhan, 

Ayat 6: Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. Lembah Baka ada di Filistin yang mempunyai arti air mata, didalam Tuhan air mata di ubahkan menjaid mata air

Saat kita menaruh kekuatan kita pada Tuhan, maka Tuhan akan mengubah lembah air mata menjadi lembah mata air. Semua yg buruk dijadikan baik, kutuk jadi berkat.

Juga Detik kita taruh kekuatan kita pada Tuhan maka Tuhan akan beri hujan, Kata berkat artinya juga kolam2 air, jadi waktu hujan turun jadi kolam2 tidak hilang terserap. Hati yg hineni (kerendahan hati/ kolam itu rendah)) menjadikan hidup kita jadi kolam2 
Tapi kesombongan membuat hujan hilang dan diserap tanah

Ayat 7: Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion. - Mazmur 84:7
Org yg mau diajar, akan mempunyai kekuatan ekstra, menjadi lebih kuat lebih kuat terus, seperti org latihan angkat besi, makin lama dilatih dgn beban yg lebih berat shg lebih kuat.

Ayat 10 Sebab lebih baik satu hari di pelataran- Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah- kemah orang fasik. 

Ayat 11: Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela. - Mazmur 84:11
Jaman dahulu org sangat bergantung pada matahari, artinya tidak pernah ada yg gelap maka panen/ berkat tidak pernah terhentikan kalau matahari terus ada, jika perang maka akan terus menang dan menjarah krn tidak pernah gelap
Dan Tuhan adalah Perisai kita artinya, Tuhan adalah perlindungan kita 
Ayat 12 Ya TUHAN semesta alam, berbahagialah manusia yang percaya kepada- Mu! - Mazmur 84:12
Bani korah dicatat dlm alkitab sebagai Org2 yg pernah gagal menjadi orang yg berhasil menembus semua yg berat. KUNCINYA Krn mereka tidak mengijinkan kegagalan terus ada dlm hidup mereka tapi mereka mencari Tuhan dengan sungguh2 dan percaya dan menaruh kekuatannya dlm Tuhan, maka Tuhan mengubah semuanya menjadi luar biasa.

Tuhan tidak bisa tahan hatiNya kalau ada org yg punya passion thd Dia dan desperate mencari Dia, Dia melangkah keluar, Dia Turun dari surga menjumpai kita. 

Lagu Penutup: You are my hiding place

Tuhan Yesus memberkati

Komentar

Postingan Populer