Belajar Dari Musa 2

Hati -hati dengan mulutmu ( Belajar dari Musa Bag.2 ) " Mazmur 106:32-32 " 

By : Vendrik Torindatu

 

Hati-hati gunakan mulutmu..karena Bapa di Surga melihat ke bawah, hati-hati gunakan mulutmu.. Iya, itu sepenggal bait lagu Sekolah Minggu yang mengajar & mengingatkan kita bahwa betapa pentingnya kita berhati-hati menggunakan mulut kita.. Tuhan Yesus pernah berkata bahwa apa yang keluar dari mulut kita berasal dari hati kita, dengan kata lain cara kita bicara & isi perkataan kita menggambarkan keadaan hati kita..!

Kita belajar dari kesalahan yang dilakukan Musa waktu dia merespon dengan cara yang salah keluhan orang Israel di Meriba ( Bilangan 20:2-13 ).
Alkitab King James menulis di Mazmur 106 ayat 33 : Because they provoked his spirit, so that he spake unadvisedly with his lips.(Psalms 106:33 )
Karena Provokasi yang dilakukan Umat Israel kepada Musa, dengan kemarahan & kesombongan yang timbul mendadak dalam diri Musa ( baca Renungan Finish Strong ! Belajar dari Musa Bag.1 )Musa berbicara tanpa PERTIMBANGAN / UNADVISEDLY !! Kita belajar dari kesalahan Musa dalam perkataannya, yang membuat dia tidak diijinkan masuk Tanah Perjanjian !

Betapa seringnya saya & saudara dalam keadaan emosi, marah,kecewa ,panik dsbnya sering mengucapkan Perkataan tanpa Pertimbangan seperti ini...atau orang biasa sebut "Ngomong Dulu Mikir Belakangan "
Seberapa banyakkah dari kita menyadari kerusakan,akibat buruk,masalah bahkan kematian mendadak yang dapat terjadi lewat hal Berkata tanpa Berpikir / Mempertimbangkan terlebih dahulu ? bahkan kitab Amsal pasal 20 ayat 25 berkata :
Suatu jerat bagi manusia ialah kalau ia tanpa berpikir mengatakan "Kudus", dan baru menimbang-nimbang sesudah bernazar. ( ayat ini memiliki arti adalah jerat/kesalahan bagi orang yang tanpa mempertimbangkan dulu secara matang tapi sudah berjanji kepada Tuhan untuk memberi Korban kepada-Nya tapi akhirnya tidak dia/orang tersebut lakukan!)
Bahkan Amsal 18:21 mengingatkan kita bahwa Hidup Mati kita dikuasai LIDAH ! Kalau kita sering berkata sembrono ,buruk,negatif dan sejenisnya, jangan salahkan Tuhan jika hal-hal tersebut yang terjadi dalam hidup kita!, tetapi jika kita sering berkata baik,positif , firman Tuhan,kelembutan dan sejenisnya, kita akan melihat hal-hal yang indah & luarbiasa terjadi dalam hidup kita bersama Tuhan..

Jadi, mintalah kemampuan & kuasa Tuhan untuk menolong kita untuk tetap bisa menguasai lidah kita, menguasai perkataan kita,cara bicara kita walau situasi & kondisi yang datang kepada kita tidaklah enak ,membuat kita marah dsbnya...saya percaya bersama Dia kita pasti bisa..! Amin..

Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku! ( Mazmur 141:3 )

Karena kebajikan & kemurahan-Nya yang mengikuti aku selalu,

Komentar

Postingan Populer