Makan Semeja Dengan Tuhan


Makan Semeja dengan Tuhan
Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo
Baik saudara sekalian, saya bersuka cita, anugerah Allah besar buat kita, mari kita belajar firman Tuhan, saya mau menyampaikan sesuatu yang penting sekali pada malam hari ini, saya berdoa supaya ini sungguh-sungguh masuk dalam roh kita, saya tahu ini bukan sesuatu yang mudah atau sesuatu yang simple untuk kita dengan mudah mengerti dan terutama para ketua dan kordinator MEZBAH KELUARGA anda dengarkan baik-baik karena ini akan memberikan INSIGHT/MASUKAN baru dalam hidupmu tentang apa yang Allah bisa berikan dan tawarkan buat kehidupan kita.
Kalau kita membaca firman Tuhan, kita sering menjumpai kata dimana ALLAH MENAWARKAN UNTUK MAKAN SEMEJA DENGAN KITA, ada suatu undangan yang berkali-kali digambarkan itu merupakan UNDANGAN MAKAN, anda pernah lihat akan perumpamaan tentang ANAK YANG HILANG misalnya, dimana ketika ia pulang maka BAPA nya mengadakan PESTA dan dia berkata  “ mari kita makan bersama-sama “ , itu suatu indikasi, yang kedua ketika YESUS memberikan perumpamaan tentang hal KERAJAAN SURGA ada seorang yang kaya raya mengadakan perjamuan dirumahnya dan DIA mengundang akan banyak orang untuk ikut MAKAN bersama dengan DIA, semua yang DIA undang tidak datang dengan berbagai alasan berkata “ aku minta dimaafkan aku tidak bisa datang “, lalu DIA berkata “ undang semua orang di jalan-jalan paksa mereka masuk “, danDIA berkata “ sebab rumahku harus penuh “, dan mereka menikmati akan PESTAmakan minum bersama TUAN ini yang sesungguhnya adalah ALLAH sendiri.
Saudara sekalian itu merupakan beberapa contoh, Mazmur 23 Daud berkata “Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku “, aneh sekali setiap kali saya membaca bagian dari firman Allah yang berkata MAKAN MAKAN MAKAN, saya mulai berpikir walaupun mungkin ini pikiran kurang ajar rupanya Tuhan juga suka MAKAN, walaupun ini sedikit kurang ajar saya sering kali bergurau dengan teman – teman, kita ini orang Kristen hiburannya apa?,  saya yakin ada orang setuju dengan pendapat saya, mau nonton bioskop ngga kepingin, mau apa mau apa ngga kepingin, tinggal satu MAKAN, ketika saya baca firman Tuhan, Allah sering kali menyediakan MAKANAN buat kita, amin. Mesti ada yang amin karena punya hobi yang sama, anaknya punya hobi sama dengan bapaknya, tidak ada salahnya itu tetapi harus hati –hati jangan over dosis nanti jadi penyakit.
Nah jadi ada sesuatu yang terselubung sebetulnya dari apa yang kita baca dalam firman Tuhan, setiap kali alkitab mengajar kepada kita bagaimana Tuhan menyediakan MAKANAN, Tuhan menyajikan MAKANAN, Tuhan mengundang anak-anakNya untuk MAKAN semeja dengan dia, ADA MAKSUD ILAHI yang luar biasa dan ingat dari semua yang dibuat oleh YESUS hanya SATU yang IA PERINTAHKAN, perbuatlah ini sebagai peringatan akan AKU yaitu KETIKA IA MENGAJAK MEREKA MENIKMATI MAKAN MALAM YANG TERAKHIR, ada roti ada anggur dan hari ini gereja juga menikmati akan anugerah itu.
Saya merenungkan dan saya berdoa “ Tuhan apa sebetulnya dari maksud semuanya ini ? “, seperti yang anda ketahui saya perlu sampaikan karena ini merupakan sesuatu dengan DIMENSI yang sangat luas sekali, kita mengerti bahwa Allah memanggil kita menjadi SEL CHURCH/gereja sel dan kita sudah mulai dengan MEZBAH KELUARGA, saya pernah katakan waktu training pertama sabtu yang lalu, saya katakan bahwa akan tiba waktunya dan tidak lama lagi sebagian dari apa yang kita kerjakan digereja ini, didalam gedung ini akan didelegasikan dalam MEZBAH KELUARGA yang kita miliki, seperti yang alkitab katakan mereka dari rumah kerumah secara bergiliran memecahkan roti bersama, kelak dalam MEZBAH KELUARGA anda akan menikmati makan dan minum dihadapan Allah dan itu merupakan berkat Allah yang luar biasa.
Saudara bisa bayangkan 3000 orang bertobat hari itu, kalau hanya mengandalkan 11 atau 12 rasul, itu rasul rasul sudah tidak makan apa apa lagi, cuma makan perjamuan kudus tok tiap hari 10 x perjamuan kudus itu kenyang dan saya tidak yakin para rasul setiap hari 10 x atau 20 x makan perjamuan suci karena apa?,DIRUMAH RUMAH jemaatlah, mereka SALING MELAYANI, makan dan minum tubuh dan darah NYA. Itu merupakan DIMENSI lain, nanti semua akan dibahas pada waktu training minggu depan bukan sabtu ini, tapi saya berdoa supaya paling tidak dapat memberikan suatu DIMENSI baru buat kita mengerti lebih jauh lagi apa yang sesungguhnya Allah kerjakan.
Yang saya mau sampaikan bukan sekedar tentang perjamuan suci atau makan tubuh dan minum darah NYA tapi lebih daripada itu, setiap saat sebetulnya ALLAH MENGUNDANG KITA UNTUK MASUK DALAM HADIRATNYA MENIKMATI AKAN PERJAMUANNYA YANG IA BERIKAN BUAT KITA, dan setiap orang percaya yang belajar untuk masuk dan tinggal DALAM HADIRATNYA, dia akan melangkah dengan kondisi roh yang betul –betul DIPUASKAN oleh DIA sendiri.
Dalam perjanjian lama setiap kali kita membaca ada raja mengundang orang makan semeja dengan dia, itu tidak bisa dipungkiri merupakan bagian dari pada ekspresi raja itu untuk menyatakan akan penghormatannya kepada orang yang bersangkutan. 3 raja pertama yang dimiliki orang Israel semua melakukan akan hal itu, ketika Saul melihat bahwa Daud begitu berjasa bisa membunuh akan Goliath, dia undang Daud makan semeja dengan dia, apalagi setelah dia jadi menantunya, satu kali Saul Tanya kemana Daud? Karena pada waktu makan Daud tidak ada dihadapannya, itu merupakan KEHORMATAN tidak semua orang punya hakMAKAN SEMEJA DENGAN RAJANYA, biasanya hanya keluarga dekat raja yaitu terutama anak anaknya yang diberi hak untuk makan semeja dengan sang raja.
Daud pernah melakukan yang sama kepada siapa?, Mefiboset, dia adalah anak daripada Yonatan yang timpang kakinya, anda masih ingat ceritanya?, lalu ia undang makan semeja dengan raja, itu merupakan kehormatan yang luar biasa. Salomo pernah buat yang sama dengan siapa?, ratu Syeba, alkitab berkata ketika ratu itu melihat bagaimana hidangan disajikan, dia begitu tercengang, dia begitu kagum dengan apa yang dimiliki oleh Salomo, setiap kali ada orang di beri HAKoleh raja duduk MAKAN SEMEJA dengan dia, yang pertama itu merupakan suatuKEHORMATAN yang Tuhan berikan.
Allah menawarkan akan perjamuannya setiap hari kepada kita, apakah kita bisa menerima akan ANUGERAH itu dengan kita berkata aku mau terima akan kebaikanMU atau tidak, sering kali orang Kristen bukannya tidak mau terima tetapi tidak mengerti atau belum mengerti bahwa Tuhan didalam hadiratnya kerinduannya yang paling dalam adalah MENJAMU KITA DENGAN PRIBADINYA SENDIRI, dengan demikian kita DIPUASKAN oleh yang lain tetapi DIPUASKANoleh DIA sendiri.
Saya ingin menunjukan beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan lihat sama-sama, mari buka kitab keluaran, ada sebuah kisah yang menarik sekali disini, pasal ke 24 mulai ayat 1 :
Exo 24:1  Berfirmanlah Ia kepada Musa: “Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh.
Exo 24:2  Hanya Musa sendirilah yang mendekat kepada TUHAN, tetapi mereka itu tidak boleh mendekat, dan bangsa itu tidak boleh naik bersama-sama dengan dia.”
Exo 24:3  Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: “Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan.”
Exo 24:4  Lalu Musa menuliskan segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel.
Exo 24:5  Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan kepada TUHAN.
Exo 24:6  Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu.
Exo 24:7  Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: “Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.”
Exo 24:8  Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: “Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”
Sampai disini dulu, dengarkan saudara, Musa sampaikan firman NYA, orang Israel berkata “ segala yang Tuhan firmankan akan kami lakukan “, artinya pada waktu firman disampaikan mereka berkata “ ya kami terima“ , pada saat mereka telah menerima firman itu alkitab berkata mereka menyembelih akan lembu – lembu jantan lalu Musa berkata “ inilah darah perjanjian itu yang diadakan Tuhan dengan kamuberdasarkan segala firman ini “. Dua – duanya merupakan symbol dari apa yang kelak akan digenapkan oleh Yesus ketika IA memberikan tubuh dan darah NYA.
FIRMAN itulah ROTI HIDUP,  FIRMAN itulah YESUS sendiri, FIRMAN itulah TUBUH NYA, alkitab berkata pada mulanya adalah FIRMAN, FIRMAN itu bersama-sama dengan ALLAH, FIRMAN itu adalah ALLAH, FIRMAN turun kedunia jadi MANUSIA namanya YESUS kata injil Yohanes.
Pada saat firman disampaikan, pada saat roti dipecah dan diberikan kepada mereka dan mereka berkata “ kami lakukan itu “, lalu diberikan darah perjanjian, seperti yang kemudian disimbolkan oleh Yesus ketika DIA membuat akan perjamuan terakhir,  DIA berkata “ inilah tubuhKU inilah darahKU “, Dia berikan kepada mereka, Musa pernah mengalami akan peristiwa itu,luar biasa.
Setiap kali kita membaca PERJANJIAN LAMA kita melihat BAYANG- BAYANG, ketika melihat akan PERJANJIAN BARU kita melihat akan KENYATAAN nya.
Perjanjian lama merupakan shadow, perjanjian baru merupakan substance merupakan kenyataan yang ada, musa pernah mengalaminya, nah waktu mereka mengalami KENYATAAN firman dan darah perjanjian diberi, apa yang kemudian terjadi?, dengarkan ayat selanjutnya, ayat 9 :
Exo 24:9  Dan naiklah Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel.
Exo 24:10  Lalu mereka melihat Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam dan yang terangnya seperti langit yang cerah.
Exo 24:11  Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya; mereka memandang Allah, lalu makan dan minum.
Luar biasa, ini pesta didepan Tuhan, alkitab berkata mereka memandang Allah, lalu makan dan minum, kehormatan saudara.
Saya pernah dengar suatu hikayat mungkin tidak ada kaitannya tapi terlintas saja, saudara pernah dengar cerita Hang Tuah itu didaerah tanah melayu sana, menurut cerita ada 3 perwira Hang Tuah, Hang Lekir, Hang Jebat, satu lagi siapa itu ya, dikirim oleh raja di daerah melayu untuk memberikan upeti kepada kaisar Cina, ini merupakan hikayat, pada waktu mereka datang ke kaisar, orang tidak boleh memandang muka kaisar, jika memandang dihukum mati, tidak boleh, jadi mereka di beri makan harus menunduk makannya, kaisar didepannya karena itu melambangkan Allah sendiri, jadi mereka tidak berani karena mereka berkata Kaisar ini titisannya gusti Allah. Jadi kaisar itu orang yang paling malang tidak pernah memandang wajah orang dan tidak pernah dipandang dengan baik oleh orang lain. Setelah itu mereka memberikan upeti kepada kaisar dan kemudian mereka diberi hidangan, mereka ditanya “ apa yang kalian inginkan ? ”, “ saya minta kangkung “ katanya, dan dia berkata “ dinegeri kami kangkung tidakdipotong pendek pendek dibiarkan panjang ” katanya , “ O baik saya suruh koki saya masakan kamu kangkung “, waktu mereka makan dengan sumpit itu, kalau bakmie disedot bisa ssssttttrrr…. masuk , kalau kangkung anda sedot ssstttrrr…bisa mati mendadak karena tercekik kangkung karena kangkung itu kasar, jadi mereka pakai kangkung supaya bisa memandang wajah kaisar dan kaisar tahu “wah kalian memang orang- orang pintar ”, kemudian mereka di kasih hadiah karena bisa ngapusi kaisarnya.
Didunia ini orang makan semeja dengan kaisar tidak boleh memandang mukanya. Tapi alkitab berkata yang mereka alami ini luar biasa ayat ini berkata Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya;mereka memandang Allah, lalu makan dan minum.
Sebetulnya ini yang Tuhan sediakan buat kita, setiap kali saudara dalamPERSEKUTUAN PRIBADI dengan siapapun dan dimanapun berada, pada waktu engkau tahu ATMOSFIR HADIRATNYA mulai menguasai sebetulnya engkau tahu satu perkara DIA SEDANG MEMBERI MAKAN KEPADA ROH KITA. Kalau satu patah kata yang DIA ucapkan engkau bisa dengar, engkau pulang roh mu puas sekali dan engkau tahu engkau PUAS karena engkau PESTA makan dan minumDIHADAPANNYA. Ribuan tahun yang lalu pernah terjadi para pemuka orang Israel makan dan minum dihadapan Tuhan, wah ini luar biasa.
Saya tunjukan lagi beberapa hal yang menarik dari apa yang firman Tuhan katakan, Wahyu pasal 3 perhatikan ayat ke 20, Yesus sendiri berkata begini :
Rev 3:20  Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannyadan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
DIA beri 2 hal yang merupakan interaksi Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. DIA ketuk pintu ini bicara kepada GEREJA, ditujukan kepada malaikat jemaat di Laodikia, ini surat untuk gereja untuk orang percaya, DIA berkata “ lihat AKU ketuk pintu, engkau dengar suaraKUengkau buka, AKU akan masuk dan AKU akan makan bersama – sama dengan dia dan ia bersama-sama dengan AKU “. Ada KERINDUAN yang begitu besar dari Allah untuk memberikan KEHORMATAN mengajak kita makan semeja, sehidangan dengan DIA.
Setiap kali orang percaya dikenalkan kepada yang namanya HADIRATNYA,HADIRATNYA adalah BUKTI bahwa DIA HADIR DITENGAH –TENGAH KITA. Pada waktu kita bisa merasakan itu engkau akan tahu ENGKAU MAKAN SESUATU. Yang luar biasa yang saya perhatikan satu bulan ini ketika MEZBAH KELUARGAdibuat hampir semuanya bersaksi, kami merasakan HADIRAT ALLAH yang sama dalam kelompok kami dan HADIRATNYA begitu kuat seperti yang kami alami di gereja. Dan saya berkata puji Tuhan karena itulah INTI KEHIDUPAN dari MEZBAH KELUARGA mu.          
Kecuali kita menyediakan diri, menyediakan hati dan tadahkan tangan, mengizinkan Allah melawat dan menjamu kita untuk makan sehidangan semeja dengan DIA, engkau tidak akan pernah bisa menikmati kehidupan dalam DOA PRIBADI dan dalam kelompok seperti apapun tidak ada gunanya.
Orang Kristen berdoa bukan supaya kita membuktikan sesuatu kepada Allah tetapi supaya Allah membuktikan kepada kita akan anugerah dan kasihnya. Muncul oleh karena kerinduan kepada Dia dan Dia sediakan yang luar biasa, kalau saudara bisa mengerti ini setiap kali engkau sendiri, engkau pribadi engkau akan menikmati saat – saat dengan Tuhan, saya bersyukur saya ada kaset kotbah dan video yang seringkali menemani pada waktu sendiri, saya masuk kamar saya putar sendiri, alone, tidak ada seorang pun yang ganggu saya, itu saat dimana saya seringkali MAKAN, atau kadang-kadang sendirian tidak ada apa –apa saya Cuma angkat tangan saya tahu DIA ADA dan DIA HADIR dan DIA MEMBERI MAKAN roh saya kuat sekali, kalau setiap saat kita bisa menikmati saat-saat seperti itu engkau akan dikuatkan luar biasa, saya bersyukur istri saya banyak bersaksi apa yang dia alami selama saya pergi ke Singapore minggu lalu dan itu merupakan anugerah, hanya kalau anda bisa bertahan dengan Tuhan sendiri dengan cara seperti itu, engkau akan tetap solid dan kuat dihadapanNYA.
Saya mau berkata Tuhan menolong kita begitu cepat dan tidak pernah kita duga, tapi yang DIA mau adalah KITA KUAT DIDALAM DIA, strong in him, makan semeja dengan DIA. Apa yang akan kita dapatkan pada waktu kita menikmati hidangan bersama dengan DIA bukan hanya dalam perjamuan suci tetapi dalam PERSEKUTUAN PRIBADIMU dengan DIA, ketika engaku disediakan sesuatu yang luar biasa.
Ada 3 hal yang saya mau tunjukan buat anda, yang pertama mari kita lihat Lukas 24 dimulai dari ayat 28, judulnya pada perikop ini Yesus menampakan diri dijalan ke Emaus, saya tahu sebagian besar anda sudah pernah membaca kisah ini mari kita lihat
Luk 24:28  Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya. ( Anda harus tahu ini adalah sifatNYA Tuhan )
Luk 24:29  Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: “Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam.” Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.
Saudara perhatikan ini sifatnya Allah, sering kali Allah akan SEOLAH-OLAHmeninggalkan kita, kalau kita berkata “ jangan Tuhan aku masih RINDU denganENGKAU “, itu artinya keluar dari hatimu ada KERINDUAN kepada DIA, kalau engkau HAUS dan LAPAR akan DIA, DIA akan masuk, tetapi kalau engkau berkata “ ya sudah Tuhan kapan-kapan ketemu lagi, anda kehilangan Tuhan “.
Tuhan adalah Allah yang RINDU kalau kita MENGINGINI DIA, lalu apa yang terjadi ini yang ANEH sekali,
Luk 24:30  Waktu Ia duduk makan dengan mereka,
( dengarkan saudara, kalau orang sudah mulai MERINDUKAN DIA, saudara mulaiDUDUK DENGAN DIA, segera setelah itu , ini yang selalu IA buat, Tuhan akan mengambil alih acara itu, tidak akan dibiarkan kita ambil alih, yakin, baca buku Inisiatif Ilahi kalau tidak percaya, IA akan  AMBIL ALIH, IA ber INISIATIF, IA mulai yang pertama, alkitab berkata ),
Ia mengambil roti, mengucap berkat, ( IA melakukannya tanpa disuruh, hari ini kalau kita pesta dan disuruh kamu doa makan, isin rasane, kalau disuruh doa makan itu kayanya kurang mulia, tetapi kalau doa untuk urapan datang “ wah saya mau “, kalau disuruh berdoa makan melirik dulu “ kok aku “, susah kalau disuruh, Yesus masuk duduk makan ,DIA INISIATIF ,DIA ambil roti , DIA mengucap berkat, mulai hari ini kalau makan sama-samarebutanlah untuk berdoa MENGUCAP BERKAT karena itu KARAKTER Tuhan, berapa banyak “ kok aku sih pak aku ini doyan mangan “, biasanya begitu, dicarikan orang yang kuat makannya atau kurus badannya supaya ia berdoa dan dapat jadi daging dalam hidupnya, tapi itu yang dibuat oleh Yesus )  lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
DIA ambil alih Inisiatif nya, kalau saudara belajar untuk mengerti HADIRATNYA, engkau masuk HADIRATNYA, engkau akan tahu sejak engkau masuk disana engkau tahu dengan pasti, DIA YANG KEMUDIAN KONTROL SEMUANYA, kalau kita yang coba kontrol DIA waktu kita bergaul dengan DIA, tidak akan jalan, tiba- tiba engkau akan tahu engkau sudah diluar jalur, tapi kalau engkau biarkan IA AMBIL ALIH, tidak sungkan IA ambil roti dan ucapkan berkat, ia take over seluruhnya, apa yang kemudian terjadi?, ayat berkutnya
Luk 24:31  Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, ( kata mengenal dalam bahasa aslinya artinya TO NOW BY REVELATION, mengenal lewat PEWAHYUAN ) tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.
Luk 24:32  Kata mereka seorang kepada yang lain: “Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?”
Luar biasa, kalau kita bisa menangkap ini hebat sekali, kalau anda mengerti ini, setiap kali anda berbicara FIRMAN hati orang akan DIBAKAR denganKEHIDUPAN YANG LAHIR DARI ROH KITA,
kalau kita mengizinkan Tuhan menjamu kita, hal yang pasti yang pertama akan kita nikmati adalah REVELATION, PEWAHYUAN TENTANG SIAPA DIA, saudara akan DIBUKA MATA ROHANI untuk MENGENAL SIAPA TUHANMU, SEPERTI APA DIA, itulah REVELATION.
Orang yang selalu tinggal dalam HADIRAT ALLAH engkau akan MAKIN KENAL pribadiNYA dengan UTUH, orang yang melihat Tuhan dari SATU SISI SAJAengkau akan jadi orang yang EXTREM dan ke EXTREMAN yang ngawur tetapi kalau engkau bisa MELIHAT DARI BANYAK SISI engkau akan tahu lebih banyak, lebih lengkap KARAKTERNYA, engkau akan jadi orang yang sungguh –sungguhMENGERTI akan HATI DARI ALLAHMU. Perhatikan akan faktor ini !.
1. SETIAP KALI KITA MENGIZINKAN ALLAH MENJAMU KITA YANG PERTAMA KITA TERIMA ADALAH REVELATION ( PEWAHYUAN ).
Judulnya Penetapan Perjamuan Malam
Mat 26:26  Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti,
( jadi anda perhatikan ini, itu memang betul – betul mereka sedang makan, seperti orang makan paskah waktu zaman perjanjian lama, “ sedang makan “, jadi kalau sekarangkan gereja itu kan tidak sedang makan,  “ setelah selesai kebaktian pendeta membagikan roti “ , sekarang ini semua dipraktiskan, ketika mereka sedang makan, mereka pass over, mereka paskah, mereka makan roti tidak beragi, mereka makan daun yang pahit )
mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: “Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.”
Mat 26:27  Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: “Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
Mat 26:28  Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. ( exacly ini persis seperti yang dialami oleh musa, Nadab, Abihu dan Harun, di keluaran pasal 24 tadi )
Mat 26:29  Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku.”
Dia berikan TUBUH dan DARAHNYA, DIA BERIKAN AKAN DIRINYA SENDIRI.
Orang Kristen yang mengalami hidup dalam HADIRAT ALLAH dan diantaranya juga pada saat perjamuan kudus diadakanYANG DIA NIKMATI ADALAH PRIBADI DARI ALLAHNYA SENDIRI, makanya alkitab berkata “ taste and see , kecap dan lihatlah betapa baiknya Tuhan itu“, setiap kali kita tinggal dalam HADIRATNYA kita berhadapan, kita bertemu dengan DIA, saudara dan saya akan menikmati pengalaman DIPUASKAN OLEH DIA SENDIRI bukan oleh yang lain.
engkau tahu sepertinya engkau tahu AKU PUAS, engkau tidak bisa menjelaskan apa yang aku alami tapi engkau tahu ada sesuatu didalam sini, yang tidak mungkin diceritakan dengan kata – kata manusia susah sekali tapi sebetulnya ROH KITA BERTEMU DENGAN DIA DAN MENERIMA DIA SECARA PRIBADI. Luar biasa. Itu merupakan bagian dari ANUGERAH ALLAH yang sangat besar dalam hidup kita.
2. KITA DIPUASKAN OLEH ALLAH SENDIRI, MENIKMATI PRIBADI ALLAH SENDIRI.         
Yang ketiga, lihat Lukas 22
Luk 22:28  Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama dengan Aku dalam segala pencobaan yang Aku alami.
Luk 22:29  Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku,
Luk 22:30  bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
Kata menentukan hak dari kata aslinya adalah to chanel , aku memberikan chanel, menjadikan kamu sebagai chanel, sebagai saluran, DIA berkata jika kamu nanti kelak makan dan minum dengan AKU maka kamu akan jadi chanel, untuk apa?, menghakimi, engkau akan diberi oleh ALLAH OTORITAS
Kisah rasul pasal 2 menceritakan bagaimana mereka dipenuhi dengan ROH KUDUS, pasal yang ke 5 mereka mendemontrasikan KUASA, alkitab berkata dengan KUASA YANG BESAR, para rasul itu mengadakan mujizat dan mengajar, sekian pasal itu berisi bagaimana mereka mengalami FELLOWSHIP,PERSEKUTUAN DENGAN ROH KUDUS. Setiap kali kita mengalami tinggal dalam HADIRATNYA, saudara akan merasakan engkau akan jadi CHANEL/SALURAN kerajaan Surga, untuk membuat kita menghasilkan sesuatu bagi kerajaanNYA, saudara harus MENEMPEL terus dengan DIA.
Ada lihat dockting AC sudah mulai dipasang itu hanya chanel kalau ditempel disitu tidak nyambung kepada AC ini, maka tidak ada apa – apanya, anda masukan tanganmu malah panas didalamnya tetapi ketika dockting itu masuk dan  menempel di AC dan satu kali akan ditempelkan, anda akan tahu itu chanel , ketika anda makan dan minum dihadapan Tuhan, engkau orang yang suka bersekutu didalam HADIRATNYA, engkau berkata AKU INGIN ENGKAU SETIAP SAAT YA TUHAN, pada waktu engkau bersekutu engkau NEMPEL dengan DIA engkau jadi CHANEL . alkitab berkata engkau akan duduk diatas tahta untuk menghakimi kedua belas suku israel. Ada OTORITAS dan POWER yang DIA berikan kepada kita.
Kenapa banyak orang Kristen tidak punya KUASA dalam hidupnya?, karena dia tidak punya PERSEKUTUAN dengan Tuhan.
Saya pernah sharing dengan Hasto mungkin 2 atau 3 minggu lalu, waktu dia mau pimpin pujian, saya berkata “ Hasto jadikan HOLY SPIRIT itu SAHABATmu “, sampai ketika engkau naik di mimbar engkau pegang mike, ROH KUDUS berkata “AKU musti siap Hasto sudah naik “, kalau itu terjadi maka anda menjadi CHANEL.
ketua mezbah keluarga tidak punya pilihan lain kecuali saudara BERSEKUTU dengan TUHAN setiap hari, setiap saat dalam hidupmu karena HANYA ITU yang dapat MENYALURKAN KEHIDUPAN ALLAH kepada orang – orang yang sudah ALLAH percayakan kepada saudara. TIDAK ADA PILIHAN LAIN, anda ingin jadi BERKAT bagi banyak jiwa tidak ada pilihan lain kecuali anda BERSEKUTU dengan DIA dan engkau hanya CHANEL /SALURAN bagi DIA.
Itu saja simple, kerjakan itu!, hidupmu akan menjadi berkat bagi sebanyak mungkin orang, AJAIB sekali apa yang alkitab ini ajarkan buat kita, simple, kalau engkau mau belajar MENDISIPLIN DIRIMU UNTUK BERSEKUTU DENGAN DIA, setiap saat engkau akan ready, maka yang keluar hanya KEHIDUPAN, KEHIDUPAN, KEHIDUPAN, amin saudara.
Dalam mezbah keluarga anda bisa share, yang engkau bagikan itu memberikan kehidupan atau tidak tergantung dari apakah engkau punya PERSEKUTUAN/FELLOWSHIP dengan DIA. Engkau boleh mengerti banyak disini tapi engkau tidak punya SALURAN DENGAN DIA, maka tidak ada gunanya.
3. PERSEKUTUAN DENGAN DIA MENJADIKAN KITA MENJADI SALURANNYA ALLAHSALURAN KEHIDUPAN.
Ayat yang terakhir
1Co 5:7  Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.
1Co 5:8  Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran.
Marilah kita berpesta , There fore let us keep the feast, mari kita teruskan pesta kita, terus berpesta, luar biasa, ayo PESTA terus dimana?, DIDALAM HADIRATNYA, pada waktu engkau tinggal dalam hadiratnya DIA berkata “  let us keep the feast “, semakin engkau jarang nongol DIA akan Tanya kemana anakKU itu?, tetapi ketika engkau TETAP TINGGAL DALAM HADIRATNYA, engkau sediakan hati dan tadahkan tangan dihadapanNYA, saudara akan menkmati akan REVELATION, KENYATAAN TUHAN dalam hidupmu,itu saja.
Saya mau katakan kalau digereja dengan sekian ratus orang tidak akan pernah satu demi satu terlayani tapi kalau setiap kordinator atau anak-anak Tuhan JADI CHANEL KERAJAAN SURGA, saudara bisa bayangkan berapa banyak lagi orang-orang akan dilayani oleh karena ANUGERAHNYA, mereka tidak usah menunggu setiap minggu menantikan hadiratNYA.
saya berdoa satu kali pribadi demi pribadi kita akan berkata “ SUNGGUH ALLAH HIDUP BAHKAN DALAM KAMARKU DIA HADIR DAN KAMI PESTA BERSAMA- SAMA “, amin.    

Komentar

Postingan Populer