Yod Beth 16 Desember 2012

Ibadah Streaming JKI Injil Kerajaan

Minggu, 16 Desember 2012

Tangan Yang Mau Dididik

Pdt. Petrus Agung Purnomo

Jurnalis : Joshua Ivan Sudrajat S

Renungan :

Kita Sudah Memasuki Minggu kedua  di bulan ke 12, dalam  penanggalan ibrani, bulan ke 12 adalah  bulan Adar. Bulan Adar pada jaman Ester merupakan bulan dimana pembalikan keadaan terjadi, hari raya Purim. Kita percaya bahwa ada Yod Beth = Tangan yang kuat menggenggam, ada keberuntungan didalam tanganNya (Mazmur 31 : 16).

Jika kita melihat huruf ke 12 dalam bahasa Ibrani adalah Lameth, ini merupakan simbol dari puncak segala sesuatu. Saat ini kita sudah melewati dua minggu di bulan ke 12 masih ada 2 minggu yang tersisa, mari kita harapkan sesuatu yang Majestic terjadi. 

Mazmur 18 : 19 - 21 Tuhan akan menyusun kembali kepingan - kepingan hidup kita menjadi utuh kembali. Saat kita menaruh potongan - potongan hidup kita didalam Hadirat Tuhan maka Tuhan akan membuat utuh kembali hidup kita.

Mazmur 18 : 22 -25 Kesucian Tangan Kita (Yod). Terjemahan Alkitab The Message mengatakan : Tuhan menulis ulang tulisan dalam buku kehidupan kita.

Mazmur 18 : 26 - 36 Tuhan akan mengajar kita berperang, latihan yang Tuhan berikan pada kita menghasilkan kekuatan yang luar biasa. Kemurahan Tuhan = Kerendahan hati Tuhan yang membuat kita besar. Mengapa Kerendahan Hati Tuhan membuat kita besar ? Sebagai contoh ada sebuah warung yang sederhana, yang biasa dikunjungi oleh pembeli yang biasa, tiba - tiba warung tersebut dikunjungi oleh Presiden, dia makan disitu, mendadak warung itu berubah, semua mata memandang warung sederhana tersebut. Ini merupakan anugerah karena kerendahan hati Presiden mau makan di warung tersebut.

Demikian juga hidup kita, kita berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, ketika kita mengalami keterpurukan, kita mengalami kesulitan ekonomi, kemudian karena Kerendahan Hati Tuhan, Dia memungut kita dan tiba - tiba perubahan radikal terjadi dalam hidup kita, Tuhan mengangkat hidup kita dan semua masalah ekonomi, sehingga orang - orang berkata wow, bagaimana bisa hal itu terjadi, tidak bisa bangkit dan lunas hutangnya, tetapi sekarang bisa lunas semuanya dan bisa memberkati orang lain. Jika hal ini terjadi kita harus tahu diri, semua terjadi karena Kerendahan Hati Tuhan yang mau memungut kita, kita tidak punya apa - apa tetapi karena Tuhan jatuh cinta kepada kita maka kita diangkat Tuhan naik dan kita mengalami perubahan yang radikal, semua itu karena Kerendahan HatiNya.

Mazmur 18 : 37 Tuhan yang akan memperbesar langkah - langkah kita. Kata Lameth berasal dari akar kata Lamath yang artinya Mengajari. Tuhanlah yang mengajari kita untuk berperang. Mari kita katakan pada Tuhan : "Ajari aku untuk melangkah dalam ketaatan, ajari aku untuk berperang mempunyai integritas dan ketulusan". Untuk Menjarah Kekayaan kita harus mau dilatih tangan kita oleh Tuhan sehingga kita bisa melenturkan busur tembaga. Jika tangan kita terlatih maka yang muncul Power yang ajaib.

II Raja 9 : 24 Menarik Busur = meletakan tangannya atau memenuhi tangannya atau mencengkeram. II Raja 6 : 1 - 7 Rombongan Nabi Elisa sudah semakin sesak karena bertambahnya anggota, dengan penuhnya tempat tinggal maka akan muncul trouble, tekanan. Kemudian rombongan nabi ini meminta ijin kepada Elisa untuk menebang pohon untuk membangun pondok yang baru. Apapun yang kita lakukan didalam kehidupan kita harus seijin Tuhan. Ketika menebang pohon, kapak untuk menebang pohon itu jatuh dan tenggelam ke sungai Yordan, orang yang menebang pohon itu berteriak itu barang pinjaman. Kita melihat orang yang menebang pohon itu punya integritas. Tangan kita harus mempunyai integritas, itu yang diharapkan oleh Tuhan.

Tangan Kita jika tidak mempunyai integritas, membuat tidak bisa dididik karena tidak mempunyai tanggung jawab. Tidak Punya Integritas : suka menyalahkan orang lain. Barang Pinjaman sama dengan barang yang kita minta sambil mengemis-ngemis.

Integritas : mau dididik oleh Tuhan untuk berperang, sehingga dapat melenturkan busur tembaga. Integritas adalah melakukan apa yang Tuhan mau untuk kita lakukan dengan penuh tanggung jawab. 

Yohanes 3 : 16 Karena Begitu Besar Kasih Allah akan dunia ini sehingga Dia memberikan AnakNya yang Tunggal kepada dunia ini, sehingga yang percaya kepadanya akan di selamatkan dan tidak binasa. Jika kita tidak memiliki integritas maka kita akan kehilangan semua yang Tuhan berikan kepada kita.

Harta yang kita punya merupakan Titipan Tuhan, maka kelola dengan penuh tanggung jawab. Yod Beth : tangan yang dinamis, tangan yang tulus, tangan yang memiliki integritas, tangan yang menerima Mujijat. 

Apa yang hilang dalam hidupmu, Tuhan akan kembalikan secara utuh kepada kita jika kita mempunyai integritas. Bulan ini adalah Bulan yang Penuh Keajaiban, kita harapkan MujijatNya terjadi dalam dua minggu ini. Amen.



Semarang, 16 Desember 2012 (Pagi)
By His Grace



Pdt. Petrus Agung Purnama

Komentar

Postingan Populer