Peranan Roh Kudus

Peranan Roh Kudus


"Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.
Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita." (1 Kor 2:10, 12)

Dlm menjalani kehidupan sehari-hari, saat org percaya trs menyelaraskan kehidupan mrk dg frekwensi rohani yg dipancarkan dr sorga - trs menyelaraskan diri dg 'main message' yg mrk terima, mrk akan mendapati adanya suatu kenyataan bgm seluruh aspek kehidupan mrk trs dibawa Tuhan untuk menanjak naik didlm Dia (Ams 4:18)
1. Yesus sbg Imam Besar Agung, terus bersyafaat dihadapan Bapa. Dia bersyafaat utk kepentingan kita. Sbg Imam Besar, Yesus memahami berbagai kelemahan, kekurangan dan keterbatasan yg masih melingkupi umatNya utk betul-betul menikmati berbagai terobosan & kemenangan dlm sgl hal; itu sebabnya, Dia trs bersyafaat bg kita dihadapan Bapa sehingga kapanpun kita membutuhkan rahmat dan anugerah (kita membutuhkan utk Bapa sendiri yg menyempurnakan berbagai hal yg sdh kita lakukan dlm kehidupan sehari-hari; kita masih membutuhkan berbagai potensi dan kapasitas baru untuk bangkit menjadi pribadi yg lbh unggul dlm kehidupan sehari-hari) kita akan bisa mendapatkannya (Ibr 4:14-16)
2. Setiapkali Yesus bersyafaat, Bapa pasti mendengar, menerima & menjawab (Yoh 11:41-42). Jawaban yg Bapa berikan dlm menyediakan/ menciptakan apa yg diminta oleh Yesus untuk kepentingan kita adl dg Dia berfirman. Inilah firman penciptaan yg kembali dilepaskan dr ruang tahta untuk kepentingan umatNya. Tanpa adanya firman yg Bapa ucapkan, tidak akan ada sesuatu yg terjadi (Yoh 1:1-3) Inilah firman yg mengkondisikan untuk apapun yg awalnya mustahil, dpt berubah menjadi mungkin; apapun yg awalnya tdk ada, menjadi ada (Rom 4:17) Dg firman yg Bapa ucapkan, Dia mencipta, menyediakan segala sesuatu yg umatNya butuhkan, bahkan sebelum munculnya kebutuhan...
3. Alkitab menyatakan bahwa Roh Kudus akan menyelidik segala sesuatu yg ada didlm diri Allah - termasuk setiap firman penciptaan yg sdh Bapa perkatakan di ruang tahta (1 Kor 2:10-12) Semua itu akan Roh Kudus nyatakan ke dlm kehidupan org percaya. Ingat prinsipnya, selama Roh blm bergerak utk menyingkapkan apa yg sdh Bapa firmankan sbg jawaban atas doa-doa Yesus sang Imam Besar Agung, artinya semua itu hanya ada didalam alam roh; sdh tercipta dan terwujud didlm hadiratNya, tp masih blm akan terwujud dialam lahiriah ini.
Disinilah pentingnya utk org percaya trs menjagai terjadinya aktifitas Ilahi didlm batinnya. Berdoa dlm bhs roh scr meluap-luap akan mengkondisikan utk terjadinya aktifitas Ilahi. Dg terjaganya aktifitas Ilahi dlm hidup seseorg, ia jadi lebih mudah utk bekerja sama dg Roh Kudus guna menerima penyingkapan ttg apa yg sdh didoakan oleh Yesus, yg menjadi agenda Tuhan utk membawa kita mengalami kemajuan-kemajuan tertentu didlm Dia.
Saat Roh Kudus menyatakan apa yg sdh Bapa sediakan bg kemajuan/ terobosan dan kemenangan kita, Ia akan menyatakannya dlm bentuk kata-kata/ firman.
Disinilah pentingnya peranan kerja sama antara Roh Kudus dg org percaya: Roh menyingkapkan firman penciptaan yg sdh Bapa perkatakan - ingat, dr sisi Bapa, saat Ia berkata-kata, artinya semuanya sdh terjadi - dialam roh, tp blm terjadi apapun di alam lahiriah ini - adalah tugas kita sbg org percaya utk mulai memperkatakan apapun yg dinyatakan oleh Roh. Dengan org percaya mulai memperkatakan apa yg Roh nyatakan, sesungguhnya ia sdg menabur didlm Roh (Maz 126:5-6, Ams 18:20-21, Gal 6:5)
Setiap perkataan firman yg mulai kita perkatakan, adl sama seperti suatu 'password rohani', kata-kata firman tsb akan membuka banyak hal dialam roh, mengaktifasi berbagai dimensi rohani utk mulai bergerak.
Manusia adl satu-satunya makhluk ciptaan yg memiliki roh. Itulah sebabnya keberadaan mans memiliki suatu peranan yg sangat signifikan utk berperan serta menghadirkan apapun yg sdh Bapa ciptakan/ firmankan utk dpt terealisasi ke alam lahiriah ini. Keberadaan mans berperan sbg 'pintu antar dimensi'; apapun yg sdh ada dialam roh, yg sdh diciptakan oleh Bapa utk kepentingan kita, akan dpt kita 'tarik masuk' ke alam lahiriah ini hanya dg berkata-kata memperkatakan yg seharusnya terjadi dlm kehidupan kita - krn Dia sdh memperkatakannya...
Dg kita trs memikirkan dan memperkatakan apa yg Roh Kudus nyatakan sbg berkat Bapa, sesungguhnya kita sdg menggenapi ayat firman yg menyatakan bhw maut tlh ditelan dalam kemenangan (1 Kor 15:54) (Ps. Steven Agustinus)

Rindu renungan seperti ini hadir di smartphone anda setiap pagi?
Kirim data anda melalui WA ke nomor 089677839824 dengan format : nama_renungan
GBU.

Komentar

Postingan Populer