Mengenal Allah

Mengenal Allah
Joshua Ivan Sudrajat






Hosea 4:6 (TB)  Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Hosea 6:3 (TB)  Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

Ketika Saya mengetik Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo yang berbicara tentang Call Me, Berseru, saya ingat banget bahwa hidup Kekristenan ini harus mengenal Allah.

Kita mempunyai pengalaman yang berbeda-beda sesuai dengan sebutan nama Tuhan, ada yang ingin mengalami namanya El Gibbor (Tuhan Adalah Panglima Perang), ada yang sedang mengenal Allah sebagai Jehovah Jireh (Tuhan yang menyediakan setiap kebutuhan kita).

Ada yang ingin mengalami Terobosan didalam hidup The Master of Breakthrough.

Yohanes 17:3
LAI TB, Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
KJV, And this is life eternal, that they might know thee the only true God, and Jesus Christ, whom thou hast sent.
TR, αυτη δε εστιν η αιωνιος ζωη ινα γινωσκωσιν σε τον μονον αληθινον θεον και ον απεστειλας ιησουν χριστον
Translit Interlinear , hautê {ini} de {dan} estin {ia adalah} hê {yang} aiônios {kekal} zôê {hidup} hina {supaya} ginôskôsin {mereka mengetahui} se {Engkau} ton {yang} monon {satu-satunya} alêthinon {yang benar} theon {Allah} kai {dan} hon {yang} apesteilas {Engkau utus} iêsoun {Yesus} khriston {Kristus}
HA-BERIT,
וְאֵלֶּה הֵם חַיֵּי הָעוֹלָם לָדַעַת אֹתְךָ כִּי אַתָּה הָאֱלֹהִים לְבַדֶּךְ וְאֶת־יֵשׁוּעַ הַמָּשִׁיחַ אֲשֶׁר שָׁלָחְתָּ׃
Translit, VE'ELEH HEM KHAYEI HA'OLAM LADA'AT 'OTEKHA KI 'ATAH HA'ELOHIM LEVADEKH VE'ET-YESYU'A HAMASYIAKH 'ASYER SYALAKH'TA
The Orthodox Jewish Bible, Third Edition, © 2003 Artists for Israel International, And this is Chayyei Olam, that they may have da'as of the only Elohei HaEmes and Yehoshua, Rebbe, Melech HaMosiach whom You sent.

Note:
"Mengenal", Yunani : γινωσκωσιν - 'ginôskôsin', dari kata γινωσκω - 'ginôskô' secara konseptual berarti mempelajari untuk mengetahui, memperoleh pengetahuan dari pengamatan, mengerti, memahami, memahami dalam arti kenal.

Tambahan:
Alkitab Perjanjian Baru (Brit Chadasha) berbahasa Ibrani menggunakan kata benda דעת - DA'AT, dâlet-'ayin-tâv, "DA'AS" (dialek Asykenazik) atau "DA'AT" (dialek Sefardik), dengan makna yang tidak jauh berbeda namun sedikit lebih luas karena mencakup makna mengamati, menemukan, dapat membedakan. Misalnya pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, הַעֵץ הַדַּעַת טֹוב וָרָע - HA'ÊTS HADA'AT TOV VÂRÂ' (reff Kejadian 2:9).


Ada empat kata Yunani yang memiliki makna yang hampir sama.

1. γινωσκω - 'ginôskô' . Memperoleh pengetahuan dari pengamatan atau pengalaman pribadi;

2. ειδω - 'eidô'. Melihat dengan mata batin, mengetahui dari sisi persepsi mental, sering diterjemahkan dengan melihat tetapi dalam pengertian mengetahui;

3. επισταμαι - 'epistamai'. Memahami dalam arti umum, mengerti karena sesuatu itu sudah dimengerti secara umum; dan

4. συνιημι - 'suniêmi'. Memahami berdasarkan pandangan alami, yaitu pengetahuan yang diperoleh berdasarkan panca-indra manusia. Untuk memahami keanekaragaman makna ini, barangkali dapat dibandingkan dengan beberapa ayat ini:

Antara γινωσκω - 'ginôskô' dan ειδω - 'eidô'

a. Matius 24:43, "Tetapi 'ketahuilah' ('ginôskô') ini: Jika tuan rumah 'tahu' ('eidô') pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar."

b. Markus 4:13, "Lalu Ia berkata kepada mereka: 'Tidakkah kamu 'mengerti' ('eidô') perumpamaan ini? Kalau demikian bagaimana kamu dapat 'memahami' ('ginôskô') semua perumpamaan yang lain?"

c. Yohanes 7:27, "Tetapi tentang orang ini kita 'tahu' ('eidô') dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorangpun yang 'tahu' ('ginôskô') dari mana asal-Nya."

d. Yohanes 8:55, "padahal kamu tidak 'mengenal' ('ginôskô') Dia, tetapi Aku mengenal ('eidô') Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak 'mengenal' ('eidô') Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku 'mengenal' ('eidô') Dia dan Aku menuruti firman-Nya."


Antara γινωσκω - 'ginôskô' dengan επισταμαι - 'epistamai'

a. Kisah Para Rasul 19:15, "Tetapi roh jahat itu menjawab: 'Yesus aku 'kenal' ('ginôskô'), dan Paulus aku 'ketahui' ('epistamai'), tetapi kamu, siapakah kamu?"


Antara γινωσκω - 'ginôskô' dengan συνιημι - 'suniêmi'

a. Lukas 8:10, "Lalu Ia menjawab: 'Kepadamu diberi karunia untuk 'mengetahui' ('ginôskô') rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak 'mengerti' ('suniêmi').'"

b. Lukas 18:34, "Akan tetapi mereka sama sekali tidak 'mengerti' ('suniêmi') semuanya itu; arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka dan mereka tidak tahu ('ginôskô') apa yang dimaksudkan."

Seringkali Kita menuntut seseorang mengenal Allah dengan standard kita, padahal kita tidak bisa menuntut mereka.

Engkong Yusak Tjipto Purnomo memberikan penjelasan bahwa mengenal Allah out secara pribadi dengan berjalan bersama Tuhan, kuncinya bergaul dengan Roh Kudus.

Saya ingat setiap perkataan Pdt Petrus Agung Purnomo, kita mempunyai pengalaman berjalan bersama Tuhan sendiri-sendiri ada level Pengenalan Akan Tuhan.

Kita harus mempunyai pengalaman berjalan bersama Tuhan secara real supaya tidak mudah goyah.

Kita perlu namanya bergaul dengan Roh Kudus, kita sejak menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, tubuh kita adalah Bait Roh Kudus.

Saya mengenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi 18 Oktober 1991. Sejak kecil saya ikut sekolah minggu di Gereja Injili sebelah rumah, saya tidak bertemu secara pribadi dengan Tuhan sehingga saya ketakutan mendengar berita akhir jaman.

SMP saya ketakutan Dan di sekolah saya sering melamun memikirkan jika Tuhan Yesus datang Dan saya mati saya masuk mana ? Saya pindah gereja ke gereja konvensional dengan liturgi.

Tuhan Yesus baik sehingga saya bisa bertemu dengan Tuhan kelas dua SMA. Teman sekelasku mengajak saya untuk bertemu Tuhan Dan mempunyai Jaminan Keselamatan didalam Tuhan.

Saya jadi sangat bergairah untuk mengenal Allah Dan saya punya Jaminan Keselamatan. Saya bertumbuh di Persekutuan Doa Kharismatik Dan Gereja Bethel Indonesia.

Sampai saat ini Tuhan mengajari ku tentang Iman, Panggilan Tuhan, Jehovah Jireh, Jehovah Rapha.

Saya mempunyai pengalaman Jehovah Rapha, saya mendoakan Kakak Papa saya yang divonis dokter umur nya cuma tiga bulan, saya doakan dalam keadaan parah, setiap kali minum obat lima belas Buah.

Saya doakan dengan menggunakan minta urapan, saya minta organ tubuh yang baru, seperti Penglihatan Robert Liardon : Tuhan mempunyai gudang persediaan organ tubuh yang baru, kita minta Tuhan kirim melalui pelayanan Malaikat.

Tuhan memberikan Keajaiban walaupun saya disebut sesat oleh istrinya kakak dari papa saya, namun dia lihat suaminya bisa setir Mobil lagi, sembuh selama dua tahun.

Dokter Jantung di Jakarta sampai terkaget-kaget menurut prediksi dia tinggal tiga bulan, ternyata bisa sehat Dan segar bugar. Istrinya juga kaget, Ia bersama para pastor katholik kaget ini mujijat dari mana ? Saya sudah kembali kuliah lagi. Pastor itu tidak menyangka bahwa kakak papa saya bisa sembuh Dan ke gereja lagi.

Saya mengenal Tuhan sebagai Jehovah Rapha itu terus berlangsung sampai Bahtera mulai berjalan. Sekitar tahun 2009 saya ikut Peperangan Rohani di Bengkulu, ternyata Pada waktu itu saya tidak tahu bahwa papa saya punya kontrak dengan Gunung Kawi, saya ikut Peperangan Dan mama mulai sakit muntah darah sejak tahun 2007 sampai 2011 mama sering masuk rumah sakit.

Pada saat mama sakit, jatuh di kamar mandi, papa saya kena serangan stroke harusnya tidak bisa apa-apa. Saya melihat roh Maut sedang menyerang, saya tidak Hanya sendirian yang dapat teman kuliah saya juga dapat Hal yang sama. Saya tengking roh maut, saya lihat Keajaiban Tuhan, papa saya hanya beberapa jam di Rumah Sakit. Dia bisa berjalan kembali namun sayang sampai saat ini dia masih percaya kuasa gelap.

Saya beberapa kali sebelum mama pulang, saya diancam setan, kamu masih ikut Peperangan saya habisin keluarga mu.

Perekonomian memang hancur, mama saya pulang tapi saya bersyukur Dia pulang dengan selamat, saya dibawa Tuhan ke Taman Surga dua Kali.

Yang pertama ketika mama baru pulang sekitar seminggu. Mama pulang dalam keadaan tidak bisa berjalan karena jatuh, Seharusnya kaki mama dipotong karena terlambat operasi, karena tidak ada biaya dan mama punya riwayat Diabetes. Puji Tuhan mama pulang me Rumah Bapa dengan anggota tubuh lengkap.

Di taman Surga mama dirawat Dan diobati dari Segala macam kepahitan. Seumur hidup nya mama setia membaca Alkitab walaupun dia gak alami mujijat Jehovah Jireh untuk membayar hutangnya.

Mama Di Surga usianya sekitar dua puluh tahun, setelah sembuh Pada waktu saya dibawa ke Surga untuk melihat mama sudah sembuh Dan bisa jalan.

Disana saya melihat mama sudah tinggal di sebuah Barak, kerjaan dia administrator Barak. Saya lihat mama bertemu dengan nenek saya yang sudah meninggal tahun 1992. Saya melihat mama Cantik Dan berambut panjang seperti foto dia masih Gadis.

Saya melihat mama sedang menuntun dua gadis kecil usia 9 Tahun. Ternyata itu adik saya, mama keguguran dua Kali. Saya cerita sama ipo ternyata Ia dapat mimpi mama sedang nuntun anak nya yaitu adik saya.

Saya melihat mama sukacita Dan di Alkitab ada daun yang menyembuh kan sakit kita. Saya bersyukur bisa mengalami kunjungan ke Surga.

Saya banyak alami pengalaman berjalan bersama Tuhan, saya saat ini sedang belajar nama Tuhan Jehovah Jireh.

Saya akan menceritakannya ditulisan saya mendatang. Saya harap pembaca dapat berkat dari kesaksian saya. Amin

Jatiwangi, 26 Maret 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat
Notes :

Terima Kasih buat semua yang membaca, mendukung dan mendoakan pelayanan media saya. Kiranya kita saling menguatkan. Maaf Whatsapp saya error.


Komentar

  1. Luar biasa.. Tuhan memberkati. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih, Semua Hanya AnugerahNya, Semua Untuk Hormat dan Kemuliaan Tuhan Yesus, kiranya Tuhan memberkati lewat sharring saya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer