New Chapter Pdt. Victor Purnomo 250316

Kotbah Jumat Agung
Jumat, 25 Maret 2016

Pdt Victor Purnomo

Keluaran 12:1-14 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir:
"Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.
Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.
Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk mengambil seekor anak domba, maka ia bersama-sama dengan tetangganya yang terdekat ke rumahnya haruslah mengambil seekor, menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang.
Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.
Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.
Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.
Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.
Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya.
Janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi; apa yang tinggal sampai pagi kamu bakarlah habis dengan api.
Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.
Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.
Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.
Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.

Tuhan mengatakan kepada orang Israel : Bulan Inilah akan menjadi permulaan. Tuhan mempunyai rencana yang besar atas bangsa Israel.

Tuhan memberikan Firman Nya kepada Musa Dan Harun. Kita butuh Tuhan berfirman kepada kita sebelum kita melakukan sesuatu.

Tuhan katakan kepada kita ini adalah Bulan yang Baru, permulaan yang Baru untuk kita melakukan sesuatu, kita harus kerja keras, kita akan terbang lebih tinggi lagi.

Tuhan akan Bergerak dengan Caranya yang Baru.

Tuhan memberikan Guncangan kepada kita (to shake). Ada dua pilihan yang kita hadapi : kita akan hancur atau kita makin naik Dan lebih baik lagi.

Jemaat JKI Injil Kerajaan memutuskan untuk menjadi lebih baik. Setiap Guncangan yang kita alami, Musuh ingin menghancurkan kita.

430 Tahun bangsa Israel mengalami perbudakan di Mesir. Tuhan membawa bangsa ini keluar dari Mesir. Kita harus Siap jika Tuhan Bergerak.

Tuhan memberikan Guncangan kepada bangsa Mesir lewat sepuluh tulah. Tuhan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Israel.

Kita sedang mengalami Guncangan, kita tidak menjadi hancur. Guncangan membuat kita semakin naik.

Kita harus bersiap, kita tidak tahu kapan Tuhan memberikan perintah untuk kita Bergerak.

Tuhan memberikan perintah untuk makan Roti yang tidak beragi. Kenapa Tuhan memberikan perintah untuk makan Roti yang tidak beragi ? Ragi dibuat dari endapan fermentasi Anggur, Pada jaman dulu adonan roti diberikan ragi. Ragi membuat Roti mengembang, ragi juga mempercepat terjadi pembusukan.

Roti yang diberikan ragi tapi tidak menggunakan pengawet dalam waktu tiga hari akan menjadi busuk. Ragi mempercepat terjadi nya pembusukan.

Singkirkan semua yang membuat pembusukan dalam hidup kita.

Makan Sayur Pahit adalah untuk tetap ingat hidup Pahit didalam perbudakan selama 430 Tahun.

Tuhan Yesus melakukan Perjamuan Paskah dengan Roti Dan Anggur. Tuhan Yesus sudah mati diatas Kayu Salib Dan bangkit untuk menebus dosa kita. Dia sudah menyingkirkan semua yang Pahit, kekecewaan kita.

Tuhan memberikan New Chapter dalam kehidupan kita. Kita harus mendengar Arahan Tuhan, kemana Tuhan suruh kita bergerak.

Tuhan Yesus berkata kita harus Siap. Tuhan sudah memberikan DarahNya kepada kita. Seperti orang Israel disetiap ambang pintu rumah nya dioleskan Darah. Orang Israel tidak terkena Maut. Tuhan memberikan kepada kita untuk tetap dalam Blood Covenant, kita tidak boleh keluar dari Gereja. Tuhan katakan kepada kita yang keluar dari Gereja akan kena Tulah seperti orang Mesir.

Tuhan kadang-kadang membuat kita shock. Tuhan memberikan perintah kepada orang-orang Israel keluar dari Mesir sebagai Pasukan.

Di medan Perang, Pasukan tidak lagi mendapat Arahan dari komandan nya. Tentara harus melakukan sesuatu dengan tepat di medan Perang.

Yoel 3:10 (TB)  Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: "Aku ini pahlawan!"

Tuhan Bergerak dengan Cara yang luar biasa. Sebelum keluar dari Mesir orang-orang Israel meminta harta benda, emas, perak, kain lenan kepada orang-orang Mesir.

Yesaya 60:5 (TB)  Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.

Tuhan sudah memberikan JanjiNya kepada kita bahwa harta kekayaan dari seberang laut akan beralih kepada kita.

Mikha 4:1-2 (TB)  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Banyak bangsa akan datang kepada kita untuk mendengar Pengajaran tentang Tuhan.

Bapa memberikan Tuhan Yesus sebagai Domba Paskah kepada kita. Taruh darah Yesus dalam hati kita supaya kita dilepaskan dari segala macam Kutuk.

Hati-hati dengan Spirit Yudas Iskariot, spirit ini menukar Yesus dengan uang. Jangan tukar Yesus dengan uang.

JKI Injil Kerajaan tidak menomorsatukan uang, kita mengutamakan Tuhan Yesus diatas segala nya.

Holy Stadium berdiri karena Tuhan, kita tidak punya uang. Marina Healing Center juga akan selesai walaupun uang kita belum cukup.

Simon Petrus : Tuhan berkata Iblis sedang menampimu supaya jangan gugur Iman mu.

Setan sedang menampi beberapa orang supaya terhilang.

Penampian sedang terjadi supaya sekam terbawa angin, supaya yang tinggal bulir gandum. Bulir Gandum yang berisi tidak terhilang.

Herodes Dan Pilatus

Lukas 23:12 (TB)  Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka bermusuhan.

Herodes mempunyai arti nama Heroes, sedang Pilatus : membawa senjata tombak. Dua orang yang tadinya bermusuhan menjadi berdamai Dan menyalibkan Tuhan Yesus.

Dengan Guncangan yang kita alami ada orang-orang yang Mau menikam kita. Tuhan lepaskan kita dari orang-orang yang mau menikam kita.

Simon Kirene
Matius 27:32 (TB)  Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus.

Simon dari Kirene adalah orang yang dipaksa untuk memikul salib. Ia tidak merasa terpaksa.

Ada orang-orang yang tidak Rela memikul salib, mereka mengomel.

Tuhan memberikan New Chapter bagi JKI Injil Kerajaan Dan kita Jemaat nya. AMIN.

Jatiwangi, 25 Maret 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer