Tujuh Pilar Bagian 1

Tujuh Pilar Bagian 1
Ev. Nany Susanty


Tahun depan adalah tahun dimana 12 pintu gerbang terbuka lebar.. Tahun kelimpahan terjadi..
Tahun penuaian besar-besaran baik secara jasmani dan rohani..

Dan kalau kita mau dapet sesuatu yang luar biasa, kita harus punya persiapan.. Misal kalo mau panen, harus ada lumbung..

Yg perlu dipersiapkan utk tahun dpn: Hati yang harus SIAP menerima dan harus bisa MENGELOLAnya sesuai dengan apa yg Tuhan mau..

Apa sih persiapan agar kita bisa menyelesaikan sampai garis akhir? Dan gimana biar tetap strong sampai akhir?
Bu nany dpt 1 kata, yaitu HIKMAT..

Amsal 9:1
Hikmat telah mendirikan rumahnya, menegakkan ketujuh tiangnya,

Tuhan mau kita mulai mendirikan penampungan utk bisa menampung semua anugrah yg akan Tuhan beri tahun depan.
7 tiang » hikmat yg kita bangun ini harus sempurna.. Kalau tidak sempurna, berkat yg diterima akan rubuh karena tiangnya tidak sempurna..


7 pilar itu adalah:

1. Amsal 9:10
Permulaan himat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Pilar pertama: Takut akan Tuhan dan Mengenal akan Tuhan

Bagaimana bisa punya? Jika orang itu punya gelora cinta..
Sehingga walaupun tidak disuruhpun pasti dilakukan, tidak dibayar pun tetap dilakukan

Contohnya itu seperti Rut:
Rut 1:16-17
Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;
di mana engkau bermalam, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan.
Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selaun dari pada maut!"

Di kidung agung tertulis kalau cinta itu seperti maut.
Banyak org mengasihi Tuhan karena ada embel2nya..
Cinta seperti Rut ini adalah cinta yg agape. Dia tidak mengharapkan apa2 karena dia kenal Allahnya Naomi karena dia tahu kalau Allahnya Naomi adalah Allah yang benar..
Tidak ada yang bisa buat kita kuat hingga akhir kalau tidak ada gelora cinta..
Tetap punya gelora cinta dalam keadaan apapun..
Lawatan Tuhan itulah yang membawa sukacita yang luar biasa..


2. Amsal 11:25
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

Pilar kedua: KEMURAHAN HATI
Itu teori Tuhan (banyak memberi, diberi kelimpahan), kalau teori manusia banyak memberi bisa bangkrut., Tapi Tuhan mau agar kita bisa bermurah hati..

Contoh:
Lukas 10:25-37
Kalau kita memberi hanya sekedarnya, itu bukan murah hati.. Tapi orang Samaria ini berbeda.. Kenyamanan yang dia punya itu dia berikan kepada orang lain.. Murah hati itu bukan sekedar belas kasihan atau cuma di mulut, tetapi itu adalah sesuatu yang keluar dari dalam dan dengan pengorbanan sekalipun itu kenikmatan di dalam hidup kita.
Org Samaria ini membalut luka, menyirami dgn minyak dan anggur, menaikkan org itu di atas keledai, membawa ke tempat penginapan dan merawatnya..


3. Amsal 9:6-8
buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutlah jalan pengertian."
Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela.
Janganlah mengecam seorang pencemooh, supaya engkau jangan dibencinya, kecamlah orang bijak, maka engkau akan dikasihinya,

Amsal 12:1
Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.

Pilar ketiga: RELA DIAJAR dan RELA DIKOREKSI

Banyak org yang gampang tersinggung ketika ditegur.. Kalau mau strong sampai garis akhir dan bisa menampung semua berkat Tuhan hingga akhir, harus rela diajar dan rela dikoreksi..
Kita harus rela diremukkan agar jadi bejana yang bentuknya sesuai sama keinginan si pejunannya..
Seperti di Sion, Tuhan didik terus menerus..
Bu Nany sbnrny prnh dapet nubuat dari Tuhan lewat Bu Iin, yaitu: Sudah waktunya engkau menegakkan hukum di kotamu.. Sudah waktunya masuk ke pemerintahan2.. Pertama kali Bu Nany ndak ngerti, tapi akhirnya ngerti kalau dia sebenarnya terlalu cuek dan tidak mau bersosialisasi, karena dia hanya duduk diam di bawah kaki Tuhan terus menerus (ini memang perlu dan harus), dan ketika diajak rapat di bupati, dll, ia tidak mau datang karen berpikir kalau hal itu tidak ada guna.. Tetapi sekarang dengan kejadian yang sering dialami di Sion, jadi bu Nany sudah mengerti dan mulai masuk ke pemerintahan..


4. Amsal 9:9
berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.

Pilar keempat:KEBIJAKSANAAN
Kebijaksanaan itu perlu biar berkat yang sudah dikasih tidak habis seketika ataupun karunia yang diberi tidak membuat dia jatuh.

Contoh: Yusuf, Sadrakh, Mesakh dan Abednego.

Ulangan 34:9
Dan Yosua bin Nun penuh dengan roh kebijaksanaan, sebab Musa telah meletakkan tangannya ke atasnya. Sebab itu orang Israel mendengarkan dia dan melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Kebijaksanaan itu diterima ketika ada impartasi. Kebijaksanaan itu adalah hikmat dari Tuhan.. Ketika didoakan, itu ada transfer..

Bagaimana cara jadi bijaksana?
Mazmur 90:12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

Menghitung hari-hari » mengadakan evaluasi setiap hari.. Biasakan mengevaluasi diri tiap malam, buat neraca, apa yg gagal kita lakukan, apa yg berhasil kita lakukan.. Dari yang gagal, apa yang dapat kita pelajari? Kalau kita gagal terus menerus, maka namanya bukan belajar.. Bersambung

Komentar

Postingan Populer