Anugerah Dan Kemurahan Tuhan

Anugerah Dan Kemurahan Tuhan
Pdt Petrus Agung Purnomo

Lukas 2:39-40 (TB)  Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.
Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Hari ini kita akan belajar tentang Allah Bapa menyiapkan Tuhan Yesus dalam pelayanan. Allah Bapa menyiapkan AnugerahNya Dan Kemurahan Tuhan diberikan kepada Tuhan Yesus.

Dalam usia delapan hari Orang Tua Yesus menyerahkan Tuhan Yesus di Bait Allah.

Dari Usia Delapan Hari sampai Usia 12 Tahun, Tuhan Yesus baru muncul kembali di Bait Allah. Para Ahli Taurat Dan Para Imam tercengang melihat Kepandaian Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus bertambah besar, bertambah kuat ( Strong in the Spirit ), Penuh Hikmat, Penuh Kasih Karunia ( Grace of God, Favor of God ).

Anugerah Dan Kemurahan Allah Bapa selalu menyertai kehidupan Tuhan Yesus.

Lukas 2:41-52 (TB)  Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah.
Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: "Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau."
Jawab-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?"
Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka.
Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Ketika Yesus berusia 12 Tahun Ia,masuk ke Bait Allah, disana Ia mengajukan pertanyaan kepada,para Imam, para Imam terheran-heran dengan Hikmat Tuhan Yesus, mereka tercengang dengan Kepandaian Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus tahu dari dalam Roh nya bahwa Ia harus berada dalam Pekerjaan Bapa nya.

Di dalam kehidupan kita ada dua ekstrim yang kita hadapi : Pertama Kita merasa tidak bisa apa-apa, rendah diri, tidak Siap. Kedua adalah Orang yang merasa mampu mengerjakan semuanya.

Dari Usia 12 Tahun sampai usia 30 Tahun, Tuhan Yesus tetap dalam Pengajaran orang tuanya.

Kemurahan Tuhan Dan Kemurahan Manusia berkaitan dengan apa yang diberikan Tuhan kepada kita.

Ada seorang yang membaca Alkitab Ia bisa mengerti tentang apa yang diberikan Tuhan kepada nya melalui Pembacaan Alkitab, Ia mendapat secara detail. Ada orang yang membaca Alkitab Ia tidak mendapat apa-apa dari Tuhan, Ia tidak mengerti.

Ada orang yang berteriak mencari urapan, Ia datang kepada Hamba Tuhan minta urapan. Ada orang yang tidak mencari urapan Allah sendiri mengurapi Dia.

Spiritual Blessings Dan berkat-berkat diberikan Tuhan kepada kita secara langsung.

Kemurahan Manusia adalah pemberian Tuhan. Semua yang Tuhan berikan berkat-berkat kepada kita melalui orang-orang.

Manusia itu bukan robot, sehingga Ia harus diberikan perintah kepada Manusia untuk memberkati kita, karena Manusia punya Free Will. Jika Tuhan tidak menggerakkan orang-orang lain untuk memberkati kita maka kita tidak mendapat berkat.

Lukas 6:38 (TB)  Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Berilah maka kamu akan diberi, ini berbicara mengenai materi. Tanpa Favor of man kita tidak bisa melakukan Apapun.

Kita jangan berpikir kalau Tuhan Yesus selama kehidupan di dunia Ia miskin.

Tuhan Yesus lahir saja Ia mendapat hadiah yang banyak : Gold, kemenyan Dan Mur.


Lukas 8:1-3 (TB)  Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Selama pelayanan Tuhan Yesus disertai dengan wanita-wanita yang melayani Tuhan Yesus dengan kekayaan nya.

Tuhan Yesus juga mengangkat seorang Bendahara yang bernama Yudas, ini menunjukkan bahwa suplai keuangan Yesus banyak sehingga Yudas tergoda untuk korupsi. Yudas ini pintar.

Jubah Tuhan Yesus waktu Ia disalib jadi rebutan para prajurit, mereka tidak Mau Jubah itu dipotong karena bahan Jubah Tuhan Yesus dari Kain Lenan yang Mahal.

Yohanes 19:23-24 (TB)  Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian — dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja.
Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: "Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: "Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku." Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu.

Tuhan Yesus mempunyai Favor of God and Favor of man selama hidupnya.

Realita atau kenyataan dalam kehidupan pelayanan kita, kita membutuhkan orang lain memberkati kita Dan menyupport kita.

Kehidupan kita membutuhkan Favor of God and Favor of man. Selama pelayanan Tuhan Yesus is mempunyai Sikap hati yang benar dan Rendah Hati.

Kita membutuhkan Anugerah Dan Kemurahan Tuhan selama kita Melewati setiap proses kehidupan kita.

Hidup kita harus melekat dengan Tuhan sehingga Favor of God and Favor of man menyertaimu. Amin.

Jatiwangi, 4 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer