Belajar Dari Tuhan Yesus Sendiri

Belajar Dari Tuhan Yesus Sendiri
Ev Drg. Yusak Tjipto


Matius 11:29  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Perkataan Tuhan Yesus itu ditujukan kepada semua orang yg menanggapi panggilanNya, yaitu orang-orang yg percaya dan terus menerus mencari Kerajaan Allah, supaya orang percaya itu dapat belajar langsung dari Tuhan Yesus selamanya.

Kita bisa belajar langsung dari Tuhan Yesus selamanya sebab tidak seperti guru kita di dunia ini yg terbatas, terbatas ilmunya dan terbatas umurnya, tapi Maha Guru kita tidak terbatas bahkan Dia sudah pernah menguasai ilmu yg tertinggi bagi makluk ciptaan, yaitu ilmu mengalahkan dosa dan maut.
Sudah sejak jaman purba dahulu orang percaya belajar langsung dari Tuhan, mari kita lihat beberapa tokoh jaman dahulu sbb:
HENOKH

Kejadian 5:22  Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
23  Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
24  Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.
Tertulis di ayat itu Henokh hidup bergaul dengan Allah atau Henokh belajar langsung dari Allah selama tiga ratus tahun lebih dan setelah dinilai cukup oleh Allah Henokh tidak mengalami kematian, tapi langsung diangkat ke surga dan tubuhnya dirubah menjadi tubuh kemuliaan oleh Allah.

Dahulu pada waktu saya membaca kisah Henokh ini saya pernah berkata kepada Tuhan: “Henokh ini hidup di jaman purba, sedangkan saya saat ini hidup di akhir jaman, Tuhan bagaimana saya bisa melihat atau mendengar proses belajarnya Henokh ini karena terpaut waktu ribuan tahun, sedangkan catatan di alkitab demikian singkat dan bagi saya prosesnya kurang jelas, apakah masih ada orang semacam Henokh ini di akhir jaman ?”.

Lama sesudah itu, saya sendiri sudah melupakan pertanyaan saya itu, pada suatu hari istri saya menunjukkan cuplikan video khotbah seorang hamba Tuhan dan saya terkejut sebab hamba Tuhan ini dapat bertanya jawab dengan Tuhan demikian lancarnya, lalu teringatlah saya akan doa saya dahulu tentang Henokh, rupanya pada hari itu Tuhan menjawab doa saya, bahwa masih ada orang-orang di akhir jaman ini yg belajar langsung dari Tuhan dan hidup bergaul akrab.

NUH

Kejadian 6:9  Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

Nuh belajar membuat bahtera dari Tuhan, sebab pada jaman itu tidak ada seorangpun yg bisa membuat kapal. Pada jaman Nuh tidak ada seorangpun yg benar, jadi Nuh tidak mungkin berguru kepada orang lain untuk mengenal Tuhan, bahkan pengkotbah pertama yaitu Nuh sendiri yang menghasilkan orang-orang percaya pada jaman itu yaitu keluarga Nuh sendiri.

ABRAHAM

Kejadian 18:22  Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN.
23 Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?
24  Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
25  Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?"
26  TUHAN berfirman: "Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka."

Abraham bercakap-cakap langsung dengan Tuhan dalam hal penyelamatan orang benar di Sodom dari hukuman Allah. Dan Abraham terus hidup bergaul dengan Tuhan sampai pada puncaknya dia lulus dari ujian berat yaitu mempersembahkan Ishak anaknya kepada Tuhan, yg menunjukkan kasih Abraham terhadap Tuhan lebih besar dari kasihnya kepada anaknya.

MUSA

Keluaran 33:11  Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Ulangan 34:10  Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,
Musa belajar dari Tuhan dengan cara berhadapan muka dengan Tuhan, sehingga Musa dapat menulis tentang sejarah penciptaan langit dan bumi dan sejarah penciptaan manusia pertama di bumi, walaupun Musa hidup ribuan tahun sesudah Adam.

Kalau di sekolahan diajarkan bahwa manusia purba dahulu adalah keturunan monyet itu adalah kebohongan, itu datang dari pikiran manusia yg tidak mau percaya kepada Allah.

TUHAN YESUS BELAJAR LANGSUNG DARI BAPA

Yohanes 5:19  Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Yohanes 5:30  Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

Yohanes 8:38  Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu."

Dan akhirnya Maha Guru kita yang kekal yaitu Tuhan Yesus, sebagai manusia Dia belajar langsung dari Bapa, tentu saja pelajaran untuk Tuhan Yesus ini khusus dan istimewa sebab untuk menghadapi tugas yg berat yaitu menjadi Juruselamat umat manusia sehingga pada usia 12 tahun Tuhan Yesus sudah membuat para ahli taurat terkagum-kagum akan hikmatNya.

Maka sekarang jangan buang kesempatan lagi, belajarlah langsung dari Tuhan Yesus dengan pertolongan Tuhan Roh Kudus yg sudah tinggal dalam tubuh kita sebagai penolong dan dengan buku yang kekal yaitu Alkitab supaya saudara bisa lebih mengenal Tuhan kita yg ajaib dan menjadi pelaku-pelaku Firman.

Buku-buku rohani yg lain, khotbah para hamba Tuhan, ilmu theologia, dvd/kaset khotbah, seminar, KKR, semuanya itu adalah pelengkap, tapi yg utama saudara belajar langsung dari Tuhan Yesus dengan dimulai membaca/mempelajari alkitab tiap hari dan berdoa mohon bimbingan Tuhan Roh Kudus sehingga saudara dapat mengenal Allah dan hidup melakukan kehendakNya.
Amin

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer