Fokus Mata

Fokus Mata
Sabtu, 14 Mei 2016


Bahan Renungan :
Matius 6 : 22-23
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; 6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Roma 6:18-20
6:18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa e  dan menjadi hamba kebenaran. f  6:19 Aku mengatakan hal ini secara manusia g  karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran h  yang membawa kamu kepada pengudusan. 6:20 Sebab waktu kamu hamba dosa, i  kamu bebas dari kebenaran. j

Renungan :
Mata itu menggambarkan pandangan. Sesudah mata memandang, barulah pikiran yang mulai jalan dan kemudian apa yang ada didalam hatinya keluar. Seringkali orang terfokus pada hal negatifnya. Contohnya ada orang yang mengatakan, “mengapa hidung saya pesek ?”, padahak tidak mungkin semua wajahnya buruk, mungkin matanya besar.

Jika diandaikan dalam sebuah cerita, kebanyakan hati manusia dalam memandang hal itu seperti ketika kita memilih buah. Buah yang masih bagus dipilih dan buah yang sudah busuk dibuang. Sama seperti dalam melihat suatu keadaan, orang cenderung lebih memilih hal-hal yang terlihat baik dan mencampakkan hal-hal yang buruk. Sering kali ketika manusia menghadapi suatu kejadian yang buruk, hal yang pertama terpikir olehnya adalah “mengapa Tuhan memberikan hal ini untukku ?” Padahal mungkin hal-hal buruk yang terjadi pada kita adalah karena Ketidaktaatan kita sendiri kepada Tuhan atau memang untuk menguji kita untuk naik next level.

Jika kita terlalu terfokus pada hal yang buruk, maka cara berpikir  kita terhadap terpengaruhi. Bisa jadi muncul hal-hal negatif dalam cara berpikir kita terhadap Tuhan. Kita akan sering bertanya, “mengapa ?” padahal yang perlu kita lakukan hanya menerima apa adanya.

Dihadapan Tuhan tidak ada yang boleh komplain akan apa yang telah Tuhan berikan. Tidak ada yang sempurna yang Tuhan ijinkan kita untuk terima. Mengapa demikian ? Karena saudara tahu, yang sempurna hanya satu yaitu Tuhan Yesus. Karena itu cara berpikir kita negatif itu perlu diubah. Bagaimana cara mengubahnya ? Jawabannya ada didalam Roma 6:19 menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran h  yang membawa kamu kepada pengudusan. (NS)

Doa :
Tuhan Yesus buat mata kami hanya terfokus pada Engkau Tuhan, agar kami tidak lagi berpikir negatif tentang Engkau dan kami selalu bersyukur atas apapun yang terjadi. Kami tahu apapun yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami adalah yang terbaik buat hidup kami. Amin

Dari Renungan Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung 

Komentar

Postingan Populer