Penyebab Lewatnya Kairos



Penyebab Lewatnya Kairos
Senin, 9 Mei 2016


Bahan Renungan :
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya. w  12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai x  kepada mereka yang dilatih olehnya. 12:12 Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut y  yang goyah; 12:13 dan luruskanlah jalan bagi kakimu, z  sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. a  12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang b  dan kejarlah kekudusan 1 , c  sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. d (Ibrani 12:10-14)

Renungan :
Didalam kehidupan kita ada banyak hal yang tergantung dengan waktu Tuhan (Kairos). Jika waktu Tuhan sudah berlalu mau sampai mencucurkan air mata tidak akan pernah mendapatkannya karena waktu akan berjalan ke depan dan tidak akan terulangi. Karena itu kita harus terus berkomunikasi dan melekat dengan Roh Kudus. Kita dengarkan arahan dan tuntunan suaraNya supaya kita cepat menangkap setiap Kairos yang ada didepan kita.

Hanya satu alasan kenapa orang tidak menangkap Kairos Tuhan, yaitu : “Terlalu Banyak Pertimbangan”. Saat kairos itu ada di atas atau didepan seseorang, orang itu mulai berpikir, mulai menimbang-nimbang, mulai mengukur dengan kemampuannya. Itu yang menyebabkan Kairos Tuhan itu lewat dalam hidupnya dan kita tidak bisa menangkap kairos Tuhan itu. Bagaimana pertimbangan itu muncul dalam hidup kita ? Pertimbangan muncul karena dua hal yaitu :

Teori-Teori Yang Dia Punya
Teori itu didapat dari pengalaman hidupnya yang akhirnya dibakukan menjadi benteng yang kuat dalam hidupnya, sehingga jika ada sesuatu yang baru tidak berani dia ambil. Misalnya : ia mengalami keterbatasan keuangan, sampai saat ini ia mengalami keterbatasan keuangan sehingga ia tidak berani mengambil keputusan untuk melangkah. Dia memperhitungkan mengenai dana yang harus dia punya untuk pergi meninggalkan yang lama dan menuju sesuatu yang baru. Padahal kalau kita mengerti yang Tuhan sediakan dalam hidup kita adalah sesuatu yang sangat besar. Jika kita tidak mau melangkah dan tidak berani mengambil apapun yang baru, bagaimana hidup kita bisa Tuhan bawa naik dan menggenapi yang besar itu terjadi dalam hidup kita.

Kebenaran-Kebenaran Sendiri
Beberapa waktu yang lalu Tuhan beri kita kata Hineni, kenapa ? Sebenarnya Hineni merupakan dasar dari segala sesuatu yang akan kita dapat miliki. Kalau kita tidak memiliki kerendahan hati, hati hamba dan mengerti siapa dirimu maka segala sesuatu yang ada diatas dirimu adalah sia-sia. Mungkin menurut orang dunia tidak sia-sia karena kelihatannya sukses, kaya, banyak harta benda, tetapi ujungnya adalah neraka yang menjadi bagiannya dan semua yang dia peroleh adalah sia-sia. (DK)

Doa :
Tuhan Yesus ampuni kami, kalau seringkali kami terlalu banyak pertimbangan sehingga banyak KairosMu dalam hidup kami terlewatkan. Saat ini kami hanya mau berkata : Hineni, kami ini hambaMu. Kami terus mau melekat dengan Engkau dan menyambar setiap kairosMu yang Kau beri dengan cepat. Roh Kudus ajar kami dapat melihat setiap Kairos Tuhan yang diberikan dalam hidup kami dan ajar kami untuk menangkap setiap KairosMu. Amin

Dari : Renungan Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung  

Komentar

Postingan Populer