Transfer Of Wealth



Transfer Of Wealth
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Bahan Renungan :
Yesaya 60:1-10
Kemuliaan Sion yang akan datang
60:1 Bangkitlah, j  menjadi teranglah, sebab terangmu k  datang 1 , dan kemuliaan l  TUHAN terbit atasmu. 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan m  menutupi bumi, dan kekelaman n  menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. 60:3 Bangsa-bangsa o  berduyun-duyun datang kepada terangmu, p  dan raja-raja q  kepada cahaya yang terbit bagimu. 60:4 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun r  kepadamu 2 ; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, s  dan anak-anakmu perempuan t  digendong. u  60:5 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, v  engkau akan tercengang dan akan berbesar w  hati, sebab kelimpahan x  dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. 60:6 Sejumlah besar unta y  akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian z  dan Efa. a  Mereka semua akan datang dari Syeba, b  akan membawa emas dan kemenyan, c  serta memberitakan perbuatan masyhur d  TUHAN. 60:7 Segala kambing domba Kedar e  akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku f  sebagai korban g  yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah h  keagungan-Ku. 60:8 Siapakah mereka ini i  yang melayang seperti awan j  dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya? 60:9 Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau k  yang jauh; kapal-kapal Tarsis l  berlayar di depan untuk membawa m  anak-anakmu laki-laki dari jauh, perak dan emasnya n  dibawa serta, untuk nama o  TUHAN, Allahmu, dan oleh karena Yang Mahakudus, p  Allah Israel, sebab Ia mengagungkan q  engkau. 60:10 Orang-orang asing r  akan membangun tembokmu 3 , dan raja-raja s  mereka akan melayani engkau; sebab dalam murka-Ku Aku telah menghajar engkau, namun Aku telah berkenan t  untuk mengasihani u  engkau.
Renungan :
Kalau kita mendengar kata “From Glory to Glory” yang ada dibenak kita apa ? Sebagian orang dengan sangat sederhana berkata : “tambah kaya”. Tetapi kalau kita membaca Alkitab, ditulis jika kita mengalami aniaya, maka roh kemuliaan akan turun. Jadi “From Glory to Glory” juga bisa berarti buat sebagian orang akan tambah teraniaya lagi.

Kalau mendengar sebuah topik, kita pelajari dan pahami secara utuh sebagaimana yang Tuhan mau, jangan ditafsir dan hanya diambil yang kita suka karena itu akan menjadi suatu masalah.

Tuhan sangat ingin kita diberkati. Ada contoh-contoh di Alkitab yang mendapat “Transfer of Wealth” atau perpindahan kekayaan dari bangsa-bangsa. Abraham mendapatkan kekayaan dari Abimelekh dan Firaun, Ishak mendapat kekayaan di di tanah Filistin. Kejadian 26:12-13 26:12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; u  sebab ia diberkati v  TUHAN 1 . 26:13 Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya. w

Yakub mendapatkan kekayaan dari Laban Mertuanya, Yusuf mendapatkan kekayaan di Mesir, Raja Salomo mendapatkan kekayaan dari bangsa-bangsa.

Emas yang didapatkan oleh Salomo sebenarnya dari Indonesia dan rempah-rempah yang Salomo dapatkan terdapat dalam tulisan Mesir Kuno 3000 Sebelum Masehi bahwa rempah-rempah itu diambil dari suatu daerah yang mungkin berupa sebuah pelabuhan yang bernama “Barus” dan daerah itu ada berada di Tapanuli yang merupakan daerah Sumatera Utara sekarang.

Pada zaman dulu rempah-rempah nilainya sama dengan emas, itu yang mendatangkan orang-orang Eropa datang ke Asia Tenggara untuk mencari rempah-rempah. Pada zaman kuno rempah-rempah termasuk barang mewah, hanya dikalangan raja-raja dan istana juga orang-orang kaya yang bisa membelinya. Kalau kita pelajari produsen rempah-rempah terbesar didunia ada di Indonesia. Misalnya dahulu Maluku penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, ia menghasilkan pala, cengkeh dan lain-lain.

Jadi kalau Tuhan menggenapkan semua janjinya kepada Salomo dengan memberikan yang terbaik, dan yang terbaik itu diambil dari Indonesia. Sebetulnya Tuhan tinggal membalik telapak tangan untuk memberkati orang-orang Indonesia. Amin (PAP)

Doa :
Tuhan Yesus sadarkan kami Tuhan, agar kami tidak menginterpretasikan segala sesuatu sesuai dengan apa yang kami suka. Tuhan Yesus buat kami belajar secara utuh dan tidak hanya melihat dari satu sisi saja Firman Tuhan yang Engkau berikan pada kami. Tuhan Yesus beri kami anugerah untuk tetap percaya bahwa Transfer Of Wealth adalah bagian dari hidup kami dan bangsa kami Indonesia juga. Didalam Nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan kami terima Transfer of Wealth pada hari ini. Amin 

Dari :  Renungan Harian Bahtera Imamat Rajani - Ark Of Christ Bandung

Komentar

Postingan Populer