Hikmat Dunia

Hikmat Dunia
Minggu, 19 Juni 2016


Bahan Renungan :
Supaya Iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. (1 Korintus 2 : 5)

Renungan :
Hikmat adalah Kebenaran. Hikmat ada dua jenis yaitu : Hikmat Yang Dari Allah dan Hikmat Dunia. Hikmat Allah adalah hikmat yang telah Allah sediakan untuk manusia, untuk kemuliaan Tuhan dan manusia. Dan hikmat yang berasal dari Tuhan bertentangan dengan hikmat dunia. Apakah hikmat dunia ? Hikmat dunia adalah sifat-sifat yang dari filsafat-filsafat, cara berpikir nenek moyang. Yang menjadi masalahnya hikmat dunia yang berupa filsafat-filsafat hidup itu diberikan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Hal inilah yang membuat banyak orang yang imannya tidak bertumbuh, karena masih memakai hikmat dunia yang diwarisinya.

Salah satu contohnya, ketika mau menikah, ada pasangan pengantin yang orang tuanya menentukan hari, tanggal, bahkan sampai jamnya ditentukan. Mereka masih percaya adanya hari baik bulan baik. Ada yang percaya jika kejatuhan cicak itu akan bawa kesialan. Itulah namanya filsafat-filsafat jaman dahulu. Orang masih berpegang pada hal-hal seperti itulah yang imannya tidak bertumbuh.

Yang kedua adalah hikmat dari setan. Hikmat-hikmat ini yang inspirasinya berasal dari setan. Tipuan-tipuan, cara-cara dan semua cara dihalalkan. Setan itu selalu menawarkan yang enak dan instant. Tetapi enaknya hanya sebentar dan bayarannya sangat besar dan mahal.
Firman Tuhan juga mengatakan jangan iman kita bergantung pada hikmat manusia. Apakah hikmat manusia itu ? Itu adalah logis dan fakta. Kalau saudara memakai fakta dan logis, saudara tidak akan menikmati kebenaran. Kenapa seringkali pertolongan Tuhan harus disambut dengan iman. Orang yang menyambut janji Tuhan dengan iman, orang seperti inilah yang akan mengalami mujizat-mujizat didalam hidupnya. Belajar untuk menerima hikmat Tuhan tanpa membatasi dengan pikiran kita.

Jadi jangan hidup kita berdasarkan apa yang kita lihat dan kita rasakan. Hiduplah dengan apa kata Tuhan, minta hikmat yang dari Tuhan mengalir dalam hidup kita, tanggalkan setiap hikmat-hikmat dunia sehingga kita bisa mengalir dengan Tuhan dengan kuat. (PHS)

DOA :
Tuhan beri kami hikmat yang murni dari Engkau Tuhan. Kami mau buang setiap hikmat-hikmat dunia, yang berupa filsafat-filsafat nenek moyang yang sudah kami terima. Kami mau berjalan dengan iman dan tidak berdasarkan apa yang kami lihat dan rasakan. Amin.

Dari : Renungan Harian Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung
  

Komentar

Postingan Populer