Pengurapan Getah Rasamala



Pengurapan Getah Rasamala
Joshua Ivan Sudrajat S


Pengurapan Galbanum (Getah Rasamala), Keluaran 30:34-38, yakni keluar dan selesainya masa padang gurun dalam hidup kita. Berbicara tentang berbagai kelimpahan dan tidak akan pernah berkekurangan. Kelimpahan ide, kelimpahan materi, kelimpahan cinta, kelimpahan hikmat dan sebagainya. Pengurapan ini juga bicara tentang karunia Salomo mengembangkan dan menjadikan apapun besar dalam segala hal di hidup kita.

Getah Rasamala / Galbanum

Galbanum (getah rasamala) artinya pengurapan kelimpahan. Keluaran 30 : 34 - 38, keluar dan selesai masa padang gurun hidup kita. Masa kelimpahan segala hikmat pengurapan keintiman berkat dan ide, kelimpahan materi, kelimpahan cinta dsb. Karunia Salomo mengembangkan dan menjadikan apapun besar dalam segala hal di hidup kita.


Dari Gunung Himalaya salah satu yang tertinggi, tugasnya menopang seperti struktur bangunan, ini adalah pengurapan kelimpahan, management, memperbaiki, menopang. Baunya sebenarnya tidak terlalu enak, tapi justru karena baunya yang special dan khas yang bisa menguatkan dan memberi keharuman lebih kepada minyak - minyak urapan yang lain. Arti awal dari Ibrani adalah Fat dan arti akhirnya Weeping / menangis ; pengurapan yang selalu memberi hidupnya di mezbah Tuhan jadi korban bakaran dan hatinya seperti hati Yesus menangisi jiwa - jiwa yang tidak care sama Tuhan.

Rasamala (Ibrani: חֶלְבְּנָה - KHELBENAH). Rempah-rempah berbau keras, dipakai untuk membuat minyak ukupan suci (Keluaran 30:34), umumnya dianggap getah tumbuhan yg bunganya berbentuk payung (Ferula galbaniflua dan Ferula rubricaulis) dari Persia (Iran).

Getah Rasamala : Kata Ibraninya khelbena, getah tumbuhan, bunganya seperti payung. Rempah-rempah berbau keras. Berasal dari daerah Persia dan getah rasamala lazim dipakai sebagai obat mengusir serangga

* Keluaran 30:34 
LAI TB, Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala(KHELBENAH), wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya.

KJV, And the LORD said unto Moses, Take unto thee sweet spices, stacte, and onycha, and galbanum; these sweet spices with pure frankincense: of each shall there be a like weight: 

Hebrew, 
וַיֹּאמֶר יְהוָה אֶל־מֹשֶׁה קַח־לְךָ סַמִּים נָטָף ׀ וּשְׁחֵלֶת וְחֶלְבְּנָה סַמִּים וּלְבֹנָה זַכָּה בַּד בְּבַד יִהְיֶה׃
Translit, VAYOMER YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) 'EL-MOSYEH KAKH-LEKHA SAMIM NATAF USYEKHELET VEKHELBENAHSAMIM ULEVONAH ZAKAH BAD BEVAD YIHYEH

Rasamala (Ibrani: חֶלְבְּנָה - KHELBENAH), adalah sejenis "Damar", yaitu rempah-rempah berbau keras, dipakai untuk membuat minyak ukupan suci (Keluaran 30:34), umumnya dianggap getah tumbuhan yang bunganya berbentuk payung (Ferula galbanifluadan Ferula rubricaulis) dari Persia (Iran).

Getah damar galbanum/ rasamala berwarna kekuning-kuningan atau kecokelat-cokelatan yang didapatkan dari tanaman Asia tertentu dalam famili wortel, atau peterseli. Jenis tanaman mana yang menghasilkan damar galbanum/ rasamala yang digunakan oleh orang Israel tidak diketahui dengan pasti.

Cairan putih susu yang mengeras menjadi damar galbanum keluar dari batang tanaman secara alami atau cairan itu diperoleh dengan membuat torehan. Damar galbanum/ rasamala merupakan salah satu bahan pembuat dupa yang ditetapkan untuk penggunaan secara eksklusif di tempat suci (Keluaran 30:34-38). Konon, damar galbanum/ rasamala mengeluarkan bau yang tidak enak sewaktu dibakar, tetapi apabila digabungkan dengan senyawa-senyawa lain yang wangi, damar galbanum/ rasamala menambah keharuman senyawa-senyawa tersebut dan membuat keharumannya bertahan lebih lama.

Ini adalah tumbuh-tumbuhan semak belukar, yang mengandung damar berwarna putih dan memiliki kuasa menyembuhkan; memiliki rasa pahit, namun berbau harum.
(Rasamala artinya : “diperuntukkan bagi bau yang harum”).
Demikian pula doa:
  • pahit rasanya bagi daging
  • berbau harum bagi jiwa
  • berkuasa (sehat) bagi roh


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer